• Home
  • Tips
  • Cara Ganti Password Wi-Fi Dengan Mudah Tanpa Kendala

Cara Ganti Password Wi-Fi Dengan Mudah Tanpa Kendala

Oleh Ayoni Sulthon
No ratings yet.
Cara Ganti Password Wi-Fi Dengan Mudah Tanpa Kendala

Bisa dikatakan jika Wi-Fi kini menjadi hal yang cukup lumrah di kalangan masyarakat. Dibandingkan dengan beberapa waktu lalu, di mana Wi-Fi hanya bisa ditemui pada area kampus, instansi, atau coffee shop, saat ini sudah lebih banyak rumah-rumah yang memasang Wi-Fi. Hal ini dikarenakan, kebutuhan internet dari masyarakat juga cenderung meningkat. Hampir setiap elemen kebutuhan hidup saat ini memerlukan koneksi internet.

Nah, apakah Anda termasuk salah satu pengguna Wi-Fi di rumah?

Jika ya, ada baiknya Anda memahami perihal mengganti password Wi-Fi. Sebagaimana diketahui, password adalah elemen keamanan yang sangat penting. Dengan mengganti password Wi-Fi Anda, tentu risiko keamanan seperti pencurian akses internet akan terminimalisir.Cara Ganti Password Wi-Fi Dengan Mudah Tanpa Kendala

Kenapa Anda wajib ganti Password Wi-Fi ?

Hal yang perlu Anda perhatikan, sesuai dengan penjelasan sebelumnya, mengganti Wi-Fi adalah hal yang cenderung penting untuk dilakukan. Nah, berbincang tentang penggantian password Wi-Fi, ada beberapa alasan kenapa Anda perlu mengganti detail password Wi-Fi tersebut. Bahkan, beberapa kalangan mengatakan bahwa sebaiknya password Wi-Fi diganti dengan interval yang cukup sering.

Adapun beberapa alasan kenapa Anda perlu mengganti password Wi-Fi diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Baru pasang Wi-Fi pertama kali

Salah satu alasan kenapa Anda perlu mengganti password Wi-Fi adalah karena Anda baru memasang Wi-Fi pertama kali. Memang, ketika pertama kali pasang Wi-Fi, Anda akan mendapatkan password Wi-Fi secara default yang berasal dari provider yang Anda pilih.

Password yang diberikan tersebut cenderung acak dan susah untuk diingat. Hal semacam ini tentu saja sangat merepotkan. Selain itu, mengganti password setelah memasang Wi-Fi juga disarankan untuk memberikan kesan personal. Dengan password baru, tentu Anda akan merasa lebih nyaman untuk menggunakan Wi-Fi tersebut.

Baca juga : cara membuat website toko online

  • Mencegah pembobolan akses

Apakah Anda pernah merasa jaringan Wi-Fi yang Anda gunakan di rumah melambat meskipun tidak ada gangguan dari cuaca dan lainnya? Bisa jadi hal tersebut dikarenakan ada orang lain yang menggunakan jaringan Wi-Fi Anda secara ilegal.

Hal semacam ini bisa saja terjadi, terutama jika Anda tinggal di pemukiman yang padat penduduk. Selain karena password yang mudah ditebak, saat ini ada beberapa aplikasi pencari password Wi-Fi yang tersedia. Oleh karenanya, Anda perlu mengganti password secara berkala sebagai perlindungan jaringan dari upaya pembobolan tersebut.

Selain itu, perlu diketahui bahwa tidak hanya koneksi saja yang bisa dicuri jika seseorang menggunakan jaringan Anda. Data yang tersimpan pun nantinya bisa dicuri dan hal ini pasti sangat merugikan. Cara Ganti Password Wi-Fi Dengan Mudah Tanpa Kendala

  • Koneksi Wi-Fi yang cenderung lebih stabil

Anda tentu menginginkan koneksi Wi-Fi yang stabil saat digunakan, bukan? Nah, perlu diketahui bahwa setiap ISP pada umumnya memiliki batasan bandwidth. Misalnya saja, ada Wi-Fi dengan bandwidth 10 Mbps yang kemudian turun jika digunakan untuk beberapa device secara bersamaan.

Nah, dengan mengubah password Wi-Fi, maka nantinya Anda akan mendapatkan jaringan Wi-Fi yang lebih private. Hal semacam ini akan menguntungkan terlebih dari gangguan pengguna yang tidak bertanggungjawab.

Beberapa poin di atas adalah alasan kenapa mengganti password Wi-Fi adalah perkara penting yang harus dilakukan. Memang, umumnya, penggantian password Wi-Fi bertujuan untuk peningkatan keamanan. Namun, di sisi lain hal tersebut juga bisa memberikan kesan personal yang lebih dan memudahkan Anda untuk mengingat password Wi-Fi yang Anda gunakan setiap hari.

Bagaimana Cara Mengganti Password Wi-Fi Dengan Mudah?

Meskipun terdengar sepele, beberapa orang sering bertanya mengenai cara untuk mengganti password Wi-Fi yang mereka gunakan. Nah, untuk bisa mengganti password Wi-Fi yang Anda gunakan, maka Anda perlu terhubung pada jaringan Wi-Fi tersebut. Artinya, jaringan Wi-Fi tersebut harus aktif.

Baca juga : beli domain murah mulai 11 ribu

Memang, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengubah password Wi-Fi tersebut sesuai dengan jenis router yang digunakan. Beberapa router yang berbeda mungkin memiliki sedikit perbedaan tentang bagaimana cara mengubah password tersebut. Hanya saja, secara umum, cara untuk mengganti password tersebut cenderung sama.

Nah, langkah mudah untuk mengganti password Wi-Fi yang Anda gunakan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Membuka halaman konfigurasi router

Untuk mengubah password Wi-Fi yang Anda gunakan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka halaman konfigurasi router tersebut. Halaman konfigurasi router ini bisa diakses menggunakan web di komputer atau device lain yang terhubung secara langsung ke jaringan. Hanya, Anda tidak akan terhubung jika lupa password.

Perlu diketahui bahwa alamat router umumnya berbeda-beda sesuai dengan jenis router yang Anda gunakan. Oleh karenanya, Anda bisa mengecek alamat tersebut di informasi yang tertempel pada router Wi-Fi atau mencari tahu alamat melalui internet sesuai dengan detail router yang digunakan.

  • Memasukkan nama pengguna serta password awal

Setelah alamat router tersebut ditemukan dan Anda sudah terhubung dengan sistem, maka Anda perlu memasukkan nama serta password untuk router yang Anda gunakan. Jika Anda belum pernah melakukan penggantian, maka bisa jadi nama pengguna dari router tersebut adalah admin dengan password standar 123456.

Namun, jika Anda sudah pernah mengubahnya, maka masukkan nama dan password yang sesuai. Pastikan penulisan username dan password tepat ya!

Lalu, bagaimana jika pengguna lupa perihal nama pengguna serta password tersebut?

Jika hal tersebut terjadi pada Anda, maka Anda bisa melakukan reset pada router. Caranya, tekan tombol reset pada router sekitar 30 detik. Dengan cara ini, maka pengaturan login router akan kembali ke pengaturan awal secara default.

  • Buka bagian wireless

Langkah selanjutnya untuk mengganti password Wi-Fi adalah mencari bagian wireless. Bisa jadi, nama bagian ini berbeda dari provider satu dengan provider lainnya, namun umumnya cukup mirip.

Anda bisa saja mencari bagian ini dengan nama wireless atau jaringan Wi-Fi. Setelah ditemukan, masuk ke bagian pengaturan atau wireless security.

  • Ubah password

Jika Anda sudah masuk ke bagian pengaturan Wi-Fi, maka Anda bisa langsung mengubah password Wi-Fi yang digunakan. Di bagian pengaturan, cari kotak dengan opsi password, shared key ataupun pass phrase. Selanjutnya, ikuti perintah yang ditunjukkan.

Umumnya, Anda akan disuruh untuk memasukkan password Wi-Fi lama dan password Wi-Fi yang baru. Kemudian, lakukan verifikasi dengan memasukkan password Wi-Fi baru sekali lagi dengan tujuan untuk memastikan jika password Wi-Fi tersebut sudah benar.

Dalam hal ini, sebaiknya Anda membuat password yang kuat dengan kombinasi angka, huruf ataupun simbol. Dengan aneka kombinasi tersebut, peluang untuk pencurian akses tentu saja akan menjadi lebih kecil.

  • Simpan pengaturan password baru

Langkah terakhir untuk mengubah password Wi-Fi adalah menyimpan pengaturan barunya. Untuk menyimpan password baru, Anda hanya tinggal klik opsi simpan ataupun save yang tertera di layar. Dengan opsi tersebut, password Wi-Fi baru Anda sudah tersimpan dan bisa langsung digunakan.

Nah, beberapa langkah di atas adalah panduan bagaimana Anda bisa mengubah password Wi-Fi yang dengan lebih mudah tanpa ribet. Memang, beberapa jenis atau tipe router bisa saja menunjukkan perbedaan pada langkah-langkah mengubah password tersebut. Hanya saja, secara umum, langkah untuk mengubah password adalah seperti detail di awal.

Selain itu, pertanyaan yang juga sering muncul adalah apakah mengubah password Wi-Fi harus melalui komputer atau bisa dengan smartphone.

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah, mengubah password Wi-Fi bisa dilakukan baik dengan menggunakan komputer atau dengan smartphone. Hanya saja, mungkin mengubah password dengan desktop cenderung lebih mudah karena layar yang lebih lebar serta jaringan yang cenderung lebih stabil.

Tips Membuat Password yang Kuat

Terkait password, penting bagi Anda untuk membuat password yang kuat agar tidak mudah diketahui oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Oleh karenanya, untuk memudahkan Anda, ada beberapa tips yang bisa dijadikan pertimbangan ketika hendak membuat password tersebut.

Adapun beberapa tips yang tepat untuk membuat password yang kuat dan tidak mudah dilacak adalah sebagai berikut:

  • Dibuat dengan kombinasi

Sebagaimana disinggung sebelumnya, password yang disarankan adalah password yang kuat dengan detail yang berbeda. Artinya, password tersebut dibuat dengan menggunakan beberapa kombinasi agar tidak mudah dilacak.

Adapun kombinasi yang bisa digunakan adalah huruf besar, huruf kecil, angka ataupun juga simbol. Anda bisa membuat sebuah password yang sebenarnya cukup simple dengan beberapa kombinasi tersebut. Misalnya, passWORD123*. Nah, dengan detail tersebut, tentu akan lebih sulit bagi orang lain untuk menerka password Wi-Fi yang Anda gunakan.

  • Ganti huruf dengan angka atau sebaliknya

Ide lain yang bisa diterapkan untuk membuat password Wi-Fi yang unik sekaligus susah untuk diterka adalah dengan mengganti huruf dengan angka atau sebaliknya. Ya, ini adalah ide yang bisa dikatakan cukup membantu untuk membuat password yang susah ditebak.

Jika disimak, ada beberapa huruf dan angka yang cenderung mirip. Misalnya saja huruf E dengan angka 3, ataupun huruf A dengan angka 4. Nah, dengan kemiripan ini, Anda bisa menggunakannya sebagai ide password, misalnya p455word123*. Bagaimana, cukup unik, bukan?

  • Membuat dengan tulisan terbalik

Membuat tulisan dengan bacaan terbalik juga bisa menjadi ide untuk membuat password yang aman dan susah untuk diterka. Ide ini sebenarnya cukup simple dan mudah untuk diterapkan. Pasalnya, Anda tidak perlu melakukan kombinasi –meskipun iya lebih baik, untuk membuat password tersebut.

Misalnya, Anda ingin membuat password dengan kata ‘matahari’. Nah, dengan teknik ini, Anda bisa membuatnya menjadi irahatam. Untuk lebih menyulitkan seseorang yang menebak password Anda, tambahkan angka, misalnya menjadi irahatam99x.

Beberapa ide di atas bisa menjadi pertimbangan dan masukan untuk membuat password Wi-Fi Anda baru yang lebih aman dan tentu saja susah untuk dilacak. Sebagai tambahan, ada baiknya jika Anda menghindari membuat password dengan detail yang sebelumnya pernah digunakan. Selain itu, hindari pula membuat password dengan tanggal lahir, nama, alamat rumah, tanggal pernikahan atau informasi sejenisnya yang banyak diketahui orang.

Demikian beberapa ulasan perihal cara untuk mengganti password Wi-Fi yang mudah serta beberapa saran untuk membuat password yang tepat. Demi kenyamanan Anda menggunakan jaringan Wi-Fi di rumah, ada baiknya jika Anda mengganti password tersebut secara berkala, minimal sebulan sekali. Juga, jangan lupa untuk mencatat password baru tersebut agar nantinya tidak merepotkan. Semoga bermanfaat.

Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO and Digital Marketing.

Artikel

Lainnya


alfahri
August 14, 2021

Artikelnya sangat bermanfaat, jangan lupa kunjungi website kami juga ya di https://bpr-bba.com Semoga sukses selalu 

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!