5 Alasan Mengapa Website Kamu Mudah di Hack!

website mudah dihack

Hi DomaiNesians! Bukan perkara baru lagi bahwa di Indonesia banyak sekali website yang diretas atau bahasa kerennya di”hack” oleh orang- orang tak dikenal. Dari mulai berubahnya tampilan website, serangan DDOS hingga pencurian data yang ada dalam website. Suka ngeri nggak sih kalau denger berita peretasan website seperti itu? Atau, apakah website kamu malah pernah jadi korban? Hmmm, sebenarnya ada beberapa alasan dan hal yang sering menjadi titik fokus para hacker dalam melakukan peretasan. Mau tahu 5 alasan mengapa website mudah dihack? Yuk kami punya ulasannya berikut.

1. Password Kurang Kuat

Ini nih salah satu alasan yang paling sering dilakukan oleh user yaitu password yang digunakan kurang kuat. Ibarat kunci dan gembok, username dan password merupakan akses pintu utama. Siapapun bisa masuk ke dalam website apabila username dan password sudah diketahui. Begitu pula dengan para hacker yang bisa melakukan scanning terhadap password atau biasa disebut “bruteforce password”. Hacker akan melakukan scanning password berdasarkan wordlist yang ada. Untuk itu, pastikan kalau password kamu nggak mudah ditebak oleh siapapun. Selalu gunakan kombinasi huruf, angka serta spesial karakter. Ada beberapa cara lagi yang bisa dilakukan untuk menambah kekuatan password kamu lho. Silahkan baca di Tips dan Trik Agar Password Aman. Oiya, selain itu jangan pernah menggunakan username default yaa seperti “admin” atau “admin123”.

2. Plugin dan Tema Sembarangan

Plugin dan tema atau biasa disebut template website memang menjadi daya tarik tersendiri. Di beberapa CMS seperti WordPress, plugin dan tema memang menjadi prioritas. Plugin merupakan suatu fungsi yang dibuat oleh pihak ketiga untuk memperindah website. Ada beberapa plugin yang bisa kamu pasang di website WordPress, silahkan baca 6 Plugin Gratis Yang Wajib Kamu Miliki! Begitu juga dengan tema, ada banyak tema/template gratis ataupun berbayar yang beredar di dunia maya. Nah, plugin dan tema ini bisa menjadi alasan penyebab website kamu di hack lho! Untuk itu, pastikan kamu menggunakan plugin dan tema resmi, jangan lupa untuk selalu lakukan update dan selalu pasang plugin security ya!

3. Tidak Pernah di Upgrade

Sama halnya seperti plugin dan tema, CMS nya pun kalau tidak pernah diupgrade juga menjadi sasaran empuk hacker. Pastikan CMS kamu baik itu WordPress, Prestashop, Drupal, Joomla atau OpenCart selalu dalam versi terbaru. Mengapa website kamu harus diupgrade? Tim pengembang CMS biasanya menemukan bug atau vulnerability (celah) yang dapat membahayakan website, untuk itu mereka merilis versi terbarunya. Pastikan selalu lakukan upgrade ketika ada versi terbaru ya! DomaiNesia punya tips mengamankan WordPress kamu lho! Yuk baca Tips Mengamankan WordPress.

4. Server Abal- Abal

Sebagai pondasi utama dalam berdirinya sebuah website, server merupakan hal yang penting. Baik Hosting ataupun VPS, memiliki peran penting dalam menjaga website dari serangan hacker. Jika pondasi utamanya sudah kokoh dan kuat, maka tentu saja hacker akan susah masuk dan menguasai segalanya bukan? Maka dari itu, pastikan website kamu tersimpan di Hosting yang memiliki spesifikasi dan teknologi tinggi. Hosting juga dia harus dilengkapi dengan kemanan yang lebih. Seperti halnya DomaiNesia yang memiliki teknologi CloudFlare dan Patchman di setiap servernya. Apa itu Patchman? Bagaimana Patchman Menumpas Habis Malware di Hosting? Cek aja Tumpas Habis Malware dengan Patchman!

Pengen tahu teknologi Hosting di DomaiNesia? Cek aja Hosting Murah Indonesia

5. Kurangnya Security Awareness

Kesadaran akan security/ keamanan website memang dibutuhkan oleh setiap orang. Baik pemula maupun yang sudah ahli pun harus selalu sadar dan up to date mengenai malware terbaru. Hosting di DomaiNesia sudah dilengkapi dengan teknologi Patchman yang akan memberitahukan beberapa malware atau vulnerability (celah) yang ada di website. Jadi hal- hal yang menjadi sasaran empuk hacker dalam menyerang website, akan dikirimkan melalui email kamu. Memang ada banyak istilah yang terdengar asing, namun apa salahnya untuk mencoba menggali informasi mengenai celah atau malware tersebut. Apa sebenarnya malware? Bagaimana malware tersebut bisa masuk ek website? Apa celah dalam website saya? Dan sebagainya. Untuk urusan selanjutnya, jangan ragu untuk menghubungi Tim Support DomaiNesia! Kami akan senantiasa membantu agar website anda aman 🙂

Gimana kalau website saya di hack? Lapor ke DomaiNesia !

Nah, itulah beberapa alasan mengapa website mudah dihack ! Selalu pastikan bahwa password kamu susah ditebak, jangan gunakan tema dan plugin sembarangan, selalu lakukan upgrade dan pilih Hosting terbaik! Tidak ada salahnya juga kamu tahu seluk beluk website, malware serta celah yang ada di website. Dengan teknologi yang mumpuni seperti CloudFlare, Patchman, Memcached serta dikombinasikan dengan SSL, maka website anda akan terbebas dari serangan hacker! 😀

Apa itu SSL? Coba baca Perlukah Saya Menggunakan SSL.

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Newsletter