Cara Membayar Tagihan Melalui OVO Cash

Oleh Mutiara Auliya
4.25/5 (4)

Hi DomaiNesians! Gaya hidup “cashless” sudah menjamur dimasyarakat. Banyak bertebaran uang digital atau dompet elektronik yang bisa digunakan. Seperti GoPay, OVO Cash, Dana, TCASH, PayTren dan sebagainya. Agar lebih jelas, kamu bisa baca Transaksi Aman Menggunakan OVO dan GoPay. Nah, apakah bisa membayar semua tagihan di DomaiNesia menggunakan OVO? Bisa dong! Kali ini, kamu bisa menggunakan OVO Cash untuk melakukan transaksi di DomaiNesia. Bagaimana cara bayar dengan OVO Cash? Yuk ikuti panduan berikut ini!

Apa itu OVO Cash?

Dikutip dari OVO, OVO Cash adalah uang elektronik yang dapat diakses melalui aplikasi OVO. OVO Cash dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi keuangan, seperti pembayaran di berbagai merchant rekanan, isi ulang (top up) dan pengecekan saldo. Sama seperti GoPay, TCash dan DANA. Untuk bisa melakukan transaksi dengan OVO Cash, kamu perlu install aplikasi via mobile. Kamu juga bisa memperoleh OVO Points dapat digunakan kembali sebagai alat pembayaran di seluruh merchant rekanan OVO. Ada banyak merchant yang memberikan cashback hingga 30%.

Cara Bayar dengan OVO Cash

Adapun cara bayar dengan OVO Cash yaitu,

1.Memiliki Aplikasi OVO Cash

Pastikan aplikasi OVO Cash sudah terinstall di smartphone kamu ya. Kamu bisa dapatkan aplikasi OVO Cash di Play Store ataupun App Store. Jika sudah terinstall, silakan lakukan pendaftaran akun. Kamu hanya perlu mengisi data pribadi seperti nama, nomor telepon, dan alamat e-mail serta memasukkan kode OTP saja.

2. Melakukan Order Layanan di DomaiNesia

Untuk dapat membayar dengan OVO, kamu harus melakukan order layanan terlebih dahulu. DomaiNesia memiliki domain murah, hosting murah untuk pemula dan SSL gratis yang bisa kamu gunakan untuk membuat website.

cara membayar lewat alfamart

3. Mendapatkan Invoice (tagihan)

Setelah melakukan order, kamu akan mendapatkan invoice (tagihan) yang harus dibayarkan. Silakan cek deskripsi order pada kolom Invoice Item terlebih dahulu. Jangan sampai salah ya!

cara membayar lewat alfamart

Catatan: Apabila kamu memiliki balance di DomaiNesia, dan ingin kamu gunakan untuk membayar tagihan, silakan klik Apply Credit terlebih dahulu. Karena jika sudah memilih metode pembayaran QRIS (untuk GoPay, OVO, Dana dan Link Aja), kamu tidak dapat menggunakan balance pada akhir pembayaran nanti.

4. Memilih Metode Pembayaran QRIS

Jika ingin membayar menggunakan OVO, kamu dapat memanfaatkan metode pembayaran QRIS. Apa itu QRIS? QRIS adalah kode standar yang dikeluarkan Bank Indonesia untuk setiap penerbit uang elektronik. Jadi, kamu hanya perlu melakukan scan kode yang muncul dan melunasi tagihan menggunakan OVO.

Adapun cara membayar dengan OVO yaitu, silakan klik logo QRIS ketika memilih metode pembayaran. QRIS ini dapat dipindai dari beberapa aplikasi seperti Go-Jek, OVO, Dana dan LinkAja.


Tunggu sebentar kemudian akan muncul total yang harus dibayarkan, nomor telepon serta email. Jika total tagihan sudah benar, silakan klik CONTINUE.

https://www.domainesia.com/promosi/cara-tukar-poin-epicpoints/

Lalu kamu bisa pilih QR Payment untuk melakukan pembayaran dengan scan QR Code di aplikasi OVO.

Setelah itu, kamu akan diarahkan ke halaman selanjutnya yang berisi jumlah yang harus dibayarkan serta panduan melakukan pembayaran dengan scan kode di aplikasi OVO. Pastikan jumlah tagihan yang dibayarkan sudah benar ya! Jika sudah, silakan klik Pay Now

5. Bayar dengan OVO!

Sebelumnya, akan muncul QR Code yang berisi data dan jumlah tagihan kamu. Perlu diketahui bahwa QR Code ini dibatasi waktu. Sehingga, sebisa mungkin segera lakukan scan di aplikasi OVO kamu ya!

Untuk melakukan scan QR Code, silakan buka aplikasi OVO. Kemudian klik tombol Scan pada bagian bawah. Pastikan saldo OVO kamu cukup untuk melunasi tagihan yang harus dibayar.


Kemudian akan muncul tampilan seperti kamera yang berfungsi untuk scan QR Code. Silakan dekatkan smartphone kamu ke QR Code tadi. Jika berhasil, akan muncul tulisan DomaiNesia dan total biaya yang harus kamu lunasi. Silakan klik Bayar jika langsung ingin melakukan pembayaran.

Kamu juga bisa klik Lihat Detail untuk melihat detail invoice. Jika detail invoice sudah benar, silakan klik Konfirmasi. Pastikan saldo OVO kamu cukup ya. Jika saldo OVO cukup, maka tulisan Bayar akan berwarna ungu. Silakan klik Bayar jika langsung ingin melakukan pembayaran.

Kesimpulan

DomaiNesia menyediakan beragam metode pembayaran dari mulai transfer bank, GoPay, Dana, OVO, pembayaran di Alfamart atau Indomaret, PayPal, Virtual Account serta kartu kredit. Sekarang ini, kamu bisa melunasi invoice dengan OVO Cash lho! Caranya mudah dan cepat. Hanya perlu scan QR Code yang muncul lalu kamu bisa melunasi pembayaran dengan tenang. Ingin tahu cara bayar dengan Indomaret? Yuk baca Panduan Cara Membayar di Indomaret.

Mutiara Auliya

Hi! I am Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!