• Home
  • Tips
  • Install Anaconda di Cloud VPS Ubuntu

Install Anaconda di Cloud VPS Ubuntu

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Install Anaconda di Cloud VPS Ubuntu – Apabila kamu seorang analis data atau seseorang yang bekerja pada lingkungan data science, pastinya kamu tidak asing dengan istilah visualisasi data dan penambangan data (data mining). Visualisasi data dan data mining bisa diproses dengan bahasa pemrograman Python dan R. Bagi pengguna Python, untuk melakukan visualisasi data dan data mining pasti menggunakan beberapa library yang bisa memudahkan proses pengolahan. Pada umumnya, biasanya library harus diinstall satu per satu. Nah, disitulah tugas Anaconda yaitu memudahkan instalasi library bahasa pemrograman Python. Sebenarnya apa pengertian Anaconda Python? Apa kelebihan yang bisa didapatkan? Bagaimana cara install Anaconda di Cloud VPS Ubuntu? Tenang, semua pertanyaan itu akan dijelaskan satu per satu pada artikel ini.

Pengertian Anaconda Python

Anaconda Python adalah suatu platform sebagai alternatif dari instalasi bahasa pemrograman python dan library-nya. Biasanya Anaconda Python digunakan untuk mengolah data atau data mining. Pengolahan yang membutuhkan banyak library mengharuskan kamu untuk melakukan instalasi library satu per satu. Namun, berbeda jika kamu menggunakan Anaconda Python. Dengan Anaconda Python, untuk instalasi library hanya cukup dengan pemanggilan library saja. Jadi lebih mudah. Ada banyak library yang bisa kamu gunakan di Anaconda, seperti library pandas, numpy, scipy, matplotlib, sklearn dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, Anaconda juga menyediakan IDE (Integrated Development Environment) atau dikenal dengan software untuk membuat program python yaitu Jupyter dan Spyder. Anaconda ini bersifat gratis, jadi kamu bisa dengan bebas menggunakan Anaconda sesuai kebutuhan.

Kelebihan Anaconda Python

Sebelum melakukan install Anaconda di Cloud VPS Ubuntu, ada baiknya jika kamu mengetahui kelebihan- kelebihan apa saja yang akan kamu dapatkan apabila menggunakan Anaconda sebagai tools kamu dalam mengolah data. Anaconda Python banyak digunakan oleh analis data, data engineer, hingga data scientist untuk membantu dalam mengolah data. Alasan mereka menggunakan Anaconda Python adalah kemudahan dan kelengkapan library pengolahan data yang disediakan oleh Anaconda. Adapun kelebihan Anaconda Python yang bisa kamu dapatkan meliputi :

install anaconda
Sumber : Dokumentasi Anaconda
  • Kemudahan dalam melakukan instalasi library apapun cukup memanggil library saja
  • Instalasi library bahasa pemrograman Python lebih cepat tanpa ada konfigurasi
  • Anaconda menyediakan library visualisasi data seperti matplotlib, dash, dan datashader
  • Anaconda menyediakan library machine learning seperti scikit-learn (sklearn) dan tensorflow
  • Anaconda menyediakan library analisis data seperti numpy dan pandas

Cara Install Anaconda di Cloud VPS Ubuntu

Setelah mengerti pengertian dan kelebihan Anaconda, sekarang saatnya mulai install Anaconda di Cloud VPS Ubuntu. Pastikan kamu memliki Cloud VPS yang sudah diinstall Ubuntu ya. Berikut ini adalah langkah-langkah cara install Anaconda di Cloud VPS Ubuntu.

1. Mengakses Cloud VPS Dengan SSH

Untuk masuk ke Cloud VPS, kamu bisa mengakses Terminal atau software PuTTy dengan SSH. Untuk kamu pengguna Linux dan MacOS kamu bisa menggunakan Terminal. Sedangkan jika kamu pengguna Windows silahkan menggunakan software PuTTy. Cloud VPS DomaiNesia, menyediakan dashboard intuitif yang memudahkan user dalam mengelola Cloud VPS, salah satunya ada mengakses Cloud VPS melalui SSH ini. Apabila kamu memiliki Cloud VPS DomaiNesia, kamu hanya cukup melakukan copy SSH Access di dashboard, kemudian paste di Terminal atau PuTTy.

Secure Shell (SSH) adalah sebuah protokol jaringan kriptografi untuk komunikasi data yang aman, login antarmuka baris perintah, perintah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer

2. Download Anaconda

Setelah berhasil masuk Cloud VPS dengan SSH, cara install Anaconda selanjutnya adalah mengunduh Anaconda. Pada langkah ini pastikan kamu menggunakan koneksi internet yang stabil agar tidak terjadi kesalahan atau error dalam proses pengunduhan. Kamu bisa mengunduhnya dengan mengakses Platform Anaconda di web browser.

3. Mulai Install Anaconda

Jika proses unduh telah selesai, cara install Anaconda selanjutnya yaitu mulai install Anaconda. Pertama- tama saat Install Anaconda, kamu harus melakukan verifikasi data yang telah diunduh terlebih dahulu. Setelah itu Anaconda akan memberikan beberapa penjelasan mengenai perjanjian lisensi Anaconda. Jangan bingung mengenai lisensi pada Anaconda. Untuk install Anaconda ini kamu cukup klik Enter dan mengikuti alur perjanjian lisensi seperti saat kamu meng-install software di komputer. Jika sudah, proses install Anaconda selanjutnya adalah mengaktifkan Anaconda. Kamu belum bisa menggunakan Anaconda apabila lebih mengaktifkan Anaconda. Untuk itu, kamu harus mengaktifkan Anaconda agar dapat berjalan di Cloud VPS dan digunakan untuk mengolah data.

4. Install Anaconda Berhasil

Apabila sudah mengikuti proses install Anaconda diatas, itu artinya kamu telah selesai dan berhasil melakukan install Anaconda di Cloud VPS Ubuntu. Setelah itu kamu bisa melakukan pengecekan terhadap versi Anaconda yang telah kamu install. Cara mengecek versi Anaconda adalah dengan menjalankan command dibawah ini di Terminal atau PuTTy.

Kesimpulan

Anaconda Python adalah tools library Python yang memudahkan dalam mengolah data menggunakan bahasa pemrograman Python. Dengan Anaconda, kamu bisa memanfaatkan library apapun sesuai dengan kebutuhan kamu. Tidak perlu lagi install library satu per satu, namun cukup memanggil library saja.

Baca Juga : Ragam Jenis Bahasa Pemrograman yang Wajib Diketahui Oleh Developer

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!