• Home
  • Berita
  • Kelebihan Firebase dan Cara Menggunakannya

Kelebihan Firebase dan Cara Menggunakannya

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Mengembangkan suatu aplikasi pada dasarnya adalah pekerjaan yang tidak mudah. Banyak kompleksitas yang akan ditemukan dalam membangun sebuah aplikasi. Namun kemunculan Firebase sedikit menjadi angin segar bagi para developer. Secara singkat, Firebase adalah layanan yang dikembangkan oleh Google untuk membantu developer mengembangkan aplikasi dari sisi backend. Layanan ini berfungsi untuk memudahkan dalam mengembangkan backend sehingga developer bisa lebih fokus mengerjakan hal lainnya misalkan frontend. Lebih lanjut mengenai kelebihan firebase dan cara menggunakan firebase akan dibahas pada tulisan dibawah ini, simak terus ya!

 

firebase
Sumber: Freepik

Kenalan Dengan Firebase

Firebase Adalah

Apa itu Firebase? Ini adalah platform pengembangan aplikasi dari Google yang memiliki fitur canggih untuk mengembangkan, menangani, dan menyempurnakan aplikasi, khususnya pada bagian backend. Firebase adalah platform backend untuk membangun web dan aplikasi. Layanan ini pada dasarnya adalah kumpulan alat yang dapat dimanfaatkan oleh pengembang, membuat aplikasi, dan mengembangkannya berdasarkan permintaan.

Layanan ini bertujuan untuk memecahkan tiga masalah utama bagi developer yaitu membangun aplikasi, mempercepat tahap rilis, dan memantau aplikasi. Dengan dimudahkan developer dalam mengembangkan sisi backend, maka mereka dapat dengan fokus mengembangkan sisi frontend agar memiliki pengalaman pengguna yang baik. 

Beberapa fitur menonjol dari platform Google Firebase ini meliputi real-time database, cloud firestore, authentication, crashlytics, analytics, remote config, dan cloud messaging. Layanan ini di hosting di cloud, sehingga developer dapat dengan lancar melakukan penskalaan sesuai permintaan tanpa kesulitan. Layanan ini saat ini menjadi salah satu platform pengembangan aplikasi populer yang diandalkan oleh developer di seluruh dunia.

Baca juga : Tempat Beli Domain

firebase
Sumber: Freepik

Fungsi Firebase

Ada beberapa fungsi firebase yang bisa kamu dapatkan. Ini sangat memudahkan developer hingga pemilik bisnis. Fungsi firebase adalah sebagai berikut:

  • Memudahkan membangun aplikasi, tentu sesuai dengan fungsi firebase yang utama adalah membantu dalam memudahkan membangun aplikasi utamanya bagian backend.
  • Meningkatkan kualitas aplikasi, untuk meningkatkan performa aplikasi dapat dilakukan dengan fitur firebase yang tersedia yaitu crashlytics untuk melacak error dan test lab untuk menguji aplikasi sebelum rilis
  • Mampu mengembangkan bisnis, fungsi firebase lainnya adalah mengembangkan bisnis. Ini didukung dengan tools integrasinya yang sangat membantu melakukan analisa dan monitoring yaitu dengan menggunakan analytics hingga ab testing yang dapat diintegrasikan.

Kelebihan Firebase

Free To Start 

Layanan ini gratis untuk memulai dan memungkinkan pengguna masuk dengan akun Google mereka. Paket Spark gratis dan menawarkan banyak fitur untuk membantu pengembang memulai. Berdasarkan kebutuhan yang berkembang, mereka kemudian dapat memilih Paket Blaze

Memulai tanpa biaya apa pun jelas merupakan opsi bagus yang ditawarkan oleh layanan ini dan salah satu alasannya layanan ini begitu populer. Paket Spark memang memiliki batas jumlah baca dan tulis data. Keuntungan lainnya adalah bahwa Paket Blaze mempertimbangkan batas gratis asli. Artinya, anggap saja kamu akan menghosting penyimpanan 20 GB pada Paket Blaze. Batas gratis mencakup 10GB, dan itu berarti layanan hanya akan menagih Anda 10GB untuk penggunaan ekstra.

firebase
Sumber: Freepik

Kecepatan Development

Kelebihan firebase adalah opsi pengembangan aplikasi yang cocok yang dapat membantu developer secara drastis dalam mengurangi waktu untuk mengembangkan aplikasi. Memang benar bahkan untuk aplikasi yang lebih kecil di mana backend dan frontend harus bekerja sama pada tahapan yang berbeda. Memiliki pengembang frontend dan backend seringkali dapat mengakibatkan kesalahan dan masalah yang dapat menyebabkan masalah aplikasi sehingga meningkatkan biaya dan kompleksitas pengembangan. 

Menggunakan Firebase memungkinkan developer frontend mengelola semua pekerjaan backend dan mengurangi waktu yang diperlukan untuk mencapai penyelesaian. Itu semua berkat layanan siap pakai untuk penyimpanan data, autentikasi, notifikasi, analitik, dan lainnya. Selain itu, layanan ini menyediakan beberapa layanan siap pakai yang akan menghindari developer membuat boilerplate code, menciptakan kembali roda, dan memulai backend dari awal. Developer frontend tidak akan mengalami banyak masalah dalam mengintegrasikan layanan ini ke dalam basis kode mereka, berkat SDK berkualitas tinggi, dokumentasi mendetail, dan komunitas yang dinamis.

Keamanan

Kelebihan firebase lainnya adalah memastikan keamanan dan ketersediaan data yang optimal dengan bantuan pencadangan rutin. Aplikasi yang kamu kembangkan akan terlindungi dari segala kemungkinan kehilangan data dengan mengandalkan fitur pencadangan otomatis. Terutama bagi pengguna paket Blaze dapat dengan mudah mengkonfigurasi realtime database untuk melakukan pencadangan otomatis. 

Dikembangkan Oleh Google

Firebase diberdayakan oleh Google, salah satu nama paling terkemuka dan terpercaya di dunia teknologi. Sejak diakuisisi, layanan ini telah melalui serangkaian perubahan dan pengembangan dan menjadi platform andal seperti sekarang ini. Ini memanfaatkan kekuatan Google Cloud dan banyak layanan Google. Layanan ini kini menjadi bagian dari Google Cloud Platform, bekerja selaras sempurna dengan layanan Google Cloud lainnya, dan terintegrasi dengan banyak layanan pihak ketiga.

Cara Menggunakan Firebase

Tahap selanjutnya untuk memahami layanan ini, kamu akan mengetahui cara menggunakan firebase. Cara menggunakan firebase ini yang pertama kamu harus membuat project terlebih dahulu.

firebase

Akses link https://console.firebase.google.com/ untuk mulai membuat project. Masuk dengan menggunakan akun Google yang kamu miliki. Selanjutnya klik add project.

firebase

Jika sudah, kamu akan mendapati tampilan seperti pada gambar diatas. Silahkan mulai dengan menuliskan nama project yang akan kamu kerjakan. Setelah itu jangan lupa untuk checklist pada bagian konfirmasi lalu klik continue.

firebase

 

Ikuti proses sesuai petunjuk yang ada. Pada tahap ini kamu juga akan memilih apakah akan di integrasi dengan Google Analytics atau tidak. Jika iya, pastikan kamu telah memiliki akun Google Analytics terlebih dahulu. Setelah itu tunggu hingga proses selesai.

firebase

 

Jika proses telah selesai, maka kamu telah berhasil membuat project. Cara menggunakan firebase selanjutnya adalah dengan menyesuaikan apa yang ingin kamu gunakan pada fitur layanan ini. Kamu bisa mengikuti petunjuk Google untuk masing-masih kebutuhan petunjuk pengembangan Apple, Android, dan Website.   

Fitur Firebase

Fitur firebase disediakan cukup lengkap. Fitur ini terutama mencakup layanan backend yang membantu developer membangun dan mengelola aplikasi mereka dengan cara yang lebih baik. Layanan yang termasuk dalam fitur ini adalah:

  • Real-time Database, ini adalah database NoSQL berbasis cloud yang mengelola data dengan kecepatan super milidetik.
  • Cloud Firestore  merupakan database dokumen NoSQL yang menyediakan layanan seperti penyimpanan, sinkronisasi, dan query melalui aplikasi dalam skala global. 
  • Authentication, fitur firebase ini menyediakan pustaka UI dan SDK yang mudah digunakan untuk mengautentikasi pengguna ke aplikasi.
  • Remote Config, fitur ini membantu menerbitkan pembaruan kepada pengguna dengan segera. Perubahan dapat berkisar dari mengubah komponen UI hingga mengubah behavior aplikasi.
  • Cloud Messaging, ini menyediakan koneksi antara server dan pengguna akhir aplikasi, yang dapat digunakan untuk menerima dan mengirim pesan dan notifikasi.

    firebase
    Sumber: Freepik

Manfaatkan Firebase dan Bangun Aplikasi Yang Powerful 

Firebase adalah layanan yang powerful untuk kamu gunakan dalam mengembangkan sebuah aplikasi. Layanan ini sangat memudahkan dalam mengembangkan aplikasi khususnya pada bagian backend. Layanan ini bertujuan untuk memecahkan tiga masalah utama bagi developer yaitu membangun aplikasi, mempercepat tahap rilis, dan memantau aplikasi. Dengan dimudahkan developer dalam mengembangkan sisi backend, maka mereka dapat dengan fokus mengembangkan sisi frontend agar memiliki pengalaman pengguna yang baik.

Jika Anda menginginkan web hosting dengan teknologi cloud, Anda bisa pesan Cloud hosting tercepat di Indonesia

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds