Tips Memilih Spesifikasi komputer Desain Grafis3 min read

tips memilih spesifikasi komputer desain grafis

Ketika hendak membeli seperangkat komputer, maka salah satu hal yang harus menjadi fokus perhatian adalah mengenai spesifikasi komputer tersebut. Karena ada banyak sekali komputer yang dijual dipasaran, dan sebagai pembeli yang cerdas maka Anda juga dintutut untuk bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Jadi tidak bisa asal beli saja dengan pedoman harga murah.

Spesifikasi Komputer

Sumber Gambar : Unsplash

Sebenarnya, harga tidak selalu menjadi acuan dari sebuah kualitas. Namun, apakah spek yang diusung oleh komputer tersebut sesuai dengan apa kebutuhan? Karena kalau tidak, maka sia-sia saja Anda membelinya. Apalagi jika nantinya komputer tersebut dimaksudkan akan digunakan untuk pekerjaan tertentu, maka Anda juga harus tahu apa komponen serta fungsi.

Baca Juga : Beli Hosting Murah cuma Rp. 8.000 perbulan

Panduan Memilih Spesifikasi Komputer Desain Grafis

Bagi Anda yang menggeluti pekerjaan sebagai desain grafis, berikut di bawah ini adalah beberapa panduan memilih komputer yang harus diperhatikan sebelum membeli :

  1. Budget
    Hal yang pertama kali harus Anda perhatikan dan sadari adalah bugdet atau anggaran untuk membeli. Untuk bisa bekerja dengan lebih baik dan menghasilkan pekerjaan berkualitas, maka Anda juga membutuhkan komputer khusus dengan harga yang pasti lebih tinggi. Jadi jangan samakan dengan PC yang digunakan oleh mahasiswa untuk

    Untuk jenis PC seri desain grafis, anggaran yang dibutuhkan adalah minimal Rp. 8.000.000. Dengan budget yang bisa dikatakan sangat minim tersebut, Anda sudah bisa mendapatkan 1 set komputer dengan kualitas dan spek cukup bagus. Apabila digunakan dan dirawat dengan benar, maka akan bisa bertahan setidaknya selama lima tahun.
  2. Prosesor
    Jika Anda up to date dengan perkembangan teknologi, pastinya sudah tahu jika hanya ada dua brand yang mendominasi produk berupa prosesor ini, yakni Intel dan AMD. Meskipun begitu, serinya ada sangat banyak sekali. Kalau Anda blank mengenai hal ini, maka bisa get lost easily. Oleh sebab itu, maka berhati-hati dalam menentukan komponen prosesor.Sebagai panduan, produk Intel memiliki peminat yang lebih banyak dipasaran. Riset di lapangan membuktikan, bahwa kualitas Intel lebih bagus dan awet ketika digunakan. Dan untuk memenuhi kebutuhan desain grafis, maka disarankan menggunakan Intel Core i7 hashwell yang merupakan seri terbaru dan tercanggih. Tapi apabila budget tidak mencukupi, maka bisa menggunakan Core i5.
  3. Memori
    Spesifikasi komputer untuk desain grafis yang harus diperhatikan selanjutnya adalah memori atau storage. Seperti yang pasti sudah Anda ketahui, bahwasanya untuk pekerjaan desain grafis maka Anda membutuhkan komputer dengan kapasitas memori besar. Memori disini bukan hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan saja, tapi juga meningkatkan performa.Semakin besar space memori, maka semakin cepat pula loading-nya, dan begitupun sebaliknya. Ada banyak brand dan tipe memori yang bisa dijadikan pilihan oleh para desainer grafis. Untuk memudahkan pekerjaan Anda dalam jangka panjang, maka bisa memakai motherboard yang memiliki empat slot memori sehingga tidak perlu repot.
  4. Graphic Card
    Desain grafis merupakan pekerjaan yang berat bagi komputer sehingga pemilihan graphic card juga dituntut untuk dilakukan secara cermat. Dihimbau untuk tidak membeli brand abal-abal dengan harga murah, karena disini Anda membutuhkan graphic card yang paling bagus (kalau bisa). Sehingga performa dan kualitas pekerjaan bisa menjadi lebih baik.Sampai saat ini, beberapa brand graphic card yang paling laris dipasaran adalah Asus, Gigabyte, dan MSI. Namun pada dasarnya chip yang digunakan umumnya sama, yaitu NVIDIA atau Ati Radeon. Kedua chip pada komponen spesifikasi komputer tersebut sebenarnya sama bagusnya, hanya saja kembali lagi pada kebutuhan Anda.

itulah artikel tentang spesifikasi komputer untuk desain grafis, Semoga artikel ini bermanfaat !

Baca juga : Harga Domain Murah

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar