• Home
  • Berita
  • #Hack4ID: DomaiNesia dan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dalam Mendorong Inovasi Digital

#Hack4ID: DomaiNesia dan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dalam Mendorong Inovasi Digital

Oleh Bimo Hutomo
No ratings yet.

Pada tanggal 3-4 Juni 2023, sebuah acara Hackathon bertajuk #Hack4ID berhasil digelar dengan sukses di kantor DomaiNesia, Deneva Hub Yogyakarta. Acara ini merupakan salah satu program pendukung dari Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang bertujuan untuk mendorong inovasi digital dan kolaborasi antara pelaku industri di Indonesia. Dengan dukungan kuat dari DomaiNesia sebagai sponsor utama, #Hack4ID berhasil menciptakan lingkungan yang inspiratif bagi para peserta.

DomaiNesia adalah salah satu perusahaan penyedia layanan web hosting dan domain terkemuka di Indonesia yang turut mendukung acara #Hack4ID. Sebagai sponsor acara ini, DomaiNesia berkomitmen dalam mendukung pertumbuhan startup dan inovasi digital di Indonesia.

startup digital
Adi Setiawan (CEO DomaiNesia) membuka acara #Hack4ID

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah sebuah inisiatif pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk menghasilkan dan mendukung perkembangan 1.000 startup digital di berbagai sektor industri. Program ini mengajak para pelaku industri, lembaga pemerintah, dan masyarakat untuk berkolaborasi dalam menciptakan inovasi yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja baru.

Sebagai sponsor utama, DomaiNesia turut berperan dalam mewujudkan #Hack4ID sebagai ajang kolaborasi dan penciptaan solusi inovatif. DomaiNesia sendiri merupakan salah satu penyedia layanan web hosting dan domain terkemuka di Indonesia. Dengan pengalamannya dalam dunia teknologi digital, DomaiNesia berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan startup di Indonesia.

Mengenal Konsep Problem Solution Fit

Acara #Hack4ID dihadiri oleh berbagai pembicara ternama yang berpengalaman di bidang teknologi dan startup. Salah satu pembicara yang hadir adalah Fuad Rahman, pendiri DomaiNesia. Dalam workshop hari pertama, Fuad Rahman membahas tentang konsep Problem Solution Fit. Peserta workshop diberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana mengidentifikasi permasalahan yang ada dan melakukan validasi terhadap solusi yang diberikan. Konsep ini merupakan dasar yang penting dalam pengembangan produk atau layanan yang relevan dan diinginkan oleh pasar.

Fuad Rahman (Founder DomaiNesia) menjelaskan tentang Problem Solution Fit

Pada workshop kedua, Aryo Wiryawan, CEO Indmira, menjadi pembicara. Dia membahas topik Pitching 101, di mana peserta diberikan pemahaman tentang seni mengemas permasalahan dan solusi dalam bentuk cerita yang menarik. Pitching yang baik menjadi kunci dalam mempresentasikan ide dan meyakinkan pihak-pihak terkait mengenai potensi solusi yang diusulkan.

Aryo Wiryawan, CEO Indmira menjelaskan topik Pitching 101

Selain pembicara yang telah disebutkan sebelumnya, acara workshop dalam #Hack4ID juga dipandu oleh mentor dari Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Pada hari pertama, mentor yang memimpin workshop adalah Faizah, yang merupakan Curriculum & Program Development dari 1000 Startup Digital. Sementara hari kedua, workshop diisi oleh Gita Andini yang juga merupakan Curriculum & Program Development dari 1000 Startup Digital.

Workshop hari pertama diisi oleh Faizah

Selain pembicara dari industri teknologi dan startup, acara #Hack4ID juga mendapat dukungan dan kehadiran Bapak Bonifasius Wahyu Pudjianto, Direktur Pemberdayaan Informatika Ditjen Aptika Kementerian Kominfo. Kehadiran beliau dalam acara ini menunjukkan dukungan dan perhatian pemerintah terhadap pengembangan startup dan inovasi digital di Indonesia.

Dukungan dan kehadiran Bapak Bonifasius Wahyu Pudjianto dalam acara #Hack4ID menambah bobot dan pentingnya acara ini sebagai platform kolaborasi dan pertumbuhan startup di Indonesia. Dengan adanya perhatian pemerintah, diharapkan para peserta semakin termotivasi untuk menghasilkan solusi inovatif yang dapat memberikan dampak positif bagi industri dan masyarakat luas.

Direktur Pemberdayaan Informatika Ditjen Aptika Kementerian Kominfo, Bapak Bonifasius Wahyu Pudjianto hadir mendukung acara #Hack4ID

#Hack4ID bukan sekadar acara kompetisi, tetapi juga sebuah wadah untuk membangun kolaborasi antara para peserta dan pelaku industri. Dalam semangat kolaborasi, para peserta diundang untuk berinteraksi dengan pelaku industri yang berpengalaman, memperluas jaringan, dan saling berbagi pengetahuan. Acara ini juga menjadi kesempatan bagi para peserta untuk memperoleh umpan balik langsung dari para ahli dan pemangku kepentingan terkait dalam industri.

Acara #Hack4ID tidak hanya berlangsung di Yogyakarta, tetapi juga di 13 HUB pelaksana Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di berbagai wilayah Indonesia. Hal ini menunjukkan skala dan jangkauan program ini yang luas. Melalui pelaksanaan #Hack4ID di berbagai HUB, program ini berhasil menjangkau peserta dari berbagai daerah dan sektor industri, menciptakan keragaman ide dan solusi yang beragam.

Workshop hari kedua diisi oleh Gita Andini

Penerapan Metode Design Thinking

Dalam pelaksanaannya, #Hack4ID menerapkan metode Design Thinking sebagai dasar bagi peserta dalam menciptakan solusi yang relevan bagi permasalahan industri. Metode ini memberikan pendekatan yang terstruktur dan inovatif dalam merancang solusi yang berfokus pada kebutuhan pengguna dan pemecahan masalah yang dihadapi oleh industri.

Objektif utama dari pelaksanaan #Hack4ID adalah untuk menggali potensi ide solusi dari peserta, yang diharapkan dapat membantu memecahkan permasalahan yang ada dalam industri dan membangun kolaborasi yang kuat antara pelaku industri di Indonesia. Dengan melibatkan para peserta dari berbagai latar belakang dan keahlian, acara ini memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan solusi inovatif dan berdampak positif bagi industri.

Peserta #Hack4ID mempresentasikan ide solusi di depan para juri

Melalui #Hack4ID, DomaiNesia dan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital telah menunjukkan komitmen mereka dalam mendukung inovasi digital dan kolaborasi antara pelaku industri. Acara ini menjadi wadah bagi para peserta untuk mengasah keterampilan, mendapatkan inspirasi, dan berbagi pengetahuan dengan para ahli di bidangnya. Diharapkan, melalui acara seperti #Hack4ID, akan tercipta ekosistem yang lebih kuat dan berkelanjutan untuk pertumbuhan startup digital di Indonesia, serta memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan daya saing industri di era digital.

Acara #Hack4ID sukses dilaksanakan selama 2 hari

Rangkaian acara diakhiri dengan final pitching yang diikuti oleh seluruh peserta. Setelah mengikuti serangkaian kegiatan workshop yang bermanfaat, peserta diminta untuk mempresentasikan ide solusi mereka. Ada 3 juri ahli yang akan memberikan umpan balik berharga pada setiap tim peserta. Para juri yang terkenal dalam industri ini adalah Aryo Wiryawan, Fuad Rahman, dan Adi Setiawan.

Mereka dengan cermat mengevaluasi setiap presentasi dan memberikan pandangan kritis serta saran konstruktif untuk setiap tim. Peserta dengan penuh semangat menampilkan presentasi terbaik mereka, untuk mendapatkan penilaian dan sudut pandang dari juri serta kesempatan untuk merealisasikan ide solusi mereka. Juri menilai ide peserta mana saja yang dinilai lebih baik dengan memilih 3 pemenang. Para pemenang mendapatkan hadiah dari DomaiNesia yang memberikan layanan gratis senilai Rp3.000.000 untuk setiap pemenang #Hack4ID.

Para pemenang mendapatkan hadiah dari DomaiNesia

Solusi untuk Tantangan Industri

Dengan kolaborasi yang kuat antara DomaiNesia, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, para peserta, dan pelaku industri, #Hack4ID membawa harapan baru dalam menghadapi tantangan industri dengan solusi inovatif dan berkelanjutan. Melalui dukungan terus-menerus dan kegiatan serupa di masa depan, diharapkan akan tercipta ekosistem yang kondusif bagi perkembangan startup di Indonesia dan meningkatkan peran Indonesia dalam dunia teknologi digital.

Bimo Hutomo

As a marketer at DomaiNesia, I'm a fan of lego. Electrical engineer but a bit obsessed about marketing and business.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds