Kenapa Harus Pakai VPS untuk Website?3 min read

Hai DomaiNesians! Sebelum kamu bikin website, kamu pasti Googling dulu kan bagaimana caranya? Nah, pasti kamu sering menemukan istilah VPS kan? Terus kamu pasti akan menemukan alasan-alasan positif kenapa harus pakai VPS. Buat yang udah paham, tentu paham soal VPS dan kegunaannya. Nah, buat kamu yang masih awam, DomaiNesia akan memberikan gambaran soal VPS.

VPS secara sederhana adalah sebuah server virtual yang sumber dayanya berasal dari server fisik. Sumber daya yang ada di server fisik nantinya akan dibagi ke beberapa server virtual.

Kalau kamu pernah mendengar nama Virtual Machine (VM) atau Virtual Server (VS), sebenarnya mereka memiliki arti yang sama. Cuma istilahnya saja yang berbeda.

Lantaran VPS adalah server, maka VPS juga bisa menjadi hosting bagi website. Lalu, apa bedanya VPS dengan hosting pada umumnya? Terus, apa kelebihan VPS? Kita pelajari bareng-bareng yuk, DomaiNesians.

Bedanya VPS dan Hosting

kenapa harus pakai VPS

source: Freepik

Sebenarnya, apa bedanya VPS dan hosting? Bukannya sama-sama sebagai tempat penyimpanan? Memang, pada dasarnya VPS dan hosting itu sama, DomaiNesians. Lantaran prinsipnya yang sama sebagai tempat penyimpanan data-data yang ada di web, VPS dan hosting sering disamakan oleh sebagian orang. Cuma, tetap ada bedanya di antara dua istilah itu. Lalu, apa bedanya?

Bedanya antara VPS dan hosting ada di akses root, kebutuhan sumber daya, dan sistem operasi.

Di VPS, kamu akan mendapatkan akses root. Apa gunanya? Akses root ini sangat berguna ketika kamu harus mengutak-atik VPS kamu. Kamu bisa mengatur server sesuai keinginanmu. Kamu tidak akan mendapatkan akses root kalau pakai hosting. Jadi, kamu tidak akan bisa mengutak-atik server sesuai keinginan kamu.

Bedanya yang kedua adalah soal kebutuhan sumber daya. Kamu bisa memilih RAM, bandwidth, kapasitas penyimpanan SSD, dan core CPU sesuai keinginan kamu, karena kamu memiliki akses root. Bandingkan dengan hosting, kamu akan kesulitan untuk memilih sumber daya yang sesuai keinginan kamu.

Terakhir, kamu bisa menginstal sistem operasi di VPS. Lantaran VPS adalah “komputer” virtual yang mampu mengutak-atik server dengan akses rootnya, kamu bisa menginstal sistem operasi yang cocok dengan kamu. Kamu tidak akan bisa melakukan hal itu kalau kamu pakai hosting.

Kenapa Harus Pakai VPS?

kenapa harus pakai VPS

source: Freepik

Nah, sekarang udah tahu kan perbedaan VPS dan hosting? Berarti udah mulai terbayang kan enaknya kenapa harus pakai VPS? Jadi, kenapa harus pakai VPS dibanding hosting adalah stabilitas, akses kontrol, ramah energi, dan harga yang masuk akal.

Kelebihan VPS yang pertama adalah stabilitas. Kalau kamu pakai shared hosting, stabilitas website kamu akan dipengaruhi oleh website lain yang berada di server sama. Artinya, ketika satu website lambat, maka website lain akan cenderung ikut lambat. Beda kalau VPS. Meskipun satu server, setiap VPS akan terisolasi dengan VPS lain. Jadi, stabilitas satu website tidak akan dipengaruhi oleh website lain.

Alasan kedua kenapa kamu harus pakai VPS adalah akses kontrol. Dijelaskan di atas kalau kelebihan VPS adalah adanya akses root. Dengan adanya akses root, kamu bisa melakukan aktivitas apa saja di server. Kamu bisa mengutak-atik server, kamu bisa pasang sistem operasi sendiri, dan lain-lain. Bandingkan dengan shared hosting yang hanya bisa kamu pakai tapi gak bisa kamu utak-atik.

Ketiga adalah soal ramah energi. Dengan adanya VPS, penggunaan server fisik bisa digunakan semaksimal mungkin. Buat kamu yang pakai VPS atau hosting mungkin tidak akan terasa dampaknya. Tapi, bagi penyedia jasa hosting, adanya VPS mampu membuat mereka meminimalisir penggunaan server fisik.

Keempat adalah harga yang masuk akal. Siapa bilang VPS hosting itu mahal? Dengan fitur dan kelebihan yang kamu dapatkan, harga VPS sungguh masuk akal. Hanya dengan 100 ribu rupiah per bulan, kamu sudah bisa mendapatkan VPS hosting. Harga yang masuk akal, bukan?

Kesimpulan

Jadi, kenapa harus pakai VPS, DomaiNesians? Karena kamu akan mendapatkan hal yang lebih kalau kamu pakai VPS. Website kamu akan lebih aman, lebih cepat, dan lebih bisa kamu kustomisasi sesuai keinginan kamu. Jadi, mau bikin website? Langsung bikin aja pakai VPS hosting.

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar