• Home
  • Tips
  • 5 Tips Membangun Brand Online untuk Memulai Usaha

5 Tips Membangun Brand Online untuk Memulai Usaha

Oleh Ratna Patria
5/5 (1)

Jika kamu mencari sebuah toko atau usaha, kamu pasti akan mencari informasi toko tersebut di internet. Lalu jika toko tersebut tidak ada di internet, kamu pasti ragu apakah toko tersebut benar-benar ada. Hari- hari ini tidak hanya Gen Y atau Z yang mempercayai hal diatas, generasi yang lebih tua pun sedikit banyak mempercayai hal yang sama.

Apapun bidangnya, sebuah perusahaan pasti memiliki identitas online. Individu, bisnis, pemerintah, semua memiliki online presence. Melalui digital presence, mereka melakukan banyak hal, mulai dari membangun bisnis hingga memberikan informasi terkait identitas brand mereka.

Jadi, Apa sih Arti Brand Sebenarnya?

Brand bukan hanya sebuah logo atau tagline yang dibuat oleh seseorang untuk mendeskripsikan usaha atau perusahaan mereka. Brand adalah persepsi yang orang lain pikirkan tentang usaha atau perusahaan kamu. Hal ini termasuk persona, karakter, dan identitas.

Membangun brand online
Sumber: Freepik

Brand adalah tentang bagaimana kamu membuat audiens merasakan kehadiran bisnismu. Brand adalah “kepribadian” bisnismu, seperti ceria, lucu, feminin atau maskulin. Persepsi inilah yang mendeskripsikan seperti apa brand kamu dimata audiens.

5 Langkah Sukses Membangun Brand Online

Membangun brand online bisa menjadi hal yang mudah dilakukan atau malah sangat sulit, tergantung seberapa baik kamu mengenal bisnis dan pelanggan itu sendiri. Brand adalah apa yang pertama kali orang lain pikirkan tentang produk atau jasa ketika kamu memperkenalkannya pada audiens.

Apa yang kamu tawarkan ke konsumen, bisa jadi adalah hal yang sama yang ditawarkan oleh berjuta bisnis lain di luar sana, dengan harga yang lebih murah pula. Jadi, bagaimana caranya supaya kamu bisa stand out dari kompetitor lain?

Kamu harus bisa membangun brand online yang kuat, sehingga persona yang kamu bangun bisa beresonansi dengan pelanggan. Kamu bisa ikuti step by step dibawah ini untuk membangun brand online yang kuat.

Pahami Apa yang Diinginkan

Pernah mendengar garage Sale? Garage Sale bisa dimulai dari diri sendiri, di rumah sendiri. Membangun brand online juga dimulai dari diri sendiri. Cobalah mulai menanyakan diri sendiri:

  • Niche market apa yang kamu inginkan?
  • Hal terbaik apa yang bisa kamu tawarkan?
  • Apakah kamu memiliki keahlian dalam melayani atau membantu konsumen mendapatkan solusi?
  • Masalah atau kesulitan apa saja yang bisa kamu tangani?
  • Apakah ada celah besar antara ketersediaan saat ini (produk dan jasa) dan permintaan akan hal tersebut di masa depan?

Lakukan Analisis SWOT

SWOT adalah kepanjangan dari Strength, Weakness, Opportunities, dan Threat. Temukan kekuatan (Strength) dan pahami semua area yang bisa kamu tangani dengan sangat baik. Identifikasi kelemahan (Weakness) dan cari tahu kelemahan lain yang bisa ditemui di masa depan, misalnya dalam hal finansial, pengiriman, atau pasokan.

Pahami peluang (Opportunities), area-area baru, dan pelanggan yang akan kamu tarik. Dengan memahami peluang, semakin cepat untuk kamu bisa memperluas bisnis. Lalu, yang terakhir adalah catat ancaman yang mungkin ada di lini bisnis kamu. Ancaman bisa berarti kompetitor yang ada disekitar, atau bahkan faktor eksternal seperti surat-menyurat untuk urusan hukum.

Pahami Pelanggan

Membuat brand memerlukan riset pasar yang menyeluruh, pemahaman tentang konsumen, serta industri dimana kamu beroperasi. Misalnya, jika kamu adalah seorang fashion blogger yang ingin membangun brand online rumah mode yang sukses, hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah tren yang sedang populer di industri fashion.

Kamu juga perlu memperhatikan bagaimana para fashion blogger membuat konten dan terlibat dengan konsumen mereka. Dalam hal membuat konten, kamu perlu memikirkan jenis konten apa yang paling menarik bagi konsumen dan media mana yang lebih populer di kalangan penonton.

Membangun brand online
Sumber: Freepik

Penelitian menyeluruh tentang target audiens, akan memberi kamu kerangka kerja untuk membangun brand online tersebut. Kamu akan lebih mudah menentukan nada atau sapaan seperti apa yang harus kamu gunakan atau bagaimana menentukan harga produk.

Berinvestasi di Teknologi

Sebagai sebuah brand dan bisnis, tugas utama kamu adalah membuat hidup pelanggan menjadi lebih mudah. Bisnis kamu harus bisa dijangkau dengan mudah, hanya dengan sekali klik di ponsel mereka. Mulai dari mengakses produk/layanan hingga menemukan toko atau outlet terdekat.

Segala sesuatu tentang bisnis kamu, sebaiknya ada di ujung jari konsumen. Oleh karena itu, pastikan untuk berinvestasi dalam teknologi terbaru, buka toko online dan membuat website untuk bisnis kamu.

Berbicara tentang website, kunci utamanya adalah nama domain. Nama domain menjadi inti dari identitas brand kamu di internet. Nama domain itu juga yang akan dipakai pelanggan untuk menjangkau website dan menjadi pesan utama mereka, ketika pelanggan membagikan nama website ke teman.

Oleh karena itu, penting untuk kamu mendaftarkan nama domain yang relevan dengan brand yang dibangun. Jika kamu ingin mencoba menampilkan kesan yang inovatif, futuristik, dan unik, kamu bisa mendaftarkan nama domain dengan ekstensi domain baru seperti .TECH, .STORE, .ONLINE, .SITE, .SPACE.

Ekstensi domain ini tidak hanya membuat nama domain menjadi lebih bermakna, namun bisa membantu kamu untuk bisa stand out dari kompetitor dan membangun brand online yang kuat.

Konsisten dengan Berbagai Usaha

Cobalah untuk membangun brand yang mudah diingat dan ditemukan oleh pelanggan. Semua media komunikasi kamu harus memiliki logo, skema warna, dan tone of voice yang sama.

Jika kamu memiliki toko offline atau kantor, itu juga harus selaras dengan tema kamu secara online. Logika yang sama juga berlaku untuk sistem pemasaran.

Digital presence, yang terdiri dari website, Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, dan lain-lain, harus identik. Digital presence tersebut harus memiliki nama bisnis yang sama, tema, dan warna yang sama. Hal ini dilakukan untuk membuat daya tarik visual brand kamu di benak pelanggan.

Membangun brand online
Sumber: Freepik

Take Action!

Kehadiran secara online bukan hanya untuk iseng-iseng saja, namun sudah menjadi sebuah kebutuhan. Di zaman sekarang ada banyak solusi yang tersedia untuk segala sesuatu di internet, persaingan menjadi ketat dan bertahan dalam persaingan tersebut tidaklah mudah.

Terlibat secara langsung dengan pelanggan menjadi hal yang penting bagi semua bisnis, baik skala besar maupun kecil, supaya tetap relevan. Dari semuanya, keberanian membangun bisnis juga mempengaruhi. Maka mulailah membangun brand online kamu hari ini!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. Reading is something I really liked since elementary school. The book genres I love the most are fantasy fiction, fairy tales, and memoirs. How about you?

Artikel

Lainnya


Aeesha Mahardhika
January 7, 2021

thanks kak sangat membantu memotivasi juga agar lebih mengerti apa itu coding,jujur saya sekolah IT tapi dgn adanya corona ini jadi sekolah online dan susah untuk bertanya,dan sampai semester 2 pun saya tidak tau apa itu coding tapi karena ada artikel atau web ini sangat membantu kak padahal saya baru mempelajar beberapa menit

hermanto
December 3, 2020

Sayang infonya tentang mana yg berbayar dan tidak berbayar , tidak lengkap.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!