• Home
  • Tips
  • 5 Tips Anti Rugi Beli Domain ala Google Domain Indonesia

5 Tips Anti Rugi Beli Domain ala Google Domain Indonesia

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Yang perlu kamu lakukan setelah memiliki domain adalah mulai membangun website, brand dan audiens online kamu.

Jangan khawatir, ada banyak solusi sederhana agar bisnis kamu tersedia secara online.

Kamu dapat membuat website, menyiapkan email khusus, dan menambah jumlah audiens online secara efisien, tanpa pengetahuan teknis apa pun.

Meskipun Google Domain Indonesia memberikan banyak bantuan di sepanjang proses ini, kamu perlu memiliki rencana dasar yang akan membantu mencapai sasaran.

Google Domain Indonesia
Sumber: Freepik

Berikut ini beberapa tips tentang cara memaksimalkan domain baru kamu:

Membuat Website

Kamu tidak perlu menggunakan jasa pembuatan website untuk bisa memiliki website yang profesional dan menarik, yang mencerminkan hal yang kamu tawarkan.

Google Domain Indonesia bekerja sama dengan pembuat website terbaik di kelasnya sehingga kamu bisa dengan mudah membuat website sendiri tanpa memiliki pengalaman teknis atau desain.

Kerja sama Google Domain Indonesia ini meliputi: Blogger, Shopify, Squarespace, Weebly, Wix, dan WordPress.

Masing-masing memiliki biaya dan opsi yang berbeda.

Hal ini termasuk hosting yang aman, template yang dapat disesuaikan, serta fitur yang berguna.

Setelah membeli domain di Google Domain Indonesia, kamu dapat memulai dengan opsi yang menurut kamu sesuai.

Dapatkan Email Khusus

Kamu dapat membangun kredibilitas dan pengakuan dengan menggunakan email khusus yang mencantumkan nama domain kamu, seperti namakamu@domainkamu dan info@domainkamu.

Google Domain Indonesia menyertakan penerusan email secara gratis sehingga kamu bisa membuat hingga 100 email alias khusus yang secara otomatis diteruskan ke akun email yang ada.

Dengan Google Domain Indonesia kamu juga dapat mendaftar ke Google Workspace dan memberi setiap orang di tim kamu alamat email profesional, misalnya susan@perusahakamu.

Dengan Google Workspace, tim kamu juga mendapatkan Gmail, penyimpanan online, fitur untuk berbagi file dengan cepat, konferensi video yang mudah diikuti, proteksi, dan lain-lain.

Sederhanakan Pengelolaan Domain

Jika ada beberapa orang yang mengerjakan Google domain Indonesia milik kamu, kamu dapat dengan mudah berbagi pengelolaan domain dengan mereka.

Dengan menggunakan akun Google Domain Indonesia, kamu dapat memberikan izin kepada setiap pengguna untuk mengelola domain.

Termasuk registrasi Google Domain Indonesia, keberadaan web (seperti email alias dan akun Google Workspace), serta setelan DNS.

Iklankan Situs Kamu

Jika kamu ingin menjangkau pelanggan baru secara online, iklan dan marketing media sosial mungkin merupakan hal yang tepat.

Kamu akan menemukan berbagai fitur berbasis data dengan reputasi yang baik untuk mendorong traffic ke website kamu, termasuk:

Dengan Ads, kamu dapat menargetkan calon pelanggan saat mereka menelusuri bisnis seperti milik kamu di Google.

Google Ads membantu kamu dengan menampilkan iklan di samping hasil Google Penelusuran dan produk Google lainnya berdasarkan kata kunci yang telah kamu pilih.

Kamu dapat menetapkan anggaran sendiri dan hanya membayar jika ada yang mengklik iklan untuk mengunjungi website kamu atau melakukan panggilan ke telepon bisnis kamu.

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Domain

Membeli nama di Google Domain Indonesia merupakan langkah yang penting bagi bisnis baru.

Tetapi ada hal yang lebih penting daripada sekedar menemukan nama yang tepat.

Sebelum memulai, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui.

Tidak semua perusahaan yang menjual nama domain (disebut sebagai registrar domain) itu sama.

Sebagian menggunakan taktik seperti menyembunyikan biaya atau menjual data kamu untuk mendapatkan uang, dan hal ini dapat menimbulkan dampak jangka panjang pada bisnis kamu.

Kabar baiknya, dengan beberapa tips sederhana, kamu bisa tahu hal yang harus diwaspadai sebelum membeli Google Domain Indonesia.

Waspada Terhadap Biaya Tersembunyi

Dalam membuat keputusan pembelian, harga bisa menjadi faktor utama.

Orang mudah terpancing untuk membeli domain dengan harga sangat rendah.

Tapi jangan tertipu. Beberapa registrar domain menawarkan harga promosi dengan biaya sangat rendah, namun kemudian menyembunyikan banyak biaya dalam kontrak, mengikat kamu, kemudian mengenakan tarif perpanjangan yang tinggi.

Secara umum, ingatlah bahwa registrar yang menawarkan harga domain sangat rendah mungkin memiliki cara lain yang kurang etis dalam menghasilkan uang. Taktik ini meliputi:

Menambahkan biaya tersembunyi

Banyak registrar memanfaatkan fakta bahwa kebanyakan orang tidak membaca persyaratan secara mendetail.

Google Domain Indonesia
Sumber: Freepik

Sebelum melakukan pembelian domain, tinjau “Persyaratan Layanan” registrar untuk melihat apakah ada persyaratan, kewajiban, atau biaya yang meragukan.

Pastikan untuk memeriksa tarif perpanjangannya, dan pastikan kamu hanya membeli yang dibutuhkan dan diinginkan.

Mengenakan Biaya untuk Mengedit Listingan WHOIS atau RDAP

Detail setiap pendaftaran domain harus dipublikasikan dalam direktori publik WHOIS dan RDAP, dan kamu harus bisa mengubah detail ini sesuai kebutuhan, tanpa biaya tambahan.

Hati-hati dengan registrar yang membebankan “biaya administrasi” saat kamu perlu mengedit data WHOIS atau RDAP.

Add-on dan Fitur Ekstra

Registrar sering kali mencoba melakukan “upsell” atau “cross-sell” hal-hal yang tidak kamu butuhkan.

Misalnya, mereka mungkin menyarankan agar kamu membeli akhiran domain tambahan yang sebenarnya tidak diperlukan.

Atau, mereka mungkin menawarkan untuk menggabungkan domain kamu dengan sejumlah layanan lain yang mungkin tidak akan pernah kamu gunakan.

Mengenakan Biaya Transfer

Mentransfer domain kamu ke registrar lain mungkin akan kamu lakukan di masa mendatang.

Pastikan “Persyaratan Layanan” tidak mensyaratkan biaya “transfer keluar” untuk memindahkan domain kamu ke registrar lain.

Biaya ini bisa sangat tinggi dan melanggar kebijakan ICANN (organisasi non-profit yang mengawasi penggunaan domain internet).

Selain biaya, beberapa registrar membuat transfer hampir tidak mungkin dilakukan, dengan membuat proses transfer yang rumit dan sulit digunakan.

Sebaiknya lihat dulu tingkat kemudahan proses transfer sebelum memilih registrar.

Lindungi Privasi

Karena detail domain adalah data publik di direktori WHOIS dan RDAP, banyak bisnis memilih untuk menyimpan informasi pribadinya sendiri.

Data yang tidak dilindungi rentan terhadap pencurian data oleh pelaku spam dan scam. Carilah registrar domain yang menawarkan perlindungan privasi secara gratis.

Waspadalah terhadap registrar yang mengenakan biaya premium untuk “Layanan Privasi”, terutama yang menawarkan untuk menggunakan data mereka di registry semacam ini sebagai ganti data kamu.

Hal ini diam-diam akan menjadikan mereka pemilik domain tersebut.

Lindungi Data

Selain gagal melindungi data pribadi kamu dari data publik, beberapa registrar menjual data kamu ke pihak ketiga seperti organisasi pemasaran.

Sebagian registrar bahkan memanfaatkan database WHOIS dan mengirimkan invoice perpanjangan palsu, sehingga membuat orang tanpa sadar mentransfer domainnya.

Pastikan untuk mencari registrar yang berjanji tidak akan menjual atau menyalahgunakan data pelanggan untuk tujuan pemasaran.

Fokus Pada Transparansi

Carilah registrar yang menawarkan transparansi dalam hal harga dan praktik yang diterapkan.

Misalnya, kamu harus dapat dengan mudah melihat tarif perpanjangan, serta proses untuk mentransfer atau membatalkan pendaftaran domain kamu.

Sebagian registrar menawarkan pendaftaran murah untuk pembelian awal, namun kemudian mengenakan biaya tinggi untuk perpanjangan domain.

Mereka juga dapat membuat proses pembatalan pesanan jadi sangat sulit dilakukan.

Cari registrar yang menyediakan informasi harga dan persyaratan layanan di muka untuk menghindari hal-hal yang tak diharapkan di kemudian hari.

Bedakan Dukungan Dengan Penjualan

Beberapa registrar tidak memiliki staf dukungan, tetapi ada tenaga penjualan yang dilatih untuk meminta kamu membeli layanan tambahan yang mungkin tidak kamu perlukan.

Baca ulasan tentang tim dukungan registrar kamu, atau coba hubungi nomor dukungan mereka sebelum melakukan pembelian.

Google Domain Indonesia
Sumber: Freepik

Kamu harus mencari registrar yang menawarkan layanan dan bantuan yang sopan dan profesional, bukan yang memandang kamu sebagai mesin uang yang dapat terus menghasilkan keuntungan.

Setelah membeli domain, kamu bisa membangun personal branding kamu sendiri dengan mudah, membuat email profesional, membuat blog yang menarik, membuat shop online dan banyak keuntungan lainnya.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!