Cara Bisnis Online Dengan Omset Milyaran [Terbaru 2019]6 min read

4/5 (1)

bisnis online omset milyaran

Tahun sudah beganti, begitu juga dengan cara bisnis online yang bisa diterapkan pada 2019 ini. Berbagai jenis peluang terbuka dengan banyaknya jalan-jalan yang bisa dimanfaatkan. Jangan sampai tertinggal dengan pesaingmu, ikuti cara bisnis online dengan omset milyaran berikut ini.

Bisnis Online Tanpa Modal, Mungkinkah Terjadi?

Mungkin kamu sering membaca artikel-artikel mengenai cara bisnis online tanpa modal dengan berbagai judul clickbait, dan setelah membacanya malah nggak menemukan sama sekali informasi yang rasional. Meski sebenarnya, istilah bisnis online tanpa modal bisa saja terjadi! Namun dengan satu syarat; kerja keras yang luar biasa keras.

Jenis Bisnis Online yang Nggak Pernah Mati

bisnis makanan online

source: pixabay.com

Bisnis Makanan Online

Siapa yang tidak butuh makanan di dunia ini? Hal inilah yang menjadikan bisnis makanan tidak akan pernah mati. Melihat era sekarang, pola hidup masyarakat yang serba instant dan ingin dimudahkan dengan teknologi membuat inovasi-inovasi baru dalam bidang food and beverages ini. Tidak hanya pengembangan kemasan, perkembangan berbagai jenis makanan yang menjadi instant, hingga proses pengiriman.

Bisnis makanan instant kering menjadi primadona hampir di semua online shop yang ada. Tidak hanya melalui media e-commerce namun juga pemasaran melalui media sosial misalnya Instagram. Bisnis makanan juga mengintegerasikan toko offline dengan pembeli online melalui Go Jek. Perkembangan teknologi ini menjadi salah satu cara bisnis online dibidang makanan dan minuman.

cara bisnis online baju

source: pexels.com

Bisnis Online Baju

Fashion menjadi hal kedua setelah makanan yang menjadi jenis bisnis yang nggak akan pernah mati. Dunia fashion selalu berkembang dengan bermunculannya tren berpakaian dari seluruh antero dunia. Tren baju ala Korea misalnya, yang tersebar dan berkembang melalui media sehingga menimbulkan demand untuk para pecintanya di seluruh dunia.

Bisnis baju online juga merupakan salah satu bisnis yang memiliki prospek milyaran rupiah meskipun hanaya dikelola sebagai bisnis online rumahan. Sistim penjualannya pun bermacam-macam mulai dari produsen yang mampu menjual langsung ketangan konsumen. Atau menggunakan sistim perantara dengan reseller dan dropshipper.

Bisnis baju online pun tidak hanya berasal dari dalam negeri. Namun juga semakin ramai dengan masuknya baju baju impor dari luar negeri. Dan salah satu tren yang sedang berkembang di 2019 ini adalah “baju bangkok”.

Channel Pemasaran Bisnis Online Terbaik

jualan online

source: pexels.com

Setelah menentukan produk yang akan dijual, dengan contoh adalah bisnis makanan dan baju pada bab sebelumnya. Selanjutnya yang harus dikerjakan adalah menentukan channel pemasaran yang akan dipilih. Ada baiknya juga setelah menemukan produk, kamu menghitung ­plus-minus strategi dengan model bisnis kanvas.

Journey Marketing Online

Journey marketing online atau perjalanan marketing online secara singkat adalah perjalanan calon pembeli mulai dari memasuki channel  digital yang telah dimiliki hingga melalukan pembelian. Skema ini ada baiknya disimulasikan pada awal pembentukan jalur-jalur digital yang akan digunakan. Simulasi ini memudahkan kamu sebagai penjual untuk menentukan jalur mana yang paling berpotensi untuk mendatangkan keuntungan lebih banyak. Ada dua channel yang secara umum bisa dijadikan jalur pemasaran yaitu;

  1. Website

Website adalah representasi untuk segala macam bisnis online yang dilakukan di dunia ini. Sebuah domain dan hosting yang dimiliki bisa menjadi modal utama seperti halnya seorang pedagang yang memiliki lapak di pasar. Pemilihan nama domain penting untuk menjelaskan bisnis online apa yang dijalankan dan produk apa yang ditawarkan.

Domain Hosting Murah

Domain dan Hosting Murah

Selanjutnya, memilih hosting paling murah adalah salah satu jalan untuk menghitung efisiensi produksi dan biaya pemasaran yang dilakukan. Tentunya dengan bantuan channel ini maka pemasaran akan berjalan dengan lebih baik. Berbagai hal selanjutnya juga bisa dilakukan untuk mempercantik website tersebut.

Optimalisasi website dari segi tampilan dan SEO membuat website akan lebih mudah diakses oleh calon pembeli. Tidak cukup disitu saja, namun setelah memiliki website ada baiknya diintegerasikan dengan penggunaan media sosial dan pemasangan iklan yang mengarah ke website. Tujuannya hanya satu, yakni memperbesar traffic yang masuk dan memperbesar peluang produk terjual melalui channel ini.

  1. Media Sosial

Media sosial sekarang tidak hanya menjadi tempat untuk masyarakat melakukan interaksi sosial dengan yang lainnya. Media sosial seperti Instagram dan Facebook seakan sudah menjadi lapak bagi para penjual dan pembeli yang mencari produk produk yang mereka inginkan. Namun, ada dua jenis perbedaan mendasar dari kedua jenis channel ini.

Perbedaan kedua jenis channel ini terletak pada traffic  pengunjung yang datang. Umumnya pada website, pengunjung datang berasal dari kolom pencarian. Yang artinya mereka mencari tahu informasi mengenai sebuah produk dengan kata kunci tertentu, dan kemudian diarahkan ke halaman website yang telah dimiliki.

Namun, pada media sosial pengunjung traffic bisa lebih luas dan berasal dari banyak hal. Misalnya pengunjung yang datang dari followers yang saling merekomendasikan. Atau berasal dari iklan yang dipasang. Ya! Pemasangan iklan menjadi faktor utama keberhasilan pemasaran melalui media sosial.

Baca: Kenapa Bisnis Online Harus Dimulai dengan Smartphone

Cara Bisnis Online Terbaik

Story Telling

Sekarang ini, salah satu faktor orang membeli sebuah produk adalah cerita yang terkandung atau mengikuti produk tersebut. Cerita menjadi penting untuk pembaca untuk “mengetahui” secara singkat tentang produk yang akan dia beli. Nah bagaimana menceritakan produk melalui channel online?

No matter what you do, your job is to tell your story.” – Gary Vaynerchuk

Sejalan dengan masyarakat yang mulai melek dengan dunia digital, calon pembali tidak lagi mudah termakan dengan rayuan-rayuan ala marketing yang lama. Misalnya dengan menawarkan harga miring, diskon besar-besaran dll. Namun masyarakat sekarang, yang menurut Hermawan Kertajaya sudah memasuki era marketing 4.0, memiliki pola yang berbeda dengan pembeli pada masa lalu yakni mempertimbangkan sesuatu sebelum membeli.

Membangun cerita untuk memasarkan produk adalah salah satu cara bisnis online terbaru yang bisa dilakukan. Cerita yang baik adalah cerita yang memiliki nilai kemanusiaan, misalnya sebuah cerita yang jujur. Salah satu jenis storytelling yang baik dilakukan oleh Air BnB untuk salah satu strategi pemasarannya.

Fokus Pada Kemanusiaan (Human Spirit)

Seperti yang sudah dijelaskan pada bab sebelumnya dengan membangun cerita yang memiliki nilai human spirit. Strategi marketing online lainnya juga harus berfokus kepada nilai-nilai tersebut. Nilai kemanusiaan dimaksudkan dengan nilai positif yang dekat dengan kemanusiaan. Value tersebut harus mampu tersampaikan pada pembeli sebelum mereka memutuskan membeli produk yang ditawarkan.

Sebagai contoh adalah bentuk iklan rokok yang menampilkan sisi maskulinitas dari pria, yang secara tidak langsung menyampaikan pesan bahwa maskulinitas berkaitan erat dengan rokok. Atau misalnya iklan-iklan yang kerap kita lihat ketika bulan Ramadhan yang menyampaikan moment kebersamaan sebagai konten utamanya.

Integrasi Offline dan Online

Kegiatan pemasaran offline dan online pada tahun 2019 ini semakin tidak bisa dipisahkan. Hadirnya teknologi baru AR dan VR menjadi dorongan utama tren ini. Kegiatan pemasaran online sekarang menjadi semakin mudah dengan aktivasi yang bisa dilakukan secara offline oleh calon pembeli yang berada di store offline mereka misalnya. Secara sederhana, kegiatan offline dan online  yang bekerja secara selaras adalah munculnya tren penggunaan e-money dan barcode scanning.

pembayaran online

source: pexels.com

Untuk kamu yang sudah memiliki toko fisik, maka tujuan utama aktivasi atau kegiatan pemasaran online nya adalah store visit dengan bantuan Google Bisnisku atau Instagram dan Facebook Ads. Jika sebuah pemasaran berjalan secara offline dan online dengan baik, tidak hanya memberikan pengalaman pada calon pembeli untuk memperoleh informasi produk saja. Tapi juga menambah channel  yang bisa dikembangkan secara nyata.

Baca: Google Bisnisku Biar Usahamu Makin Terkenal

Kesimpulan

Hampir tidak mungkin untuk menemukan sebuah bisnis online tanpa modal yang bisa dilakukan. Seperti yang sudah dijelaskan pada awal tadi memerlukan kerja keras secara manual yang sangat tinggi. Dan itu juga berarti tidak memperhitungkan kerja keras sebagai modal. Jadi, siap untuk mengerjakan bisnis online di tahun 2019?

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

2 komentar

  1. […] paket hosting, server, menemukan banyak ulasan penting lainnya seperti pengembangan website, cara bisnis online, dan sebagainya. Lumayan buat nambah-nambah pengetahuan kan ya, […]

  2. Avatar Zie berkata:

    Bagus nih artikelnya
    Jadi nambah wawasan buat evaluasi kedepannya
    .
    Makasih admin.
    .
    http://www.rajaselling.com

Komentar