Cara Bayar Pajak Dengan EFIN Pajak

cara bayar pajak online

EFIN pajak adalah 10 digit nomor yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak pada setiap wajib pajak sebagai identitas. Nomor EFIN inilah yang nantinya bisa digunakan setiap wajib pajak untuk melakukan pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan. EFIN merupakan satu syarat untuk melakukan effiling secara online di website Direktorat Jenderal Pajak.

Pengertian EFIN

Membayar pajak kini semakin mudah dnegan sistim pembayaran online yang bisa dilakukan oleh setiap wajib pajak. Namun untuk menggunakan fitur pembayaran pajak online ini, diperlukan sebuah kode numerik yang diisikan pada saat melakukan transaksi online. EFIN membuat sistim transaksi online pembayaran pajak menjadi lebih aman karena sudah terenkripsi.

efin pajak

source: Tribunnews

EFIN sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu EFIN pajak pribadi dan EFIN pajak badan. Dan diantara keduanya terdapat perbedaan sebagai berikut;

EFIN Pajak Pribadi

Cara Mendapatkan EFIN

EFIN pajak pribadi adalah EFIN yang dibuat atau dikhususkan untuk pajak pribadi atau pajak perseorangan. EFIN yang satu ini dibutuhkan untuk menyampaikan Surat Pemberitahuan elektronik atau SPT elektronik yang bisa dilakukan secara online. Namun untuk bisa menyampaikan SPT tahunan pribadi dengan jalan online, seorang wajib pajak harus mengaktivasi EFIN terlebih dahulu di Kantor Pelayanan Pajak. Setelah diaktivasi baru seorang wajib pajak bisa menyampaikan SPT tahunan secara online.

Baca Juga: Harus Bayar Pajak Apa Pentingnya?

Dan untuk mendapatkan nomor EFIN, wajib pajak harus mendownload surat permohonan kemudian melengkapi data dan ditanda-tangani. Untuk mendownload formulir aktivasi EFIN bisa melalui situs resmi Direktorat Jenderal Pajak. Kemudian formulir aktivasi EFIN dilengkapi dan wajib pajak harus datang ke Kantor Pelayanan Pajak untuk melakukan aktivasi dengan membawa kelengkapan:

  1. Formulir aktivasi EFIN
  2. Alamat email
  3. Fotokopi identitas diri dan bentuk aslinya (KTP atau KITAS/KITAP untuk WNA)
  4. Fotokopi NPWP dan NPWP Asli

Cara Aktivasi EFIN

Untuk mengaktifkan EFIN, wajib pajak bisa membuka halaman website Direktorat Jenderal Pajak di djponline.pajak.co.id/resendlink dan selanjutnya akan mendapatkan email konfirmasi. Email ini berisi sandi sementara yang nantinya bisa diubah oleh wajib pajak.

Mendaftarkan EFIN Secara Kolektif

EFIN bisa didaftarkan secara kolektif oleh karyawan-karyawan yang bekerja disebuah perusahaan. Namun dengan syarat sebagai berikut:

  1. Jumlah karyawan yang mengajukan minimum 20 orang
  2. Nama-nama karyawan tersebut tercantum SPT PPh Pasal 21
  3. Perusahaan yang mengajukan permohonan EFIN kolektif harus menyediakan tempat sekaligus peralatan yang dibutuhkan untuk aktivasi
  4. Karyawan yang bersangkutan harus hadir ketika pengaktifan EFIN.

EFIN Pajak Badan

Cara Mendapatkan EFIN

EFIN ini diperuntukkan untuk wajib pajak yang merupakan badan usaha atau perusahaan. EFIN pajak badan berbeda dengan EFIN yang telah kita bahas sebelumnya yaitu EFIN pribadi. Apabila Domainesians merupakan seorang pemilih perusahaan atau badan usaha, selain EFIN pajak badan juga harus memiliki nomor EFIN pribadi untuk melakukan efiling setiap tahunnya. Dan untuk cara mendapatkan EFIN pajak badan cukup mudah, tidak berbeda jauh dengan EFIN sebelumnya.

Untuk memperoleh EFIN, wajib pajak harus mengikuti langkah-langkah berikut ini;

  1. Melengkapi formulir EFIN
  2. Mencetak dan membawa formulir EFIN ke Kantor Pelayanan Pajak terdekat

Syarat Mendapatkan Nomor EFIN

Untuk mendapatkan EFIN, seorang wajib pajak harus melengkapi persyaratan berikut ini sebelum mendapatkan nomor EFIN nya:

  1. Fotokopi NPWP atau bisa dengan Surat Keterangan Terdaftar Wajib Pajak Badan
  2. Fotokopi NPWP atau bisa dengan Surat Keterangan Terdaftar pengurus
  3. Fotokopi identitas pengurus (KTP atau KITAS/KITAP untuk WNA)
  4. Surat kuasa penunjukan untuk pengurus yang mewakili

Untuk perusahaan yang merupakan kantor cabang maka kelengkapannya ditambahkan:

  1. Fotokopi NPWP atau Surat Keterangan Terdaftar kantor cabang
  2. Fotokopi identitas diri pimpinan kantor cabang (KTP KITAS/KITAP untuk WNA)
  3. Fotokopi kartu NPWP atau Surat Keterangan Terdaftar pimpinan kantor cabang
  4. Surat pengangkatan pimpinan kantor cabang
  5. Surat kuasa/penunjukan pimpinan kantor cabang sebagai pengurus yang mewakili badan

Cara Mengaktifkan EFIN

Untuk mengaktifkan EFIN pajak badan, seorang wajib pajak harus mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Mengaktifkan EFIN, setelah menerima EFIN bisa langsung mengaktifkan melalui website resmi Direktorak Jenderal Pajak
  2. Mendaftarkan EFIN, untuk tahapan ini selain melalui website resmi Direktorat Jenderal Pajak juga bisa melalui ASP atau Application Service Provider yang telah banyak tersedia

Membayar Pajak Tidak Lagi Ribet

Jika dahulu membayar pajak harus melalui Kantor Pelayanan Pajak setempat, yang tentunya memakan cukup waktu menunggu antrian. Kini membayar pajak bisa melalui online dengan e-billing yang dirilis oleh Direktorat Jenderal Pajak. Dan untuk mempermudah pelaporan pajak setiap wajib pajak, pemerintah memberikan layanan e-filling sebagai jalan untuk melaporkan pajak secara online.

taat pajak

source: Tribunnews

Melaporkan pajak secara online melalui e-filling memberikan beberapa manfaat yaitu realtime sehingga lapor pajak bisa kapan dan dimana saja, kemudian menghemat waktu pelayanan yang dahulu dilakukan secara menual, dan bukti pelaporan yang disimpan secara online sehingga mudah dilacak tanpa takut bisa hilang.

Kesimpulan

Pajak merupakan kewajiban yang harus ditunaikan oleh setiap warga negara Indonesia. Pajak berguna untuk meratakan pembangunan negeri, misalnya pembangunan transportasi dan pendidikan. Dan dengan hadirnya pembayaran pajak melalui sistim online, harusnya mendorong masyarakat makin sadar pajak.

Membayar pajak melalui online harus melewati beberapa tahapan. Dan yang paling pokok dilakukan adalah mendapatkan nomor EFIN bagi setiap wajib pajak. EFIN berlaku sebagai nomor verifikasi dan keamanan agar setiap pembayar pajak tidak dirugikan. Keamanan pembayaran pajak melalui online pun bisa mengurangi tindakan korupsi karena semua transaksi bisa dilihat dan transparan melalui online. Jadi, masih ada alasan lagi untuk tidak membayar pajak?

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!
>