• Home
  • Berita
  • Apa itu Google Workspace ? Kelebihan Dan Kekuranganya

Apa itu Google Workspace ? Kelebihan Dan Kekuranganya

Oleh Mila Rosyida

Siapa yang tidak kenal produk Google, hampir semua produk Google digunakan oleh banyak kalangan. Mulai dari pelajar, instansi pemerintahan, hingga perusahaan-perusahaan besar.

Semua produk Google yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum ini dikemas dalam suatu space dengan sebutan Google Workspace.

Di dalam induk produk inilah terdapat banyak sekali produk-produk Google yang sering kamu gunakan seperti Gmail, Gdrive, Gdocs, GSheet, dan masih banyak lagi.

Yuk langsung saja kenali lebih dalam Google Workspace hingga bagaimana cara mendaftar di Google Workspace.

Apa itu Google Workspace ?

Google Workspace adalah layanan milik Google yang didalamnya menyediakan banyak fitur atau tools yang dapat membantu kamu dalam melakukan suatu pekerjaan.

Induk produk Google ini dulunya adalah G Suite. Namun sekarang telah berganti nama dan pastinya lebih baik dan bermanfaat buat kamu.

Mengapa disebut dapat membantu pekerjaan? Tentu saja hal ini karena tools yang ditawarkan oleh Google dapat meringankan dan memudahkan pekerjaan kamu.

google workspace

Misalnya kamu membutuhkan email agar dapat berkirim pesan dengan rekan kerja atau teman di beda negara, kamu bisa memanfaatkan Gmail.

Selain itu juga misalnya apabila kamu seorang mahasiswa yang sedang bekermengerjakan tugas kelompok, kamu bisa memanfaatkan Gdocs untuk berkolaborasi dengan teman-teman kamu.

Gdocs menerima perubahan secara real-time dan secara otomatis akan disimpan. Mudah bukan?

Apa perbedaan Google Workspace Dengan G Suite?

Oke, tadi sudah sedikit dikatakan bahwa dulunya induk produk Google ini adalah GSuite. Lalu apakah perbedaanya? Sebenarnya pada dasarnya hanya nama saja yang berubah.

Namun adanya perubahan pasti ada tujuan tertentu. Begitu juga dengan perubahan dari GSuite ke Google Workspace ini. Perubahan tersebut terjadi pada perkembangan fitur yang ada di dalam Gsuite.

Inti dari perubahan ke Google Workspace adalah adanya integrasi. Semua produk atau fitur yang ada di Google Workspace dalam digunakan apabila pengguna sudah memiliki akun Google.

Melalui akun tersebut, semua produk dapat terintegrasi atau terhubung. Misalnya seperti saat kamu ingin menggunakan Gdocs, nah Gdocs yang dibuat secara otomatis akan disimpan didalam Gdrive akun Googlemu. Begitu pula dengan tools atau fitur yang lainnya.

Kapan saya harus menggunakan Google Workspace?

Tentu kamu bisa menggunakan Google Workspace kapan dan dimana saja. Kamu bisa memilih fitur atau tools tidak hanya satu yang dapat memudahkan pekerjaan kamu.

Misalnya saat kamu membutuhkan kolaborasi dengan teman kamu, melakukan meeting dengan rekan kerja, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa menggunakan semua tools pada Google Workspace ini kapan saja dan dimana saja asalkan terhubung dengan internet.

Eitss yang pasti kamu tidak lupa email dan password akun Google kamu ya!

Kelebihan Google Workspace

Sudahkah kamu paham dengan Google Workspace ini? Selanjutnya ada beberapa kelebihannya yang harus kamu ketahui, antara lain :

1. Biaya Operasional Lebih Hemat

Apabila kamu memanfaatkan layanan Google yang satu ini, pasti biaya operasional yang seharusnya kamu keluarkan akan lebih hemat.

Mengapa begitu? Hal ini karena beberapa tools pada induk produk Google ini dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis. Cukup punya akun saja, kemudian kamu bisa memanfaatkannya dengan maksimal.

Ingat ya DomaiNesians! Hampir semua tools Google Workspace gratis, namun apabila kamu ingin mendapatkan fitur yang maksimal kamu bisa menggunakan yang berbayar.

2. Buat Email Dengan Nama Domain Sendiri

Selain lebih hemat, kamu bisa juga loh membuat email dengan nama domain sendiri. Misalnya kamu memiliki bisnis florist. Lalu kamu memiliki domain dengan nama tutiflorist.com.

Nah dengan memanfaatkan Google Workspace ini kamu bisa menjadikan nama domain sebagai alamat email seperti admin@tutiflorist.com, marketing@tutiflorist.com, sehinnga menimbulkan kesan yang lebih profesional bukan?

Untuk membuat email dengan nama domain sendiri, selain menggunakan Google Workspace, kamu juga bisa menggunakan email hosting.

Baca Juga : Membuat Email dengan Domain Sendiri di cPanel

3. Sistem Keamanan Yang Baik

Dalam hal keamanan, tidak diragukan lagi. Google Workspace dirancang bedasarkan Google Cloud Platform.

Google Cloud Platform sendiri terkenal dengan keamanannya yang tinggi dan dipercaya oleh perusahaan besar di dunia seperti HP, Verizon, Whirlpool, dan Salesforce.

Jadi sistem keamanan layanan ini sudah pasti aman.

Sumber : envato

4. Bisa Mention Rekan Kerja di Email dan Chat

Mention adalah salah satu kelebihan lain yang dimiliki oleh Google Workspace. Dengan mention ini, kamu bisa mengetik nama rekan kerja cukup dengan diawali tanda “@.”

Apabila kamu menggunakannya saat ingin mengirim email dan di kolom To kamu ketik @... maka secara otomatis nama rekan kerja yang dituju akan muncul.

Selain email, fitur mention ini juga dapat digunakan pada comment Gdocs dan GSheet. Dengan mention, akan memudahkan kamu dalam berkomunikasi secara teks dengan rekan kerja.

5. Bisa Preview Dokumen Tanpa Download

Preview salah satu fitur andalan Google. Dengan melalui preview, apabila melihat dokumen tidak perlu untuk mengunduh dokumen tersebut.

Selain tidak menghemat kuota internet, juga menghemat kapasitas penyimpanan.

Perbedaan Google Workspace Berbayar vs Gratis

Semua layanan baik yang gratis maupun berbayar, pasti memiliki perbedaan. Berikut ini perbedaan layanan Google Workspace berbayar dan gratis :

  • Khusus layanan berbayar, kamu bisa memanfaatkan nama domain sebagai alamt email kamu. Sehingga alamat email membentuk nilai tidak abal-abal dan profesional.
  • Setiap Gdrive memiliki kapasitas limited nya. Tentu untuk layanan yang berbayar memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar sehingga kamu bisa menyimpan segala jenis data dengan bebas. Kapasitas penyimpanan yang ditawarkan hingga ukuran Tera.
  • Pada layanan video conference atau dikenal dengan Google Meet memiliki durasi yang berbeda antara layanan gratis dengan berbayar. Selain itu juga kapasitas peserta yang bergabung dalam video conference lebih besar pada layanan berbayar daripada layanan gratis.

Harga Langganan Google Workspace

Terdapat 4 paket langganan berbayar yang bisa kamu nikmati pada induk produk Google yang satu ini. Keempat paket layanan tersebut meliputi :

Business Starter

Untuk paket stater dimulai dengan harga 3.6 dollar yang apabila dikonversi ke dalam mata uang Indonesia sebesar 50an ribu rupiah per user dan per bulan.

Pada paket ini disediakan fitur kustom email bisnis beserta keamanannya. Selain itu juga video conference dapat menampung sekiar 100 partisipan.

Untuk kapasitas penyimpanan juga sebesar 30 GB. Dan juga tentu dilengkapi dengan terjaminnya keamanan dan manajemen kontrol.

Business Standard

Sedangkan untuk paket plus dimulai dengan harga 8.4 dollar per user dan per bulan yang apabila dikonversi ke dalam mata uang Indonesia sebesar 120an ribu rupiah.

Pada paket ini disediakan fitur kustom email bisnis beserta keamanannya. Selain itu juga video conference dapat menampung sekiar 150 partisipan.

Untuk kapasitas penyimpanan juga sebesar 2 TB. Dan juga tentu dilengkapi dengan terjaminnya keamanan dan manajemen kontrol.

Business Plus

Sedangkan untuk paket plus dimulai dengan harga 18 dollar per user dan per bulan yang apabila dikonversi ke dalam mata uang Indonesia sebesar 200an ribu rupiah.

Pada paket ini disediakan fitur kustom email bisnis beserta keamanannya. Selain itu juga video conference dapat menampung sekiar 500 partisipan.

Untuk kapasitas penyimpanan juga sebesar 5 TB. Dan juga tentu dilengkapi dengan terjaminnya keamanan dan manajemen kontrol.

Enterprise

Khusus paket enterprise ini kamu bisa request atau melakukan kustom sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau bisnismu.

Mulai dari request requirement email bisnis, kapasitas penyimpanan, hingga fitur-fitur yang menunjang dan memudahkan bisa kamu request pada paket ini. Caranya cukup dengan menghubungi kontak sales Google.

Apa saja yang tersedia di Google Workspace?

Banyak sekali produk aau tools yang ada di dalam induk produk Google ini. Ada 2 kategori produk meliputi produk berupa aplikasi dan keamanan & manajemen.

Untuk kategori aplikasi, sudah biasa kamu gunakan seperti Gmail, Gdocs, GSheet, Gdrive, GCalendar, Gmeet, Gslide, Gforms.

Sedangkan untuk kategori keamanan dan manajemen meliputi GAdmin, GEndpoint, GVault, dan GWork Insights.

Bagaimana cara mendaftar di Google Workspace?

Pengen menikmati beberapa tools yang dimiliki Google Workspace? Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Masuk Akun Google. Setelah itu kamu bisa klik Start Free Trial.
  • Lalu kamu akan diminta mengisikan beberapa kolom seperti gambar di bawah ini. Isikan kolom tersebut sesuai dengan aturan yang diminta. Ikuti arahan hingga selesai

Tertarik dengan Google Workspace?

Buat kamu yang tertarik menggunakan beberapa tools dari Google Workspace langsung saja untuk mendaftar di website Google Workspace.

Sudah ada tools yang support dan mudah digunakan di seluruh kalangan, yuk segera daftar Google Workspace.

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds