Lebih Mudah Bayar di DomaiNesia dengan QRIS5 min read

No ratings yet.

qris adalah

Hi DomaiNesians! Kamu salah satu pengabdi promo? Pasti nggak asing dong dengan beberapa cashback yang ditawarkan oleh penyedia dompet digital seperti GoPay, DANA, OVO atau Link Aja? Di setiap kasir akan ada suatu QR Code (Quick Response Code) atau suatu teknologi gambar kode yang mirip dengan kumpulan titik hitam dan dapat menyimpan informasi pembayaran. Untuk melakukan pembayaran, kamu hanya perlu membuka aplikasi, pastikan saldo terisi, lalu lakukan scan QR Code dan secara otomatis transaksi selesai. Buat kamu yang nggak mau ketinggalan promo, pastinya harus punya minimal 4 aplikasi yang terinstal di smartphone. Cukup ribet sih memang, apalagi jika kamu hanya memiliki 1 aplikasi saja dan promo diskon tersebut milik penyedia lain. Tentunya kamu tidak dapat menikmati promo tersebut kan. Nah untuk menghadapi permasalahan ini, Bank Indonesia membantu para merchant dan customer untuk melakukan standarisasi QR Code yang bernama QRIS. QRIS adalah bantuan Bank Indonesia untuk membantu merchant (toko) dan customer dalam melakukan pembayaran. Apa itu QRIS, apa manfaatnya dan apa saja jenisnya? Kali ini DomaiNesia akan membahas lebih jauh mengenai QRIS. Dan tentu saja, sekarang kamu dapat melakukan aktivasi instan dengan QRIS di DomaiNesia!

qris adalah

Dikutip dari majalah.tempo.co

Apa itu QRIS

QRIS adalah singkatan dari Quick Response Indonesian Standard atau standarisasi sistem pembayaran berbasis QR Code di Indonesia. Dikutip dari Bank Indonesia, QRIS merupakan standar QR Code untuk pembayaran digital melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau mobile banking. QRIS diluncurkan oleh Bank Indonesia bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke–74 Kemerdekaan RI, pada 17 Agustus 2019. Namun implementasi QRIS secara nasional efektif berlaku mulai 1 Januari 2020, guna memberikan masa transisi persiapan bagi Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP). Nah berikut ini ada video edukasi yang diberikan Bank Indonesia agar kamu lebih memahami apa itu QRIS.

Kalau dulu, tiap aplikasi memiliki QR Code tersendiri. Jadi mau tidak mau, kamu harus memiliki beberapa aplikasi di smartphone jika ingin melakukan pembayaran. Misalnya, di meja kasir hanya ada tulisan cashback 30% bagi pengguna OVO dan tercantum QR Code OVO. Apabila kamu tidak memiliki aplikasi OVO, maka kamu tidak dapat mendapatkan cashback. Bagi pengabdi promo, kamu harus memiliki aplikasi dari tiap dompet digital yang ada (misalnya GoJek, DANA, OVO, LinkAja, dll). Dan di meja kasir akan ada rentetan QR Code.

Sekarang dengan adanya QRIS, tiap merchant/ toko cukup memiliki 1 QRIS saja yang dapat digunakan di setiap aplikasi. Dan merchant hanya cukup memiliki satu akun yang dapat menerima pembayaran dari semua aplikasi. Misalnya, di meja kasir hanya ada tulisan cashback 30% bagi pengguna LinkAja, maka dengan adanya QRIS kamu dapat melakukan scan QR Code melalui aplikasi lainnya. QRIS adalah salah satu teknologi yang memudahkan customer dan merchant dalam melakukan kegiatan jual beli lintas platform.

Jika di Indonesia ada GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) untuk standarisasi kartu ATM, maka untuk standarisasi QR Code munculah QRIS (Quick response Indonesian Standard)

Manfaat Menggunakan QRIS

  1. Mudah
  2. Dapat digunakan semua kalangan
  3. Menguntungkan pembeli dan penjual
  4. Nggak repot dengan berbagai aplikasi yang harus diinstal di smartphone
  5. Nggak repot dengan uang kembalian
  6. Mengurangi resiko uang palsu
  7. Lebih aman
  8. Mengurangi indikasi resiko penipuan
  9. Memudahkan pembukuan karena semua transaksi akan tercatat di aplikasi
  10. Murah dan Universal
  11. Meja kasir tidak lagi penuh dengan deretan QR Code yang berbeda
  12. Proses cepat dan langsung

Jenis QRIS

QRIS adalah salah satu standarisasi QR Code yang mempermudah dari sisi merchant atau toko dan dari sisi customer. QR Code ini menggunakan Merchant Presented Mode (MPM). Artinya kamu hanya perlu melakukan scan/ pindai QR Code dari pihak si merchant untuk melakukan pembayaran.

QRIS Merchant Presented Mode (MPM)

QRIS Merchant Presented Mode (MPM) artinya yaitu QRIS disediakan oleh merchant (toko). Ada 2 jenis QRIS Merchant Presented Mode (MPM) yaitu,

Statis

Cara Kerja: QR Code akan dimiliki oleh merchant dan tidak akan berganti untuk setiap pelanggan. Biasanya QR Code ditampilkan dalam bentuk stiker, gambar yang dicetak lalu diletakkan di kasir. Semua customer dapat menggunakan QR Code ini dalam melakukan transaksi.
Cara Menggunakan: Melakukan pemesanan, lakukan scan QR Code (QRIS), masukkan nominal pembayaran, pastikan nama merchant sesuai, transaksi sukses.

Dinamis

Cara Kerja: QR Code akan di generate untuk setiap transaksi yang berbeda. Sehingga setiap pelanggan harus melakukan scan QR Code (QRIS) sekali pakai. QRIS akan ditampilkan pada monitor dan berbeda untuk tiap transaksi. Pada QRIS yang muncul sudah lengkap dengan informasi detail pemesanan dan nominal yang harus dibayarkan.
Cara Menggunakan: Melakukan pemesanan, QRIS akan ditampilkan pada layar, lakukan scan QRIS, nominal transaksi muncul otomatis, pastikan detail transaksi sesuai, transaksi sukses

Nah, pembayaran di DomaiNesia termasuk QRIS Merchant Presented Mode (MPM) Dinamis. Jadi, setelah melakukan order dan memilih metode pembayaran QRIS, kamu nanti akan diberikan suatu QR Code yang dapat discan di tiap aplikasi seperti GoJek, DANA, OVO ataupun LinkAja. Jika saldo cukup dan scan berhasil maka transaksi berhasil!

QRIS Customer Presented Mode (CPM)

QRIS Customer Presented Mode (CPM) artinya yaitu QRIS disediakan oleh customer. QR Code dimiliki akun customer lalu discan oleh merchant.

Lebih Mudah Bayar di DomaiNesia dengan QRIS

Untuk mendukung Bank Indonesia untuk mensukseskan penyelenggaraan sistem pembayaran yang aman, efisien, lancar, dan mudah maka DomaiNesia juga ikut memberlakukan fitur metode pembayaran menggunakan QRIS. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, dengan QRIS kamu dapat melakukan transaksi lintas platform. Caranya cukup mudah lho! Silakan pilih metode pembayaran QRIS lalu lakukan scan QR Code dengan aplikasi yang diinginkan. Tunggu sebentar hingga transaksi berhasil!

qris adalah

DomaiNesia memiliki beberapa panduan untuk memudahkan kamu:
Cara Membayar Tagihan dengan GoPay
Cara Membayar Tagihan dengan OVO
Cara Membayar Tagihan dengan DANA
Cara Membayar Tagihan dengan LinkAja

Kesimpulan

QRIS adalah suatu standarisasi sistem pembayaran berbasis QR Code di Indonesia. Dengan QRIS kamu dapat melakukan pembayaran lintas platform. Tanpa harus melakukan instal beberapa aplikasi, kamu tetap dapat memanfaatkan QR Code untuk melakukan pembayaran. Kemajuan teknologi mempermudah customer dalam melakukan transaksi. Nah, di DomaiNesia kamu dapat membayar tagihan hanya dengan scan kode QRIS melalui smartphone! Lebih mudah, lebih cepat dan langsung aktif. Selamat berbelanja!

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar