Cara Upgrade dan Downgrade VPS

Oleh Mutiara Auliya
5/5 (1)

Hi DomaiNesians! Untuk kebutuhan website, kamu lebih suka menggunakan VPS atau Hosting? Baik Hosting atau VPS, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing ya. Di Hosting, kamu tidak perlu memikirkan hal-hal teknis seperti konfigurasi server, keamanan ataupun maintenance. Namun, kamu tidak akan mendapatkan akses kontrol server sendiri dan tidak dapat memilih sistem operasi yang diinginkan. Namun di VPS, kamu dapat melakukan segalanya. Kamu akan mendapatkan akses “root” dan dapat melakukan konfigurasi sesuai keinginan kamu. Nah, pada panduan ini akan dijelaskan cara upgrade dan downgrade VPS. Jadi, jika sewaktu-waktu server memerlukan resources lebih, kamu bisa langsung upgrade ya!

Cara Upgrade dan Downgrade VPS

Adapun cara upgrade dan downgrade VPS yaitu,

1. Login Client Area

Silahkan buka https://my.domainesia.com pada web browser kamu. Lalu masukkan username dan password. Ingat, username dan password ini merupakan akun pada saat register di DomaiNesia sebelum pembelian layanan ya

Cara upgrade dan downgrade VPS

2. Memilih VPS yang Ingin di Upgrade/ Downgrade

Setelah berhasil login maka kamu akan diarahkan ke halaman dashboard client area. Di client area ini anda dapat mengelola produk DomaiNesia seperti domain, hosting, VM ataupun SSL. Nah, pada panduan ini akan dilakukan upgrade dan downgrade VPS. Sehingga, pada bagian sidebar (sebelah kiri) silahkan klik Menu Services lalu pilih VM yang akan di upgrade/ downgrade. Silahkan beri tanda centang dan klik VM tersebut.

Cara

3. Melakukan Upgrade/ Downgrade Hosting

Kemudian akan muncul informasi Hosting yang anda miliki. Lalu klik tab Upgrade untuk melakukan upgrade dan downgrade VPS.

Cara upgrade dan downgrade VPS

Setelah itu, silahkan pilih paket VM yang kamu inginkan. DomaiNesia memiliki paket VM atau biasa disebut dengan VM yang bermacam-macam. Kamu bisa cek di Harga VM Murah DomaiNesia. Pastikan sebelum melakukan upgrade atau downgrade, ketahui kebutuhan website kamu dulu ya. Detail resources, RAM, penyimpanan dan bandwidth bisa kamu ketahui disana. Silahkan pilih paket hosting yang diinginkan lalu klik Choose Product.
Cara upgrade dan downgrade VPS

4.  Selesaikan Pembayaran Upgrade/ Downgrade

Coba cek sekali lagi apakah VPS yang kamu pilih sudah benar. Kamu bisa cek harga yang harus kamu bayarkan.

Cara upgrade dan downgrade VPS

Kemudian, pilih metode pembayaran yang diinginkan pada Payment Method. Kami memiliki berbagai metode pembayaran yang dapat anda pilih. Mau tahu apa saja? Silahkan cek di metode pembayaran DomaiNesia. Jika ada kode promo, silakan masukkan kode promo pada bagian Promotional Code. Jika telah selesai, maka pilih tombol Click to Continue untuk melanjutkan.

Cara upgrade dan downgrade VPS

Tunggu sebentar maka kamu akan mendapatkan invoice. Kamu dapat melakukan pembayaran sesuai dengan invoice tersebut. Oiya, untuk nomor rekening dari masing- masing bank dapat dilihat di invoice ini juga. Setelah proses pembayaran selesai, maka kamu dapat menikmati layanan VPS terbaik yang dipilih.

Kesimpulan

VPS atau biasa disebut VM, harus kamu upgrade jika proses bisnis sudah berkembang. Hal tersebut tentu saja berpengaruh lho! Misalnya kamu sudah memiliki banyak pengunjung ataupun kamu memiliki siswa dengan kelas online yang jumlahnya ratusan. Jika VPS tidak diupgrade, maka resources akan penuh dan mungkin website tidak dapat diakses lagi. Ingin tahu promo apa saja di DomaiNesia? Kamu bisa cek domainesia.com/promo ya.

Mutiara Auliya

Hi! I am Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!