• Home
  • Tips
  • Cara Membuat Desain Gratis Dengan Canva Web Untuk Pemula

Cara Membuat Desain Gratis Dengan Canva Web Untuk Pemula

Oleh Ayoni Sulthon

Cara Membuat Desain Gratis Dengan Canva Web Untuk Pemula – Saat ini, konten visual menjadi hal yang penting dan merepresentasikan diri Anda di dunia maya, terutama Anda yang menggunakan dunia maya sebagai lahan untuk berbisnis. Baik website, blog atau media sosial, tentu konten visual tetap memegang peranan penting. Dengan detail konten visual yang memadai, nantinya akan banyak pengguna lain yang tertarik dengan konten Anda.

Tentu saja ketertarikan tersebut bernilai tinggi dalam bisnis. Dengan ketertarikan yang tinggi, bukankah bisnis Anda nantinya bisa berjalan dengan lebih baik?

Sayangnya, menciptakan suatu konten visual yang memadai cenderung tidak mudah. Umumnya, seseorang perlu memiliki skill grafis mendasar untuk menggunakan software grafis tertentu.aplikasi desain gratis canva

Nah, beruntungnya, saat ini ada alternative yang bisa digunakan untuk membuat konten visual dan grafis yang menarik, yaitu Canva. Cara alternatifsemua kalangan juga sangat ramah bagi Anda yang awam sekalipun.

Pada kesempatan ini akan dibahas seluk beluk tentang Canva dan cara membuat desain grafis menggunakan platform ini dengan mudah.

Penasaran? Simak ulasan selengkapnya!

Berikut ini, Anda bisa membuat desain gratis dengan canva

  1.  Daftar Canva
  2. Memilih template canva
  3. Memilih backgroud
  4. Mengedit background
  5. Menambahkan logo
  6. Menambahkan text
  7. Selesai
  8. Download gambar

Apa Itu Canva Web?

Canva merupakan platform desain grafis online yang bisa digunakan untuk membuat aneka desain grafis dengan mudah, termasuk untuk pemula. Selain tersedia dalam versi website, di aplikasi desain ini juga tersedia dalam versi aplikasi yang bisa diunduh melalui smartphone.

Secara umum, aplikasi ini tersedia dalam layanan berbayar dan gratis. Menariknya, meskipun pengguna memilih versi gratis, mereka sudah mendapatkan beragam fitur desain grafis yang menarik dan bisa dikatakan cukup lengkap.

Baca juga : ingin membuat website dari nol sangat mudah

Beragam Desain yang Tersedia di Canva

Sebagaimana disinggung di awal, Canva bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membuat desain secara gratis dengan mudah. Tidak hanya kemudahan yang ditawarkan, platform desain grafis ini pun menyediakan beragam ide desain yang bisa Anda buat.

Adapun beberapa opsi ide desain tersebut adalah sebagai berikut:

Untuk Anda yang hendak membuat toko online, logo menjadi hal penting untuk merepresentasikan bisnis yang Anda kelola tersebut. Dengan logo, tentu kesan keunikan bisnis juga bisa tergambar dengan baik. Nah, di aplikasi desain ini memudahkan Anda untuk membuat logo unik untuk bisnis Anda berkat aneka template yang menarik.

2.     Poster

Ingin membuat sebuah poster untuk iklan atau promosi acara? Ya, saat ini poster masih menjadi salah satu ide promosi yang cukup efektif digunakan. Nah, dengan menggunakan Canva, Anda akan mendapatkan beragam ide desain poster menarik yang bisa diedit dengan mudah.

3.     Featured image blog

Untuk Anda yang memiliki blog, featured image adalah salah satu hal yang penting guna mempercantik blog dan membuat pembaca cenderung lebih betah untuk membaca artikel dalam blog tersebut. Nah, jika Anda ingin membuat featured image blog dengan mudah, pilih template yang tersedia.aplikasi desain gratis canva

4.     Info grafik

Opsi desain lain yang tersedia di Canva adalah info grafik. Umumnya, menyediakan info grafik cukup susah, terutama karena desain yang cenderung rumit. Namun, jika menggunakan aplikasi desain ini, Anda akan cenderung lebih mudah dan tidak perlu repot.

Baca juga : beli domain murah di Indonesia

5.     Invoice

Untuk Anda yang memiliki bisnis, invoice adalah hal yang penting untuk disediakan. Hal ini dikarenakan invoice menunjukkan detail rincian pembayaran bagi pembeli. Nah, untuk membuat invoice, Canva menyediakan beberapa template yang bisa digunakan dengan cukup mudah.

6.     Banner iklan

Ingin membuat banner iklan dengan lebih mudah? Canva menyediakan cukup banyak template yang bisa dimanfaatkan. Dengan menggunakan template dari di aplikasi desain ini, tentu saja Anda tidak perlu membuat desain banner dari nol dan pembuatan banner bisa selesai dalam beberapa menit saja.

Beberapa poin di atas adalah ide desain yang tersedia pada platform Canva. Anda bisa memilih mana ide desain tersebut sesuai dengan keinginan.

Baca Juga : Cara Membuat Website Gratis dan Mudah Bagi Pemula

Fitur-fitur Gratis dari Canva

Sebagaimana disinggung di awal, Canva memiliki cukup banya fitur gratis yang bisa dikatakan cukup lengkap. Nah, beberapa fitur ini tentu bisa dinikmati tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun.

Adapun beragam fitur gratis yang tersedia di Canva diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Ribuan template untuk beragam konten visual

Salah satu fitur gratis yang bisa dinikmati pada platform Canva adalah ribuan template gratis untuk membuat aneka konten visual. Jumlah template ini sangat banyak bahkan mencapai hingga lebih dari 8000 template!aplikasi desain gratis canva

Nah, aneka template tersebut terbagi dalam beberapa kategori yang berbeda untuk dipilih sesuai dengan keinginan. Adapun beberapa kategori tersebut diantaranya adalah kupon diskon, website, dan juga slide presentasi.

  • Kapasitas penyimpanan hingga 1 GB

Canva juga menyediakan kapasitas penyimpanan yang cukup besar bagi para pengguna. Dengan memori penyimpanan tersebut nantinya pengguna di aplikasi desain ini bisa menyimpan kreasi desain mereka yang belum selesai dibuat. Setelah disimpan, tentu desain tersebut bisa dibuka dan diedit kapan saja mereka mau.

Untuk Anda yang menggunakan layanan Canva versi gratis, maka Anda akan mendapatkan kapasitas penyimpanan hingga 1 GB. Meskipun tidak cukup besar, namun kapasitas ini terbilang tetap lumayan. Apabila Anda menggunakan versi berbayar, maka Anda akan mendapatkan kapasitas penyimpanan hingga 100 GB. Perbedaan yang cukup jauh, bukan?

  • Custom teks

Fitur gratis lain yang tersedia di Canva adalah fitur custom teks. Sebagaimana diketahui, Canva bisa diandalkan dan dimanfaatkan untuk membuat aneka slide presentasi, dokumen dan lainnya yang berhubungan dengan teks. Dengan fitur ini, tentu pengguna bisa melakukan editing teks dengan sangat mudah.

Untuk melakukan custom teks, pengguna hanya perlu meletakkan kotak teks di bidang yang sudah tersedia. Nantinya, Anda bisa mengubah teks dengan mengubah jenis font, mengubah ukuran teks dan aneka format lainnya.

Tidak hanya itu, Canva juga memiliki beragam contoh dari desain tulisan yang bisa diedit. Ops ini tentu bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin mendapatkan kemudahan lebih.

Baca juga : VPS murah berbasis cloud

  • Icon dan ilustrasi

Icon dan ilustrasi bisa menjadi tambahan konten visual yang cukup menarik. Meskipun sebagai pelengkap, namun keduanya tentu akan memberikan hasil yang mengesankan pada konten yang dibuat. Nah, Canva memberikan beragam icon dan ilustrasi yang bisa digunakan secara gratis.

  • Beragam background

Untuk mempercantik hasil konten visual, mengganti background adalah pilihan yang tepat. Dengan background yang unik, nantinya konten akan terlihat lebih menarik dan juga unik. Canva versi gratis juga menyediakan beragam background dengan aneka ide yang berbeda, seperti meningkatkan intensitas warna, menambahkan vignette dan lainnya.

Beragam fitur di atas adalah apa saja yang akan Anda dapatkan secara gratis saat menggunakan Canva. Tentu, meskipun gratis, aneka fitur tersebut bisa diandalkan untuk membuat beragam konten visual yang sangat menarik.

Baca Juga : Cara Buat Blog Mudah Tanpa Ribet Bagi Pemula

Cara Menggunakan Canva Untuk Pemula

Bagi Anda yang masih awam dengan platform di aplikasi desain ini, berikut akan dibahas cara untuk menggunakan Canva dengan mudah dari awal hingga akhir. Simak ulasan selengkapnya!

1.     Membuat akun Canva

Untuk bisa menggunakan aneka fitur dan desain yang tersedia di Canva, tentu Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Cara untuk membuat akun pun sangat mudah. Anda hanya perlu masuk ke laman di aplikasi desain ini dan memilih opsi sign up lalu mengisi beberapa kolom yang tersedia.

Selain itu, ada cara lain yang lebih mudah untuk membuat akun. Dalam hal ini, Anda bisa mendaftar akun dengan memanfaatkan akun Facebook, Google ataupun email. Setelah proses membuat akun selesai, maka Canva bisa digunakan sepuasnya.

2.     Membuat desain dengan Canva

Setelah memiliki akun Canva, Anda akan masuk ke halaman utama. Untuk memulai membuat desain, klik pada opsi “create a design” yang tersedia. Selanjutnya, pilih kategori desain yang ingin Anda buat seperti banner iklan, poster, pos Instagram dan lainnya.

3.     Memilih template Canva

Canva menyediakan beragam template untuk inspirasi membuat konten visual. Nah, setelah memilih jenis konten sebagaimana langkah sebelumnya, Anda akan masuk ke halaman editor. Dalam hal ini, Anda bisa memilih template Canva untuk memudahkan Anda dalam membuat konten.

Scroll dan pilih mana template yang paling cocok untuk Anda gunakan. Tentu, ada tanda untuk template yang gratis dan berbayar. Selain itu, nantinya Anda bisa mengedit template tersebut untuk mengganti background, teks dan lainnya.

4.     Memilih background

Sebagaimana yang disinggung sebelumnya, background adalah bagian yang cukup krusial pada sebuah konten visual. Hal ini dikarenakan secara umum background akan berpengaruh pada keseluruhan hasil desain konten visual yang dibuat.

Nah, untuk mengganti background, Anda bisa mengklik latar belakang pada desain yang Anda buat dan menunggu opsi background muncul. Anda bisa memilih background default yang disediakan, mengganti warna background dengan custom warna yang menarik, menggunakan foto di galeri atau menggunakan foto yang tersedia di Canva.

5.     Mengedit background

Background yang sudah dipilih bisa diedit sedemikian rupa sesuai dengan keinginan. Di sini, Anda bisa mengganti tata letak background tersebut agar memberikan kesan yang berbeda. Atau, Anda juga bisa mengatur kontras dari background tersebut agar nantinya mendapatkan kesesuaian warna dengan unsur konten visual lainnya yang ditambahkan.

6.     Menambahkan teks

Apabila Anda ingin menambahkan teks, maka klik menu “text” yang tersedia pada platform Canva. Jika tool text sudah muncul, Anda bisa langsung memilih detail teks yang diinginkan. Aplikasi ini menyediakan beberapa template teks yang bisa digunakan dengan mudah dan cepat. Dalam hal ini, Anda tinggal mengganti isi teks saja.

Namun, Anda juga bisa membuat teks secara manual. Tentu, ada cukup banyak jenis font yang tersedia untuk dipilih sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk mengatur ukuran dari font tersebut agar keterbacaan teks menjadi lebih baik.

7.     Mengunduh atau membagikan desain

Jika Anda sudah selesai membuat desain, maka Anda bisa menyimpan atau membagikannya. Untuk proses penyimpanan file, Canva memiliki fitur auto save. Artinya, desain yang Anda buat secara otomatis sudah tersimpan dalam memori penyimpanan yang memiliki kapasitas 1 GB untuk versi gratis dan 100 GB untuk versi berbayar.

Nah, jika Anda ingin mengunduh desain tersebut, Anda bisa mengklik tombol download atau tanda anak panah ke bawah yang ada di bagian kanan atas. Fitur download ini juga menyediakan beberapa opsi terkait. Setelah itu, Anda bisa memilih ekstensi atau format file untuk menyimpannya, baik JPEG, PNG ataupun PDF.

Namun, jika Anda ingin membagikan desain tersebut, maka klik opsi bagikan. Nantinya, ada beberapa pilihan platform untuk membagikan, mulai dari WhatsApp, Instagram, email, drive dan lainnya.

Beberapa cara di atas adalah bagaimana Anda bisa menggunakan Canva untuk membuat aneka konten visual yang berbeda dengan lebih mudah. Tentu, penggunaan di aplikasi desain ini tetap harus dipelajari lebih jauh. Artinya, semakin sering mencoba, Anda akan terbiasa dan menemukan beragam fitur lain untuk membuat desain yang lebih menarik.

Selain itu, jika penggunaan Canva sudah menjadi kebutuhan pokok penunjang bisnis, maka ada baiknya jika Anda menggunakan versi berbayar untuk akses yang lebih lengkap. Semoga bermanfaat.

Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO and Digital Marketing.

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!