• Home
  • Berita
  • Let’s Encrypt: Sertifikat SSL Gratis Tersedia di DomaiNesia

Let’s Encrypt: Sertifikat SSL Gratis Tersedia di DomaiNesia

Oleh Mutiara Auliya
let's encrypt

Apa itu SSL dan Let’s Encrypt?

Setiap aktivitas yang terjadi di internet memungkinkan seseorang harus berbagi informasi mengenai akun pribadinya seperti pada saat login, mendaftar email, berbelanja online, maupun transaksi internet banking. Tentu saja hal tersebut berisi informasi yang sangat pribadi bukan? Bayangkan apabila informasi pribadi anda dicuri oleh orang lain. Nomor rekening anda dapat terekam serta alamat pribadi dan nomor telepon dapat disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu, SSL pada website sangat dibutuhkan. SSL (Secure Socket Layer) dan TLS (Transport Layer Security) berfungsi sebagai pengaman suatu website dengan membuat suatu jalur terenkripsi antara website dan web browser.

Biasanya pada URL suatu website yang memiliki sertifikat SSL akan bertransformasi menjadi HTTPS bukan lagi HTTP. Dulu, untuk mendapatkan pengaman website seperti ini anda harus membeli SSL yang berbayar. Namun, tenang saja bagi anda yang ingin mendapatkan sertifikat SSL secara gratis maka dapat menggunakan Let’s Encrypt! Dikutip dari letsencrypt.org, Let’s Encrypt merupakan Free Open Certificate Authority yang menyediakan fasilitas sertifikat SSL gratis bagi masyarakat umum. Let’s Encrypt dirilis ke publik pada 12 April 2016 oleh Internet Security Research Group (ISRG).

let's encrypt

Tidak menemukan menu Lets Encrypt di cPanel? Coba gunakan AutoSSL: Instalasi SSL Otomatis di Hosting

Mengapa harus menggunakan Let’s Encrypt?

Dengan menggunakan sertifikat SSL pada Let’s Encrypt maka terdapat beberapa keuntungan yang dapat anda dapatkan.

  1. Gratis

Setiap orang yang ingin menggunakan Let’s Encrypt tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Walaupun gratis, sertifikat SSL pada Let’s Encrypt tetap terpercaya.

  1. Otomatis

Suatu website yang ingin memanfaatkan sertifikat SSL yang ada di Let’s Encrypt maka akan terintegrasi secara otomatis. Anda hanya cukup setting pada cPanel, maka otomatis SSL akan anda dapatkan.

  1. Aman

Walaupun gratis, Let’s Encrypt tetap mengutamakan keamanan. Dengan menggunakan keamanan pada platform TLS maka data anda dijamin aman.

  1. Transparan

Let’s Encrypt bekerja secara transparan. Tidak ada yang ditutup- tutupi. Semua sertifikat SSL akan direcord dan dapat anda lihat apabila terjadi hal- hal yang kurang berkenan.

  1. Terbuka

Apabila ada protokol baru maka pihak Let’s Encrypt akan membagikan informasi tersebut kepada anda. Dan anda dapat mengadopsi protokol tersebut secara gratis.

  1. Kooperatif

Let’s Encrypt dapat bekerja sama dengan berbagai komunitas ataupun organisasi lain.

Baca Juga : Apa Itu SSL? Manfaatnya Bagi Website Bisnis

Apakah di DomaiNesia dapat menggunakan SSL Let’s Encrypt?

Tentu saja, seluruh akun hosting di DomaiNesia dapat menggunakan sertifikat SSL Let’s Encrypt secara GRATIS tanpa biaya tambahan. Dengan kombinasi domain dan hosting dari DomaiNesia serta fasilitas SSL Let’s Encrypt ini, anda dapat membuat website anda aman dan terhindar dari indikasi pencurian data! Untuk menggunakan fasilitas SSL Let’s Encrypt Gratis di DomaiNesia dapat dilihat di Cara Install Let’s Encrypt

 

Mutiara Auliya

Hi! I am Data Analyst and Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)


anagroup.id
December 12, 2021

Ngeri juga, baru tau sangat bahaya sekalai pakai jingling, pantas web saya susa muncul, Thk Infonya...

Teologia Reformed
November 11, 2021

Bagus artikelnya. Ini artikel yang saya cari untuk menaikkan rank web

Belitung Tour
September 20, 2020

bermanfaat sekali, artikel yang berguna, terima kasih.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds