• Home
  • Berita
  • Link adalah Sebuah Penghubung, Kenali Lebih Dekat Disini!

Link adalah Sebuah Penghubung, Kenali Lebih Dekat Disini!

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Link adalah istilah yang umum didengar terutama bagi kamu pengguna sosial media dan juga internet. Secara bahasa, link artinya koneksi. Namun, biasanya link ini digunakan untuk membagikan video, postingan kepada orang lain, atau bahkan untuk mencari penghasilan. 

Ternyata link itu masih memiliki beberapa jenis loh. Ingin tahu apa saja jenisnya? Kamu membaca artikel yang tepat karena pada artikel ini DomaiNesia akan memberikan penjelasan mengenai pengertian artikel, fungsi, dan jenis link itu sendiri. Yuk simak terus penjelasannya sampai akhir!

Link adalah Penghubung

Seperti yang sudah kita singgung di awal bahwa link adalah koneksi. Namun, pengertian lebih lengkapnya link adalah sebuah alamat yang menghubungkan satu halaman dengan halaman lainnya untuk memudahkan pengguna dalam mengakses berbagai informasi. Tahukah kamu bentuk dari link? 

Nah jika kamu pernah menjumpai ada suatu tulisan berwarna biru dan dapat di klik pada suatu artikel atau tulisan, berarti itu adalah link. Link ini bisa disematkan pada beberapa hal seperti teks, gambar, atau elemen HTML.

link adalah
Sumber: Envato

Jika kamu berkecimpung di dunia marketing, pasti sudah tahu bahwa link juga berperan penting dalam SEO. Dengan menggunakan link, kamu dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung yang mengunjungi website kamu. Ditambah lagi link tersebut mengandung keyword yang dicari dan juga mengarahkan pada website yang terkenal dan terpercaya. Secara lengkap, apa sih fungsi link? Temukan jawabannya pada poin setelah ini.

Apa Fungsi Link?

Kita sudah membahas sebelumnya bahwa link memiliki peran yang cukup signifikan pada sebuah website. Selain untuk membagikan konten dan juga menghubungkan antar halaman, ternyata masih banyak loh fungsi link yang lain. Apa aja sih? Yuk simak fungsi link berikut ini.

1. Mempermudah mencari informasi

Fungsi link yang pertama yaitu mempermudah pengguna untuk mencari informasi. Jika kamu menemukan sebuah artikel yang bertuliskan warna biru dan jika kamu klik maka kamu akan diarahkan pada suatu halaman maka hal itu dapat mempermudah kamu untuk mencari dan menggali lebih dalam informasi yang ada pada situs tersebut. 

2. Memudahkan untuk berbagi informasi

Memudahkan pengguna internet untuk saling berbagi informasi menjadi fungsi link berikutnya. Saat ini sosial media menjadi kebutuhan utama, nah pada sosial media itu kita bisa berbagi berbagai informasi. Biasanya informasi tersebut mengarahkan pada sebuah toko online, channel youtube, dan sebagainya. Dengan adanya link ini dapat mempermudah siapa saja untuk berbagi informasi dengan begitu orang lain yang melihatnya tidak usah bingung lagi mencarinya sendiri.  

3. Dapat dijadikan sebuah bookmarks

Selanjutnya fungsi link yaitu bisa dijadikan sebagai bookmarks. Jika kamu sering membuka sebuah website dengan berbagai alamat maka kamu menginginkan kemudahan kan dalam mengakses alamat-alamat yang bermacam-macam tersebut? Dengan adanya link ini maka kamu bisa menyimpannya dalam bentuk bookmarks. Contohnya pada browser Google Chrome maka bookmarks yang sudah kamu simpan tadi akan tampil pada bagian bawah kolom pencarian, nah disana kamu bisa mengklik dan langsung mengarahkannya pada situs website yang kamu simpan tadi. Cukup membantu kan! Dengan fungsi link ini maka kamu nggak usah bingung lagi untuk mencari alamat website yang kamu maksud.

link adalah
Sumber: Envato

4. Mempermudah untuk menemukan halaman baru

Fungsi link selanjutnya yaitu dapat mempermudah pengunjung dalam menemukan halaman web baru. Gimana maksudnya? Jadi ketika seseorang mengunjungi website dan membaca sebuah artikel biasanya terdapat eksternal link yang disematkan oleh penulis. Jika link tersebut di klik maka pengunjung akan diarahkan menuju web lain. Dengan begitu fungsi link ini dapat mempermudah pengunjung dalam mencari informasi lain.

5. Menghubungkan dokumen HTML

Selanjutnya fungsi link adalah dapat menghubungkan antar dokumen HTML dalam sebuah website. Fungsi link ini akan memudahkan pengguna website jika ingin membuka file tertentu tanpa harus mencarinya satu per satu. Dengan klik tautan yang ada di website maka otomatis membuka dokumen tertentu. 

6. Menentukan peringkat dalam mesin pencari

Dalam SEO, website yang didalamnya terdapat tautan ternyata bisa mempengaruhi peringkat pada mesin pencarian Google loh DomaiNesian! Misalnya pada sebuah artikel atau website kamu menyematkan internal link yang nantinya mengarahkan pengunjung website untuk melihat beberapa informasi lain pada website yang kamu punya. Nah fungsi link ini dapat mempengaruhi jumlah trafik atau pengunjung website kamu.

7. Dapat dijadikan identitas sebuah website

Terakhir, fungsi link adalah bisa dijadikan identitas sebuah website. Jika kamu memiliki website keberadaan identitas ini memang perlu agar pengunjung bisa memahami isi dari konten yang disajikan. Sehingga pengunjung akan tertarik untuk melihat dan menggunakan website kamu untuk mencari informasi yang lain.

Pada pembahasan fungsi link ini, kamu pasti menemukan beberapa istilah seperti internal link dan juga eksternal link. Nah keduanya termasuk jenis link. Namun masih banyak jenis link lain yang akan kita bahas. Untuk itu kita bahas satu persatu yuk!

Jenis Link Apa Saja?

Pada sebuah website ternyata banyak jenis link yang bisa digunakan loh! Apa saja jenis link nya? 

1. Backlink

Jenis link yang pertama yaitu backlink. Backlink bisa diartikan sebagai jenis link yang mengarahkan pengunjung pada halaman website lainnya. Jenis link ini membantu pengunjung website menemukan informasi tambahan jika tidak disediakan oleh situs web asli. Dengan menambahkan backlink, kamu dapat membuat konten dengan kualitas tinggi dengan informasi yang lengkap. 

Jumlah backlink juga dapat menentukan posisi website kamu di SERPs (Search Engine Result Pages). Semakin tinggi peringkat website kamu di SERPs, maka semakin bagus juga SEO nya. Backlink masih terbagi menjadi beberapa jenis seperti guest post backlink, editorial backlink, dan masih banyak lagi.

2. Internal link

Internal link adalah jenis link yang mengarahkan dari halaman satu ke halaman yang lainnya di dalam website yang sama. Internal link ini bisa memudahkan mesin pencari dalam menjelajahi, meningkatkan trafik pengunjung, dan meningkatkan peringkat website tersebut dalam mesin pencarian. 

Dengan menambahkan jenis link ini dengan menggunakan kata kunci yang relevan menjadi salah satu cara efektif yang dapat meningkatkan nilai SEO. Contohnya, kita membuat artikel, lalu di dalam artikel tersebut terdapat link yang diarahkan ke halaman artikel lain yang masih pada website kita sendiri. Pada artikel kali ini contoh internal link ada pada kata HTML ini.

3. Eksternal link

Kebalikan internal link, eksternal link adalah link yang mengarahkan pengguna ke halaman lain di luar website milikmu sendiri.  Jenis link kali ini tidak terlalu berdampak terhadap SEO website mu, melainkan untuk SEO website yang kamu jadikan sebagai hyperlink. Sebab, trafik yang masuk ke dalam website tersebut semakin banyak berkat link eksternal yang kamu tautkan.

Sumber: Envato

4. Short link

Jenis link selanjutnya yaitu short link. Short link adalah versi simpel dari url yang bisa Anda dapatkan guna distribusi konten via online. Nantinya, link yang panjang tadi bisa diperpendek agar lebih rapi dan mudah untuk dibaca jika kamu bagikan pada sosial media. Nah untuk membantu kamu menciptakan short link yang mudah maka ada beberapa situs yang bisa kamu gunakan seperti Bitly, TinyURL, Rebrandly, Yourls, dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Broken link

Broken link adalah jenis link selanjutnya. Dari namanya saja sudah bisa kita artikan bahwa broken link adalah link yang tidak bisa diakses lagi oleh pengguna. Jika kamu menggunakan browser biasanya broken link ini akan memunculkan halaman 404 Not Found. Ada banyak hal penyebabnya seperti website tersebut sudah tidak ada lagi atau sudah berganti alamat.

6. Safe link

Safe link adalah sebuah situs web yang memang dibuat dengan tujuan mengarahkan pengguna yang berasal dari situs awal menuju ke situs web tujuan. Tujuannya yaitu  untuk mengamankan tautan dari akses yang tidak diizinkan oleh server. Jika tautan yang kamu buka ternyata tidak aman berarti kamu akan mendapatkan pesan peringatan dengan dua pilihan apakah kamu ingin tetap membuka website tersebut atau meninggalkannya.

7. Link building

Jenis link yang terakhir yaitu link building. Link building adalah strategi membangun backlink atau backward link dengan maksud meningkatkan referral domain sebagai salah satu faktor penting yang berperan dalam kenaikan peringkat website pada mesin pencarian. Strategi ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan Google terhadap suatu domain sehingga peringkat website menjadi lebih baik. 

link adalah
Sumber: Envato

Sudah Paham Apa itu Link?

Link banyak digunakan dalam berbagai aktivitas dunia maya. Bisa disimpulkan bahwa link adalah tautan yang menghubungkan pengguna dengan berbagai informasi yang mereka butuhkan. Ternyata banyak ya fungsi link dan jenis link yang dapat kamu manfaatkan. Bagaimana apakah kamu tertarik untuk memanfaatkan link dalam website kamu? Nah link ini sendiri ternyata juga berpengaruh loh terhadap SEO

Misalnya saja saat kamu menggunakan internal link maka hal itu bisa mempengaruhi peringkat website di Google. Alasannya karena Google akan lebih mudah dalam melakukan crawling dan memudahkan dalam memahami hubungan antar konten dalam website. Yuk mulai memanfaatkan dan mengoptimalkan link pada website agar mendapatkan peringkat teratas pada mesin pencarian.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!