• Home
  • Berita
  • Lupa Perpanjang Domain? Ini Dampaknya

Lupa Perpanjang Domain? Ini Dampaknya

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Bagi para pengguna internet sudah tidak asing lagi dengan yang namanya domain. Nama domain merupakan komponen penting sebelum kamu membuat website, baik itu website bisnis online maupun kebutuhan lainnya. Dengan memiliki nama domain sendiri kamu dapat membuat sebuah website yang sesuai dengan bisnis atau bidang yang memang sedang kamu geluti.

Nama domain berfungsi untuk memudahkan para pengguna internet dalam mengakses ke server. Selain itu, nama domain juga dapat digunakan untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang biasa kita kenal dengan sebutan IP Address.

Apakah yang akan terjadi jika lupa perpanjang domain?

Kesibukan seseorang seringkali membuat orang tersebut melupakan hal-hal yang mungkin dianggap sepele tetapi sebenarnya sangat penting. Seperti nama domain yang lupa untuk di perpanjang. Lupa perpanjang domain bukanlah hal yang bisa dianggap sepele, kecuali kamu memang sudah benar-benar tidak membutuhkannya.

perpanjang domain
Sumber: Pixabay
  1. Website akan di Suspend

Hal pertama jika kamu lupa perpanjang domain adalah website yang kamu gunakan akan disuspend walaupun sementara. Tentu kamu tidak ingin jika website kamu tersuspend karena akan berdampak sangat buruk untuk bisnis kamu. Domain biasanya memiliki masa aktif 1 tahun. Namun ada juga yang masa aktifnya selama 2 tahun bahkan 10 tahun.

Hal tersebut tergantung ketika melakukan pendaftaran domain dengan siklus berapa lama yang dipilih. Saat kamu lupa melakukan perpanjangan domain dan sampai masuk masa expired maka domain kamu akan di suspend sementara (sampai batas waktu tertentu), sehingga website tidak dapat diakses.

  1. Harus membayar denda keterlambatan

Sesuatu yang ingin diperpanjang dan sudah memasuki masa tenggang maka akan ada biaya keterlambatan. Begitu juga dengan perpanjangan domain. Biasanya jika periode domain kamu habis dan kamu belum memperpanjang maka kamu akan diberikan masa tenggang untuk kamu melakukan perpanjangan sebelum domain kamu benar-benar tidak dapat lagi digunakan. Namun kamu harus membayar denda keterlambatannya dan itu membuat kamu harus mengeluarkan uang ekstra.

perpanjang domain
Sumber: Pixabay
  1. Email domain tidak dapat digunakan

Jika kamu lupa perpanjang domain dan hosting maka secara otomatis kamu tidak dapat menggunakan fitur-fitur didalamnya termasuk email domain. Email domain adalah salah satu fasilitas yang ada di web hosting yang bisa digunakan. Dengan email domain, kamu dapat mengirimkan email menggunakan nama domain yang kamu miliki tidak lagi menggunakan email Gmail atau Yahoo.

  1. Pengunjung akan bingung dan reputasi website akan turun

Salah satu kegunaan memiliki domain sendiri adalah untuk menarik pengunjung atau untuk menarik banyak konsumen jika bagi yang menjalani bisnis online. Saat ada pengunjung mencoba mengakses website kamu, namun kondisi website kamu sudah tidak dapat diakses, apa yang ada dipikiran pengunjung? Pastinya pengunjung kamu akan merasa bingung. Terlebih jika website tersebut adalah online shop, maka kamu harus siap-siap kehilangan banyak konsumen.

perpanjang domain
Sumber: Pixabay
  1. Ranking SEO akan turun

Dampak berbahaya lainnya karena lupa domain adalah ranking SEO kamu akan turun. Website kamu sudah pasti tidak akan menjadi urutan teratas pada search engine.

Layanan Domain Terbaik, DomaiNesia Saja

So, untuk para pemilik website, jika kamu merasa website kamu sangat penting karena merupakan sumber pundi-pundi rupiah kamu, jangan sampai lupa perpanjang domain kamu. Buat kamu yang ingin memperpanjang periode domain kamu ataupun kamu ingin membeli domain baru, DomaiNesia sangat bisa membantu kamu. DomaiNesia adalah salah satu provider profesional yang menyediakan layanan pembuatan website, hosting, domain.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!