6 Plugin Gratis WordPress Yang Wajib Kamu Miliki!

Hi DomaiNesians!
WordPress merupakan salah satu CMS yang sangat powerful dan cukup populer di kalangan masyarakat. Kamu bisa membuat website impian tanpa harus memiliki skill programming. Dengan WordPress, setiap orang bisa melakukan kustomisasi sesuai keinginannya. Ada banyak plugin gratis maupun berbayar yang bisa kamu manfaatkan. Misalnya untuk membantu dalam urusan optimasi, meningkatkan SEO, membuat form bahkan membuat landing page. Nah, apa saja plugin gratis tersebut? Kali ini DomaiNesia akan membahas mengenai 6 plugin gratis WordPress yang wajib kamu miliki!

1.Akismet

plugin gratis wordpress hosting murah

Akismet merupakan salah satu plugin gratis WordPress yang berfungsi untuk pengelolaan komentar dalam website. Ketika ada beberapa komentar yang masuk, maka Akismet ini akan melakukan filter terhadap komentar. Apakah komentar tersebut terindikasi spam atau tidak. Apabila iya, Akismet akan melakukan karantina terhadap komentar tersebut. Plugin ini sangat berguna untuk menghindari spam pada website.

2.Yoast SEO

plugin gratis wordpress hosting murah

Salah satu plugin gratis WordPress untuk urusan Search Engine Optimization adalah Yoast SEO. Dengan Yoast SEO, kamu bisa membuat konten sesuai dengan kaidah SEO, membuat sitemap dengan format XML, menambah meta description, mengubah judul konten dan judul halaman, mengubah .htaccess dan robots.txt dan sebagainya. Yoast SEO ini memili 2 versi yaitu versi gratis dan versi berbayar. Namun, jangan khawatir! Dengan berbekal versi gratis dari Yoast SEO, anda sudah bisa menaikan ranking website.

3.W3 Total Cache

plugin gratis wordpress hosting murah

Untuk masalah pengelolaan cache website, serahkan pada Plugin W3 Total Cache. Plugin ini nantinya akan mengolah cache sehingga ketika diakses, website anda menjadi lebih cepat. Selain itu, Plugin W3 Total Cache ini akan membuat bandwidth server menjadi lebih irit. Performa W3 Total Cache ini akan lebih meningkat apabila dikombinasikan dengan fitur Memcached di hosting terbaik kamu. Apa itu Memcached? Cek Memcached: Untuk Website Yang Lebih Baik.

4.WordFence

plugin gratis wordpress hosting murah

Nah untuk kamu yang masih ragu dalam urusan keamanan WordPress, plugin ini sangat berguna. WordFence akan memberikan notifikasi kepada user ketika ada yang melakukan serangan “bruteforce” atau pelacakan password secara acak oleh hacker. Selain itu, plugin ini dapat mendeteksi malware yang ada pada plugin atau template.

5.Elementor Page Builder

plugin gratis wordpress hosting murah

Buat kamu yang nggak ngerti masalah koding, mungkin bisa coba plugin page builder yang satu ini. Elementor Page Builder memungkinkan seseorang untuk membuat tampilan website sesuai keinginan tanpa koding. Kamu hanya cukup melakukan “drag and drop” bagian- bagian website yang diinginkan. Elementor Page Builder ini memiliki bagian- bagian yang cukup komplit untuk kamu pasang di website seperti heading, image gallery, carousel, social icons dan sebagainya.

plugin gratis wordpress hosting murah

Salah satu daya tarik website terletak apda gambar atau foto didalamnya. Untuk mempercantik tampilan, ada plugin yang bisa kamu manfaatkan. Salah satunya yaitu Plugin NextGEN Gallery ini. Plugin ini memiliki beragam fitur seperti upload, slideshow, thumbnail style gallery bahkan membuat album foto. Hal ini sangat berguna ketika template yang digunakan tidak mendukung adanya gallery foto. Sehingga, kamu bisa menambahkan foto- foto sesuka hati.

Nah, itu dia 6 plugin gratis WordPress yang wajib kamu miliki. Kamu tidak perlu membuat website impian dari awal, berpusing- pusing ria dengan bahasa pemrograman dan memikirkan sisi security website. Semua bisa kamu lakukan dengan WordPress tentunya. Ada beragam plugin yang bisa kamu manfaatkan. Yuk membuat website hanya dengan sekali klik menggunakan WordPress! Belum punya domain terbaik dan hosting Indonesia terbaik? Ada lho hosting murah dan domain murah yang bisa kamu dapatkan komplit dengan instalasi WordPress. Yuk cek DomaiNesia aja! 😀