• Home
  • Berita
  • Bingung Pilih TLD? Ini Alasan Kamu Harus Menggunakan Domain TECH

Bingung Pilih TLD? Ini Alasan Kamu Harus Menggunakan Domain TECH

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Tapi sekarang, ratusan nama domain yang menjadi rebutan bukan menjadi dilemma lagi bagi para startup baru yang ingin membuat website online yang menarik dan berkesan.

Dari sekian banyak domain extension baru, domain TECH kini menjadi favorit bagi komunitas teknologi global.

domain .tech
Sumber: Freepik

Sebagai domain extension yang bisa digunakan untuk semua hal yang menyangkut teknologi, dapat dikatakan kalau domain ini mengubah namespace internet menjadi lebih baik.

Apa Itu Domain Tech?

Kata “TECH” dalam domain TECH sudah lama dikaitkan menjadi akronim untuk technology. Jadi, domain ini cocok sebagai nama untuk brand, startup, organisasi, perusahaan, individu atau hal lain yang terlibat dalam teknologi.

Selain sebagai domain extension yang relevan, domain .TECH juga sebagai merek bagi siapapun dalam bisnis teknologi.

Tidak seperti .IO dan .AI yang terlihat ambigu kalau digunakan sebagai identitas, domain .TECH mudah dipahami dan diterima secara global sebagai domain yang sudah pasti dimiliki oleh bisnis yang berkaitan dengan teknologi.

Cara Memeriksa Ketersediaan Domain

Milyaran website yang ada di dunia maya mungkin membuat kamu sedikit kesulitan menemukan nama domain yang diinginkan karena ternyata sudah ada yang memakai.

Tetapi dengan domain TECH, kamu tidak perlu memilih alamat website yang rumit atau kaku untuk perusahaanmu.

Kamu bisa menggunakan startup name generator untuk mendapatkan alamat website yang kreatif, bermerk, mudah diingat dan inovatif.

Berikut ini solusi apabila nama domain yang kamu inginkan tidak tersedia:

Cari Domain Extension Baru

Sebagai bisnis teknologi, kamu tidak perlu memiliki nama domain .COM atau .BIZ.

Kamu bisa menggunakan domain baru seperti .TECH yang masih tergolong relevan dan deskriptif untuk bisnis teknologi.

Kamu bisa saja menggunakan mana domain .IO atau .AI tetapi ini terlalu spesifik dan membatasi bisnismu karena tidak bersifat fleksibel ketika kamu berencana untuk mengembangkan bisnis di waktu yang akan datang.

Buat Nama Domain Kreatif

Kalau nama domain pilihan kamu diambil di domain konvensional dan domain extension baru, pertimbangkan untuk membuat sedikit perubahan nama.

Misalnya jika nama hyperlad.tech tidak tesedia, kamu bisa mengubahnya menjadi hyperlads.tech atau hyperlapse.tech.

Kamu dapat bereksperimen dengan variasi nama yang lebih kecil sehingga peluang ketersediaan akan semakin besar.

Beli Nama Domain

Walaupun nama domain yang kamu inginkan sudah digunakan orang lain, kamu bisa mengeceknya di WHOIS mengenai status dan pemilik nama domainnya.

Kalau nama domain tersebut digunakan oleh perusahaan atau individu aktif, kecil kemungkinan mereka akan menjual nama domain ke kamu.

Tetapi kalau nama domain sudah dipesan, kamu mungkin memiliki kesempatan untuk membelinya langsung dari pemiliknya.

domain .tech
Sumber: Freepik

Nyatakan Kepemilikan

Berdasarkan UU trademark, pihak pertama yang menggunakan trademark adalah pemilik yang sah.

Jadi kalau kamu berencana menggunakan nama bisnis sebagai nama domain dan kamu memiliki trademarknya, kamu dapat menantang pemilik nama domain yang ada.

Manfaat Menggunakan Nama Domain .Tech

Kalau kamu seorang pelaku bisnis di bidang teknologi, pasti ingin websitemu mudah ditemukan oleh banyak orang. Domain extension .TECH membantu kamu mencapai tujuan ini. Berikut ini manfaat memilih nama di domain extension .TECH:

Ketersediaan

Domain extension ini masih relatif baru sehingga kamu memiliki peluang yang sangat besar untuk menemukan nama domain pilihanmu di .TECH.

Misalnya kamu ingin memiiki domain www.cloudercoder.com tetapi ternyata sudah digunakan, jangan khawatir karena kamu masih bisa memiliki domain dengan nama www.cloudercoder.tech.

Startup akan cenderung memilih nama domain yang fresh, bersih dan tidak berantakan. Perusahaan XyberTechnologies.tech pun beralih ke Xyber.tech.

Bermakna

Secara konteks, nama .TECH dapat terlihat pasti dan bermakna. Identitas websitemu di mana sebagai pertanda kehadiran online bisnismu meninggalkan kesan modern dan cerdas.

Dengan domain extension .TECH para pengunjung websitemu pasti sudah dapat mengenal kalau mereka sedang membuka website mengenai teknologi.

Dengan nama domain yang bermakna, kamu berhasil memberikan kesan pertama yang baik bagi pengunjung website.

Domain bagi perusahaan juga berperan dalam menyampaikan pesan ke audiens, maka perlu memilih nama domain yang cerdas dan tepat seperti humanizing.tech.

Bahkan kamu bisa menggunakan untuk menunjukkan keunggulan bisnis seperti eyewear.tech dan foodstamp.tech.

Kalau kamu masih kebingungan ingin memakai nama apa untuk bisnismu, kamu bisa menggunakan nama bisnis, jenis industri, nama dan niche industri, industri dan lokasi, produk dan lokasi, atau frase sebelum .TECH di nama domain.

Berikan konten teknologi yang bermakna bagi pengunjung website agar mereka senang dengan kehadiran bisnismu.

Menarik Perhatian

Saat ini banyak sekali bermunculan startup baru setiap harinya. Untuk bisa bersaing, kamu harus dapat menyesuaikan diri dan menonjol di antara kompetitor lain.

Menggunakan nama domain TECH merupakan langkah tepat karena kamu dapat menarik perhatian banyak orang.

Domain TECH menawarkan nama domain yang pendek, mudah diingat, relevan dengan bisnismu, bermakna, unik, inovatif, bebas dari kesalahan tata bahasa dan bisa menggambarkan apa yang kamu tawarkan serta industri apa yang kamu geluti.

domain .tech
Sumber: Freepik

Startup Perlu Menggunakan .TECH

Startup baru saat ini harus pintar memilih nama domain karena ini salah satu hal yang menentukan kehadiran online pada startup tersebut.

Solusi ketika nama domain yang kamu inginkan sudah digunakan antara lain cari domain extension baru seperti .TECH, cari nama yang kreatif, beli nama domain dan buat trademark bisnis untuk bisnismu.

Domain TECH cocok untuk bisnis dalam industri teknologi karena menawarkan ketersediaan, nama yang bermakna dan menarik perhatian.

Jadi, sudah tahu mau pakai nama domain apa untuk bisnismu?

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!