• Home
  • Berita
  • Perhatikan Ini Sebelum Membuat Website Travel Agen

Perhatikan Ini Sebelum Membuat Website Travel Agen

Oleh Argadahana
5/5 (1)
Perhatikan Ini Sebelum Membuat Website Travel Agen

Kini untuk memiliki sebuah bisnis, kamu tak lagi perlu membangun sebuah kantor yang megah dan berlokasi strategis. Memang, keduanya mungkin perlu untuk di kemudian hari setelah bisnis milikmu berkembang. Namun, untuk memulainya kamu bisa menggunakan website sebagai pondasinya.

Salah satu jenis bisnis yang cukup panas kini adalah agen perjalanan atau travel agency. Banyak sekali website travel agensi yang bisa kita temui sekarang. Bahkan beberapa malah hanya menggunakan media sosial Instagram sebagai portofolionya.

Sebagai pemilik agen travel baru, mungkin kamu tidak tahu harus bagaimana ketika membuat website travel. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membuat website agen travel milikmu.

WordPress Untuk Website Travel Agency

WordPress merupakan salah satu CMS (content management system) yang populer dan banyak digunakan. Untuk kamu yang ingin memulai bisnis agen perjalanan, menggunakan WordPress merupakan awalan yang baik. Karena WordPress memiliki berbagai plugin, tema, dan banyak hal yang bisa dieksplor lebih lanjut.

logo wordpress

WordPress bisa menjadi sebuah alat yang memiliki fungsi yang berbeda-beda, tergantung kebutuhan yang kamu inginkan. Misalnya, kamu ingin sebuah website yang bisa melakukan akses pencarian tempat wisata yang tersedia atau melakukan booking. Website WordPress milikmu juga harus enak dipandang dan diakses sehingga lebih menarik untuk pengunjung yang datang. Kamu bisa menambahkan galeri foto atau peta perjalanan agar lebih profesional.

Jangan Lupa Membuat Blog

Blog bisa dibilang adalah bahan bakar untuk mempromosikan website milikmu. Dengan sebuah blog kamu bisa mengoptimalkan kata kunci pencarian sehingga pengunjung lebih banyak datang ke website milikmu. Jadi, jangan pernah lupa membuat blog untuk website yang telah kamu buat. Dan untuk ini, WordPress adalah portal yang paling tepat.

DomaiNesians bisa menggunakan blog baik sebagai landing page, maupun portal blog. Kamu bisa menggunakan fitur Instant Deploy untuk menginstall WordPress secara otomatis melalui DomaiNesia. Atau bisa juga secara manual melalui cPanel jika sudah memiliki sebuah paket hosting.

Perhatikan Keamanan Website dengan SSL

Sebagai agen travel tentunya kamu harus bisa mengelola database pengguna website milikmu. Kamu tidak bisa hanya sekedar menggunakan Excel untuk mengelolanya. Nah, untuk itu website yang kamu buat harus bisa mengelola software CRM.

ssl sectigo

Melalui backend kamu dapat mengelola semua customer yang masuk, invoice, pembayaran dan semua informasi klien. Tidak hanya bisa mengelola, tapi juga harus aman. Kamu bisa menambahkan SSL untuk melindungi semua data tersebut.

Sertifikat SSL ada yang bersifat gratis yaitu Let’s Encrypt dan ada juga yang berbayar misalnya Sectigo,  GeoTrust, dan Digicert. Kamu bisa mendapatkan informasi lebih lengkapnya pada halaman SSL DomaiNesia.

Desain yang Baik

Ketika DomaiNesians memulai sebuah website travel agen, kamu harus memastikan bahwa website yang kamu buat memiliki desain yang baik. Jika kamu memiliki skil teknis yang tidak seberapa besar, kamu bisa menggunakan plugin WordPress misalnya Elementor. Dengan menggunakan Elementor kamu hanya perlu drag and drop dan website dapat dibuat dengan lebih mudah.

Memilih Paket Hosting yang Tepat

Untuk bisa membuat sebuah website travel agen yang baik, pemilihan paket hosting juga perlu diperhatikan. Misalnya, seberapa besar kapasitas yang ditawarkan atau faktor keamanan yang baik. Kamu bisa mempertimbangkan paket hosting Super DomaiNesia sebagai satu-satunya pilihan terbaik.

Paket hosting Super DomaiNesia memiliki kapasitas 2 gigabytes yang sudah cukup untuk diinstall WordPress. Selain itu, untuk kamu pengguna website pemula dapat menggunakan aplikasi Instant Deploy untuk mempermudah instalasi WordPress ke dalam hosting. Tidak hanya itu, kamu juga berhak untuk mendapatkan satu domain gratis selama satu tahun dan SSL Let’s Encrypt.

Argadahana

Mass communication enthusiast, currently finishing MBA @UGM. Got critics, suggestions, or want to discuss this topic more? Feel free to hit me on my social accounts. :D

Artikel

Lainnya


Fadhil Muhammad
November 11, 2020

Hallo kak izin berkomentar, untuk tahun 2014 sampai sekarang DA ini sudah tidak pengaruh kak. kalau seandainya kita bahasnya White Hat. karena google sendiri sudah tidak support terhadap DA.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!