• Home
  • Berita
  • Byte Adalah Satuan Kecepatan Pengiriman Data yang Harus Kamu Tahu

Byte Adalah Satuan Kecepatan Pengiriman Data yang Harus Kamu Tahu

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Byte Adalah – Pada era digital saat ini, hampir semua masyarakat menggunakan penyimpanan digital, seperti menyimpan pada file manager pada sebuah perangkat, atau pada penyimpanan cloud yang tersedia saat terhubung ke internet. Berbagai media penyimpanan pasti memiliki maksimum kapasitas yang dapat ditampung.

Ukuran kapasitas dalam menyimpan sebuah file biasanya menggunakan mega byte ataupun giga byte.

Ukuran kapasitas ini juga sering kita temui saat ingin melihat kecepatan sebuah internet seperti Mega bit per second atau Mega Byte per second.

Apakah kamu mengerti mengapa byte digunakan sebagai satuan ukuran penyimpanan? Untuk lebih detailnya, simak hingga akhir artikel ya!

Byte Adalah

Byte adalah salah satu satuan dalam pengukuran kapasitas penyimpanan informasi atau data digital. Istilah byte dikenalkan oleh ilmuwan komputer berasal dari Amerika bernama Werner Buchholz pada tahun 1956.

Byte sering digunakan untuk melambangkan seberapa besar data dapat tersimpan atau terkirimkan. 

Byte adalah salah satu komponen yang bisa ditambahkan atau dikurangi, semakin besar byte maka semakin besar pula data yang dapat disimpan. Jika digambarkan, 1 byte ini dapat menyimpan 1 karakter seperti huruf maupun simbol.

byte adalah
Sumber : envato

Byte beda dengan Bit, konversi dari 1 byte adalah Jika byte adalah satuan yang dapat menyimpan 1 karakter per bytenya, jika 1 Bit ini memiliki kapasitas 1 per 8 dari 1 byte, untuk lebih memahaminya yuk kita simak penjelasan perhitungan byte di bawah ini!

Perbedaan Bit dan Byte

Tentu saja Bit berbeda dengan Byte. Dimulai dari simbolnya, bit disimbolkan dengan “b” kecil dan Byte disimbolkan dengan “B” kapital. 

Binary Digit atau Bit adalah angka yang dapat melambangkan nilai logika yang dimengerti oleh komputer, berbeda dengan manusia, komputer hanya mengerti logika matematika yang diperintahkan oleh manusia.

Binary digit yang dimaksud ini adalah angka 0 dan 1, jadi angka 1 akan mewakili “TRUE” dan angka 0 akan mewakili “FALSE” kemudian setelah itu ditemukanlah byte yang terbentuk dari kumpulan bit untuk menyimpan memori berupa logika pemrograman yang lebih besar. 

Dari sinilah awal mula logika pemrograman yang berkembang dari yang sederhana hingga lebih rumit.

Jadi, Konversi dari 1 byte Adalah…

Dalam satuan ukuran kapasitas penyimpanan data digital, byte adalah satu dari sekian banyak satuan kapasitas penyimpanan. Kamu tidak memerlukan logika matematika yang rumit dalam menghitung byte.

Byte adalah ukuran terendah sebelum bit. Berikut penjabaran lebih detailnya terkait konversi dari 1 byte adalah

  1. Byte = 1 Byte terdiri dari 8 Bit
  2. KiloByte (KB) = 1 KB terdiri dari 1.024 byte
  3. MegaByte (MB) =  1 MB terdiri dari 1.024 KB
  4. GigaByte (GB) = 1 GB terdiri dari 1.024 MB
  5. TeraByte (TB) = 1 TB terdiri dari 1.024 GB

Apakah kamu sudah paham? Keempat satuan ukuran di atas sering sekali kamu temui pada data-data yang disimpan secara digital.

Bahkan terkadang jika kamu membuka sebuah website dan ingin melakukan pendaftaran, kamu akan diminta menyertakan beberapa dokumen yang tidak boleh melebihi ukuran tertentu.

Sumber : envato

Jika kamu ingin membuat website dengan model seperti itu, kamu bisa gunakan layanan hosting murah tanpa ribet dari DomaiNesia ya!

Sekarang, setelah kamu memahami terkait byte dan satuan ukuran lainnya, diharapkan kamu bisa lebih paham untuk menyertakan file dengan ukuran tertentu ya! 

Jadi, Byte Digunakan untuk Apa Saja?

Satuan byte banyak digunakan pada penyimpanan data digital, mulai dari penyimpanan berbasis cloud seperti Google Drive hingga penyimpanan fisik seperti flash disk, hard disk yang dapat kamu gunakan secara offline.

Semua hal yang berbasis penyimpanan atau memori akan memiliki batas penyimpanannya.

Seiring berjalannya waktu, saat ini teknologi sudah lebih canggih dah perangkat-perangkat seperti smartphone, PC ataupun laptop bisa menampung lebih banyak data hingga mencapai TeraByte.

Semakin tinggi kapasitas penyimpanan maka akan semakin mahal juga harga yang harus dibayarkan. Jika kamu ingin memperkirakan pemakaian kamu terhadap memori perangkat, maka memahami byte adalah hal yang sangat penting.

Kegunaan dari byte sendiri tidak hanya itu, dengan byte kamu juga bisa mengetahui kecepatan sebuah jaringan internet pada sumber internet yang terkoneksikan.

Sumber : envato

Byte akan melambangkan berapa data yang berhasil dikirim atau ditransfer setiap detiknya untuk mengukur kecepatan pada sebuah internet.

Contohnya jika kamu melihat kecepatan internet dalam bentuk MBps, maka kecepatan data dapat ditransfer sesuai angka berukuran Mega Byte tersebut setiap detiknya.

Beli WordPress Hosting

Kesimpulan Tentang Byte

Apakah kamu sudah memahami tentang byte? Byte adalah satuan pengukuran pada data digital yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Byte dianggap merupakan pengukuran yang lebih tepat untuk mengukur kapasitas dari sebuah data atau penyimpanan.

Byte juga memiliki tingkatan di atasnya dan di bawahnya, agar kita lebih mudah untuk melihat ketepatan ukuran data yang lebih kecil atau yang lebih besar.

Selain untuk mengukur kapasitas penyimpanan atau data digital, byte juga dapat mengukur kecepatan internet dengan mengukur seberapa cepat pengiriman data dalam satu detik yang membuat kamu dapat mengukur apakah kecepatan internet sedang cepat atau lambat. 

Nah saat ini kamu sudah memahami terkait byte dan penerapannya, jangan salah lagi dalam membedakan Bit dan Byte ya! Ingat bahwa konversi dari 1 byte adalah terdiri dari 8 bit yang artinya bit memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan byte.

Baca Juga : Inilah Perbedaan HTTP dan HTTPS di Internet Yang Perlu Diketahui 

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds