• Home
  • Berita
  • Internet Menjadi Kebutuhan Setiap Hari, Tahu Apa itu Internet?

Internet Menjadi Kebutuhan Setiap Hari, Tahu Apa itu Internet?

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Hampir semua orang diseluruh dunia menggunakan internet setiap saat untuk melakukan berbagai aktivitas dan memenuhi kebutuhan. Mulai dari bekerja, mencari hiburan, dan menggali informasi pun melalui internet. Jadi bisa dibilang bahwa internet adalah kebutuhan pokok di masa digital saat ini.

Namun tidak sedikit dari mereka yang belum mengerti apa itu internet. Apakah kalian termasuk orang yang belum mengerti apa itu internet?

Jika kamu belum mengerti apa itu internet maka kamu sudah menemukan artikel yang cocok untuk kamu karena DomaiNesia akan mengulas tuntas apa itu internet, manfaat internet, hingga perkembangan internet dari masa ke masa.

Bagaimana? Menarikkan pembahasan kali ini? Yuk simak pembahasan apa itu internet bareng DomaiNesia sampai akhir!

Apa itu Internet?

Dari sini apakah kamu sudah bisa menjawab pertanyaan apa itu internet? Jadi internet adalah kependekan dari Interconnected Network yang menjadi penghubung antara satu perangkat elektronik dengan perangkat elektronik yang lain agar bisa bertukar informasi secara tepat dan efisien.

Internet inilah yang menjadi penghubung semua perangkat dan jaringan komputer yang digunakan pada seluruh penjuru dunia. Dalam menyampaikan dan mengirim informasi ini menggunakan standar global yang dinamakan dengan TCP/IP.

apa itu internet
Sumber : envato

TCP/IP adalah protokol yang bertugas untuk melakukan proses pertukaran paket data bagi semua penggunanya di seluruh dunia. Lalu untuk menghubungkan rangkaian internet yang sudah saling tergabung ini disebut sebagai internetworking.

Nah itu tadi penjelasan dari apa itu internet. Untuk memperdalam lagi pengetahuan kamu tentang apa itu internet, ada baiknya kita membahas definisi internet dari berbagai ahli. Bagaimana? Setuju kan? Yuk kita bahas bersama!

Penjelasan Apa itu Internet dari Berbagai Ahli

Ada beberapa ahli yang menjelaskan berbagai macam arti dari internet menurut pemahamannya masing-masing. Berikut beberapa arti internet tersebut. 

Menurut Oetomo pada tahun 2002

Menurut ahli yang pertama yaitu Oetomo pada tahun 2002 disampaikan bahwa internet singkatan dari international network, yang memiliki arti bahwa internet adalah sebuah jaringan yang sangat besar yang didalamnya terdiri dari jaringan kecil yang saling terikat dan terhubung. 

Strauss, El-Ansary, dan Frost pada tahun 2003

Menurut ketiga ahli tersebut menjelaskan bahwa internet adalah sekumpulan dari komputer yang terhubung dalam jaringan yang bisa diakses oleh siapapun itu yang memiliki izin.

Menurut Allan pada tahun 2005

Bagaimana penjelasan dari Allan mengenai apa itu internet? Menurut pendapat Allan mengatakan bahwa internet adalah jaringan komputer terkumpul dan terhubung satu dengan lainnya yang dilengkapi dengan kemampuan untuk membaca dan menguraikan protokol yang dikenal dengan TCP.

Protokol TCP ini menjadi sebuah gambaran dan spesifikasi mengenai bagaimana komputer dapat saling terhubung dan bertukar informasi.

Menurut Supriyanto pada tahun 2006

Selanjutnya, menurut Supriyanto juga menyampaikan bahwa internet merupakan komputer yang saling terhubung dalam sebuah jaringan di dunia ini dan dilengkapi dengan sistem operasi serta aplikasi yang beragam.

Hubungan antar komputer tersebut memanfaatkan satelit yang memiliki standar komunikasi yang dikenal dengan protokol.

Menurut Harjono pada tahun 2009 

Pendapat terakhir menurut Harjono mengenai apa itu internet adalah kumpulan dari banyak komputer yang mencapai jutaan di seluruh dunia yang saling terkoneksi.

Koneksi antar komputer tersebut bisa terjadi karena adanya media penghubung berupa satelit, sambungan telepon, kabel, atau serat fiber optik.

Sejarah Perkembangan Internet

Setelah kamu sudah mengetahui berbagai pengertian dari apa itu internet, untuk memantapkan pengetahuanmu lagi, yuk kita membahas sejarah perkembangan internet dari tahun ke tahun berikut ini. 

Tahun 1969

Perkembangan internet diawali pada tahun 1969 tepatnya pada bulan Oktober melalui proyek ARPANET yang dikembangkan oleh departemen pertahanan dari Amerika.

Proyek ini dimaksudkan untuk membantu kebutuhan militer saat itu seperti mengendalikan ancaman serangan nuklir, memproses keputusan melalui komputer, hingga meningkatkan serangan militer.

Awalnya hanya menghubungkan 4 komputer saja loh DomaiNesia! Wah padahal sekarang internet bisa menghubungkan ribuan hingga jutaan komputer ya!

Tahun 1973

Berlanjut pada tahun 1973 yang membuat sejarah baru bagi perkembangan internet yaitu menggunakan jaringan ARPANET untuk mengirimkan surat elektronik.

Dikutip dari beberapa sumber yang mengatakan bahwa surat elektronik ini pertama kali dikirimkan oleh ratu Inggris. Lalu pada tahun 1976 salah satu mahasiswa London menguji jaringan internet dan saat itu mulai muncul istilah internet.

Tahun 1983

Pada tahun ini istilah internet mulai dikenal dunia tepatnya pada bulan Januari tahun 1983. TCP/IP juga sudah mulai diterapkan dalam jaringan internet.

Nah dari sinilah perkembangan internet mengalami perkembangan yang cukup pesat karena banyak dari peneliti dan para ahli yang menghubungkan jaringan komputer hingga internet bisa berkembang moderen.

Tahun 1990

Kamu pasti mengenal World Wide Web atau www kan? Nah pada tahun ini menjadi tahun lahir dari www yang digagas oleh Berners Lee dan timnya. World Wide Web ini memiliki fungsi untuk membuka situs website.

Dengan adanya www ini maka perkembangan internet semakin terasa karena mulai muncul beberapa situs penyedia layanan seperti Yahoo, eBay, dan Amazon pada tahun 1994.

Disusul dengan Google yang muncul pada tahun 1998 yang menambah penyedia layanan di dunia ini dan diikuti oleh banyak penyedia layanan yang lain.

Tahun 2000an

Akibat dari perkembangan internet yang sangat pesat dan sudah cukup modern, maka pada tahun 2000 an menjadi titik awal munculnya jejaring sosial.

Jejaring sosial tersebut bernama Facebook yang didirikan oleh Mark Zuckerberg pada tahun 2003. Bahkan hingga kini Facebook masih memiliki banyak pengguna aktif.

Pada tahun 2000 an ini sudah banyak jejaring sosial yang bermunculan yang memang menandakan bahwa perkembangan internet kini sudah sangat canggih dan manfaat internet ini bisa kita rasakan seperti bisa menghubungkan seluruh orang dari penjuru dunia.

Apa Manfaat Internet?

Perkembangan internet ternyata sangat kompleks ya DomaiNesia! Tidak heran lagi bahwa internet menjadi ide yang sangat matang dan bisa mengubah dunia.

Apa saja manfaat internet yang kamu rasakan saat ini? Sangat banyak kan? Berikut beberapa manfaat internet yang bisa kamu rasakan jika menggunakannya.

Penyedia hiburan

Tidak bisa dielakkan lagi bahwa internet saat ini menjadi penyedia hiburan. Manfaat dari internet ini bisa kamu rasakan secara langsung loh DomaiNesia!

Bahkan kamu tidak perlu kemana-mana hanya berdiam saja di rumah kamu sudah mendapatkan berbagai macam hiburan seperti film, serial, dan game online.

Sumber : envato

Apalagi dengan kehadiran sosial media saat ini seperti Youtube, Instagram, Tiktok, Twitter, dan Facebook yang bisa menemani kamu dengan berbagai sajian konten yang ditawarkan baik melalui tulisan, gambar, foto, hingga video sekalipun. 

Ladang penghasilan

Siapa bilang internet tidak bisa dimanfaatkan sebagai ladang bisnis? Manfaat internet ini bisa kamu rasakan apabila kamu memang membuka dan mengenalkan bisnis kamu melalui internet seperti unggahan sosial media dan dukungan website.

Saat ini banyak cara untuk mendapatkan uang dari internet seperti memiliki toko online, menjadi konten kreator, freelancer, dan masih banyak lagi manfaat internet yang bisa menjadi ladang cuan bagi kamu!

Sumber informasi

Kamu sering membaca informasi dan berita dari media tulis seperti koran dan majalah atau dari internet? Sepertinya sih kamu lebih sering membaca dan mencari informasi di internet kan? Selain pencarian informasi di internet lebih mudah, kamu juga bisa membaca informasi dari banyak sumber.

Manfaat dari internet ini pasti sudah dirasakan banyak orang seperti untuk mencari berita terkini, resep masakan, buku elektronik, dan banyak lagi.

Baca Juga : Website: Pengertian, Jenis, dan Kelebihannya

Mendukung beberapa kegiatan 

Seperti yang sudah kita tahu bahwa kehadiran internet ini menimbulkan beragam manfaat. Manfaat dari internet bisa dirasakan dari segala bidang mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, sosial, informasi, dan bisnis.

Contoh manfaat internet dalam bidang pendidikan yaitu pengajar dan siswa bisa saling bertukar informasi melalui forum diskusi daring, mengumpulkan tugas, melakukan pembelajaran jarak jauh, dan pelaksanaan ujian secara daring.

Apakah Internet Memiliki Dampak Negatif?

Jika kita membahas apa itu internet, maka tidak lengkap jika kamu belum mengetahui banyak informasi seputar internet. Maka dari itu saat ini DomaiNesia akan menjelaskan kepada kamu bahwa internet pasti memiliki dampak negatif. 

Anti sosial

Apakah kamu mendengar istilah “internet mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat”? Nah dari kalimat itu saja sudah bisa kita tarik kesimpulan bahwa memang internet adalah sebuah hal yang asyik karena kamu bisa berkomunikasi dengan siapapun tanpa mengenal lokasi, menonton video dan film, membaca berita, dan juga mencari informasi.

Sumber : envato

Namun sisi buruknya kamu akan fokus terhadap hp atau perangkat digital kamu yang lain dan tidak menghiraukan sekitar sehingga orang yang berada di dekatmu akan merasa bahwa kamu tidak ada disitu.

Nah kalau sudah seperti ini bisa dibilang bahwa internet bisa berdampak negatif jika digunakan secara berlebihan dan menimbulkan anti sosial.

Tindakan kejahatan

Banyak tindakan kejahatan yang muncul karena adanya internet, seperti pencurian data, penipuan, perusakan data, hacking, dan banyak aktivitas cyber crime yang bisa membahayakan kamu.

Nah jika memang kamu ingin berlayar di dunia maya, maka kamu harus tetap memperhatikan cyber security ya! Melalui internet saja kamu juga bisa merasakan berbagai tindakan yang tidak semestinya dilakukan yaitu pembullyan hingga pelecehan seksual.

Sumber : envato

Jadi tetap waspada ya DomaiNesian dalam berinternet!

Jadi Apakah Kamu Sudah Paham Apa itu Internet?

Bagaimana DomaiNesian apakah pembahasan pada artikel kali ini sudah cukup membuat kamu paham mengenai apa itu internet? Yups, jadi singkatnya internet adalah penghubung antara seluruh komputer di dunia untuk saling berkomunikasi dan bertukar informasi.

Kehadiran internet ini tidak instan ya! Bisa kita lihat perkembangan internet yang dimulai dari tahun 1969 yang awalnya hanya untuk membantu kegiatan militer saja pada suatu negara dan kini perkembangan internet sudah dirasakan oleh seluruh penjuru dunia.

Keren ya! Kehadirannya ini tentunya menyuguhkan banyak manfaat internet seperti penyedia hiburan, ladang penghasilan, penghubung banyak orang, dan sumber informasi.

Namun dalam penggunaan internet kamu tetap harus waspada ya karena banyak kejahatan yang terjadi melalui internet. Jadi jangan lupa untuk mengamankan segala aktivitasmu dengan tetap memperhatikan dan menerapkan cyber security. Semoga bermanfaat!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah