• Home
  • Tips
  • 5 SEO Video Rekomendasi Google

5 SEO Video Rekomendasi Google

Oleh Argadahana
5 seo video rekomendasi google

Google memberikan 5 rekomendasi yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan konten video pada hasil pencarian. Informasi ini disampaikan oleh google pada video terbaru mereka pada kanal google search central, dan kali ini kami akan mengulasnya khusus untuk kamu.

SEO Video
Sumber: Freepik

Memahami SEO Video Rekomendasi dari Google

Ketika Google melakukan crawl pada sebuah halaman dan menemukan bahwa halaman tersebut memiliki sebuah konten video, hal pertama dilakukan adalah mencari sinyal. Sinyal-sinyal itulah yang membuat video mudah ditemukan di permukaan pada hasil pencarian.

Nah, sinyal-sinyal yang dimaksud seperti apa saja?

  • on page text, contohnya adalah judul halaman, headline atau caption disekitar video.
  • referral links, sebagai contoh adalah link situs yang mengarah ke video.
  • structured data, yaitu markup yang mengkomunikasikan metadata pada google.
  • dan yang terakhir adalah file video itu sendiri, hal ini karena google telah memiliki kemampuan untuk memahami konten audio dan visual.

SEO video secara garis besar adalah tentang menggunakan element yang benar pada sebuah halaman,sehingga sinyal sinyal tersebut mudah ditangkap oleh Google. Berkaca dari hal-hal tersebut, berikut ini adalah lima rekomendasi yang diberikan oleh Google untuk SEO video kamu.

SEO Video
Sumber: Freepik

Membuat Video yang Memiliki Akses Publik.

Hal ini berarti kamu harus membuat video tersebut mudah dicari di internet. Pastikan kamu memasukkan url video pada halaman yang bisa diakses oleh Google.

Menggunakan Data Terstruktur

Kamu harus membantu Google agar lebih mudah menemukan video kamu. Kamu sebagai pemilik situs dapat memberikan data terstruktur tersebut dengan menggunakan schema.org.

Gunakan thumbnail yang berkualitas

Dengan memberikan thumbnail yang berkualitas dan dapat diakses oleh google video kamu akan lebih mudah muncul pada halaman rekomendasi.

Memasukkan sitemap video

Sitemap video adalah jalan lain yang bisa membantu google untuk menemukan konten video milik kamu yang terasosiasi dengan halaman di website kamu. Sitemap video, contoh sederhananya adalah tag metadata yang membantu google untuk memahami tentang apa video tersebut berisi.

SEO Video
Sumber: Freepik

Membuat file video yang mudah diakses

Pastikan google dapat mengakses fitur fitur video seperti, preview video, kemudian moment moment kunci yang ada di video. Contoh ini secara sederhana seperti fitur timeline pada YouTube. Preview video adalah sebuah fitur dimana Google dapat menangkap sepersekian detik bagian dari video yang dapat digunakan sebagai thumbnail static. Ketika Google dapat mengakses file video tersebut maka akan dengan mudah video kamu dapat tampil pada kata kunci pencarian yang relevan.

Argadahana

Mass communication enthusiast, currently finishing MBA @UGM. Got critics, suggestions, or want to discuss this topic more? Feel free to hit me on my social accounts. :D

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!