• Home
  • Berita
  • Kenali Apa itu Email Client dan 5++ Aplikasi Terbaiknya

Kenali Apa itu Email Client dan 5++ Aplikasi Terbaiknya

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Seperti yang kamu ketahui email merupakan salah satu perantara komunikasi yang sangat efektif dan efisien. Itulah mengapa banyak bisnis-bisnis yang melakukan strategi marketing dengan menggunakan email. Pernahkah kamu mendengar mengenai email client?

Layaknya seperti email yang sering kamu gunakan, email client merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan mengakses email.

Bagi perusahaan-perusahaan yang besar email client sangatlah dibutuhkan seperti untuk pemenuhan email pegawai, pemenuhan akses kirim email dengan pelanggan. Nah untuk itu munculah banyak aplikasi email client yang bisa memenuhi kebutuhan bisnismu.

Yuk, mengenal lebih jauh tentang email client dan juga aplikasi terbaiknya!

Mengenal Aplikasi Email Client

Email client yang juga dikenal sebagai pembaca email atau Message User Agent (MUA) adalah perangkat lunak yang sangat berguna dalam mengelola dan mengakses email.

Email client berfungsi sebagai alat utama bagi pengguna untuk mengatur komunikasi email mereka. Email client beroperasi dengan berkomunikasi melalui Mail Transfer Agent (MTA) untuk menerima dan menyimpan email pengguna.

MTA mengirim pesan ke penyimpanan pengguna melalui berbagai Mail Delivery Agent (MDA). Namun, untuk mengakses email melalui email client, pengguna harus mengunduh pesan tersebut secara manual ke komputer mereka.

Ada dua cara utama untuk mengakses kotak surat pengguna melalui email client:

  • Internet Message Access Protocol (IMAP): Tipe ini adalah salah satu pilihan yang lebih modern. Melalui IMAP, pengguna dapat mengelola email mereka langsung di server, memungkinkan akses dari berbagai perangkat sekaligus. Email tetap di server dan dapat diakses dari mana saja dengan koneksi internet.
  • Post Office Protocol (POP): Tipe ini adalah protokol yang lebih tua yang mengizinkan pengguna mengunduh pesan dari server email ke komputer lokal mereka. Namun, kekurangan utama dari POP adalah email hanya dapat diakses dari satu perangkat saja.

Keuntungan utama dari email client adalah efisiensi waktu yang diberikannya. Melalui email client, kamu dapat mengelola berbagai kotak surat dalam satu platform, sehingga tidak perlu lagi masuk ke masing-masing kotak surat secara terpisah.

Hal ini memudahkan kamu dalam menerima, menyimpan, mengirim, dan mengatur pesan email.

Selain itu, email client juga memberikan sejumlah fitur berguna, seperti kemampuan untuk menyortir pesan berdasarkan kepentingan atau jenis, mengedit email dengan berbagai opsi gaya font, warna, dan ukuran, serta mengatur pengiriman otomatis.

Kamu bahkan dapat mengimpor dan mengekspor email ke program lain. 

Beberapa email client menawarkan fitur tingkat lanjut seperti delegasi email, penjawab otomatis saat kamu tidak di kantor, dan kemampuan untuk mengatur email ke dalam folder atau label.

Satu hal penting untuk dicatat adalah email client memungkinkan kamu menyimpan data email baik di komputer lokal maupun di cloud, sementara layanan email berbasis web hanya menyimpan semuanya di server.

Karena alasan ini, email client sering lebih disukai untuk keperluan bisnis karena memberikan akses yang lebih mudah dan perlindungan data yang lebih baik.

Perbedaan Email Client Dengan Webmail

Nah, kamu sudah mulai mengenal apa itu email client bukan? Lalu apa perbedaannya dengan webmail. Tenang, berikut ini akan dijelaskan beberapa perbedaan antara email client dengan webmail mulai dari aspek definisi, persyaratan internet, hingga contohnya.

Definisi

Webmail adalah layanan email berbasis cloud yang biasanya disediakan oleh perusahaan atau penyedia layanan internet tertentu (ISP). Hal ini berarti bahwa pengguna dapat mengakses email mereka melalui browser web tanpa perlu mengunduh atau menginstal program tambahan.

Webmail umumnya disediakan oleh perusahaan seperti Google (Gmail), Microsoft (Outlook.com), atau penyedia layanan internet. Di sisi lain,  email client adalah program atau perangkat lunak yang harus diunduh dan diinstal pada komputer desktop pengguna.

Melalui email client, pengguna dapat mengelola dan mengakses email mereka secara offline, tanpa koneksi internet. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan email di komputer lokal mereka dan mengatur pesan dengan lebih banyak fleksibilitas.

Persyaratan Internet

Perbedaan kedua antara email client dan webmail terletak pada persyaratan internet yang dibutuhkan. Dalam konteks webmail, pengguna harus menggunakan web browser untuk mengakses email mereka, yang berarti mereka memerlukan koneksi internet yang aktif.

Hal ini karena email yang disimpan dan dikelola di platform webmail ada di awan (cloud), dan akses ke email ini tergantung pada koneksi internet yang stabil.

Di sisi lain,  email client menawarkan fleksibilitas yang lebih besar dalam hal persyaratan internet. Pengguna  email client dapat mengakses dan mengelola email mereka tanpa perlu koneksi internet aktif.

Hal ini memungkinkan karena email di  email client biasanya disimpan secara lokal pada perangkat pengguna. Dengan kata lain, email tersebut sudah ada di komputer desktop atau perangkat lainnya, dan pengguna dapat membuka, membaca, dan mengelola email tersebut bahkan ketika tidak terhubung ke internet.

Backup

Perbedaan berikutnya yang perlu dipahami antara email client dan webmail adalah terkait dengan backup atau pencadangan email. Pada webmail, email dicadangkan oleh penyedia layanan email.

Hal ini dapat terjadi karena email di webmail di hosting di cloud, yang berarti penyedia layanan bertanggung jawab untuk menjaga keamanan dan ketersediaan email pengguna.

Jika terjadi masalah seperti kerusakan server atau kehilangan data, penyedia layanan webmail akan memiliki salinan cadangan email pengguna yang dapat dipulihkan.

Pengguna tidak perlu khawatir tentang pencadangan email mereka karena ini ditangani oleh penyedia layanan.

Di sisi lain, pada  email client, pengguna perlu melakukan pencadangan email secara manual, yang berarti bahwa jika terjadi kerusakan pada perangkat desktop atau sistem, email pengguna mungkin akan hilang jika mereka tidak telah mencadangkannya secara teratur.

Proses pencadangan email di  email client menjadi tanggung jawab pengguna, dan jika mereka tidak melakukan pencadangan secara berkala, maka akan sulit atau bahkan tidak mungkin untuk memulihkan email yang hilang jika terjadi masalah.

Security

Perbedaan penting lainnya antara email client dan webmail adalah seputar keamanan email. Dalam kasus webmail, email secara otomatis dipindai oleh penyedia layanan email untuk melindungi pengguna dari virus dan ancaman keamanan lainnya.

Ketika email masuk ke sistem webmail, mereka menjalani proses pemindaian otomatis untuk mendeteksi virus atau ancaman lainnya. Jadi, pengguna webmail memiliki tingkat perlindungan yang tinggi terhadap ancaman keamanan email.

Di sisi lain, pada  email client, email memiliki akses ke desktop pengguna, yang berarti bahwa jika email yang dikirimkan ke  email client mengandung virus atau aktivitas jahat lainnya, mereka dapat menginfeksi sistem pengguna. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada perangkat dan data pengguna.

Untuk melindungi diri dari ancaman ini, pengguna  email client perlu menginstal perangkat lunak antivirus terbaru dan menghabiskan waktu untuk mengkonfigurasi pengaturan keamanan yang tepat.

Tentunya pengguna email client memerlukan upaya ekstra dari pengguna untuk memastikan keamanan email mereka.

Persyaratan Memory

Perbedaan lain yang signifikan antara webmail dan  email client adalah terkait dengan kebutuhan memori. Webmail di hosting di cloud, yang berarti bahwa kebutuhan memorinya ditangani oleh penyedia layanan.

Pengguna webmail tidak perlu khawatir tentang ruang memori yang dibutuhkan oleh email mereka, karena penyedia layanan akan mengelola infrastruktur dan kapasitas penyimpanan yang diperlukan.

Hal ini membuat penggunaan webmail sangat efisien dari segi pengelolaan memori, dan pengguna dapat mengakses email mereka dari berbagai perangkat tanpa khawatir tentang memori lokal.

Di sisi lain,  email client adalah perangkat lunak yang harus diinstal pada komputer pengguna. Hal ini dapat menghabiskan sejumlah ruang memori di perangkat tersebut.

Selain itu, konfigurasi awal mungkin memerlukan waktu tambahan untuk mengatur email, penyimpanan, dan pengaturan lainnya, yang juga berarti bahwa pengguna  email client perlu memantau dan mengelola ruang memori lokal mereka agar tidak terlalu terisi oleh email.

Kemudahan akses

Webmail dapat diakses dari hampir semua komputer yang terhubung ke internet, termasuk komputer umum di tempat kerja atau di perpustakaan. Hal ini membuatnya sangat mudah diakses, terutama ketika pengguna tidak berada di depan komputer pribadi mereka.

Namun, perlu diingat bahwa mengakses webmail dari komputer umum dapat mengancam keamanan akun, terutama jika pengguna lupa untuk logout atau tidak menggunakan komputer yang aman.

Di sisi lain,  email client beroperasi pada sistem tertentu yang telah menginstal perangkat lunak tersebut. Hal ini mengurangi kemudahan akses karena pengguna harus mengakses komputer yang telah dikonfigurasi dengan  email client tersebut.

Pengguna tidak dapat dengan mudah mengakses email mereka dari komputer lain kecuali jika  email client telah diinstal dan dikonfigurasi sebelumnya.

Ini membuat  email client lebih cocok untuk pengguna yang lebih cenderung menggunakan satu komputer atau perangkat secara konsisten.

Pembaruan

Webmail memungkinkan pengguna dapat memperbarui email mereka secara instan setiap saat, selama mereka memiliki koneksi internet. Hal ini membuat pengguna dapat dengan cepat mendapatkan akses ke email terbaru dan mengirimkan pesan dengan respons yang cepat.

Pembaruan dalam webmail terjadi secara otomatis, sehingga pengguna tidak perlu khawatir tentang menginstal pembaruan atau perangkat lunak tambahan.

Di sisi lain,  email client dapat memakan waktu dalam hal pembaruan. Pengguna mungkin perlu mengatur frekuensi pembaruan dan mengunduh email secara manual.

Hal ini dapat mengakibatkan keterlambatan dalam menerima email dan memerlukan penggunaan lebih banyak waktu untuk mengelola kotak masuk mereka.

Pengguna juga harus memastikan bahwa perangkat lunak  email client mereka selalu diperbarui untuk menjaga keamanan dan kinerja yang optimal.

Gangguan/Iklan

Selain itu, perbedaan yang signifikan lainnya adalah terkait dengan gangguan atau iklan dalam pengalaman pengguna. Webmail seringkali gratis untuk digunakan, tetapi sebagai gantinya, seringkali ditemani oleh iklan.

Hal ini dapat mengakibatkan gangguan yang signifikan dalam penggunaan. Iklan dapat mengisi layar dan mengganggu rentang konsentrasi pengguna saat mereka berusaha menjelajahi atau bekerja dengan email mereka.

Pengguna sering kali harus berurusan dengan iklan yang muncul di berbagai bagian antarmuka webmail. Selain itu, iklan ini dapat menghambat pengalaman pengguna dan membuat proses membaca dan mengelola email menjadi lebih lambat.

Di sisi lain,  email client cenderung menawarkan pengalaman yang lebih bersih dan tidak mengganggu. Karena pengguna menginstal perangkat lunak  email client pada perangkat mereka, iklan tidak menjadi masalah.

Pengguna tidak akan terganggu oleh iklan yang muncul di antarmuka email mereka, sehingga mereka dapat fokus pada pesan-pesan yang mereka terima dan kirim.

Contoh

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang perbedaan antara webmail dan email client, mari lihat beberapa contohnya. Beberapa contoh layanan webmail yang populer adalah AOL Mail, Gmail, GMX Mail, dan Yahoo Mail.

Layanan-layanan ini dapat diakses melalui browser web kamu tanpa perlu menginstal perangkat lunak tambahan.

Mereka seringkali gratis digunakan dan memiliki antarmuka berbasis web yang memungkinkan kamu mengakses email kamu dari mana saja selama kamu memiliki koneksi internet.

Di sisi lain, contoh dari email client yang umum digunakan adalah Microsoft Outlook, Mozilla Thunderbird, dan IBM Lotus Notes. Email client ini adalah perangkat lunak yang harus kamu unduh dan instal di perangkat komputer kamu, seperti laptop atau PC.

Mereka memungkinkan kamu untuk mengelola email secara offline dan seringkali memiliki integrasi dengan aplikasi lain seperti kalender dan pengelolaan kontak.

Pilihan antara webmail dan email client tergantung pada preferensi kamu, kebutuhan mobilitas, dan tingkat keamanan yang diinginkan.

Webmail cocok untuk akses mudah dari mana saja dengan koneksi internet, sementara email client lebih sesuai jika kamu memerlukan kontrol lebih besar atas email kamu atau membutuhkan akses offline.

5++ Email Client Terbaik

Inilah 5++ email client terbaik yang bisa kamu gunakan , antara lain :

eM Client

eM Client adalah sebuah aplikasi email client yang sangat kuat, menawarkan pengguna antarmuka modern, kinerja yang sangat baik, dan sejumlah fitur canggih untuk membantu kamu mengelola email dengan efisien.

Aplikasi ini menjadi pilihan ideal, terutama jika kamu memiliki banyak kotak surat yang harus dikelola dan jika korespondensi email kamu berjalan dengan sibuk.

eM Client dilengkapi dengan semua fitur dasar yang kamu butuhkan dalam mengatur email kamu, termasuk kalender, buku kontak, dan pengelola tugas.

Selain itu, kamu juga dapat berkomunikasi secara langsung dengan pengguna lain melalui fitur obrolan yang disediakan. Salah satu keunggulan eM Client adalah kemampuannya untuk mengimpor pengaturan dan konten dari banyak  email client lainnya.

Hal ini memudahkan proses migrasi jika kamu beralih dari aplikasi email sebelumnya. Versi gratis dari eM Client memungkinkan kamu untuk mengimpor hingga dua profil, sementara versi Pro tidak memiliki batasan dalam hal ini.

eM Client merupakan pilihan yang tepat bagi mereka yang mencari solusi email yang kuat dan komprehensif. 

eM Client menawarkan sejumlah fitur yang berguna untuk membantu kamu mengelola email kamu dengan lebih efisien. Pertama, aplikasi ini dilengkapi dengan buku alamat yang berguna untuk memudahkan kamu mengelola kontak kamu.

Selain itu, eM Client juga menyediakan opsi cadangan, yang merupakan fitur yang sangat penting untuk menjaga keamanan email kamu.

Aplikasi ini juga memiliki aturan manajemen email tingkat lanjut yang memungkinkan kamu mengatur pesan masuk dan keluar kamu sesuai dengan preferensi kamu. kamu juga dapat dengan mudah menyesuaikan antarmuka dengan memilih tema khusus atau merancang desain sendiri.

Dalam versi Pro, eM Client mendukung jumlah kotak surat yang tidak terbatas, memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam mengatur email kamu. 

Aplikasi ini juga menyediakan sidebar dengan riwayat komunikasi untuk akses cepat ke informasi kontekstual, serta fitur terjemahan otomatis pesan ke berbagai bahasa, yang dapat sangat berguna dalam komunikasi lintas bahasa.

eM Client juga menyediakan cek ejaan, template email, dan kemungkinan untuk mengirim surat dari beberapa akun secara bersamaan. Aplikasi ini kompatibel dengan semua platform terkemuka seperti iCloud, Google Drive, Webex, dan lainnya, serta dengan layanan email apa pun.

Selain itu, eM Client memudahkan impor data dengan cepat dan mudah dari Outlook, Gmail, Yahoo Mail, dan banyak layanan email lainnya.

Meskipun banyak fitur yang sangat berguna, ada juga beberapa hal yang mungkin tidak disukai oleh pengguna, seperti uji coba gratis yang terbatas pada dua akun email dalam versi gratis.

Thunderbird

Thunderbird adalah salah satu email client yang populer dan dikenal karena kombinasi antara kesederhanaan dan pengaturan yang fleksibel.

Antarmukanya didesain dengan tampilan klasik yang mudah dipahami, dan fitur tab memudahkan kamu untuk mengelola beberapa email sekaligus.

email client

Keunggulan utama dari Thunderbird adalah beragam fitur yang ditawarkan. Thunderbird memungkinkan kamu dapat dengan mudah melakukan pencarian email yang canggih, dan kamu juga dapat mengakses kalender terintegrasi serta manajer aktivitas.

Selain itu, Thunderbird mendukung plug-in yang menjadikannya lebih canggih dan dapat disesuaikan sesuai kebutuhan kamu. Hal yang paling menarik adalah bahwa Thunderbird sepenuhnya gratis dan tersedia di semua platform.

Melalui kombinasi fitur yang lengkap dan kebebasan biaya, Thunderbird menjadi pilihan yang sangat baik untuk mengelola email kamu tanpa harus merogoh kocek. 

Thunderbird memiliki kalender terintegrasi dan pengaturan peringatan yang sangat fleksibel. Kamu dapat menyortir email berdasarkan tag dan menggunakan fitur Folder Cerdas untuk mengorganisasi email dari berbagai akun ke dalam satu kotak masuk yang teratur.

Fitur pemblokiran otomatis konten mencurigakan juga menjaga keamanan email kamu dari penipuan email. Thunderbird juga dilengkapi dengan pencarian cerdas yang mendukung fungsi pemfilteran pesan sekali klik.

Kamu juga dapat mengakses konten email kamu dari jarak jauh, memberikan kemudahan dalam mengelola pesan kamu di mana saja.

Namun, beberapa pengguna mungkin merasa antarmuka pengguna Thunderbird terlihat agak kuno dan mungkin merindukan fitur drag-and-drop yang tidak tersedia.

Meskipun demikian, Thunderbird tetap menjadi pilihan yang solid untuk mengelola email dengan berbagai fitur yang ditawarkan.

Mailbird

Mailbird adalah  email client yang tangguh dan sangat fleksibel yang menawarkan integrasi dengan berbagai layanan populer, termasuk penyimpanan cloud dan jejaring sosial.

Untuk pengguna baru, Mailbird dapat digunakan secara gratis dengan beberapa batasan, seperti hanya mendukung hingga tiga akun dan beberapa opsi tertentu yang tidak tersedia, seperti penggunaan aplikasi pribadi dan bisnis seperti WhatsApp dan Trello.

Meskipun demikian, Mailbird tetap menjadi pilihan yang sangat baik untuk mengelola email kamu dengan berbagai fitur yang ditawarkannya. Salah satu fitur utama yang ditawarkan adalah kotak masuk tunggal, yang memungkinkan kamu mengakses semua email dari berbagai akun dalam satu antarmuka yang terorganisir dengan baik.

Antarmuka Mailbird sangat fleksibel dan dapat disesuaikan sesuai dengan preferensi kamu, memungkinkan kamu mengatur tampilan sesuai keinginan kamu.

Selain itu, Mailbird juga memiliki integrasi dengan berbagai aplikasi lain, memungkinkan kamu menghubungkan alat-alat lain yang kamu gunakan untuk meningkatkan produktivitas. 

Fitur menarik lainnya termasuk kemampuan untuk menunda pesan untuk dibaca nanti, pembaca kecepatan email pertama yang membantu kamu membaca email dua kali lebih cepat, serta pengaturan suara yang dapat disesuaikan.

Mailbird juga menyediakan pencarian LinkedIn yang memungkinkan kamu memperdalam hubungan profesional kamu dan mencari kontak dengan lebih mudah.

Selain itu, kamu dapat dengan mudah mencari lampiran dalam email kamu. Namun, ada beberapa hal yang mungkin tidak disukai oleh sebagian pengguna.

Pertama, Mailbird tidak memiliki aplikasi seluler, sehingga kamu hanya dapat mengaksesnya melalui komputer. Selain itu, perangkat lunak ini dapat memakan sumber daya komputer dan memperlambat kinerja sistem kamu, sehingga perlu diperhatikan jika kamu menggunakan komputer dengan spesifikasi yang rendah.

Windows Mail

Windows Mail adalah  email client sederhana yang menjadi pilihan tepat jika kamu mencari solusi gratis yang terintegrasi dengan sistem operasi Windows.

Aplikasi ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan dasar dalam memeriksa kotak masuk dan mengirim pesan dengan mudah. Windows Mail berintegrasi dengan baik dengan aplikasi lain dalam ekosistem Windows, termasuk Kalender Windows, Windows People, dan Microsoft To Do.

Kamu dapat mengakses berbagai pengaturan dengan mudah dengan mengklik roda pengaturan. Di sini, kamu dapat melakukan berbagai penyesuaian, mulai dari personalisasi hingga notifikasi.

Misalnya, kamu dapat membuat tanda tangan khusus dan mengatur balasan otomatis. Pada Windows Mail juga terdapat opsi untuk membuat tema yang berbeda dengan warna latar belakang dan aksen yang dapat kamu sesuaikan. 

Salah satu fitur menarik yang ditawarkan oleh Windows Mail adalah Kotak Masuk Terfokus. Fitur ini mempelajari kebiasaan membaca email kamu dan secara otomatis memisahkan email yang sering kamu buka ke dalam kotak masuk terpisah.

Kamu juga dapat menyesuaikan pengaturan ini dengan mudah, seperti memindahkan email ke kotak masuk Prioritas dengan hanya beberapa klik.

Meskipun Windows Mail adalah pilihan yang baik untuk kebanyakan pengguna, perlu diingat bahwa Microsoft berencana untuk menggantinya dengan Outlook untuk Windows pada tahun 2024.

Hal ini berarti Windows Mail akan dihentikan dan pengguna akan diarahkan ke Outlook sebagai  email client utama di masa depan. Yang terbaik dari semua, Windows Mail tersedia secara gratis, menjadikannya pilihan yang ekonomis dan mudah digunakan bagi pengguna Windows.

Microsoft Outlook

Microsoft Outlook adalah salah satu alat email yang paling dikenal dan banyak digunakan, terutama di kalangan pengguna korporat.

Untuk menggunakan Outlook, pengguna dapat mendaftar untuk versi gratis yang memiliki fitur terbatas atau membeli lisensi Microsoft untuk mendapatkan akses ke berbagai fitur lengkap.

Lisensi berbayar menawarkan beberapa keunggulan, seperti penghapusan iklan, kapasitas penyimpanan yang lebih besar hingga 1TB, dan langkah-langkah keamanan tingkat lanjut.

Microsoft Outlook menawarkan sejumlah fitur yang sangat berguna bagi penggunanya. Salah satu fitur yang mencolok adalah mode offline di versi web klien.

Dalam mode ini, pengguna dapat membaca dan menanggapi pesan, mengelola kalender, dan melakukan banyak tugas lainnya tanpa perlu koneksi internet.

Hal ini tentunya memberikan fleksibilitas yang besar, terutama saat bepergian atau ketika koneksi internet terbatas. Outlook juga menyediakan fitur berbagi kalender dan undangan, yang memudahkan pengguna untuk mengatur pertemuan dan berkolaborasi dengan rekan kerja atau mitra bisnis. 

Selain itu, Outlook menyediakan daftar tugas yang membantu pengguna untuk mengorganisasi pekerjaan mereka dengan lebih baik. Integrasi dengan produk Microsoft Office lainnya adalah salah satu keunggulan Outlook.

Pengguna dapat dengan mudah mengakses dan bekerja dengan dokumen Word, Excel, dan PowerPoint langsung dari antarmuka Outlook. Manajemen kontak juga menjadi lebih mudah dengan Outlook.

Pengguna dapat mengelola dan menyimpan kontak dengan rapi, sehingga informasi kontak selalu terorganisir dan tersedia. Selain itu, Outlook meningkatkan perlindungan terhadap spam dan phising dengan opsi langganan premiumnya.

Fitur ini membantu melindungi inbox pengguna dari pesan-pesan yang tidak diinginkan dan potensi ancaman keamanan. Outlook juga kompatibel dengan berbagai perangkat, termasuk komputer seluler dan desktop.

Pengguna dapat mengakses email mereka dari mana saja dengan kenyamanan. 

Selain fitur bawaan, Outlook memungkinkan pengguna untuk menggunakan add-on pihak ketiga, yang dapat meningkatkan fungsionalitasnya lebih lanjut.

Meskipun Outlook memiliki banyak keunggulan, ada beberapa hal yang tidak disukai oleh beberapa pengguna. Beberapa menganggap antarmuka pengguna tidak begitu intuitif atau modern jika dibandingkan dengan  email client lainnya.

Selain itu, beberapa pengguna melaporkan bahwa Outlook dapat berjalan lambat, bahkan di komputer baru. 

Kiwi for Gmail

Kiwi adalah alat email yang sangat berguna, terutama bagi pengguna dengan beberapa akun Gmail. Meskipun Kiwi hanya berfungsi dengan akun Google, kamu dapat menambahkan akun dalam jumlah tidak terbatas dengan fitur antarmuka multi-jendela yang mereka miliki.

Hal ini memungkinkan kamu untuk menggabungkan beberapa akun Gmail dalam satu antarmuka yang mudah dikelola. Salah satu fitur menonjol dari Kiwi adalah kemampuannya untuk memfilter kotak masuk kamu menggunakan fitur Fokus.

Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengatur email berdasarkan berbagai kriteria, seperti tanggal, tingkat kepentingan, atau lampiran.

Kiwi juga memberikan kamu kemudahan dalam melihat email yang belum dibaca di setiap akun, berkat kehadiran indikator yang menampilkan jumlah email yang belum dibaca.

Hal ini mempermudah kamu untuk beralih antar email dan tetap terorganisir. Selain itu, Kiwi memungkinkan kamu untuk mengatur peringatan suara yang berbeda untuk setiap akun, sehingga kamu tidak akan melewatkan pesan penting.

Program ini juga dapat menampilkan jumlah email yang belum dibaca di Dock atau bilah menu, memberi kamu pemantauan yang mudah. 

Keunggulan lain dari Kiwi adalah dukungannya terhadap Google Apps. Kamu dapat meluncurkan Google Kalender, Kontak, dan membuka jendela Google Drive atau aplikasi Google Dokumen, Tabel, dan Presentasi dengan hanya satu klik.

Hal ini memungkinkan integrasi yang mulus antara layanan Google yang berbeda. Fitur lain dari kiwi yang berguna adalah kemampuan akses offline untuk dokumen, spreadsheet, dan presentasi Google Drive.

Ini memungkinkan pengguna untuk bekerja secara offline dan menyimpan dokumen mereka dengan aman. Meskipun Kiwi untuk Gmail memiliki banyak fitur yang berguna, beberapa pengguna mungkin merasa terbatas dalam hal opsi penyesuaian.

Ini karena Kiwi dirancang untuk meniru pengalaman Gmail, sehingga beberapa alat produktivitas dan opsi penyesuaian mungkin kurang fleksibel. 

Twobird

Twobird adalah sebuah  email client yang memiliki pendekatan manajemen email yang unik. Aplikasi ini mengubah kotak masuk kamu menjadi daftar tugas, memadukan pesan, catatan, dan acara kalender dalam satu tampilan yang terpadu.

Saat ini, Twobird bekerja dengan akun Google dan Microsoft, dengan rencana untuk mendukung lebih banyak layanan di masa mendatang. Ketika kamu membuka kotak masuk Twobird, kamu memiliki dua pilihan.

Kamu dapat memilih apakah menandai email sebagai telah dibaca akan dianggap sebagai menyelesaikan tugas, atau apakah pengarsipan email harus mencoretnya dari daftar. 

Twobird mengatur surat masuk dengan cara yang unik, menampilkan item penting sebagai tugas utama di kotak masuk kamu. Sementara email lainnya akan masuk dalam kategori “Prioritas Rendah,” yang dapat kamu pindahkan ke kotak masuk utama jika diperlukan.

Twobird memiliki antarmuka yang sederhana, dengan tombol untuk menulis email atau membuat catatan baru, daftar fungsi, dan label yang terorganisir di sidebar, serta bidang pencarian yang memudahkan pencarian topik tertentu.

Meskipun Twobird tidak memiliki banyak opsi penyesuaian, kamu masih dapat mengatur pengingat, menyiapkan pintasan keyboard pribadi, dan mengubah pengaturan sederhana seperti mode gelap dan preferensi notifikasi.

Walaupun opsi penyesuaian terbatas, hal ini tidak seharusnya mengurangi daya tarik Twobird jika kamu mencari jenis  email client yang unik.

Pendekatan yang efisien dari Twobird terlihat dalam cara kamu dapat dengan mudah membaca dan menyelesaikan email, menghilangkannya, dan melanjutkan ke tugas berikutnya.

Namun, penting untuk dicatat bahwa tindakan ini mungkin hanya mempengaruhi tampilan lokal dan tidak selalu memindahkan pesan di server (meskipun opsi tersebut tersedia melalui menu konteks jika diperlukan).

Saat ini, Twobird tersedia secara gratis, dengan rencana untuk menawarkan paket premium di masa mendatang.

Aplikasi Email Client (Support Windows, Linux, MacOS)

Bahasan sebelumnya adalah email client terbaik yang biasa dan populer digunakan oelh berbagai kalangan, nah selanjutya ini adalah beberapa aplikasi email client yang bisa windows, linux, dan macOs

Rambox

Rambox adalah alat produktivitas yang unik yang dirancang untuk membantu pengguna mengatur ruang kerja mereka dengan lebih efisien.

Berbeda dengan  email client tradisional, Rambox adalah “managing multiple application from a single location” yang dapat mendukung lebih dari 600 aplikasi yang mencakup berbagai jenis layanan, mulai dari  email client utama hingga aplikasi pesan instan, jejaring sosial, kalender, penjadwalan, dan alat manajemen proyek.

Salah satu fitur unggulan Rambox adalah kemampuannya untuk menyinkronkan layanan antar komputer yang berbeda, yang berarti kamu dapat mengakses semua aplikasi yang kamu gunakan di berbagai perangkat dengan mudah dan nyaman.

Selain itu, Rambox menyediakan penghitung pesan yang belum dibaca, memungkinkan kamu untuk melacak pesan yang belum kamu baca dari berbagai akun dengan cepat.

Agar pengguna dapat lebih efisien dalam menggunakan Rambox, aplikasi ini dilengkapi dengan pintasan keyboard untuk navigasi yang mudah. Kamu juga memiliki kemampuan untuk menonaktifkan suara dan notifikasi sesuai kebutuhan kamu.

Rambox juga memberikan opsi untuk penyesuaian tema, sehingga kamu dapat mengatur tampilan sesuai dengan preferensi pribadi kamu. Meskipun Rambox memiliki banyak keunggulan, ada satu hal yang beberapa pengguna mungkin tidak sukai.

Rambox tidak menyediakan satu kotak surat untuk semua surat masuk dari akun yang berbeda. Ini berarti kamu perlu mengakses setiap akun secara terpisah, yang bisa menjadi sedikit kurang nyaman bagi beberapa pengguna. 

Spike

Spike adalah sebuah  email client yang menghadirkan cara baru untuk melihat dan mengelola email kamu. Salah satu fitur kunci yang membedakannya adalah tampilan email dalam chat format.

Melalui Spike, pengguna dapat melihat email mereka dalam format yang lebih familiar dengan obrolan, membuat berinteraksi dengan email menjadi lebih cepat dan efisien.

Spike juga menyediakan beberapa jenis penelusuran email, termasuk format dialog dengan fitur tambahan bawaan, dan penelusuran email standar.

Adanya berbagai pilihan ini, kamu dapat memilih tampilan yang paling sesuai dengan gaya kamu dalam mengelola email. Selain tampilan yang unik, Spike juga menawarkan berbagai fitur tambahan yang berguna. kamu dapat dengan mudah berbagi gambar, video, audio, GIF, dan dokumen melalui aplikasi ini.

Fitur pengiriman file cepat memudahkan kamu untuk berbagi konten dengan cepat. Selain itu, Spike juga mendukung panggilan audio dan video, serta memberi tahu kamu kapan penerima email kamu membuka pesan dan mulai mengetik balasan.

Aplikasi ini juga memungkinkan pembuatan percakapan grup, yang sangat berguna untuk berkolaborasi dalam proyek atau tugas tertentu. kamu dapat mengatur percakapan grup untuk berbagai keperluan.

Spike juga memiliki integrasi dengan penyimpanan cloud, memungkinkan kamu mentransfer file besar dengan mudah. 

Selain itu, kamu dapat mengintegrasikan kalender kamu, seperti Google, Outlook, atau Apple, untuk melihat acara mendatang dengan cepat dalam satu tempat.

Fitur lainnya termasuk manajemen notifikasi, prioritas penerimaan email, perlindungan data dengan sistem enkripsi, tema gelap, memo suara, terjemahan otomatis email, dan kemampuan audio dan video terintegrasi untuk tetap terhubung dengan orang lain.

Namun, ada beberapa hal yang mungkin tidak disukai oleh beberapa pengguna tentang Spike. Aplikasi ini tidak memiliki pintasan keyboard, yang dapat mempengaruhi efisiensi penggunaan. Selain itu, opsi penyesuaian dalam aplikasi ini juga terbatas. 

Zimbra

Zimbra adalah  email client yang memiliki beragam fungsi untuk memenuhi kebutuhan berkolaborasi tim. Konsep utama di balik Zimbra adalah menyatukan email dengan alat-alat kerja tim lainnya, membuatnya menjadi pilihan yang solid untuk perusahaan yang berfokus pada kolaborasi efisien.

Salah satu keunggulan utama Zimbra adalah kemampuannya untuk bekerja dengan berbagai jenis server email, termasuk server emailnya sendiri maupun penyedia email lain seperti Gmail, AOL, Yahoo Mail, dan Microsoft Exchange IMAP.

Dengan fleksibilitas ini, pengguna dapat mengintegrasikan email mereka ke dalam satu platform yang komprehensif. 

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Zimbra sangat mendukung kerja tim dan kolaborasi. Kamu dapat mengadakan konferensi video, berbagi file, dan bahkan melakukan siaran konten layar untuk berkomunikasi dengan tim secara lebih efektif.

Pengaturan pengingat, pengelolaan pesan seperti membatalkan pengiriman atau pemulihan pesan, serta perencanaan pengiriman pesan semuanya membuat Zimbra menjadi alat yang kuat dalam manajemen komunikasi.

Selain itu, Zimbra menyediakan kemampuan pencarian yang canggih, yang memungkinkan kamu mencari pesan berdasarkan dokumen, lampiran, dan teks email dengan mudah. 

Kamu juga dapat menggunakan tag untuk mengelompokkan pesan, membantu kamu mengatur kotak masuk kamu dengan lebih baik. Zimbra juga dilengkapi dengan penyelenggara bawaan, penjadwal tugas, dan kalender, yang semuanya mendukung produktivitas tim.

Kemampuan untuk mengintegrasikan klien dengan berbagai layanan email dan jejaring sosial juga merupakan nilai tambah. Namun, perlu diingat bahwa Zimbra memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan.

Beberapa pengguna mungkin merasa kurangnya fitur seperti pelacakan pembukaan email dan pintasan teks. 

Postbox

Postbox adalah aplikasi email yang mengedepankan profesionalitas dalam penggunaannya. Adanya tampilan yang sederhana dan mudah digunakan membuat Postbox cocok untuk berbagai penggunaan, baik itu untuk keperluan pribadi maupun bisnis.

Aplikasi ini dapat dengan mudah disinkronkan dengan berbagai penyedia layanan email terkemuka seperti Yahoo, Gmail, iCloud, Office 365, dan Outlook, serta berbagai penyedia email lainnya.

Hal ini menjadikan Postbox sebagai pilihan yang solid untuk meningkatkan produktivitas dan organisasi dalam mengelola email. 

Salah satu fitur unggulan dari Postbox adalah Panel Fokus yang membantu kamu mengatasi dan mengorganisir email yang penting dengan bantuan filter.

Selain itu, aplikasi ini juga memberikan akses cepat ke folder favorit kamu, serta sistem penandaan yang kuat menggunakan fitur Topik. Integrasi yang luas dengan berbagai alat seperti buku alamat, iCalendar, iPhoto, Spotlight, Dropbox, OneDrive, dan lainnya, memperluas fungsionalitas Postbox.

Postbox juga menonjol dengan kemampuan untuk dengan cepat membagikan konten email penting ke berbagai platform seperti Evernote, Wunderlist, Todoist, dan Zapier.

Pengguna juga akan menemukan manfaat dari fitur pengingat yang efektif bersama dengan sistem penyematan yang memudahkan mengikuti jadwal tugas kamu. 

Postbox memungkinkan penyesuaian tata letak dan menyediakan pintasan keyboard untuk navigasi yang lebih efisien. Selain itu, aplikasi ini mendukung tanggapan yang telah ditulis sebelumnya, sehingga kamu dapat dengan mudah merujuk kembali ke pesan yang sering kamu kirim.

Dalam hal keamanan, Postbox memiliki perlindungan yang kuat terhadap email berbahaya, memberikan kamu ketenangan pikiran saat mengelola email kamu. Namun, penting untuk dicatat bahwa biaya lisensi Postbox mungkin tidak ramah anggaran bagi beberapa pengguna. 

Hiri

Hiri adalah  email client yang menonjol dengan penekanan pada kesederhanaan. Selain menyediakan fasilitas email, aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk mengelola kalender, daftar tugas, dan kontak dalam satu tempat yang terintegrasi.

Salah satu aspek yang membuat Hiri menarik adalah fokusnya pada desain bernuansa yang membantu menciptakan pengalaman pengguna yang bersih dan intuitif.

Antarmuka Hiri didesain dengan baik, memudahkan navigasi melalui email kamu dan mengurangi kekacauan yang tidak diinginkan dalam kotak masuk kamu.

Aplikasi ini menyinkronkan semua acara kalender kamu dengan Office 365 dan Exchange, serta memungkinkan kamu berbagi kalender dengan mudah. Hiri juga menawarkan mode offline untuk menjaga privasi kamu. 

Fitur pengingat dan kemampuan untuk mematikan notifikasi membuat pengguna lebih mudah mengelola email dan tugas-tugas terkait. Selain itu, Hiri juga menyediakan berbagai fitur berguna seperti ketersediaan pengingat dan catatan, kemampuan sinkronisasi dengan kalender yang sudah ada, pengelompokan email ke dalam folder terpisah, dan manajer tugas bawaan.

Aplikasi ini juga memberikan akses ke seluruh Daftar Alamat Global perusahaan kamu, memudahkan pengguna untuk membuat perubahan pada kontak sesuai kebutuhan.

Meskipun Hiri memiliki banyak kelebihan, beberapa pengguna mungkin merasa kekurangannya adalah ketiadaan aplikasi seluler. Selain itu, masa uji coba gratis yang singkat selama 7 hari mungkin membatasi waktu bagi pengguna untuk benar-benar menguji coba semua fitur yang ditawarkan.

Mailspring

Mailspring adalah  email client yang kaya fitur dengan dukungan untuk sejumlah penyedia layanan email besar seperti Gmail, Outlook, iCloud, dan lain-lain.

Salah satu fitur menarik dari Mailspring adalah kemampuan untuk membatalkan pengiriman pesan dalam hitungan detik jika kamu menyadari telah melakukan kesalahan.

Hal ini memberikan fleksibilitas tambahan dalam mengelola komunikasi email kamu. Selain itu, Mailspring menyediakan fasilitas pencarian cepat yang memungkinkan kamu dengan mudah menemukan isi email yang kamu butuhkan.

Salah satu kelebihan lainnya adalah adanya mode gelap yang tersedia dalam aplikasi ini, yang dapat membantu mengurangi kelelahan mata saat bekerja dalam kondisi pencahayaan rendah atau malam hari.

Namun, perlu diingat bahwa versi gratis dari Mailspring memiliki beberapa keterbatasan. Kamu hanya dapat menghubungkan hingga empat akun email ke dalam aplikasi ini.

Untuk pengguna yang menginginkan fitur tambahan seperti notifikasi ketika email telah dibaca atau informasi tentang email yang belum dibuka selama beberapa waktu, versi Pro mungkin merupakan pilihan yang lebih baik. 

Versi Pro Mailspring juga memberikan akses ke statistik tentang email baru yang dibaca dan tautan yang diklik.

Beberapa fitur lain yang ditawarkan oleh Mailspring mencakup dukungan untuk banyak akun email, pintasan keyboard yang termasuk pintasan khas Gmail, pemeriksaan ejaan dan terjemahan otomatis dari berbagai bahasa, pencarian responsif, beragam tata letak yang dapat disesuaikan, dukungan tema, dan templat email yang dapat disesuaikan untuk mempercepat proses balasan email.

Meskipun Mailspring menawarkan banyak fitur yang berguna, penting untuk diingat bahwa biaya berlangganannya mungkin lebih mahal dibandingkan dengan beberapa layanan serupa di pasaran.

Front

Email client ini merupakan solusi yang sangat baik untuk pekerjaan kolaboratif dan tim. Salah satu fitur yang sangat berguna adalah kemampuan untuk menangani email sebagai tim, memungkinkan semua peserta untuk berdiskusi tentang kegiatan dan informasi yang terkandung dalam email.

Front juga memungkinkan kamu untuk menggabungkan email dari berbagai layanan email dan berintegrasi dengan lebih dari 50 layanan pihak ketiga, termasuk Salesforce, Slack, Trello, GitHub, Intercom, dan Asana.

Hal ini menjadikannya alat yang sangat berharga bagi bisnis, karena dapat meningkatkan komunikasi dan produktivitas tim secara signifikan. 

Fitur-fitur seperti berbagi, menugaskan, mengomentari, menunda, dan memunculkan kembali pesan email membuat pengelolaan kotak masuk menjadi lebih efisien.

Selain itu, Front menyediakan berbagai fitur lainnya, termasuk kemampuan untuk mengelola beberapa saluran komunikasi, templat untuk memberikan jawaban cepat atas pertanyaan umum pelanggan, penjawab otomatis untuk email, tag dan kata kunci untuk mengorganisasi email, manajemen tugas, serta sinkronisasi dengan kalender.

Fitur analitik juga hadir untuk melacak berbagai informasi seperti jumlah email yang dikirim dan diterima, waktu respons, dan lainnya. Namun, ada beberapa hal yang mungkin tidak disukai oleh beberapa pengguna tentang Front.

Salah satunya adalah ketiadaan notifikasi yang dikirimkan ke pengirim email jika penerima membuka dan membaca email. Selain itu, aplikasi seluler terkadang dianggap lambat dan memiliki kinerja yang kurang responsif. 

“Bagaimana jika saya ingin punya email bisnis sendiri tapi tanpa memiliki hosting, adakah email client untuk mengakses email bisnis tanpa hosting?”

Tenang, buat kamu yang memiliki hosting khususnya di DomaiNesia, kamu bisa menggunakan Email Hosting DomaiNesia. Email hosting DomaiNesia ini dinamakan Mailspace. Mailspace adalah salah satu produk DomaiNesia yang memberikan layanan email hosting tanpa harus memiliki hosting terlebih dahulu.

Jadi Mailspace ini ready to use sebagai email hosting. Selain itu untuk halaman admin, kamu tidak perlu repot- repot untuk login ke dalam kontrol panel seperti di hosting.

Khusus email hosting DomaiNesia, halaman admin tersedia di halaman MyDomaiNesia. Di halaman admin tersebut kamu bisa menambah dan membuat , hingga mengatur password akun user email.

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds