Move On ke PHP 7.2? Siapa Takut!

keunggulan PHP 7.2

Hi DomaiNesians! Di tahun 2018 ini, kamu udah punya website atau toko online kan? Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan seperti personal branding, membuat company website, jualan online di lapak sendiri, bikin iklan, share ilmu atau pengalaman. Nah buat kamu yang belum punya website, bisa lho ikuti cara membuat website sendiri dengan mudah. Cocok banget buat para pemula yang awam dengan bahasa pemrograman. Dikutip dari W3techs, 83% website di dunia menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman di sisi server. Ada beberapa platform website yang menggunakan PHP seperti WordPress, Facebook, Baidu, Wikipedia dan sebagainya. Nah, tahukah kamu bahwa sekarang PHP terbaru sudah memasuki versi 7.2? Udah siap belum pindah ke versi PHP 7.2? Atau kamu masih mager di versi PHP 5.6? Hmmm yuk ketahui beberapa keunggulan PHP 7.2 berikut!

Baca Juga: Cara Cek Versi PHP di Website

Apa Itu PHP?

PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman yang cukup populer di kalangan masyarakat. Dikutip dari Wikipedia, PHP merupakan Hypertext Preprocessor yang banyak dipakai untuk memprogram situs web dinamis dan membangun sebuah CMS. Dari tahun 1997 hingga sekarang, PHP sudah merilis beberapa versi dengan berbagai perkembangan. Pada tahun 2004, PHP merilis versi 5.0 dengan fokus pada pemrograman berorientasi objek. Nah pada tahun 2017 kemarin PHP merilis versi ketujuh hingga sekarang dengan versi stabil pada versi PHP 7.2.

keunggulan php 7.2

Keunggulan PHP 7.2

Ada berbagai keunggulan yang ditawarkan PHP 7.2 dibandingkan dengan versi sebelumnya. Dikutip dari php.net, ada beberapa fitur yang merupakan perbaikan dari versi sebelumnya seperti Scalar type declarations, Return type declarations, Anonymous classes, Generator Return Expressions dan sebagainya. Selain itu dikutip dari Dev.to, PHP 7.2 memiliki sistem security yang lebih baik karena sudah memasukkan Modern Cryptography di dalamnya. PHP 7.2 telah support Argon2 serta Libsodium untuk mengamankan password. Perlu diketahui bahwa Libsodium merupakan software library untuk enkripsi, dekripsi, signature serta password hashing.

PHP 7.2 dan Beberapa CMS

Terdapat perbandingan yang cukup signifikan antara website menggunakan PHP 5.6 dengan PHP 7.2 khususnya untuk penggunaan CMS (Content Management System) seperti WordPress dan Prestashop. Dikutip dari Kinsta, berikut hubungan PHP 7.2 dengan beberapa CMS.

PHP 7.2 dan WordPress 4.94

Menurut W3Techs, WordPress merupakan salah satu CMS yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Hampir 30% website di Internet menggunakan WordPress sebagai platformnya. Dikutip dari Kinsta, performa WordPress dengan PHP 7.2 menduduki peringkat pertama jika dibandingkan dengan versi PHP sebelumnya. Selain itu, PHP 7.2 memiliki performa 3 kali lebih cepat daripada PHP 5.6. Begitu juga jika menggunakan WooCommerce, versi terbaru ini masih menduduki peringkat teratas dari segi performa.
WordPress

Baca Juga: Cara Membuat Website dengan WordPress

PHP 7.2 dan Prestashop 1.7.2.4

Masih ingat dengan Prestashop? Prestashop merupakan CMS khusus untuk ecommerce. Kamu bisa membuat toko online sendiri dengan mudah tanpa bantuan developer lho! Nah dari percobaan benchmark yang dilakukan oleh Kinsta, ternyata PHP 7.2 masih menjadi juaranya.
PrestaShop

Baca Juga: Cara Membuat Toko Online Mudah

Apakah DomaiNesia Support PHP 7.2?

Yes! DomaiNesia kini support PHP 7.2! Bagi para developer yang ingin membuat website, pastikan move on ke PHP 7.2 ya. Selain agar performa website menjadi lebih cepat, fitur security yang ditawarkan bisa kamu gunakan demi menjaga keamanan user. Oiya, bagi pengguna WordPress yuk segera update WordPress ke versi terbaru 4.94. Dengan WordPress 4.94, kamu bisa menikmati segala keunggulan dari PHP 7.2.

Baca Juga: Tips dan Trik Cara Agar WordPress Aman

Yuk segera move on ke PHP 7.2! Bagaimana jika tiba-tiba website error karena perubahan ini? Tenang saja! Error website tersebut disebabkan oleh plugin dan template (tema) dari pihak ketiga yang belum support PHP versi terbaru. Segera laporkan hal tersebut ke Tim Support DomaiNesia melalui live chat atau kirim tiket! Kami akan dengan senang hati membantu!
Salam,

Tim DomaiNesia

 

Sumber gambar: Freepik

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Newsletter