• Home
  • Berita
  • Seberapa Penting Keamanan Data Digital? Kenali Perannya Sekarang!

Seberapa Penting Keamanan Data Digital? Kenali Perannya Sekarang!

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Dalam menggunakan perangkat seperti laptop, komputer, smartphone, dan berbagai produk digital lainnya pasti data menjadi fokus utamanya. Baik itu data pribadi, data kelompok, bahkan perusahaan sekalipun. Nah agar data-data tersebut tidak dicuri dan disalahgunakan oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab, maka kamu harus mengenal dan mempelajari keamanan data lebih lanjut.

6Bisa kita ketahui bahwa keamanan data adalah hal krusial yang sangat diperlukan dalam dunia digital saat ini, karena kamu akan selalu diintai oleh penjahat cyber. Tentu kamu tidak ingin hal itu terjadi kan? Apabila kamu tidak ingin hal itu terjadi maka lebih baik kamu memahami apa itu keamanan data. Sebelum memulai, lebih baik kamu memahami terlebih dahulu mengenai data. Yuk simak sampai akhir supaya kamu lebih paham lagi!

keamanan data
Sumber: Envato

Apa itu Data?

Data adalah kumpulan dari beberapa karakter yang terdiri dari kalimat, simbol, angka, kata-kata, dsb yang memiliki bernilai kualitatif dan juga kuantitatif sehingga dapat dilakukan proses pengolahan lebih lanjut. Misalnya saja dari kata DATA yang terdiri dari 4 karakter yang memiliki arti. Apa saja yang bisa dibilang sebagai data?

Misalnya saja saat kamu mengoperasikan laptop, komputer, smartphone, atau perangkat digital yang lain pasti didalamnya terdapat foto, video, file, hingga dokumen. Nah itulah yang disebut data. Perlu kamu ingat bahwa kamu tidak boleh memberikan data kepada siapapun dengan cuma-cuma ya! Bisa jadi data tersebut bersifat sensitif dan mengandung informasi pribadi. Jadi lebih hati-hati lagi dalam menyimpan dan mengolah data.

Apa itu Keamanan Data?

Sudah tahu kan maksud dari data itu seperti apa? Sekarang kita beranjak ke pembahasan selanjutnya mengenai keamanan data. Data security atau keamanan data adalah sebuah proses dan prosedur yang dilengkapi dengan dukungan teknologi yang bertujuan untuk mengamankan data dari tindakan yang tidak diinginkan seperti pembajakan data, modifikasi, kehilangan data, kerusakan data, hingga penyebaran data oleh pihak lain. Pada intinya keamanan data adalah upaya yang dilakukan untuk  melindungi data dari akses ilegal yang tersimpan di dalam database, server, website, atau komputer.

Dari beberapa penjelasan di atas bisa kita simpulkan bersama bahwa keamanan data adalah kunci dari sistem yang baik. Semua kegiatan yang dilakukan menggunakan internet harus didukung dengan keamanan data yang baik ya DomaiNesian! Seperti kegiatan transaksi pada mobile banking, marketplace, dan juga pembayaran menggunakan e-wallet. Kita ambil contoh sederhana saja saat kamu memberikan password handphone atau laptop yang kamu punya kepada temanmu. Mungkin saja dia bisa melakukan beberapa kegiatan yang membahayakan data dan juga mengganggu privasi seperti mengirim pesan, menghapus foto, mengambil video, dan banyak lagi. Dari contoh kasus tersebut maka password menjadi salah satu upaya mengamankan data yang sudah kamu terapkan. 

Mengapa Keamanan Data itu Penting?

Keamanan data adalah salah satu tindakan kriminal yang saat ini angkanya semakin bertambah seiring dengan kemajuan teknologi. Bahkan pada tahun 2020 saja sudah ada 182 kasus pencurian data yang terjadi di Indonesia. Wah mengerikan kan DomaiNesia! Secara teori ada tiga hal yang harus ada dalam keamanan dalam data yaitu kerahasiaan, ketersediaan, dan integritas. Jadi saat memilih menggunakan layanan internet pastikan sudah memiliki tingkat keamanan yang baik. Berikut ada beberapa alasan mengapa mengamankan data itu penting. 

1. Memperkecil terjadinya kejahatan

Kejahatan tidak hanya bisa terjadi dalam dunia nyata saja, namun dalam dunia maya sekalipun kamu tidak akan luput dari incaran kejahatan. Kejahatan disini merupakan kegiatan yang merugikan pihak lain seperti datanya yang dicuri lalu disebarluaskan dengan tujuan tertentu. Saat seseorang sudah mengetahui lokasi tempat tinggal, kegiatan setiap hari yang dilakukan, sosial media, hingga nomor ponsel sudah diketahui maka tindakan kriminal akan mudah untuk dilakukan seperti penculikan bahkan pembunuhan berencana. Jadi hati-hati ya dalam menjaga data milikmu jika kamu tidak ingin mengalami tindakan kriminalitas.

keamanan data
Sumber: Envato

2. Mencegah timbulnya kerugian secara material 

Keamanan data adalah hal wajib yang tidak boleh dilewatkan karena kerugian material juga bisa kamu rasakan apabila melalaikannya. Jika kamu pernah mendapatkan pesan atau panggilan yang berusaha untuk memperoleh data pribadimu seperti alamat, pin rekening, dan nama orang tua maka jangan langsung percaya begitu saja karena itu merupakan salah satu modus pencurian yang marak terjadi dengan tujuan untuk menguras habis rekening milikmu.

Selain itu, ada juga kasus yang mengatasnamakan anggota keluarga yang berada dalam bahaya dan meminta dana yang besar dengan beragam paksaan, jika kamu pernah mendapatkan panggilan seperti itu maka bisa dipastikan bahwa kamu sedang dikelabui oleh penipu. Maka dari itu keamanan data ini bisa mencegah terjadinya kerugian material seperti contoh kasus di atas.

3. Menurunkan peluang penyalahgunaan data

Pernah melihat foto KTP dan juga Kartu Keluarga yang secara bebas beredar di internet? Yups, bisa jadi itu merupakan korban dari pihak yang menyebarluaskan informasi korbannya. Informasi ini bisa digunakan untuk melakukan beberapa aktivitas kejahatan yang merugikan loh DomaiNesia! Apakah kamu tahu apa salah satunya?

Ya benar, pinjaman online. Pinjaman online ini bisa kamu dapatkan dengan syarat bahwa kamu harus memberikan foto KTP mu. Jadi bisa jadi apabila kamu tidak pernah melakukan pinjaman online namun kamu mendapatkan pesan penagihan, maka bisa jadi ada seseorang yang menggunakan data milikmu untuk melakukan pinjaman onlin. Selain itu, data milikmu juga bisa dijual dengan harga yang fantastis juga. Wah mengerikan kan! Jadi keamanan data adalah perlindungan yang harus diterapkan.

Itulah beberapa alasan mengapa keamanan data cukup penting kamu perhatikan. Bagaimana? Apakah kamu masih melalaikan keamanan dari data? Lalu apa saja contoh keamanan data digital yang bisa diterapkan? Simak contoh keamanan data digital berikut ini. 

4+ Contoh Keamanan Data

Berikut adalah contoh keamanan data digital yang bisa kamu gunakan.

1. Enkripsi

Pertama contoh keamanan data digital adalah enkripsi. Enkripsi adalah proses yang dilakukan untuk mengacak dan mengubah data menjadi teks yang tidak bisa dipahami orang biasa. Teks tersebut akan diacak menggunakan algoritma dan juga kunci. Jadi jika kamu ingin membuka teks atau data tersebut maka kamu membutuhkan key atau kunci yang tidak bisa dimiliki oleh sembarang orang. contoh keamanan data digital ini banyak diterapkan oleh perusahaan besar dan juga perusahaan yang menyediakan layanan percakapan, kegiatan jual beli, dan perbankan. Tujuan utamanya jelas untuk melindungi data agar tidak bisa diakses oleh orang lain secara sembarangan.

2. Firewall

contoh keamanan data digital selanjutnya yaitu firewall. Istilah firewall sudah tidak asing lagi bagi kamu para pengguna komputer karena hampir semua pengguna komputer menggunakan firewall. Firewall adalah sistem yang digunakan untuk memonitoring segala akses yang keluar maupun masuk dari jaringan internet yang pastinya akan melindungi komputer dari serangan virus, spam, melakukan blok terhadap konten yang tidak kamu inginkan, dan juga melindungi data dari serangan hacker. contoh keamanan data digital ini bisa kamu terapkan di komputer atau laptop kamu ya!

keamanan data
Sumber: Envato

3. Secure Socket  Layer

Secure Socket  Layer atau biasa dikenal dengan SSL adalah contoh keamanan data digital yang diterapkan pada website.  SSL adalah protokol keamanan yang digunakan untuk mengamankan ribuan transaksi yang terjadi dengan membangun koneksi aman dan terenkripsi yang terjadi antara client dan juga web server. Keamanan website dengan menggunakan SSL ini merupakan contoh keamanan data digital yang bertujuan untuk melindungi pengiriman dan penerimaan data sensitif seperti nomor kartu kredit, username, password, dan informasi pribadi maupun perusahaan.

4. Anti virus

Sudah tidak asing lagi kan dengan anti virus? Jika kamu belum terbiasa dengan antivirus maka kamu pasti sudah terbayang dari namanya bahwa antivirus adalah sebuah perangkat lunak yang memang diciptakan untuk menangkal virus dan menambah keamanan data pada sebuah perangkat. Anti virus ini bisa kamu gunakan otomatis setelah terinstall dan mampu mendeteksi virus yang berusaha menginfeksi komputer milikmu. Sama seperti firewall, antivirus adalah contoh keamanan data digital yang bisa kamu pasang di perangkatmu.  

5. Otentikasi

Otentikasi adalah contoh keamanan data digital yang paling sering digunakan. Cara kerjanya yaitu mencocokkan kredensial yang diinputkan oleh pelanggan dengan data yang tersimpan di dalam database. Contoh otentikasi yang terjadi yaitu proses login sistem yang membutuhkan username dan juga password, pin untuk masuk ke sistem, token, atau biometrik.

Bagaimana Cara Menerapkan Keamanan Data?

Setelah membahas keamanan dalam data lebih jauh, saat ini saatnya kamu mengetahui bagaimana cara menerapkannya. Tidak perlu bingung lagi karena DomaiNesia akan mengajak kamu untuk membahasnya. Yuk simak penjelasannya berikut ini agar data milikmu selalu aman!

1. Terapkan Two Factor Authentication (2FA)

Two Factor Authentication adalah salah satu upaya pengamanan data yang dilakukan dengan memasukkan otentikasi berlapis. Contohnya saat kamu mengaktifkan 2FA pada akun instagram milikmu, maka kamu diharuskan untuk melakukan login menggunakan username dan password, jika sudah berhasil maka kamu diminta untuk memasukkan kode yang sudah dikirim melalui sms atau email. 

2. Gunakan VPN

VPN atau Virtual Private Network adalah layanan yang memunkinkan penggunnanya untuk mengakses website atau berselancar di internet dengan identitas yang dirahasiakan dan pastinya aman. Ada beberapa alasan mengapa kamu harus menggunakan VPN untuk keamanan data, seperti menjaga keamanan jaringan saat menggunakan wifi publik, menyembunyikan lokasi geografis, dan juga melakukan enkripsi terhadap setiap aktivitas yang kamu lakukan.

3. Manfaatkan password manager

Password manager adalah aplikasi yang diciptakan untuk menampung banyak kata sandi. Apabila kamu memanfaatkan aplikasi ini berarti kamu tidak perlu ragu lagi untuk membuat kata sandi yang unik dan susah ditebak karena kata sandi tersebut bisa kamu inputkan pada password manager untuk menghindari lupa kata sandi. Dengan kata sandi yang unik maka keamanan data otomatis akan meningkat.

4. Gunakan mode penyamaran

Apakah kamu sering menggunakan mode incognito dalam mengakses browser? Jadi apabila kamu menggunakan mode penyamaran ini maka semua data history akan otomatis terhapus dan tidak meninggalkan jejak.

keamanan data
Sumber: Envato

Ternyata Keamanan Data Sangat Penting Kan!

Keamanan data adalah faktor penting yang harus kamu perhatikan dan pertimbangkan apabila menggunakan internet dan memanfaatkan perangkat digital. Alasannya karena tindakan kejahatan pun bisa berasal dari internet loh seperti pencurian data, perusakan data, penyebaran data, dan bahkan penghapusan data.

Jika kamu tidak ingin menjadi korban cyber crime maka lebih baik kamu meningkatkan keamanan data pada setiap perangkat memiliki. Ada banyak contoh keamanan data digital yang bisa kamu terapkan yaitu penggunaan firewall, anti virus, SSL, dan otentikasi. Sebenarnya keamanan data ini cukup mudah jika diterapkan namun memiliki dampak yang besar. Jadi jangan remehkan keamanan data ya DomaiNesia!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah