• Home
  • Berita
  • Router adalah Hardware yang Cukup Penting, Mengapa Demikian?

Router adalah Hardware yang Cukup Penting, Mengapa Demikian?

Oleh Ratna Patria

Internet menjadi kebutuhan setiap orang saat ini. Tanpa internet kamu tidak bisa berselancar di dunia maya kan? Tentu saja tidak! Agar terhubung ke internet, ada salah satu hardware yang berperan cukup penting yaitu router. Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah router. Router ini akan membantu kamu terhubung ke internet. Lantas apakah kamu tahu bagaimana cara kerja router? Wah kamu beruntung! Kali ini DomaiNesia akan mengajak kamu untuk membahas apa itu router, cara kerja router lengkap dengan fungsi router itu sendiri. Untuk itu simak pembahasan kali ini sampai akhir ya DomaiNesian!

Apa itu Router?

Router adalah perangkat keras jaringan yang digunakan untuk mentransmisikan paket data dari jaringan internet hingga ke beberapa perangkat lain melalui proses routing. Proses routing sendiri adalah proses dimana paket data diteruskan dari satu dengan jaringan yang lain. Jadi bisa didefinisikan bahwa router adalah perangkat jaringan fisik yang digunakan untuk melakukan beberapa aktivitas seperti menerima, menganalisis, dan meneruskan paket data antar jaringan komputer. 

Router biasanya disamakan dengan switch. Padahal keduanya memiliki fungsi yang berbeda loh! Router adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan satu LAN (Local Area Network) dengan LAN yang lain. Sedangkan switch adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer untuk membentuk LAN. Gampangnya, switch bisa dianalogikan sebagai sebuah jalan dan router sebagai penghubung antar jalan. Lalu apa fungsi router? Simak jawabannya setelah ini.

router adalah
Sumber: Envato

Baca juga: Memahami Apa Itu Ping dan Fungsinya Saat Jaringan Internet Lambat

Fungsi Router adalah

Fungsi router yang utama adalah mengelola lalu lintas jaringan dan juga membagikan koneksi internet ke perangkat lain. Namun masih terdapat beberapa fungsi router yang harus kamu ketahui. 

1. Menghubungkan Jaringan

Pertama, fungsi router adalah sebagai penghubung antar jaringan. Router memiliki fungsi untuk mengirimkan paket data atau suatu informasi melalui internet atau jaringan dari jaringan tertentu ke jaringan lainnya. Khusus untuk router WiFi, router ini bisa mengirimkan paket data atau internet dari modem ke perangkat melalui IP Address. Dengan begitu, perangkat yang terhubung bisa mengakses internet. Banyak jenis perangkat yang bisa kamu hubungkan ke router misalnya saja laptop, komputer, smartphone, tablet, hingga smart tv.

2. Mentransmisikan Informasi

Fungsi router selanjutnya yaitu sebagai alat untuk mentransmisikan informasi atau data dari jaringan yang satu ke jaringan lainnya. Misalkan, jika kamu tinggal di rumah 2 lantai, pernahkah kamu berfikir dengan cara apa koneksi internet bisa sampai di lantai 2 rumah kamu? Dan apakah koneksi dari internet tersebut bisa terjangkau ke seluruh rumah? Nah disinilah router bekerja. Dengan memasang router di lantai 1 dan lantai 2 rumah kamu, maka router utama akan mentransmisikan informasi atau data tersebut ke router selanjutnya yang menyebabkan koneksi internet dapat tersebar ke seluruh bagian rumah.

3. Menganalisis Paket Data

Router juga dapat melakukan analisis paket data atau memfilter paket data. Fungsi router ini bertujuan agar mencegah koneksi internet dari trafik yang besar yang nantinya bisa membuat koneksi tersebut melambat. Penyaringan ini dilakukan dengan aturan melalui alamat IP, port UDP, dan port TCP.

4. Menghubungkan Jaringan ke DSL

Berikutnya fungsi router adalah sebagai jembatan atau penghubung antara jaringan dengan DSL (Digital Subscriber Line) sehingga dapat terpasang nya firewall yang berfungsi sebagai penyaring dari data data yang akan diteruskan. Dengan dapat dipasangnya firewall maka akan mencegah kamu dari serangan cyber crime dan mencegah adanya broadcast storm yang bisa memperlambat kinerja jaringan. 

5. Membaca Alamat IP

Membaca alamat IP menjadi fungsi router terakhir. Bagaimana maksudnya? Jadi router bisa membaca alamat IP dari sumber yang mengirim dan tujuannya. Fungsi dari pembacaan alamat IP ini adalah menentukan routing dari node ke node lainnya pada sebuah jaringan. Setelah kamu sudah tahu apa itu router beserta fungsinya, bagaimana kalau sekarang kita membahas cara kerja router? Sudah siap?

router adalah
Sumber: Envato

Baca juga: Inilah Perbedaan HTTP dan HTTPS di Internet Yang Perlu Diketahui

Cara Kerja Router

Apakah kamu bertanya-tanya sebenarnya bagaimana sih cara kerja router itu? Pasti kamu semakin penasaran kan setelah mengetahui fungsi router? Simak baik-baik ya!

Cara kerja router adalah memandu serta mengarahkan sebuah paket data melalui jalur terbaik untuk mencapai tujuan akhirnya. Paket data tersebut berisi berbagai informasi, salah satunya berisi informasi pengenal seperti pengirim, tipe data, ukuran, dan alamat IP yang dituju. Setiap bagian ini nantinya akan dibaca oleh router dan akan ditentukan rute terbaik untuk setiap proses transmisi data. Sederhananya, paket data yang diterima router akan langsung diperiksa alamat tujuannya kemudian router akan menentukan jalur mana yang akan dilewati untuk menghasilkan koneksi tercepat.

Jenis Router

Router ternyata terbagi menjadi berbagai jenis yang berbeda loh DomaiNesian! Apa saja jenis router itu? 

1. Router Wireless

Sudah jelas dari namanya bahwa router jenis ini tidak menggunakan kabel untuk perangkat lain yang ingin terhubung. Router wireless adalah jenis router yang menawarkan konektivitas Wifi ke perangkat pengguna dengan berbasis pada jaringan internet dari Wifi tersebut. Router jenis ini juga dapat menyediakan routing ethernet standar untuk sejumlah sistem jaringan kabel. Router nirkabel mampu menghasilkan sinyal nirkabel di rumah dan kantor secara efektif dan menjangkau sejumlah perangkat. Router jenis ini dapat pula digunakan untuk router bisnis dengan memanfaatkan kinerja nirkabel dan kontrol konektivitas serta keamanan yang baik.

2. Router Kabel

Sama seperti kabel wireless, jenis router kabel ini memerlukan kabel ethernet untuk terhubung ke modem. Perbedaannya terletak pada perangkat yang terhubung harus menggunakan kabel. Router jenis ini bisa membuat jaringan LAN dan menghubungkan perangkat ke internet.

3. Core Router

Core router adalah jenis router yang beroperasi pada jaringan inti dan digunakan oleh perusahaan yang membutuhkan volume pengiriman data yang tinggi. Jenis ini tidak berkomunikasi dengan jaringan eksternal.

4. Virtual Router

Virtual router adalah aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membagi koneksi internet melalui Wifi. Aplikasi ini nantinya akan mengubah komputer mu menjadi virtual Wifi hotspot sehingga orang lain bisa terhubung ke komputer mu dan menggunakan internet. Virtual router tersedia secara gratis dan bersifat open source untuk komputer yang menggunakan sistem operasi Windows 7 dan Windows Server 2008 R2.

5. Edge Router

Jika core router bekerja secara eksklusif untuk mengelola lalu lintas data dalam jaringan skala besar, edge router berkomunikasi dengan router inti dan jaringan eksternal. Sesuai namanya edge router menggunakan “edge” jaringan dan menggunakan BGP (Border Gateway Protocol) untuk mengirim dan menerima data dari LAN dan WAN yang lain.

Perbedaan Router dan Modem

Apakah kamu masih menganggap modem dan router adalah satu perangkat yang sama? Router dan modem merupakan dua perangkat yang berbeda loh baik dari segi perangkat hingga fungsinya. Lalu apa perbedaannya?

router adalah
Sumber: Envato

Baca juga: 20+ Pengertian Jaringan Komputer dan Jenis-jenis Topologi Jaringan [Lengkap]

Router bertugas untuk membentuk jaringan dan mengelola aliran data di dalam dan di antara suatu jaringan. Di sisi lain, modem menjalin koneksi ke internet dengan mengubah sinyal dari penyedia layanan internet menjadi sinyal digital yang dapat digunakan oleh berbagai perangkat. 

Ibaratnya seperti ini, si A memiliki router, tetapi tidak memiliki modem. Si A dapat membuat jaringan local area network dan mengirim data antar perangkat di jaringan itu. Namun, si A tidak akan dapat menghubungkan jaringan tersebut ke internet. Di sisi lain, si B memiliki modem tetapi tidak memiliki router. Si B dapat menghubungkan satu perangkat ke internet, tetapi tidak dapat mendistribusikan koneksi internet itu ke beberapa perangkat.

Sudah Jelas kan Apa itu Router?

Router adalah perangkat jaringan yang bisa kamu gunakan untuk mentransmisikan paket data dari suatu jaringan internet ke berbagai perangkat sehingga banyak perangkat yang bisa terhubung ke internet. Terdapat berbagai jenis router mulai dari router wireless, router kabel, core router, virtual router, hingga edge router. Jenis router tersebut sebenarnya memiliki fungsi yang sama. Perlu kamu ingat juga ya kalau switch, modem, dan router adalah tiga perangkat jaringan yang berbeda dan pastinya memiliki fungsi yang berbeda juga! Nah, jika ada pertanyaan, apa itu router? Kamu sudah bisa menjawab kan setelah membaca artikel ini!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah