• Home
  • Berita
  • Ebook adalah: Pengertian, Fungsi dan Kelebihannya

Ebook adalah: Pengertian, Fungsi dan Kelebihannya

Oleh Adisty C. Putri
No ratings yet.

Bayangkan sebuah buku yang bisa bicara dan menyesuaikan tampilannya dengan keinginanmu. Eits, itu bukan khayalan. Buku semacam itu memang ada dan dikenal dengan ebook. Apa itu ebook? Ebook adalah singkatan dari electronic book alias buku elektronik.

Fungsi ebook adalah seperti buku biasa, tempat kamu bisa mendapat beragam informasi. Bedanya, kamu akan mendapatkan pengalaman membaca yang baru di ebook. Mulai dari kemudahan mencatat, mendapatkan buku baru, dan lainnya.

Oh ya, meskipun merupakan format baru, sudah banyak orang yang menyukai buku elektronik. Buktinya, hampir 23% orang di Amerika Serikat membeli 191 juta ebook. Selain itu, 30% orang mengatakan kalau membaca ebook secara rutin.

Bagaimana, makin penasaran dengan pengertian ebook, fungsi serta kelebihan dan kekurangan ebook. Mari baca penjelasan selengkapnya.

Ebook Adalah
Sumber: Envato

Apa itu Ebook?

Ebook adalah sebuah buku elektronik yang bisa dibaca menggunakan perangkat elektronik yang mendukung. Sebuah ebook bisa berupa versi digital dari buku cetak yang sudah ada. Namun, tak sedikit ebook yang berupa buku baru yang sengaja dibuat hanya dalam versi digital.

Itulah pengertian ebook secara sederhana. Lebih jauh, ada banyak pendapat yang mencoba mendefinisikan apa itu ebook.

Pertama, menurut Dr. Carolyn M. Budd, seorang profesor dari Universitas Rutgers, ebook adalah produk berbentuk teks yang menggabungkan elemen buku tradisional dengan fitur media digital. Fitur tersebut meliputi hyperlink, interaktivitas, dan multimedia.

Selain itu, pengertian ebook menurut Robert Scoble, seorang pengarang buku, mengatakan bahwa ebook adalah buku yang diterbitkan dalam format elektronik, seperti PDF, EPUB, atau MOBI. Ebook dapat dibaca di berbagai perangkat, termasuk komputer, tablet, smartphone, dan e-reader khusus.

Terakhir, pengertian ebook menurut Dr. Peter B. Mayer, profesor dari Universitas Carnegie, menyebutkan kalau ebook adalah produk buku elektronik yang akan mengubah cara pembuatan buku dan distribusi buku secara umum. Dengan fungsi ebook, semua pengalaman menulis dan membaca akan berbeda.

Dari beberapa pengertian ebook di atas, kamu pasti sudah mulai mengerti apa itu ebook dan ciri-cirinya.

Untuk membaca ebook, kamu perlu mendapatkan ebook-nya terlebih dahulu. Tentunya bukan di toko buku langganan kamu. Namun, di berbagai platform online seperti Amazon Kindle, Google PlayBook Store, Apple iBook, sampai di Gramedia Digital dan Portal Buku Sekolah Elektronik.

Tak seperti buku biasa, kamu bisa membaca ebook tanpa harus membelinya dahulu. Ada banyak platform atau pengarang buku yang menyediakan buku elektronik secara gratis seperti ebook Domainesia.

Selain itu, ebook biasanya tidak punya ukuran halaman yang sama. Jadi, teks dan gambar di dalamnya bisa menyesuaikan dengan layar dan orientasi perangkat. Tapi, ini tidak berlaku kalau ebook yang kamu baca dalam format PDF.

Oh ya, ebook itu bukan cuma berisi teks. Ebook juga bisa memiliki suara, link untuk akses online, animasi, fitur catatan, dan lain-lain. Semua itu ditambahkan sebagai elemen yang akan membuat membaca ebook jadi lebih seru dan menarik.

Fungsi eBook

Ini adalah beberapa fungsi ebook yang perlu kamu tahu:

1. Sarana Pembelajaran Interaktif

Ebook sangat berguna untuk mendukung pendidikan, sama seperti buku biasa. Tapi, fungsi ebook lebih penting karena mendukung munculnya beragam informasi. Bukan hanya di lembaga pendidikan tapi juga bagi masyarakat umum.Ebook Adalah

Berkat adanya ebook, pengarang buku bisa berbagi informasi tanpa perlu mencetak buku fisik yang perlu waktu lama dan biaya besar. Selain itu, fungsi ebook juga pas dengan perkembangan teknologi. Sebab, kegiatan membaca bisa menjadi lebih dari sekadar satu arah,

Kalau ada informasi penting dari eBook, kamu bisa membuat catatan khusus atau melakukan highlight. Bahkan kalau diperlukan penjelasan yang lebih detail, bisa ditambahkan elemen multimedia seperti gambar, animasi atau suara.

2. Mendukung Personal Development

Pengetahuan bisa membuat hidup seseorang menjadi lebih baik. Biasanya, pengetahuan ini didapatkan dengan membaca buku. Menariknya, dunia modern membuat adanya berbagai tingkat pendidikan dan bidang industri. Inilah saat kebutuhan akan pemahaman skill tertentu makin besar.

Fungsi eBook adalah untuk memudahkan akses informasi tentang pengembangan diri berdasarkan pengalaman pribadi. Alasannya adalah karena siapa pun dapat dengan mudah membuat dan membagikan eBook kepada pembaca di seluruh dunia.

Contohnya, jika kamu adalah seorang penulis yang ahli dan ingin berbagi tentang bagaimana menjadi penulis yang diinginkan oleh industri, kamu bisa membuat sebuah buku tentang pengembangan diri bagi penulis.

3. Mendukung Perkembangan Bisnis

Bukan hanya untuk personal development, fungsi eBook juga untuk membantu bisnis tumbuh. Kenapa bisa begitu?

Siapapun jadi bisa lebih mudah mendapatkan informasi tentang bisnis. Itu termasuk cara membuka atau mengembangkan usaha. Menariknya, semua itu bisa saja didapatkan secara gratis tanpa harus membeli buku yang mahal, terutama kalau bukunya dari luar negeri.

Dengan penyebaran informasi yang lebih merata, bisnis di seluruh dunia akan tumbuh lebih baik. Ini akan mendorong inovasi-inovasi baru yang akan meningkatkan perkembangan teknologi demi manfaat yang akan dirasakan oleh semua orang.

Ebook Adalah
Sumber: Envato

4. Sarana Hiburan

Kamu tidak salah lihat. Ebook adalah salah satu sarana hiburan. Tentunya, kalau ebook yang kamu baca berupa novel, manga dan lainnya. Bahkan dengan ebook, pengalaman membaca akan menjadi lebih menarik dengan berbagai fitur unik seperti animasi dan tampilan yang lebih atraktif.

Yang membuatnya menjadi lebih unik adalah kamu bisa mendengarkan buku. Sebab, ebook biasanya juga mendukung fitur audio atau yang sering disebut dengan audiobook. Namun jenis ini biasanya disediakan oleh penerbit besar seperti Amazon Kindle, Kobo dan lainnya.

Tujuan Pembuatan eBook

Lalu, kenapa ada buku versi digital kalau sudah ada buku fisik? Inilah beberapa tujuan pembuatan ebook:

1. Membuat Buku Lebih Portable

Sudah biasa bagi orang membawa buku dan membacanya di tempat-tempat seperti kantor, sekolah, atau saat liburan.

Nah, ebook diciptakan agar lebih mudah dibawa ke mana-mana. Dengan ebook, kamu bisa membawa banyak buku dalam satu perangkat. Ini tidak mungkin dilakukan dengan buku fisik, kan?

Selain itu, ebook juga dirancang agar bisa dibaca di berbagai perangkat seperti HP atau tablet. Jadi, kamu tidak perlu membeli perangkat ebook reader khusus untuk sekadar membaca ebook.

2. Menjadikan Buku Mudah Didapat

Membuat eBook tidak perlu biaya cetak, kirim, atau simpan. Itulah kenapa harganya bisa lebih murah daripada buku cetak. Selain itu, eBook juga bisa ditemukan di berbagai platform, website, atau perpustakaan digital. Kamu bebas untuk membeli atau hanya meminjamnya.

Dengan berbagai kemudahan ini, lebih banyak orang akan punya kesempatan untuk belajar. Meskipun tinggal di daerah terpencil, asal memiliki akses internet, bisa mendapat akses informasi itu tanpa harus pergi ke toko buku yang jauh.

Ebook Adalah
Sumber: Envato

3. Mengurangi  Dampak Lingkungan yang Buruk

Bayangkan saja, berapa banyak pohon yang harus ditebang setiap tahunnya agar bisa terus membuat buku. Belum lagi kebutuhan industri untuk membuat tinta dan peralatan mencetak, menyimpan, dan mengirimkan buku-buku tersebut.

Semua kegiatan itu bisa merusak lingkungan. Nah, tujuan ebook adalah mengurangi penggunaan energi tadi. Selain itu, ebook juga tahan lama dan bisa diubah atau diterbitkan ulang tanpa harus keluar banyak energi lagi dengan dampak yang buruk.

4. Memungkinkan Personalisasi

Kamu pernah ingin membaca buku tetapi hurufnya terlalu kecil? Akhirnya kamu harus memakai kacamata atau kaca pembesar saat membaca buku itu? Tentu ini pengalaman yang tidak nyaman tapi sudah menjadi hal biasa bagi pembaca buku cetak.

Nah, eBook diciptakan agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan pembacanya. Tidak hanya jenis dan ukuran font, tetapi juga margin, warna latar belakang, dan berbagai fitur pendukung lainnya.

Bagaimana Cara Membaca Ebook

Secara umum, ada dua cara untuk membaca ebook, yaitu:

1. Menggunakan Software

Aplikasi pembaca ebook adalah salah satu yang populer di antara pengguna HP dan tablet. Baik kamu menggunakan Android, iOS, atau Windows. Biasanya, setiap sistem operasi biasanya juga sudah menyediakan aplikasi bawaan untuk membaca ebook.

Saat membaca ebook di HP atau laptop, biasanya ebook bisa berwarna atau hitam putih tergantung versi yang dibuat. Selain itu, ada juga software yang menawarkan fitur tambahan seperti animasi dan pilihan font yang lebih banyak.

Baca Juga: 15 PDF Reader Terbaik Gratis15 PDF Reader Terbaik

2. Menggunakan eBook Reader Khusus

Kalau kamu menggunakan ebook reader seperti Kindle Paperwhite, Barnes & Noble Nook, atau Kobo, tampilannya akan berbeda. Perangkat ebook ini menggunakan display khusus dengan teknologi e-ink. Pengalaman membacanya mirip dengan buku sungguhan sehingga tidak membuat mata lelah.

Ebook Adalah
Sumber: Amazon

Kamu juga akan mendapatkan berbagai fitur seperti perubahan jenis dan ukuran font, margin dan animasi. Sayangnya, beberapa perangkat biasanya dikhususkan untuk format ebook tertentu. Misalnya, kalau kamu menggunakan Kindle, format ebook yang bisa dibaca adalah MOBI.

Kelebihan dan Kekurangan eBook

Sebelum kamu memutuskan ingin terus membaca buku fisik atau beralih ke ebook, mari cari tahu dulu kelebihan dan kekurangan ebook:

Kelebihan eBook

Inilah kelebihan eBook yang bisa mendorong kamu untuk beralih ke versi buku digital ini:

  • Mudah Dibawa — Ebook adalah produk digital yang bisa dibuka di berbagai perangkat. Kalau kamu sering jalan-jalan, berpindah tempat, atau punya tempat tinggal kecil, ebook bisa jadi pilihan pas untuk belajar hal baru. Dengan ebook, kamu bisa punya banyak buku tanpa ribet.
  • Murah, Bahkan Gratis  — Kamu bisa dapat eBook secara gratis dengan kualitas yang bagus. Kamu juga bisa menyewanya di perpustakaan digital. Kalaupun harus beli, harganya lebih terjangkau karena tidak ada biaya tambahan seperti ongkos cetak atau transportasi.
  • Lebih Beragam — Ebook bisa dipakai siapapun untuk membuat buku dan berbagi informasi dan pengalaman. Itulah kenapa ebook makin terkenal, walaupun baru muncul. Sekarang banyak ebook tentang berbagai topik dan keahlian.
  • Lebih Ramah Lingkungan — eBook itu lebih ramah lingkungan. Tak perlu ada penggunaan kertas dan tinta. Selain itu tak perlu energi untuk mencetak, mengirim, atau menyimpannya.
  • Lebih Nyaman Dibaca — eBook bisa dipersonalisasi. Kamu bisa mengatur ukuran dan jenis font yang kamu sukai. Jika kamu ingin menambahkan catatan khusus atau mencari informasi tambahan, kamu bisa mengikuti link yang tersedia untuk mencari informasi secara online.

Kekurangan eBook

Inilah beberapa kekurangan eBook yang perlu kamu pertimbangkan:

  • Menyebabkan Kelelahan Mata — Membaca buku dalam waktu lama dapat menyebabkan kelelahan mata. Jika kamu membaca eBook yang memancarkan cahaya, risiko kelelahan mata akan lebih besar. Pada akhirnya, ini dapat mempengaruhi kesehatanmu.
  • Tergantung Daya Baterai — Dengan buku cetak, kamu bisa membacanya kapan saja tanpa batasan waktu. Namun, kalau menggunakan eBook, kamu tidak bisa melakukannya kalau baterainya habis. Bayangkan pas asik membaca, kamu harus isi ulang baterainya terlebih dahulu.
  • Pengalaman Sensorik — eBook tidak bisa memberikan pengalaman sensorik. Beberapa orang ingin merasakan sensasi membalik halaman buku secara fisik dan mencium aroma khas buku.
Ebook Adalah
Sumber: Envato

Sudah Tahu Apa itu Ebook?

Ebook adalah singkatan dari electronic book, sebuah buku digital yang dibuat menggunakan software khusus untuk dibaca di perangkat elektronik. Ebook bisa berupa produk baru atau versi digital dari buku cetak yang sudah ada.

Beberapa ahli telah memberikan pendapat tentang pengertian ebook. Secara umum, produk digital ini memiliki banyak fungsi, seperti menjadi alat pembelajaran interaktif atau media hiburan edukatif.

Penjelasan di atas semoga memberikan gambaran tentang apa itu ebook, ya. Harapannya, informasi tentang kelebihan dan kekurangan ebook bisa membantu kamu memutuskan apakah ingin membaca informasi melalui ebook atau buku cetak.

Adisty C. Putri


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds