• Home
  • Tips
  • Cara Membuat Ebook: Ini 7 Langkah Mudah Membuat Ebook

Cara Membuat Ebook: Ini 7 Langkah Mudah Membuat Ebook

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Ebook bukan sekadar tren, lho. Buktinya 30% orang di dunia membaca buku digital di berbagai perangkat. Bahkan, potensi  penjualan buku elektronik juga diprediksi meroket, sampai $28 juta di 2028. Nah, kamu jadi tertarik membuat ebook untuk meraup cuan? Boleh. Tapi, bagaimana cara membuat ebook, ya?

Tenang. Artikel ini akan membantu kamu mempelajari kelebihan ebook dan langkah cara membuat ebook dengan benar. Jadi, yuk, simak penjelasan lengkapnya sampai selesai.

cara membuat ebook
Sumber: Envato

Berbagai Kelebihan Ebook

Mau tahu berbagai kelebihan ebook yang bisa menjadi alasan kenapa kamu perlu membuat ebook? Ini jawabannya:

1. Ramah Lingkungan

Buku punya banyak sisi positif. Tapi, setiap halaman buku berharga itu butuh pohon yang ditebang. Selain itu, buku juga perlu diedarkan dengan transportasi. Kamu tahu kalau semua itu kurang ramah lingkungan dan menyebabkan polusi, bukan?

Nah, ebook merupakan solusi ideal mendapat informasi dengan lebih positif.

2. Lebih Hemat

Kelebihan ebook lainnya adalah ongkos produksi ebook jauh lebih murah. Tak ada biaya cetak, penjilidan, pengepakan dan pengiriman. Dengan tidak adanya kegiatan itu maka biayanya juga berkurang, kan?

Itulah kenapa membuat ebook bisa jadi lebih terjangkau untuk siapa saja. Apalagi, baik pembuat atau pembeli ebook akan merasakan keuntungan dari perbedaan di sisi harga ini. Bahkan saat ini banyak yang membagikan ebook berkualitas secara gratis seperti pada halaman ebook Domainesia ini.

3. Gampang Didapatkan

Sudah tidak zamannya harus pergi jauh untuk bisa membaca buku. Mulai dari perpustakaan atau toko buku yang letaknya di tengah kota. Dengan ebook, siapapun bisa mendapatkannya langsung dari HP atau laptop mereka dan membacanya.

Yang penting, buku yang dibaca harus tetap memperhatikan hak cipta, ya.

4. Praktis dan Mudah Dibawa

Tak bisa dipungkiri, kelebihan ebook adalah praktis dan mudah dibawa. Kamu tidak perlu lemari khusus untuk menyimpan buku yang kamu beli. Kamu bisa pakai laptop, HP, atau flashdisk untuk menyimpan semua buku favoritmu.

Yang seru, kamu bisa membawa banyak buku ke berbagai tempat yang kamu suka. Bahkan membaca di sepanjang perjalanan.

5. Mudah Digunakan

Buku biasa harus dibaca dari awal sampai akhir agar kamu bisa mendapat informasinya. Kamu tidak bisa mencari informasi di dalamnya secara instan.

Tapi, ebook berbeda. Kelebihan ebook adalah kamu bisa mencari informasi dan pindah halaman dengan mudah. Bahkan, kamu juga bisa mengubah ukuran huruf dan tingkat kecerahan demi kenyamanan membaca.

cara membuat ebook
Sumber: Envato

6. Mudah Diperbarui dan Direvisi

Bayangkan kalau banyak orang yang suka dengan bukumu, tapi kamu belum pergi ke penerbit untuk mencetak lagi. Kamu bisa kehilangan kesempatan untuk menjual bukumu kepada orang lain.

Bahkan, kalau ada kesalahan yang perlu diperbaiki dengan cepat, kamu hanya perlu mengunggah versi terbaru. Lalu, memberitahu pembacamu untuk mengunduhnya. Semua itu tidak bisa dilakukan kalau menggunakan buku kertas.

Langkah Cara Membuat Ebook dengan Benar

Berikut ini adalah langkah cara membuat ebook dengan benar yang bisa dilakukan siapa saja:

Langkah 1 — Tentukan Topik Ebook

Walaupun kamu punya banyak keahlian, tapi kalau kamu mau membuat ebook, sebaiknya kamu memilih topik terlebih dulu. Jadi, kamu bisa membatasi apa yang akan kamu tulis di ebook tersebut.

Salah satu cara gampangnya, kamu pikirkan apa saja yang paling menarik buat kamu. Dan pastikan juga kalau kamu paham tentang hal itu luar-dalam. Dengan begitu, kamu jadi tahu informasi apa yang perlu dimasukkan dan apa yang tidak.

Oh ya, kamu tidak harus berandai-andai ketika memilih topik. Sekarang kamu bisa pakai bantuan aplikasi gratis seperti Google Trends. Ketika kamu bingung ingin memasukkan bahasan apa di dalam ebook tersebut, kamu bisa riset di Google Trends.

Sebagai contoh, kalau kamu paham tentang berkebun dan banyak orang yang tertarik dengan bahasan hidroponik, kamu bisa memilih topik itu saat membuat ebook.

Langkah 2 — Menulis eBook dengan Baik

Setelah mendapatkan topik yang akan dibahas, cara membuat ebook selanjutnya adalah mulai menuliskan ide utama dari topik tersebut. Langkah ini biasa disebut membuat outline atau kerangka penulisan.

Kamu bisa mulai dengan mengatur ide-ide yang berhubungan dengan topik tersebut dan kelompokkan berdasarkan kategori pembahasan yang relevan. Setelah itu, kamu bisa mulai menulis secara keseluruhan.

Nah, ada beberapa cara yang biasanya digunakan. Yang pertama adalah dengan menuliskan bagian penjelasan utama dulu, baru pendahuluan dan kesimpulannya. Tujuannya, untuk membuat bahasan lebih fokus dengan informasi yang bermanfaat.

Namun, ada juga yang menulis dengan urutan. Jadi, dimulai dari pendahuluan, lalu isi, dan terakhir kesimpulan. Apapun caranya, pastikan informasi yang kamu masukkan di dalam tulisanmu berisi. Dan kalau kamu menggunakan informasi dari sumber lain, jangan lupa tuliskan sumber kutipannya.

Langkah 3 — Lakukan Proses Editing eBook

Bagaimana cara membuat ebook dengan cepat? Salah satu tipsnya adalah dengan memisahkan proses penulisan dan editing. Fokuslah menulis sehingga kamu bisa lebih mudah menyampaikan informasi pada ebook dengan lebih jelas.

Kalau kamu menulis dan mengedit sekaligus, kamu akan fokus pada satu bab atau bagian tulisan tertentu. Kamu akan terus mencoba mencari cara yang tepat untuk menjelaskannya. Akhirnya, langkah ini akan membuat ebook kamu membutuhkan lebih banyak waktu untuk selesai.

Selain mempercepat proses, kamu juga bisa memastikan bahwa ebookmu terlihat profesional tanpa kesalahan. Misalnya, tidak ada typo, penjelasan berulang, atau argumentasi yang tidak masuk akal. Semua ini penting untuk menunjukkan bahwa kamu seorang penulis ebook yang profesional.

Kalau kamu menulis dalam bahasa Inggris, salah satu aplikasi untuk membuat ebook yang baik adalah Hemingway. Aplikasi ini akan membantu kamu menandai kalimat yang terlalu panjang atau bertele-tele.

Langkah 4 — Buat Desain eBook Kamu

Setelah selesai mengerjakan bagian teks, langkah selanjutnya dalam cara membuat ebook adalah mendesain tampilan ebook. Ini berlaku untuk bagian isi dan sampul ebook.

Ada beberapa orang yang lebih suka memulai dengan proses desain sebelum menulis. Namun, kami tidak menyarankan hal ini karena dapat membatasi informasi yang kamu berikan dalam ebook.

Saat menulis, kami merekomendasikan aplikasi untuk membuat ebook seperti Microsoft Word atau Google Docs. Selanjutnya saat mendesain, kami menganggap Adobe InDesign, Microsoft Publisher, atau Canva cocok untuk digunakan. Apalagi Canva sering disebut ramah pemula.

Bagaimana cara mendesain sebuah ebook yang bagus? Pastikan setiap halamannya tidak ada teks atau gambar yang terpotong. Selain itu, pastikan informasi dalam setiap halaman tidak terlalu banyak.

Untuk bagian sampul, pastikan judulnya mudah terbaca dan mencerminkan isi keseluruhan ebook. Jika perlu, tambahkan gambar yang relevan dengan penjelasan di dalam ebook.

Jangan lupa untuk memeriksa apakah desain dan ukuran ebookmu sesuai dengan persyaratan platform penjualan yang akan kamu gunakan. Misalnya, aturan untuk cover di Amazon Kindle mungkin berbeda dengan ketentuan di Google PlayBook Store.

cara membuat ebook
Sumber: Envato

Langkah 5 — Format Ebook dengan Benar

Langkah pada cara membuat ebook yang kamu lakukan hampir selesai. Setelah menyelesaikan desain pada bagian utama dan sampul, kamu perlu memformat ebook dengan benar.

Jangan lupa bahwa tidak hanya ukuran cover yang harus disesuaikan dengan platform tempat menjual buku digital itu nantinya, tetapi juga format dari ebook tersebut.

Beberapa format ebook yang sering digunakan adalah EPUB, MOBI, atau PDF. Setiap format memiliki keuntungannya sendiri dan dapat digunakan di perangkat dan pembaca eBook yang berbeda.

  • EPUB — Format yang cocok di berbagai layar. Bisa untuk eBook dengan banyak teks.
  • MOBI — Format khusus untuk Kindle yang ditujukan untuk pembaca eBook di platform Amazon Kindle.
  • PDF — Format umum ebook yang bagus untuk teks dan gambar dengan layout unik. Sayang, tidak cocok di layar kecil.

Ada beberapa aplikasi untuk membuat ebook terkait pengaturan format, seperti Calibre dan Sigil. Kedua aplikasi ini dapat kamu unduh secara gratis dan sangat berguna untuk mengubah format ebook, bahkan menambahkan daftar isi.

Langkah 6 — Publikasikan eBook

Ebook kamu sudah selesai dibuat. Sekarang waktunya untuk mempublikasikannya. Kamu bisa menerbitkan ebook kamu sendiri melalui Google PlayBook Store, Amazon Kindle, Apple Books dan lainnya.

Tapi, kamu tidak bisa langsung melakukannya. Kamu perlu mengurus beberapa hal, seperti ISBN, agar buku digital kamu diakui secara resmi dan tidak bisa disalin sembarangan. Penjual ebook juga akan minta kamu mengisi beberapa informasi, seperti data diri kamu sebagai penulis dan informasi tentang ebook tersebut.

Oh ya, ketika menjual platform, kamu juga harus menentukan harga yang tepat. Biasanya sudah ada ketentuan dari platform rentang harga yang direkomendasikan. Kamu juga harus mengunggah file ebook yang sesuai dengan format platform yang kamu gunakan.

Langkah 7 — Promosikan eBook Kamu

Ini sebenarnya merupakan langkah tambahan pada cara untuk membuat ebook. Tanpa promosi, ebookmu akan sulit ditemukan oleh orang yang membutuhkannya. Ini bisa membuat penjualannya rendah. pada akhirnya akan membuatmu merasa bahwa membuat ebook tidak menguntungkan.

Padahal, data sebelumnya menunjukkan bahwa penjualan ebook terus meningkat setiap tahun. Mungkin yang menjadi masalah bukan proses pembuatannya atau kualitas ebook kamu. Namun, strategi promosi untuk membuat ebook-mu diketahui oleh konsumen.

Sudah Siap Membuat Ebook Sendiri?

Kamu sudah belajar cara membuat ebook sendiri dengan langkah-langkah yang kami jelaskan. Kamu juga sudah tahu kelebihan ebook.  Bagaimana, kamu makin tertarik membuat ebook kamu sendiri, kan?

Secara umum, inilah langkah yang perlu kamu lakukan untuk membuat ebook:

  • Memilih topik yang akan ditulis
  • Menulis ebook dengan baik
  • Melakukan proses editing
  • Melakukan desain ebook
  • Memastikan format ebook benar
  • Menerbitkan ebook
  • Melakukan promosi

Nah, semua informasi sudah kamu miliki. Saatnya sekarang mewujudkan ebook impian kamu dan jadikan lebih banyak orang tahu lebih banyak tentang ilmu yang kamu miliki. Semoga sukses!

cara membuat ebook
Sumber: Envato

Beli Email Hosting

FAQ Tentang Cara Membuat Ebook

Di mana saya bisa menulis ebook?

Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk menulis eBook, seperti Google Docs, Microsoft Word, Canva, Sigil, Calibre, dan lainnya. Pilihlah aplikasi yang cocok dengan kebutuhanmu dan yang membuatmu nyaman dalam menulis dan mendesain eBook.

Sebuah eBook berisi apa saja?

Sebuah ebook itu seperti buku dalam bentuk digital. Isinya bisa berupa teks, gambar, video, atau semuanya. Sebuah ebook memiliki bagian-bagian seperti sampul, daftar isi, kata pengantar, bab-bab materi, penutup, dan daftar pustaka.

Bagaimana langkah menyusun e book?

Untuk membuat ebook, pertama tentukan topik dan gaya yang kamu suka. Kemudian, mulailah menulis bukumu dengan topik tadi. Setelah selesai, lakukan editing. Kemudian, formatlah ebook tersebut dengan benar. Jika sudah siap, publikasikan ebook-mu di platform terkenal seperti Kindle dan Playstore.

Apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat ebook?

Jika kamu ingin membuat ebook, perhatikan hal berikut: sesuaikan dengan target pembaca, buatlah ebook yang menarik, pastikan penjelasan di ebook mudah dimengerti, dan berikan referensi ke berbagai informasi yang kamu gunakan untuk membangun kredibilitas.

Sebaiknya membuat ebook dengan aplikasi apa?

Kamu bisa membuat buku dengan aplikasi yang kamu sukai dan sesuai dengan kebutuhanmu. Beberapa aplikasi yang bagus untuk membuat buku adalah Google Docs, Microsoft Word, Canva, Sigil, dan Calibre.

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat eBook?

Biaya untuk membuat ebook tergantung pada aplikasi dan cara yang kamu pakai. Kalau kamu menggunakan aplikasi gratis, kamu bisa membuat ebook dengan biaya rendah atau bahkan gratis. Tapi, kalau menggunakan aplikasi berbayar, biayanya bisa di kisaran ratusan ribu. Bahkan, dengan jasa pembuatan ebook pun biayanya cuma kisaran Rp.200.000 untuk 10-15 halaman.

Mengapa orang lebih memilih e-book?

Orang lebih suka ebook daripada buku cetak karena beberapa alasan. Ebook lebih praktis dan mudah diakses. Selain itu, kamu bisa mendapatkannya tanpa perlu pergi ke toko buku. Alasan lain, untuk jangka panjang, ebook lebih ramah lingkungan dan harganya lebih fleksibel.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds