• Home
  • Berita
  • Entitas Adalah: Kenali Arti Entitas pada Konteks Teknologi!

Entitas Adalah: Kenali Arti Entitas pada Konteks Teknologi!

Oleh Hiqbal Fauzi
No ratings yet.
entitas adalah

Apakah kamu pernah merasakan bahwa penggunaan bahasa indonesia saat melakukan percakapan sehari-hari dengan penerapannya pada ilmu sains, dan teknologi memiliki cukup banyak perbedaan kosa kata. Saat kamu mengerti suatu kosa kata pada bidang ilmu tertentu, jika dikembalikan pada bahasa aslinya, pasti kamu bingung apa arti atau makna sebenarnya sebelum masuk pada bidang-bidang ilmu tertentu.

Contoh nyata dari kasus ini adalah kata “Entitas” Apakah kamu mengerti arti entitas adalah apa? Entitas adalah kata yang sering kita gunakan pada penerapan bidang ilmu tertentu, namun hampir tidak pernah kita gunakan untuk percakapan sehari-hari. Agar kamu bisa lebih memahaminya, yuk kita simak lebih lanjut terkait arti entitas adalah dan contohnya pada kehidupan sehari-hari!

entitas adalah
Sumber: Envato

Baca Juga: 7 Tips untuk Membuat Website Bisnis Jadi Lebih Efektif

Entitas Adalah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti entitas adalah satuan yang berwujud. Pada dasarnya entitas akan melambangkan suatu hal yang memiliki bentuk yang keberadaannya dapat diakui dan berbeda dengan bentuk atau wujud-wujud lainnya. Satu entitas dengan entitas lain pastilah berbeda karena sebuah entitas memiliki keunikannya masing-masing. 

Arti entitas disini memang cukup general dan dapat diartikan apa saja, itulah mengapa entitas sering digunakan pada beberapa bidang ilmu tertentu dengan pendefinisian lebih spesifik. Walaupun memiliki pendefinisian yang berbeda-beda, namun dapat ditekankan bahwa dasar dari sebuah entitas adalah wujud atau bentuk yang unik. Berikut merupakan beberapa arti entitas adalah dan contohnya pada berbagai bidang ilmu yang harus kamu ketahui

1. Arti Entitas dalam Konteks Ekonomi

Dalam konteks ekonomi, arti entitas adalah unit-unit yang menjalankan usaha yang diperuntukkan untuk kepentingan diri sendiri. Jika pada dunia bisnis dan akuntansi, arti entitas adalah dan contohnya yaitu perusahaan yang memiliki ekonomi dan kekuatan hukum sendiri, seperti yayasan, lembaga keuangan dan sebagainya. Walaupun seperti itu, entitas tetap wajib mengikuti undang-undang perpajakan yang mengatur terkait perekonomian Indonesia.

2. Arti Entitas dalam Konteks Legal

Dalam konteks legal atau hukum, arti entitas adalah badan hukum/organisasi/kesatuan yang diakui secara formal dan diperlakukan sebagai perseorangan berdasarkan aturan hukum yang berlaku. Jadi, dalma konteks legal, entitas adalah sebuah organisasi yang kehadirannya dijamin oleh hukum yang berlaku di Indonesia, contohnya adalah yayasan, perusahaan, atau pemerintahan.

3. Arti Entitas dalam Konteks Basis Data

Dalam konteks basis data, arti entitas adalah sebuah objek yang tersimpan dengan memiliki atribut-atribut tertentu di dalamnya. Entitas dalam basis data sering dijumpai di dalam database, satu entitas memiliki atribut-atribut yang berbeda-beda satu dengan lainnya. Contohnya seperti dalam model entitas berelasi, tabel yang bisa dianggap sebagai entitas, kemudian atribut yang menempel dianggap sebagai representasi dari properti yang dimilikinya.

4. Arti Entitas dalam Konteks Sains

Dalam konteks sains atau ilmu pengetahuan, arti entitas adalah merujuk kepada sebuah objek, peristiwa/fenomena baru yang sedang diteliti. Entitas dalam konteks ilmu pengetahuan sains sangatlah luas, berbagai objek bisa dikatakan sebagai entitas asalkan berupa objek yang berwujud ataupun tidak berwujud. 

entitas adalah
Sumber: Envato

Arti Entitas dalam Bidang Teknologi

Selanjutnya, kita akan membahas terkait arti entitas adalah dan contohnya dalam bidang teknologi. Dalam bidang ini, terdapat berbagai cabang di dalamnya yang menggunakan istilah “entitas”. Secara garis besar, arti entitas adalah berbagai objek yang berada di sebuah sistem atau aplikasi.

Objek pada sebuah aplikasi bisa berupa berbagai macam, bisa sebuah fitur, target, ataupun jaringan penghubung. Satu entitas pasti berbeda dengan entitas lain, mereka bisa mewakili sebuah entitasnya dan memiliki keunikannya masing-masing yang bisa membedakan satu dengan lainnya. 

Tidak hanya pada aplikasi, entitas juga ada di sebuah jaringan yang akan mewakili jaringan komunikasi dari satu pihak ke pihak lainnya. Pada intinya, arti entitas adalah dan contohnya yaitu pada aplikasi smartphone yang bisa menghubungkan komunikasi antar satu pihak ke pihak lain dan entitas adalah salah satu fitur komunikasi yang mewakili alur atau proses tersebut.

entitas adalah
Sumber: Envato

Baca Juga: Cara membuat ERD: Simbol, Entitas, Atribut Termudah

Jenis Entitas dalam Bidang Teknologi

Berdasarkan penjelasan di atas, terdapat berbagai cabang pada bidang teknologi yang menggunakan istilah “entitas” berikut merupakan jenis-jenis penerapan dari istilah entitas yang digunakan pada bidang teknologi yang harus kamu pahami agar tidak salah kaprah

1. Entitas Software

Pada konteks software atau perangkat lunak, arti entitas adalah objek-objek atau elemen yang berada di perangkat lunak. Pada software, contoh entitas adalah seperti kelas, modul, ataupun fungsi yang digunakan pada proses pembuatan perangkat lunak tersebut. Setiap entitas akan mewakili tujuan atau fungsi tertentu untuk dapat menyempurnakan fungsi dari perangkat lunak tersebut.

Pada konteks perangkat lunak, salah satu contoh entitas adalah website yang dapat mewakili konten yang ada di dalamnya. Website adalah objek perangkat lunak yang terdiri dari atribut-atribut yang menjadikan satu entitas website berbeda dengan lainnya. Jika kamu ingin memulai untuk membuat sebuah website, kamu bisa gunakan layanan hosting murah DomaiNesia untuk hosting terbaik dan anti ribet!

2. Entitas Hardware

Pada konteks hardware atau perangkat keras, arti entitas adalah komponen fisik dari perangkat keras atau sistem yang digunakan. Pada hardware, contoh entitas adalah seperti memori, CPU, monitor dan sebagainya. Satu entitas akan mewakili fungsinya masing-masing serta bekerja sama dengan entitas lain untuk lebih mengoptimalkan fungsi yang dimiliki.

3. Entitas Jaringan

Pada konteks jaringan, arti entitas adalah perangkat-perangkat yang digunakan untuk berkomunikasi antar client dan server. Perangkat yang dimaksud bisa berupa perangkat pendukung atau perangkat utama yang digunakan. Pada konteks jaringan ini, contoh entitas adalah router, komputer, server, ataupun switch yang telah terhubung ke jaringan.

4. Entitas Pengguna

Pada konteks pengguna, arti entitas adalah manusia atau pihak yang menggunakan sebuah sistem, aplikasi, dan layanan berbasis IT. Pada konteks ini, contoh entitas adalah sudah jelas yaitu pengguna akhir atau end-user sebagai orang yang menggunakan layanan tersebut. Entitas pengguna dapat dibedakan melalui wewenang atau hak akses pada sebuah sistem.

5. Entitas Keamanan Informasi

Selanjutnya terdapat entitas pada keamanan informasi, arti entitas adalah elemen-elemen yang berkontribusi pada keamanan informasi digital. Pada konteks ini, contoh entitas adalah perangkat pengamanan, pengguna, jaringan yang digunakan dans ebagainya yang berada pada aspek keamanan informasi digital. 

Beli Domain Murah

Temukan Entitas-Entitas Lain di Sekitarmu!

Apakah kamu sudah memahami terkait entitas adalah dan contohnya? Dengan kamu memahami arti entitas adalah sebuah objek yang memiliki atribut di dalamnya agar unik dan bisa membedakan dengan entitas lain, maka kamu bisa mulai menelaah terkait entitas-entitas yang ada di sekitar kamu serta atribut yang dimilikinya.

Entitas-entitas tersebut pasti memiliki fungsinya masing-masing dengan konteks bidangnya. Harapannya, jika kamu telah memahami arti dari entitas, kamu bisa lebih mengenal fungsi dari entitas dan mengoptimalkan sebuah entitas yang ada di lingkunganmu untuk lebih efektif dan efisien dalam mengerjakan pekerjaan.

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at DomaiNesia with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds