Analisis SWOT : 2 Contoh Case Study 8 Besar Piala Dunia 2018

analisis swot

Hai, penasaran dengan prediksi piala dunia 2018? kami mencoba analisis 8 team yang masuk ke 8 besar piala dunia dengan analisis SWOT dan mencoba memprediksi team yang masuk di semifinal piala dunia 2018 kali ini.

disclaimer : Prediksi Piala Dunia 2018 ini dibuat berdasarkan analisis SWOT dan tidak menjamin 100% benar ya? ūüôā

Nah, jadi apasih analisis SWOT ini dan bagaimana cara menggunakan analisis SWOT? kita akan membahas satu per satu di dalam artikel ini.

Pengertian analisis SWOT

Apa itu strenghts?

Apa itu weakness?

Apa itu opportunity?

Apa itu threats?

Analisis SWOT tim piala dunia 2018 perancis vs uruguay

Analisis SWOT Tim Piala Dunia Perancis 2018

Analisis SWOT Tim Piala Dunia Uruguay 2018

Analisis SWOT Tim Piala Dunia 2018 Brasil vs Belgia

Analisis SWOT Tim Brasil

Analisis SWOT Tim Belgia

Pengertian Analisis SWOT dan Penerapan di Piala Dunia 2018

Menurut wikipedia analisis SWOT adalah teknik yang digunakan oleh individu maupun kelompok atau organisasi untuk mengidentifikasi strengths, weakness, opportunities dan threats. Biasanya analisis SWOT menggunakan beberapa pertanyaan dan jawaban untuk menggali data sebagai acuan untuk membuat strategi dan rencana untuk sebuah organisasi atau individu.

Strengths Pada Analisis SWOT

Strengths pada analisis SWOT biasanya menunjukkan kekuatan dan atau kelebihan internal. Sebagai contoh strengthssendiri kamu akan melihat kekuatan dari tim yang masuk 8 besar piala dunia dari segi data statistik, formasi yang pernah digunakan, dan tentu saja pemain yang akan bermain di pertandingan 8 besar piala dunia 2018. Atau lebih mudahnya kamu bisa menanyakan pertanyaan dan menjawab pertanyaan tersebut seperti : berapa kali tim ini menang? siapa kontribusi pencetak gol dari tim ini? formasi apa yang sering digunakan untuk tim ini? dll. Lebih detail pertanyaan, akan lebih baik dalam menganalisa. Sebagai contoh lain kamu bisa mengidentifikasi strengths dalam memilih sebuah layanan hosting dan domain ketika kamu ingin membuat website dengan menganalisa kelebihan DomaiNesia dari penyedia layanan hosting tersebut, silahkan dipraktikkan ya.

Weakness Pada Analisis SWOT

Sama halnya dengan strengths, di analisis SWOT terdapat satu hal lagi yang bisa dimaksukan sebagai faktor internal yaitu weakness . Di dalam sebuah organisasi, weakness biasanya digunakan untuk mengidentifikasi kelemahan dan memperbaiki kelemahan tersebut dengan segera. Untuk penerapan di tim 8 besar tim piala dunia 2018 ini adalah sebagai berikut : kebobolan dari sisi mana apakah bek sayap, bek tengah? statistik pertandingan seperti penguasaan bola dan shoot on target? dengan demikian kita bisa menganalisa kelemahan kita dan memperbaiki dengan hasil yang baik. Atau sebagai contoh lain dalam hal memilih hosting server bisa dengan dengan menyakan pertanyaan seperti apakah ada garansi uptime? biasanya layanan hosting yang bagus memberikan garansi uptime 99,99%.

Opportunities Pada Analisis SWOT

Dalam analisis swot, opportunities sendiri merupakan faktor eksternal dari individu atau organisasi yang bisa digunakan untuk keuntungan mereka. Sebagai contoh pertama ketika kamu hendak memilih layanan hosting, hal yang dipertimbangkan adalah seperti ketika kita membeli sebuah hosting apakah ada layanan seperti beli hosting gratis domain? , atau di kasus 8 besar piala dunia 2018 ini adalah pertanyaan seperti berapa jeda waktu saat terakhir mereka bertanding? estimasi pengalaman atau jam terbang dari tim tersebut?

Threats Pada Analisis SWOT

Threats dalam analisis SWOT merupakan faktor eksternal yang berpengaruh buruk yang mempengaruhi dari sebuah organisasi dan atau individu. Sebagai contoh ketika kita memilih sebuah layanan hosting adalah dengan mempertimbangkan faktor keamaan dari server. Dan untuk studi kasus dari 8 besar piala dunia ini adalah dengan mempertimbangkan faktor faktor seperti, apakah pemain yang inti dari tim tersebut bermain? jika tidak apakah ada pengganti yang sepadan.

Nah, jadi kamu sudah tahu seperti apa analisis SWOT secara umum, kita akan menggunakannya untuk menganalisa 8 besar piala dunia 2018, sehingga kita mampu mendapatkan prediksi yang akan bermain di semifinal. Mari kita analisa satu persatu 8 tim yang akan bermain di putaran perempat final piala dunia 2018 dengan analisis SWOT.

Eh kamu bisa juga dapetin tips, berita dan promosi menarik lainnya juga lho dari DomaiNesia

 

analisis world cup 2018

Sumber : unsplash.com

Analisis SWOT Tim Piala Dunia 2018 Perancis vs Uruguay

Pasti kalian sudah tahu tim pertama yang bertemu di 8 besar adalah perancis dan uruguay. Perancis yang mengalahkan argentina sama halnya uruguay yang berhasil mengalahkan portugal akan bertemu di 8 besar. Berikut analisis SWOT yang bisa kamu cermati.

 

Analisis SWOT Tim Piala Dunia Perancis 2018

 

1. Strenghts untuk Perancis

Kita akan menganalisa strenghts yang dimiliki tim perancis yang mencakup gaya bermain, formasi, statististik dan histori permainan dan pemain yang bermain di tim perancis.

  • Histori¬†dan¬†Statistik:¬†Perancis telah mengikuti piala dunia sebanyak 17 kali dengan berhasil mendapatkan gelar juara 1 kali di tahun 1998. Perancis sendiri sekarang menempati peringkat 7¬†FIFA. Untuk histori dan statistik permainan pada partai grup, perancis yang tergabung di grup C belum pernah mengalami kekalahan dengan statistik 2 kali menang dan satu kali draw. Dan untuk partai 16 besar perancis berhasil menundukkan argentina dengan partai sengit.
  • Formasi¬†dan¬†Strategi:¬†Di pertandingan terakhir saat melawan argentina perancis menggunakan formasi 4-2-3-1 dengan, strategi bertahan dan mengandalkan serangan balik yang sangat cepat. Terbukti formasi ini bisa mengalahkan argentina yang harus mengakui ketangguhan Perancis.
  • Pemain:¬†Beberapa pemain top perancis yang bisa menjadi andalan adalah di bagian penyeran seperti¬†Giroud,¬†Griezmann,¬†Mbappe,¬†Pogba, jika mereka bermain dalam kondisi fit maka akan menjadi tim yang susah untuk dikalahkan.

2. Weakness untuk Perancis

Nah di weakness ini merupakan kelemahan atau rencana tambahan yang harus segera di tutupi oleh perancis.

  • Histori¬†dan¬†statistik:¬†Di fase grup piala dunia 2018 perancis sangat minim mencetak goal produktifitas goal kurang. Namun di fase 16 besar perancis mampu mencetak 4 goal di satu pertandingan yang menandakan strategi mereka bekerja dengan baik.
  • Formasi¬†dan¬†strategi:¬†Seperti yang telah dibahas point di atas adalah perancis dengan permainan¬†counter attact¬†mampu menembus ke babak 8 besar 2018 walaupun hanya dengan sedikit goal yang mereka cipatakan saat fase penyisihan grup.
  • Pemain: Bebeberapa pemain kunci seperti matuidi tidak dapat bermain dikarenakan akumulasi kartu kuning yang didapat, sehingga mungkin akan sedikit mengurangi perfoma perancis pada babak 8 besar nanti.

3. Opportunity untuk perancis

  • Histori¬†dan¬†statistik:¬†permainan Perancis belum terkalahkan saat fase grup sehingga mereka punya modal yang positif selain itu dibanding kan lawanya di babak 8 besar nanti perancis sedikit mendapatkan keuntungan dengan istirahat yang lebih panjang.
  • Pemain: Pemain kunci uruguay Edison Cavani dikabarkan tidak bisa bermain saat laga melawan perancis dikarenakan cidera saat melawan portugal di laga penyisihan 16 besar, ini merupakan sebuah keuntungan tersendiri untuk perancis.

4. Threats untuk Perancis

  • Histori dan statistik : permainan Perancis menggunakan strategi bertahan dalam pertandingan sebelumnya, akan sulit jika melawan uruguay yang memiliki tipe permainan yang sama, salah satu harus bermain terbuka dan kemungkinan yang bermain lebih terbuka adalah uruguay.

Analisis SWOT Tim Piala Dunia Uruguay 2018

1. Strengths untuk Uruguay

Nah sekarang giliran uruguay yang akan kita bahas untuk kelebihan dari tim uruguay. Kita akan membahas dari segi yang sama seperti histori dan statistik pertandingan, pemain dan strategi permainan.

  • Histori¬†dan¬†statistik:¬†Bila kita lihat di fase¬†grup¬†maupun di penyisihan 16 besar, uruguay juga mendapat trend positif dengan belum pernah menerima kekalahan sekali pun. Dari segi statistik pun uruguay juga memiliki¬†statistik¬†yang bagus, Uruguay bermain di Piala dunia sebanyak 12 kali dengan gelar juara sebanyak 2 kali. Pencapaian yang luar biasa bukan?
  • Strategi dan Formasi: Dari 3 pertandingan terakhir uruguay yang mereka lakoni uruguay konsisten menerapkan formasi 4-1-2-1-2 dengan ujung tombak penyerang atau target man adalah Edison Cavani dan Luis Suarez, Terbukti dengan serangan balik yang cepat mereka bisa sampai lolos ke 8 besar piala dunia 2018.
  • Pemain: Beberapa pemain kunci dari Uruguay sendiri yang sangat tajam adalah Edison Cavani yang telah sukses mencetak 3 goal untuk uruguay dan Luis Suarez.

2. Weakness untuk Uruguay

Selanjutnya adalah kelemahan yang dimiliki oleh uruguay berdasarkan histori, statistik, formasi dan strategi serta Pemain.

  • Histori¬†dan¬†statistik:¬†Dari segi¬†histori¬†ketika berhadapan dengan perancis, perancis lebih banyak mengikuti gelaran piala dunia dibandingkan uruguay, namun uruguay lebih banyak menerima gelar juara dengan 2 kali mendapatkan gelar juara dunia.
  • Strategi dan formasi: Dari segi formasi dan strategi baik perancis maupun uruguay sama sama memanfaatkan serangan balik yang cepat sehingga salah satu diantara mereka akan lebih menguasai pertandingan.
  • Pemain: Uruguay di rugikan atas cideranya Edison Cavani. Bomber uruguay yang telah mencetak 3 goal di gelaran piala dunia 2018 ini mengalami cidera pada pertandingan melawan portugal, hal ini sedikit mengurangi daya dobrak Uruguay namun tidak menutup kemungkinan bahwa uruguay bisa mengganti strategi dan mengandalkan Luiz Suarez sebagai tombak penyerang.

3. Opportunities untuk Uruguay

  • Pemain: Beberapa pemain andalan perancis juga tidak bisa tampil di laga 8 besar karena hukuman akumulasi kartu kuning, yakni matuidi sehingga uruguay bisa memanfaatkan lini tengah mereka untuk menguasai pertandingan.

4. Threats Untuk Uruguay

  • Strategi dan formasi: Strategi perancis yang menyerang dengan sangat cepat akan membuat pertahanan uruguay kocar kacir, walaupun uruguay memiliki bek kelas atas uruguay patut mewaspadai serangan balik perancis yang sangat cepat terutama dari sektor sayap.

Kesimpulan : Piala Dunia 2018 Perancis vs Uruguay dengan Analisis SWOT

Baik perancis dan uruguay sama sama memiliki kesempatan untuk masuk ke perempat final. Berdasarkan analisis SWOT yang dilakukan, mereka menerapkan strategi yang hampir sama yaitu mengandalkan serangan balik, sehingga serangan balik yang lebih efektif akan menjadi hal yang sangat dibutuhkan oleh kedua tim.

Karena uruguay dan perancis sama sama memiliki, baik kemampuan tim maupun pemain yang hampir sama kualitasnya dengan uruguay kita akan mencoba beberapa skenario berdasarkan analisis diatas.

Skenario Pertama Perancis tampil lebih menyerang daripada uruguay, kemungkinan tidak tampilnya Edison Cavani harus dimanfaatkan oleh Perancis, serangan balik dari uruguay yang biasanya ditujukan ke Cavani tidak akan berhasil dikarenakan Cavani kemungkinan absen di laga ini.

Skenario Kedua Uruguay tampil lebih menyerang dengan mengandalkan lini tengah mereka dan suarez. Lini tengah perancis yang ditinggalkan oleh matuidi bisa menjadi kelemahan untuk perancis sehingga bisa dimanfaatkan oleh uruguay. Namun uruguay juga harus berhati hati dengan serangan balik perancis karena di beberapa pertandingan terakhir perancis sangat mengandalkan serangan balik dan terbukti positif.

Nah, jadi tim dukungan kalian mana saja? apakah perancis? atau uruguay nih? jalo dari hasil analisis nya 50 : 50, soalnya mereka sama sama tim yang kuat diatas kertas. Selamat menyaksikan dan menikmati pertandingannya ya guys?

Jangan lewatkan tips, promo, berita dari domainesia ya?

 

world cup 2018

Sumber : unsplash.com

 

Analisis SWOT Tim Piala Dunia 2018 Brasil vs Belgia

Nah pertandingan seru lainnya di 8 besar adalah brasil vs belgia. Siapa yang tidak kenal brasil, tim yang dijuluki tim samba tersebut sudah sangat terkenal apalagi dalam olahraga sepakbola karena prestasi mereka, Tapi belgia juga bukan lawan yang pantas untuk diremehkan. Mari kita lihat analisis brasil vs belgia satu per satu.

Analisis SWOT Tim Brasil

1. Strengths untuk brasil

  • Histori¬†dan¬†statistik:¬†Brasil sudah tidak diragukan lagi kemampuan sepak bola mereka. Brasil telah tampil sebanyak 20 kali di gelaran piala dunia dan berhasil membawa pulang piala bergengsi tersebut sebanyak 5 kali.
  • Formasi¬†dan¬†strategi:¬†Brasil terkenal dengan sepakbola dominasi menyerang mereka, di pertandingan terakhir mereka saat melawan meksiko mereka menerapkan formasi 4-3-3, begitupun saat penyisihan¬†grup¬†dan penyisihan 16 besar mereka konsisten menggunakan formasi 4-3-3.
  • Pemain:¬†Pemain nasional brasil tersebar di berbagai liga top dunia seperti liga inggris, spanyol, italia dan lain lain. Neymar, coutinho dan tiago silva merupakan pemain yang dapat diandaljan oleh brasil.

2. Weakness untuk Brasil

  • Pemain:¬†Brasil memiliki pemain top dunia tapi di beberapa pertandingan penyisihan¬†grup, penyerang mereka kurang produktif terbukti belum ada satu pun nama penyerang inggris yang berjajar di jajaran pencetak goal terbanyak sementara piala dunia 2018 kali ini. Bahkan calon penantang mereka belgia memiliki, Lukaku yang telah mencetak 4 goal sementara ini.

3. Opportunity untuk Brasil

  • Formasi¬†dan¬†strategi:¬†Dengan memanfaatkan kerjasama tim yang apik dengan didukung kemapanan dari para pemain brasil dengan cara mendominasi pertandingan merupakan pilihan yang cocok untuk di pilih oleh brasil.

4. Threats untuk Brasil

  • Pemain:¬†Terkadang Ego pemain top dunia adalah sumber masalah dari tim yang harus diselesaikan, beberapa kali brasil gagal dalam piala dunia dikarenakan masalah ego dari pemain mereka. Mereka menonjolkan skill pribadi individu bukannya kerjasama tim.
  • Formasi¬†dan¬†Strategi:¬†Belgia saat ini sedang berkembang pesat mereka memiliki trend positif di penyisihan grup dan 16 besar dengan¬†score¬†yang sangat memuaskan. Bisa jadi beban mental yang dimiliki brasil akan bertambah.

Analisis SWOT Tim Belgia

1. Strengths untuk Belgia

  • Histori¬†dan¬†statistik:¬†Belgia saat ini mulai bangkit menjadi tim sepakbola yang patut dipertimbangkan di piala dunia 2018 kali ini, pasalnya belgia berhasil mengalahkan Inggris di fase¬†grup. Belgia berhasil menyapu bersih kemenangan di fase¬†grup. Secara¬†histori¬†belgia masih terpaut jauh 8 angka dari brasil dengan 12 kali mengikuti gelaran piala dunia dan belum pernah sekalipun memenangkan piala dunia. Namun di beberapa pertandingan terakhir belgia tampil impresif, itu merupakan sesuatu yang bisa mendongkrak semangat mereka.
  • Formasi¬†dan¬†Strategi:¬†Formasi andalan dari belgia adalah mengandalkan 3¬†bek¬†dan 2 pemain sayap yang tangguh dan cepat sehingga ketika mau menyerang dan bertahan dapat¬†flexible.
  • Pemain:¬†Siapa yang tidak kenal dengan Romelu Lukaku? pemain yang sudah mencetak 4 goal dan bermain di klub raksasa inggris manchester united ini merupakan ujung tombak penyerang belgia.

2. Weakness untuk Belgia

  • Formasi¬†dan¬†strategi:¬†Strategi 3¬†bek¬†yang diterapkan oleh belgia bisa menjadi buah simalakama bagi belgia sendiri karena ketika pemain sayap kurang disiplin disitulah kesempatan brasil untuk menyerang.

3. Opportunity untuk Belgia

  • Formasi¬†dan¬†Strategi:¬†Karena brasil cenderung bermain terbuka maka belgia bisa melakukan counter attack untuk menghasilkan kesempatan untuk mencetak goal.

4. Threats untuk Belgia

  • Pemain:¬†Walaupun terdapat beberapa pemain senior di belgia namun secara keseluruhan mental pemain muda di belgia masih kalah dengan pemain brasil dan kemungkinan akan sangat memperngaruhi permainan mereka.

Kesimpulan : Analisis SWOT Tim Piala Dunia 2018 Brasil vs Belgia

Tampil menawan di penyisahan grup hingga 16 besar belgia sangat mampu bersaing dengan brasil di 8 Besar. Namun komposisi pemain brasil yang kuat mungkin akan sedikit mempersulit Belgia dan juga brasil yang memiliki pengalaman dan jam terbang yang lebih tinggi di pentas piala dunia akan lebih memiliki kesempatan yang besar. Jadi kemungkinan untuk brasil 55 : Belgia 45 dan kemungkinan brasil akan lolos ke babak semifinal bertemu dengan perancis atau uruguay.

Nah, Demikian analisis SWOT yang membahas tentang 8 besar piala dunia 2018. Dari hasil analisis diatas terdapat kemungkinan besar yang lolos ke semifinal adalah Perancis dan Brasil. Kemungkinan besar Prancis dan Brasil akan berhadapan di semifinal mengulang final piala dunia tahun 1998. Tapi, siapa yang tahu karena bola itu bundar dan apapun bisa terjadi. Semoga bermanfaat dan kalau kamu pengen ikutan promo special hosting 20% dari DomaiNesia terus pantengin kita ya.

Jangan lupa cek promo domain dan hosting terbaru DomaiNesia

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!