• Home
  • Berita
  • Cryptocurrency adalah Mata Uang Industri Digital

Cryptocurrency adalah Mata Uang Industri Digital

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Cryptocurrency adalah mata uang digital yang sudah banyak digunakan. Pada era saat ini platform digital adalah suatu yang sangat penting keberadaannya. Hampir semua kegiatan yang dilakukan sehari-hari membutuhkan yang namanya platform digital.

Bahkan 2 dekade terakhir dunia telah dibagi menjadi 2 yakni dunia maya dan dunia nyata. Di dunia maya semua bisa menjadi seperti apapun yang mereka inginkan hingga tidak ada lagi sesuatu yang dinamakan privasi.

Mata Uang Digital

Teknologi tidak akan mundur malah akan semakin maju. Terbukti setelah berkembangnya teknologi seperti smartphone lalu didukung dengan berbagai aplikasi yang canggih untuk menunjang hampir semua aspek kebutuhan manusia. Saat ini mulai popular Cryptocurrency.

Cryptocurrency adalah
Sumber: Pixabay

Mungkin sebagian besar orang masih belum familiar dengan nama ini. Namun tentunya tidak bagi orang yang bekerja di industri digital atau orang yang mengikuti perkembangan dunia digital. Sebenarnya apa sih Cryptocurrency ini dan apa hubunganya dengan teknologi dan internet?

Cryptocurrency adalah Mata Uang Masa Depan

Cryptocurrency adalah mata uang digital yang bisa digunakan secara virtual. Mata uang ini didukung oleh jaringan komputer yang tidak terpusat. Kode mata uang crypto umumnya tersedia secara terbuka namun tidak dapat diubah secara manual. Sebab segala perubahan harus diaplikasikan minimal dari setengah jumlah komputer yang tersebar di seluruh jaringan dan jumlah itu bisa mencapai jutaan.

Sederhananya, Cryptocurrency adalah mata uang digital yang tentunya berbeda dengan uang yang bisa kita gunakan sehari-hari. Karena Cryptocurrency hanya dapat digunakan untuk transaksi virtual atau berbasis jaringan internet.

Kamu tidak perlu khawatir dalam menggunakan Cryptocurrency, karena untuk memastikan keamanannya Cryptocurrency telah dilindungi oleh sandi-sandi yang cukup rumit.

Cryptocurrency adalah topik yang paling banyak diperbincangkan saat ini terutama bitcoin. Pasar mata uang kripto telah menjadi salah satu pasar yang terkenal dengan fluktuasinya yang tinggi sehingga tidak sedikit orang yang menjadikanya tempat berinvestasi.

Mata uang digital ini bersifat desentralisasi yang artinya tidak ada pihak yang menjadi perantara pada proses transaksinya. Pembayaran dengan Cryptocurrency ini berlangsung secara peer to peer yaitu pengirim ke penerima. Meskipun demikian transaksi akan tercatat dalam system yang ada pada jaringan mata uang digital ini.

Manfaat Cryptocurrency

Dalam mengikuti perkembangan digital tentu kita perlu mengetahui manfaat menggunakan Cryptocurrency. Berikut beberapa manfaat menggunakan Cryptocurrency:

  • Cryptocurrency dapat meningkatkan kekayaan bersih. Uang tunai lambat laun akan berkurang nilai jualnya jika disimpan terlalu lama. Dengan menggunakan Cryptocurrency kamu akan mendapat kesempatan meningkatkan nilai dari uang yang kamu simpan.
  • Cryptocurrency adalah mata uang berbasis teknologi. Teknologi dibalik dari Cryptocurrency adalah Blockchain. Yang artinya tidak ada satu negara atau institusi manapun yang bisa mengendalikan transaksi dan mata uang digital ini.
    Blockchain memiliki ledger (buku besar) yang berisi catatan transaksi dan dapat diakses oleh semua pengguna tanpa adanya kecurangan sedikit pun. Karna pada dasarnya ledger blockchain dikelola oleh semua pengguna yang tersebar di seluruh dunia.
  • Cryptocurrency dianggap memiliki track record yang baik. Sejak bitcoin dan berbagai mata uang kripto dirilis, investor sangat diuntungkan dengan lonjakan harga dari waktu ke waktu. Oleh sebab itu dengan berinvestasi dengan Cryptocurrency bisa meningkatkan aset kamu.

    Cryptocurrency adalah
    Sumber: Pixabay

Sebelum Terjun ke Dunia Investasi

Sama dengan hal lainnya Cryptocurrency pun memiliki beberapa resiko bagi penggunanya. Maka kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal yang akan kami sampaikan sebelum terjun dalam dunia investasi Cryptocurrency:

  • Beberapa pakar bisnis seperti CEO JP Morgan menganggap bahwa Cryptocurrency adalah sebuah tipuan yang sewaktu-waktu bisa terbongkar. Hal ini bisa mengakibatkan sesuatu yang sangat fatal seperti hilangnya seluruh asset para investor tanpa adanya ganti rugi.
  • Cryptocurrency memiliki volatilitas yang besar. Artinya dengan lompatan volatilitas yang besar kamu bisa saja menghasilkan uang banyak namun, bisa juga kehilangan banyak uang dalam waktu singkat.
  • Cryptocurrency memiliki kekurangan dalam aspek hukum karena tidak semua negara mengakui keberadaan mata uang digital ini sebagai mata uang yang sah. Saat ini pemerintah China dan Korea telah menentang penggunaan ICO (Initial Coin Offering) dan perdagangan mata uang digital di negaranya. Rusia bertindak lebih keras lagi dengan melarang penggunaan semua mata uang digital.
  • Cryptocurrency dianggap memiliki resiko kehilangan yang lebih besar. Bisa saja seseorang kehilangan akun dan semua dana di dalam akun tersebut jika sewaktu-waktu “Privacy Key” kamu hilang.

Mengintip Tren Mata Uang Kripto 2020

Sebenarnya apa yang terjadi pada dunia Cryptocurrency pada tahun 2020? Tahun sebelumnya cukup menarik salah satunya adalah inisiasi Libra oleh facebook yang sangat mendominasi topik di media-media. Pada tahun ini tentunya akan ada perubahan dan langkah-langkah besar yang diambil oleh para institusi global, pemerintah dan industri startup dalam dunia Cryptocurrency. Berikut beberapa hal yang diprediksi perkembangan Cryptocurrency di tahun 2020:

Meningkatnya Adopsi Ritel

Para pengamat melihat pada tahun 2020 tren ini akan meningkat dikarenakan beberapa perusahaan ritel telah memulai memasukan fasilitas pembayaran kripto dan memperkenalkan jika metode pembayaran ini bisa lebih flexibel untuk para pebisnis ritel. Diprediksi jika pada tahun ini para pengusaha retail dalam skala besar atau kecil akan mengintegrasikan Cryptocurrency ke dalam sistem pembayaran mereka.

Kemudahan Sistem Regulasi

Untuk mengikuti perkembangan teknologi mau tidak mau para regulator harus mempertimbangkan segala hal untuk memudahkan berjalannya investasi dan bisnis. Pesatnya perkembangan Cryptocurrency pada tahun sebelumnya memaksa para regulator diseluruh dunia dalam membuat regulasi yang mengatur penggunaan Cryptocurrency. Pada bulan Oktober tahun lalu negara-negara G7 telah menyatakan perlunya membentuk aturan untuk stablecoin.

Cryptocurrency adalah
Sumber: Pixabay

Mungkin kamu ingin mencoba menggunakan Cryptocurrency atau mata uang digital agar bisa mengikuti perkembangan pada dunia digital. Namun kamu harus tetap mempertimbangkan resiko-resiko yang akan kamu dapatkan. Oleh sebab itu carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang Cryptocurrency sebelum kamu memutuskan untuk berinvestasi dengan Cryptocurrency.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Keivn
July 1, 2020

Butuh hiburan?bosan? Pengen dengar musik ? Yuk kunjungi channel youtube ini link : https://www.youtube.com/channel/UCSU9U2NOGGbXu4WY12-7VGw JANGAN LUPA LIKE , SUBSCRIBE , SHARE AND COMMENT #music#cover#channel#youtube#musiccover

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!