5 Fitur Instagram Terbaru Untuk Bisnis Online5 min read

No ratings yet.

Social media seperti Instagram dan Facebook tidak hanya digunakan untuk membagikan foto atau memperluas jaringan pertemanan. Instagram melakukan riset bersama dengan firma konsultan bisnis IPSOS. Hasilnya menyatakan bahwa 52 persen UKM Indonesia memilih menggunakan Instagram untuk mempromosikan produk dan mengarahkan pelanggan ke situs web mereka. Survei tersebut juga menunjukan bahwa 81 persen penggunanya, khususnya di Indonesia, menggunakan Instagram untuk memperoleh informasi tentang sebuah produk atau merek. Indonesia juga merupakan satu dari lima negara dengan pengguna Instagram terbesar di dunia.

Untuk menunjang aktivitas tersebut, Instagram mengembangkan beberapa fitur yang terkait dengan bisnis. Ferdy Nandes, Head of Emerging Bisnis and SMBs, Facebook and Instagram South-East Asia, mengatakan bahwa setidaknya ada 5 fitur Instagram terbaru yang bisa dimaksimalkan oleh pelaku bisnis. Berita baiknya adalah kelima fitur Instagram terbaru tersebut gratis alias tidak berbayar. Yuk, langsung saja kita bahas fitur-fitur tersebut:

  1. Fitur Instagram Insight

    Fitur Instagram terbaru ini akan membantu pengguna Instagram Bisnis untuk melihat siapa saja yang melihat profil bisnisnya. Informasi seperti usia, demografi, serta minat konsumen akan terlihat di fitur Instagram terbaru ini. Misalnya, rata-rata usia pengguna yang datang ke profil bisnis adalah 18-30 tahun, yang tinggal di sekitar Jabodetabek. Insight ini sangat bermanfaat untuk menentukan langkah marketing apa yang harus dilakukan selanjutnya. Rentang usia juga bisa dijadikan patokan untuk melihat perkembangan trend.

  2. Fitur Auto Reply

    Ferdy juga mengatakan bahwa konsumen Indonesia memiliki ciri-ciri yang unik, yang biasa disebut sebagai social-commerce. Konsumen sangat senang bertanya melalui fitur chat untuk menanyakan berbagai macam informasi, meskipun informasi tersebut tertera di situs web. Survey Instagram menyatakan bahwa 82 persen respondennya mengaku mendapat DM (Direct Message) dari pelanggannya setiap hari. Untuk membuat proses komunikasi ini semakin efektif, Instagram membuat fitur auto-reply atau balas cepat.

  3. Fitur Filter Inbox

    Seperti namanya, fitur Instagram terbaru ini digunakan untuk menyaring pesan yang masuk. Pengguna bisa menandai beberapa pesan yang masuk untuk menentukan pesan mana yang harus ditinjau, dan mana yang hanya melihat-lihat. Fitur filter inbox juga bisa menyaring pesan mana yang belum dibaca. Hal itu untuk menjaga engagement dengan pelanggannya.

    fitur instagram terbaru

    Sumber: Pixbay

  4. Fitur Instagram Stories

    Di Indonesia, fitur Instagram terbaru ini memang menjadi fitur favorit untuk promosi. Menurut Instagram, ada 400 juta Instagram Stories yang diunggah. Indonesia pun disebut sebagai Instagram Stories Creator terbesar di dunia. Pelaku usaha biasanya akan membuat konten stories semenarik mungkin dan memanfaatkan data yang masuk dalam Instagram Insight. Instagram Stories juga memungkinkan pengguna membangun percakapan kepada pelanggan dengan memanfaatkan fitur interaktif seperti Poll Sticker atau Ask Me Questions.

  5. Fitur Siaran Langsung (Live)

    Fitur Instagram terbaru yang menarik perhatian calon pembeli adalah Instagram Live. instagram beranggapan bahwa bisnis yang melakukan Live mendapat like lebih banyak daripada mereka yang tidak Live. Konten yang ditampilkan bisa beragam. Pelanggan biasanya tertarik dengan cerita di balik layar, seperti cerita pembuatan makanan atau kerajinan tangan.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Influencer Marketing

Apakah Kamu Harus Beralih ke Akun Bisnis Instagram?

Ternyata ada banyak pendapat dan bahasan di luar sana, terkait apakah merek dan influencer lebih baik menggunakan akun pribadi daripada akun bisnis. Meskipun pasti tetap ada pro dan kontra di tiap masing-masing pengguna, dan sepertinya satu jawaban tidak bisa digunakan untuk banyak pengguna. Maka, ada baiknya setiap pengguna mempertimbangkan mana yang lebih baik. Untuk memudahkan hal tersebut, berikut adalah beberapa pertanyaan yang bisa digunakan sebagai patokan mengambil keputusan:

Berapa Jumlah Follower Kamu? Apakah Lebih Dari 10.000?

Terlepas dari apakah akun tersebut untuk bisnis kecil atau besar, atau bahkan seorang influencer, jumlah pengikut adalah salah satu aspek penting yang harus dijadikan pertimbangan. Akun bisnis yang memiliki pengikut lebih dari 10.000 memiliki keuntungan untuk menautkan situs web (fitur Swipe Up) dalam Instagram Stories. Tak hanya bisa menautkan situs web bisnis, tetapi tautan afiliasi, atau ke situs web tertentu yang memungkinkan calon pembeli melakukan sebuah aktivitas tertentu. Jika kamu punya banyak pengikut, bahkan lebih dari 10.000, itu sudah merupakan sebuah alasan baik untuk beralih ke akun Instagram Bisnis. Lebih karena fitur Instagram terbaru Swipe Up tidak tersedia pada akun pribadi atau jumlah pengikut yang kurang dari 10.000.

fitur instagram terbaru

Sumber: Pixabay

Apakah Fitur Analytics Bermanfaat Untuk Kemajuan Bisnis?

Untuk sebagian orang, memiliki informasi khusus tentang pengikut Instagram mereka adalah suatu hal yang berharga. Dan untuk saat ini, hanya akun bisnis yang dilengkapi dengan data ini. Meskipun data seperti ini bisa didapat dari pihak ketiga, namun memantau secara langsung dari Instagram juga merupakan hal yang menyenangkan. Kalau kamu perlu dan tertarik untuk tahu tentang data-data pengikut di Instagram, berarti kamu harus beralih dari akun pribadi ke akun bisnis. Sudah sedikit disinggung di atas bahwa, informasi seperti umur dan demografi akan membantu kamu untuk membuat konten yang sesuai. Setelah konten dibuat, Instagram Insights bahkan memberi data kapan waktu terbaik untuk mengunggah konten.

Apakah Memiliki Akun Pribadi Adalah Sesuatu yang Penting?

Kebanyakan pengguna mengaktifkan fitur akun pribadi (private account) adalah untuk alasan keamanan. Jika ini adalah hal yang penting, maka akun pribadi adalah jawabannya. Akun Instagram Bisnis mengharuskan penggunanya bisa dilihat oleh publik. Inilah yang harus dipertimbangan dengan baik, mana yang lebih penting untuk bisnis kamu.

Apakah Perlu Menautkan Beberapa Facebook Pages?

Kalau kamu perlu menautkan beberapa Facebook Pages, berarti akun pribadi adalah hal yang perlu kamu siapkan. Instagram dan Facebook dimiliki oleh perusahaan yang sama, oleh karena itu Instagram hanya memperbolehkan setiap akunnya terhubung hanya ke satu Facebook Page untuk akun bisnis. Jika kamu menjalankan sebuah bisnis grup, kamu tidak bisa menautkan semua bidang bisnis ke akun Instagram Bisnis.

Baca juga: Cara Beriklan Dengan Facebook Ads

Apakah Kamu Tertarik Untuk Mempromosikan Konten?

Banyak orang juga menganggarkan atau menyisihkan sebagian kecil pemasukan untuk mempromosikan salah satu postingan di Instagram. Maka orang-orang ini menggunakan akun Instagram Bisnis. Akun pribadi sebetulnya juga bisa melakukan promosi, namun akan lebih efektif jika dilakukan dengan menggunakan akun Instagram Bisnis.

fitur instagram terbaru

Sumber: Pixabay

Kesimpulan

Social media seperti Instagram dan Facebook tidak hanya digunakan untuk membagikan foto atau memperluas jaringan pertemanan. Indonesia memilih menggunakan Instagram untuk mempromosikan produk dan mengarahkan pelanggan ke situs web mereka. Survei tersebut juga menunjukan bahwa 81 persen penggunanya, khususnya di Indonesia, menggunakan Instagram untuk memperoleh informasi tentang sebuah produk atau merek. Untuk menunjang aktivitas tersebut, Instagram mengembangkan beberapa fitur yang terkait dengan bisnis. Indonesia juga merupakan satu dari lima negara dengan pengguna Instagram terbesar di dunia.

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar