Get Unlimited Benefits With Hosting Super DomaiNesia7 min read

Membahas tentang hosting sepertinya tidak ada habisnya ya, DomaiNesians. Untuk memahami hosting itu sendiri mungkin memerlukan beberapa waktu, apalagi ditambah dengan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Sebagai konsumen memang sudah sebaiknya kamu mengenal produk dengan baik sebelum memutuskan untuk membeli. Karena setiap paket memiliki kapasitas yang berbeda, maka apa yang bisa kamu nikmati tentu akan berbeda pula. Mengenal produk dengan baik juga akan membantu kamu memahami permasalahan terkait hosting yang mungkin akan terjadi. Oleh karena itu, artikel ini akan mengupas tuntas fitur apa saja yang ada di Paket Hosting Super DomaiNesia, supaya kamu mengenal produk kami lebih baik. Karena tak kenal, maka Tata Young.

Spesifikasi Hosting

Jumlah core pada CPU

CPU atau Central Processing Unit adalah sebuah perangkat komputer yang melakukan semua instruksi yang berasal dari perangkat lunak komputer. CPU ini bisa diumpamakan sebagai otak sebuah komputer. Di dalam sebuah CPU, terdapat processor atau core, yang berfungsi mengatur segala jenis aktivitas yang terjadi di dalam komputer. Tadi sempat disebutkan bahwa CPU melakukan instruksi yang berasal dari perangkat lunak komputer. Perangkat lunak yang dimaksud adalah website kamu. Jadi, ketika kamu klik salah satu tombol di website, CPU akan instruksi tersebut. Lalu apa pentingnya fitur core CPU ini? Core pada CPU akan membantu meningkatkan performa website. Paket Hosting Super memiliki CPU dengan core 1 GHz. Hosting dengan CPU core 1 GHz sudah cukup untuk website seperti online shop, web sekolah, atau web pemerintah dengan estimasi hingga 2000 pengunjung harian.

RAM dan SSD Disk Space

RAM atau Random Access Memory adalah sebuah memori sebagai tempat penyimpanan data sementara. Semakin besar RAM, semakin cepat pula hosting memproses website. Paket Hosting Super menawarkan RAM 768 MB. RAM tersebut didukung juga dengan SSD Disk Space, yang merupakan kapasitas hosting itu sendiri. Supaya lebih mudah, kamu bisa membayangkan SSD Disk Space seperti Hardisk. Layanan hosting yang berkualitas pasti akan menyediakan SSD atau Solid State Drive sebagai media penyimpanan. DomaiNesia menyediakan SSD untuk semua paket hosting, jadi kamu tidak perlu ragu menggunakan layanan kami. Keunggulan menggunakan SSDdiantaranya adalah proses booting dan transfer data lebih cepat, maintenance juga semakin mudah karena tidak memerlukan waktu lama untuk scanning virus atau cleaning, serta lebih hemat daya listrik. Paket Hosting Super memiliki kapasitas 2 GB. Kapasitas hosting ini sudah bisa dikatakan besar dan mampu menampung data-data seperti database, gambar-gambar website, dan email.

Bandwidth, Inodes, VMEM, dan PMEM

Bandwidth adalah volume informasi per unit waktu yang bisa ditangani oleh media transmisi. Bandwidth sering diumpamakan seperti pipa, sementara data untuk bandwidth diumpamakan sebagai air yang mengalir melalui pipa (bandwidth). Jadi ketika diameter pipa (bandwidth) meningkat, jumlah air juga akan meningkat.

Inodes merupakan struktur data yang digunakan sebagai media penyimpanan semua informasi terkait file yang ada di akun hosting. Informasi tersebut seperti email, file, folder, dan semua yang kamu unggah atau simpan di dalam server. Inodes juga bisa diartikan sebagai jumlah file yang bisa ditampung dalam satu akun hosting. Jika Inodes penuh nantinya akan mempengaruhi performa hosting.

Kemudian, VMEM adalah Virtual Memory, sedangkan PMEM adalah Physical Memory. VMEM merupakan memori virtual yang diambil dari SSD, sementara PMEM diambil dari RAM. ukuran RAM biasanya akan sama dengan ukuran PMEM. Jadi, semakin besar PMEM, semakin cepat pula proses-proses di website. Semua paket hosting di DomaiNesia, memiliki ukuran yang unlimited untuk bandwidth, inodes, dan VMEM. Kamu tidak perlu takut website akan melambat, karena kami hanya menyediakan layanan terbaik, paket apapun yang kamu pilih nantinya. Sementara PMEM di Paket Hosting Super adalah sebesar 768 MB.

EP, NPROC, IO, dan IOPS

EP atau Entry Processes bertugas mengatur banyaknya script web yang berjalan tiap waktu. Jika kamu punya hosting dengan 15 EP, artinya dalam satu waktu milisecond ada 15 pemrosesan script web. Sesuai dengan namanya Entry Processes, proses ini berkaitan dengan berapa banyak pengunjung yang bisa mengakses website. Banyak orang bingung tentang berapa jumlah pengunjung yang akan didapatkan di website mereka. Batas EP 15 bukan berarti hanya 15 pengunjung saja yang bisa membuka website. Perlu diingat bahwa EP mampu menyelesaikan prosesnya sepersekian detik saja, dan tidak mungkin 15 pengunjung tersebut mengakses pada detik yang persis sama. 10 EP diperkirakan mampu menangani 30-40 pengunjung dalam satu waktu. Paket Hosting Super sendiri memiliki 15 EP. ENPROC atau Entry Number of Processes, pada dasarnya sama dengan EP. Namun NPROC tidak hanya mengatur banyaknya script web, namun aplikasi web server dan database yang berjalan setiap waktu. Layanan hosting rata-rata memiliki minimal 100 NPROC.

paket hosting super

Sumber: Pixabay

IO adalah singkatan dari Input Output. IO dalam sebuah hosting atau server merupakan kecepatan baca (read) dan menulis (write) dalam suatu hardisk. Jadi, jika IO dalam sebuah hosting itu buruk, website kamu akan lambat ketika diakses karena kecepatan IO dalam membaca file tidak cepat. Sementara IOPS adalah Input Output Per Second. Jumlah yang tertera pada IOPS menunjukan berapa banyak IO yang bisa dilakukan secara bersamaan dalam satu waktu. Di sini, peran storage sangat penting. Itulah mengapa DomaiNesia menggunakan SSD. Untuk mendapatkan IOPS yang tinggi, storage yang dipakai adalah storage dengan kualitas seperti SSD. Paket Hosting Super ini memiliki IO 25600 kBps dan IOPS sebanyak 3072. Satu lagi fitur yang menjamin website kamu tidak akan lambat.

Memcached Instance, Akses SSH, DNS Manager, FTP (File Upload)

Memcached adalah fitur yang bisa mempercepat aplikasi web dinamis. Pekerjaan hosting akan lebih ringan dengan menggunakan Memcached ini. Kalau kamu ingin punya website dengan tampilan dinamis dan banyak fitur, sangat disarankan untuk menggunakan paket hosting yang memiliki fitur ini.

SSH atau Secure Shell merupakan sebuah protokol jaringan kriptografi untuk komunikasi yang aman. SSH inilah yang memberikan akses untuk kamu yang ingin melihat aktivitas server, memonitor server, melihat direktori server, merestart server dan melihat job server. Namun tidak semua paket hosting punya akses ini ya, DomaiNesians. Fitur ini hanya ada mulai dari Paket Hosting Super. Kamu perlu akses SSH jika sewaktu-waktu ingin melakukan pengecekan konfigurasi. Dengan akses ini, kamu tidak perlu susah-susah, cukup terhubung dengan internet, kemudian mengakses server melalui SSH.

DNS atau Domain Name System merupakan salah satu fitur yang memudahkan kamu dalam mengatur dan mengelola DNS record. DNS ini akan membantu buat kamu yang memiliki domain dan hosting yang terpisah. Kamu juga bisa menggunakan DNS untuk mengarahkan domain ke VPS.

Sementara FTP atau File Transfer Protocol merupakan fitur yang akan membantu kamu mengunggah file website di hosting. Kamu bisa mendapatkan fitur Memcached Instance, Akses SSH, DNS Manager, FTP di Paket Hosting Super ini ya DomaiNesians.

WordPress Accelerator

WordPress Accelerator merupakan fitur untuk melakukan optimalisasi website WordPress. WordPress Accelerator merupakan kombinasi dari fungsi Memcached dan W3 Total Cache yang bertujuan untuk meningkatkan performa website. Ada banyak manfaat WordPress Accelerator ini, diantaranya adalah mempercepat loading website dan aplikasi website dinamis, meringankan load database, meningkatkan peringkat website di mesin pencari, dan lain-lain.

Harga dan Domain

Kamu akan dikenakan biaya Rp 32.000 per bulan untuk Paket Hosting Super. Paket ini juga memiliki garansi selama 10 hari. Jika kamu tidak puas dengan layanan yang disediakan, kamu bisa mengirim tiket untuk pengembalian uang dan membatalkan akun DomaiNesia. Tidak hanya itu, kalau kamu membeli paket ini, kamu akan mendapatkan gratis domain, unlimited website, subdomain dan parked domain.

paket hosting super

Sumber: Pixabay

Development dan AutoInstaller

Paket Hosting Super menawarkan unlimited database dan mendukung banyak bahasa pemrograman seperti Multiple PHP (4.x, 5.x, 7.x), Bash, Go, Node.js, Python, Ruby, MySQL, PostgreSQL, SQLite, Git Repository. Kamu juga akan mendapatkan autoinstaller seperti Softaculous. Softaculous adalah installer yang ada di hosting, bertujuan untuk memudahkan instalasi berbagai CMS seperti WordPress, Joomla, Drupal, serta beragam aplikasi website yang open source. Namun untuk paket hosting ini, disarankan menggunakan CMS WordPress atau Ghost. Dengan bantuan Softaculous juga yang akan membantu kamu membangun website dengan mudah.

Performance & Security

Semua paket hosting DomaiNesia juga dilengkapi dengan banyak pilihan plugin pengamanan seperti CloudFlare, Railgun, Patchman Security, Anti-virus, CageFS, Nginx, LiteSpeed SAPI, BitNinja Security, Lets Encrypt Free SSL. Semua pilihan tersebut bisa kamu dapatkan secara gratis jika membeli layanan hosting di DomaiNesia. Paket Hosting Super DomaiNesia menawarkan banyak fitur yang sekiranya bisa memberikan manfaat lebih untuk penggunanya. Kami juga berusaha memberikan fitur-fitur unlimited supaya kamu bisa lebih berekspresi melalui digital presence tanpa batasan apapun. Tunggu apa lagi? Yuk, #LangsungBikinAja

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar