• Home
  • Berita
  • Inilah 5++ Alasan Mengapa Kamu Harus Menggunakan Google Data Studio!

Inilah 5++ Alasan Mengapa Kamu Harus Menggunakan Google Data Studio!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Dalam berbagai perusahaan, memiliki data yang lengkap adalah hal yang diharuskan karena dapat memudahkan saat proses administrasi.

Namun, jika hanya memiliki data yang lengkap saja tetapi tidak dibarengi dengan penyajian yang tepat justru akan membuat kamu kesulitan dalam membaca dan mengolah data.

Google Data Studio adalah solusi yang bisa kamu manfaatkan saat ini. Google Data Studio adalah tools yang diciptakan oleh Google untuk memudahkan penggunanya agar proses bisnis bisa berjalan lebih efektif.

Apakah kamu sudah mulai membutuhkan tools ini? Namun jika kamu masih belum paham mengenai Data Studio, pada artikel ini DomaiNesia akan membahas tools milik Google ini hingga cara menggunakan Google Data Studio. Cari tahu sekarang juga!

Google Data Studio Adalah….

Google Data Studio adalah tools gratis milik Google yang digunakan untuk visualisasi data. Jadi kamu bisa membuat sebuah dashboard yang interaktif dan juga menyusun laporan yang mudah dimengerti menggunakan tools gratis ini.

Meskipun gratis, namun tools ini memiliki berbagai fitur keren yang mudah digunakan, sehingga semua orang bisa menggunakannya termasuk pemula sekalipun.

Apakah kamu beranggapan bahwa tools milik Google ini hanya bisa mengolah data dari layanan milik Google saja seperti Google Sheet?

Google Data Studio

Tidak perlu khawatir, Data Studio bisa kamu hubungkan dengan banyak platform yang lain baik berupa website, layanan pihak ketiga, atau aplikasi.

Apalagi pada era digital saat ini, Data Studio bisa kamu manfaatkan untuk mengakses database layanan marketing yang nantinya berguna dalam digital marketing.

Mengapa Harus Menggunakan Google Data Studio?

Google Data Studio memiliki berbagai keunggulan dan manfaat yang bisa kamu manfaatkan untuk memudahkan dalam pemrosesan data. Apa saja alasan untuk kamu menggunakan tools ini? 

Layanan yang gratis

Layaknya layanan Google yang lain, tools satu ini bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan performa website secara cuma-cuma alias gratis.

Tanpa biaya sedikitpun kamu bisa dengan leluasa mengolah data, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi bila menggunakannya. 

Tersedia berbagai template

Bagi kamu pengguna baru, kamu tidak perlu khawatir lagi untuk menghabiskan waktu dalam menyusun dan mencari tahu penggunaannya.

Sebab, kamu bisa menggunakan banyak template yang sudah disediakan secara gratis.

Sumber : envato

Template yang disediakan bisa kamu pilih sesuai dengan bidang industri yang kamu butuhkan, misalnya saja untuk e-commerce.

Mudah untuk digunakan dan dipelajari

Meskipun powerfull dan memiliki banyak fitur, ternyata cara menggunakan Google Data Studio itu cukup mudah sehingga mudah juga untuk dipelajari bagi siapapun yang ingin menggunakannya.

Bahkan jika ingin menampilkan data tertentu saja, kamu bisa melakukannya dengan sekali klik saja.

Seperti yang dijelaskan pada poin selanjutnya bahwa tersedia berbagai template yang tentunya ini akan memudahkan penggunanya.

Masih kesulitan dalam penggunaanya? Ada banyak sumber tutorial gratis yang bisa kamu coba dan juga Google juga menyediakan tutorial untuk pembuatan laporan yang bisa kamu akses pada Google Data Forum. 

Mudah dibagikan

Laporan yang berhasil dibuat pada Data Studio selanjutnya bisa dengan mudah kamu bagikan dengan tim kamu.

Hal ini tentunya akan mendukung produktivitas dan juga mempercepat pekerjaan.

Contohnya saat menggunakan Google Docs, apabila terdapat perubahan di dalamnya maka secara realtime Data Studio mampu melakukan perubahan.

Selain itu, semua orang yang memiliki akses bisa ikut berkontribusi langsung dengan melakukan beberapa perubahan data atau input data secara bersamaan.

Menghasilkan laporan yang mudah dibaca

Google Data Studio adalah tools yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan, sebab tools ini memang membebaskan kita dalam membuat laporan penyajian data. Baik dalam hal font, warna, layout, ukuran, dan tema yang dipilih.

Dengan menghasilkan laporan sesuai kebutuhan otomatis laporan yang dihasilkan akan mudah untuk dipahami dan dibaca oleh siapapun.

Sumber : envato

Mendukung sumber data yang luas

Salah satu alasan mengapa kamu harus memilih Google Data Studio dalam pengolahan data sebab tools ini mampu melakukan integrasi dan memperoleh data dari berbagai platform marketing.

Dengan begitu maka kamu dapat memanfaatkan data tersebut untuk membangun strategi bisnis yang cocok dan ampuh.

Baca juga : Hosting murah gratis domain

Memiliki banyak opsi widget

Sering disangka bahwa Google Data Studio sama dengan tools dari Google yang lain yaitu Google Analytics.

Memang keduanya hampir sama, namun tools ini lebih memiliki fitur yang lengkap untuk mendukung bisnis kamu sebab dilengkapi dengan beragam pilihan widget mulai dari time series graph, heat graph, pie chart, dan masih banyak yang lain.

Sedangkan Google Analytics hanya menyediakan 12 diagram saja jika kamu ingin membuat laporan.

Jadi memang Google Data Studio adalah tools yang memang cocok untuk kamu pilih dalam pengelolaan bisnis.

Bagaimana Cara Menggunakan Google Data Studio?

Sebagaimana yang kita singgung di atas bahwa Google Data Studio ini mudah untuk digunakan dan juga dipelajari.

Maka dari itu cara menggunakan Google Data Studio ini cukup mudah. Penasaran bagaimana cara menggunakan Google Data Studio? Simak penjelasannya berikut.

Akses Google Data Studio

Tutorial Google Data Studio yang pertama yaitu akses Data Studio dengan menggunakan akun Google yang kamu pilih.

Jika berhasil maka kamu akan diarahkan pada halaman dashboard yang berisi beragam pilihan menu dan fitur yang bisa kamu manfaatkan nantinya. 

Tambahkan sumber data yang akan digunakan

Langkah dalam tutorial Google Data Studio berikutnya yaitu menambahkan sumber data yang akan kamu manfaatkan dalam membuat laporan.

Caranya cukup mudah dengan klik Create > Data Source. Jika sudah maka kamu akan melihat banyak deretan sumber data yang akan kamu sambungkan nantinya.

Disini kamu bisa memanfaatkan search bar untuk mencari aplikasi yang ingin kamu sambungkan.

Misalnya kamu ingin menggunakan Google Spreadsheet, langsung saja  pilih Google Spreadsheet dan klik Authorize yang berguna untuk menghubungkan Google Spreadsheet dengan Google Data Studio.

Jika sudah berhasil terhubung maka kamu bisa mengakses beragam data dan file yang ada di dalamnya yang dilanjutkan dengan pembuatan laporan. 

Baca juga : Promo hosting DomaiNesia

Buat laporan dan bagikan

Tutorial Google Data Studio yang terakhir yaitu kamu sudah siap untuk membuat laporan dari sumber data yang sudah kamu gunakan.

Caranya dengan klik Create > Report. Setelah itu akan muncul pilihan kamu ingin menggunakan data dari aplikasi apa, disini DomaiNesia tetap menggunakan Google Spreadsheet.

Kemudian dari Google Spreadsheet kamu diminta untuk memilih data mana yang akan kamu jadikan sebagai laporan dengan cara klik Tambahkan ke Laporan.

Disini kamu bisa mengkreasikan ide dan imajinasimu dengan mengedit teks, mengubah warna, mengatur tata letak, dan masih banyak lagi yang bisa kamu lakukan.

Apabila kamu ingin menambahkan metric data, maka kamu bisa mengaksesnya pada menu Data di sebelah kanan.

Pilihan diagram juga bisa kamu gunakan pada menu Add Chart pada bagian atas.

Disana kamu dapat melihat berbagai tipe diagram yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Pada menu Add Control kamu bisa menambahkan beberapa kebutuhan misalnya check box, inputan, dropdown, hingga rentang tanggal.

Jika kamu merasa laporan tersebut sudah selesai maka kamu bisa klik Share dan membagikannya pada teman di tim mu. 

Olah Bisnis Secara Profesional dengan Google Data Studio Sekarang!

Google Data Studio adalah tools gratis milik Google yang bisa dimanfaatkan oleh siapapun untuk mengolah data dalam jumlah besar atau kecil, sehingga menghasilkan laporan yang interaktif dan mudah untuk dibaca.

Ada beragam alasan mengapa kamu harus memilih tools keren satu ini, seperti mendukung banyak sumber data, dapat digunakan secara gratis, mudah digunakan dan dipelajari, menyediakan banyak template siap pakai, dan juga menghasilkan laporan yang mudah untuk dibaca.

Meskipun memiliki fitur yang lengkap, cara menggunakan Google Data Studio ini ternyata cukup mudah bahkan bagi pemula sekalipun. Maka dari itu, yuk mulai manfaatkan tools ini untuk mengolah data bisnismu secara profesional dari sekarang!

Baca Juga : Apa itu SQL? 9 Rekomendasi Situs Belajar SQL

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds