Prediksi Inggris vs Kroasia 2018 : Analisis Data Menggunakan Tabel Pivot di Microsoft Excel

Prediksi_piala_dunia

Sumber : Unsplash

Halo DomaiNesians, gelaran Piala Dunia 2018 sudah mencapai semifinal, nah kali ini kami mencoba memberi prediksi semifinal piala dunia 2018.

Prediksi semifinal kali ini kita akan menggunakan data dari kaggle, menggunakan data tersebut untuk memberikan prediksi semifinal. Data tersebut merupakan hasil scraping data dari website soFIFA yang sudah diolah dan siap untuk di analisa.

Disclaimer : Data yang kami gunakan dapat di download secara gratis di kaggle dan merupakan data mentah untuk bisa melakukan analisis menggunakan Excel silakan download di kaggle.

Semifinal dari piala dunia 2018 kali ini akan mempertemukan perancis vs belgia, dan Inggris vs Kroasia.

Kami akan mencoba menganalisa data berdasarkan rating pemain dari setiap negara yang akan bermain di semifinal dan akan menampilkan data tersebut, dan kita akan memprediksi negara mana yang akan masuk final berdasarkan hasil data tersebut.

Prediksi Semifinal ini tidak di jamin benar 100%, karena bola itu bundar semua kemungkinan bisa terjadi di dalam sepakbola. Kalo anda ingin hosting murah dengan kepastian garansi uptime 99,99% dari DomaiNesia, ada!

Nah penasaran kan dengan prediksi semifinal piala dunia ini? kita akan melihat satu persatu dari tim negara yang masuk ke semifinal.

Oke, sebelum kita membahas satu persatu dari tim yang akan bermain kita buka data dan kemudian menganailisa data yang kita punya dengan microsoft excel agar bisa kita analisis.

  • Buka excel baru atau blank workbook, kemudian pilih data > pilih from text > dan pilih file (completedataset.csv).

workbook

prediksi_piala_dunia_dataset

Setelah itu kita buat pivot tabel per negara dengan cara :

  • Pilih menu insert > kemudian klik pivot tabel > ok

pivot tabel 1

  • Pilih fields nationallity sebagai filter, kemudian kita akan mendapatkan nama pemain berdasarkan negara.

pivot tabel

 

Baca juga : Prediksi lainnya dengan Analisis SWOT

Ikuti juga Tebak Skor berhadiah domain dan hosting gratis dari DomaiNesia (https://www.instagram.com/domainesia/)

1. Analisis data menggunakan Excel Team Inggris

Inggris sebenarnya tim yang tidak diprediksi memasuki partai final bahkan inggris diprediksi hanya akan sampai di babak 8 besar atau 16 besar. Namun, tak disangka inggris menang atas tuan rumah rusia dengan drama adu pinalti dan berhasil masuk ke semifinal dan akan menghadapi tim kroasia.

Kita akan melihat daftar pemain dari inggris dari data yang kita dapatkan.

Seperti ini adalah hasil dari tabel pivot pemain Inggris:

pemain inggris full

 

Namun, seperti yang kita lihat semua yang ada di list adalah semua pemain yang berasal dari negara inggris, kita akan memperbaiki data tersebut dengan menyesuaikan pemain Inggris yang bermain di piala dunia 2018, dengan cara sebagai berikut :
Kita pindah name pada rows dan pindahkan ke filter dan kita pilih pemain yang bermain di piala dunia 2018 (kita akan mengambil data dari website FIFA):

line_up_inggris

Susunan Line up Inggris saat melawan rusia. Sumber : google.com

Susunan pemain diatas adalah susunan pemain yang digunakan Inggris saat melawan Rusia saat pertandingan 8 besar . Dan berikut adalah semua pemain Inggris yang bermain di piala dunia.

pemain_inggris_overall

Kita akan menganalisa berdasarkan semua pemain yang dibawa inggris entah itu cadangan maupun pemain inti.
Kita seleksi dengan memilih nama nama pemain inggris yang bermain di piala dunia 2018 tersebut pada filter pemain. Berikut adalah hasil dari pemain dari negara inggris setelah kita menganalisa menggunakan tabel pivot:

 

pemain_inggris_overall_tabel

 

2. Kroasia

Kroasia merupakan tim yang mengejutkan khalayak pecinta bola, karena berhasil menyingkirkan Argentina bahkan dengan angka atau score yang cukup mengejutkan. Kroasia juga berhasil mengalahkan tim tuan rumah rusia di babak 8 besar dengan drama adu pinalti.

Kroasia juga memiliki beberapa pemain kunci yang sangat merata dari lini depan hingga belakang.

Berikut kita perhatikan pemain dari negara kroasia yang bermain di piala dunia 2018 yang bermain pada laga 8 besar saat berhasil mengalahkan rusia dengan adu pinalti.

pemain_kroasia_line_up

Line-up susunan pemain kroasia. Sumber google.com

Seperti pada data yang kita peroleh dari tim Inggris kita juga membuat filter secara manual pada pivot tabel yang kita miliki pada pemain Kroasia, berdasarkan pemain yang bermain di timnas kroasia, karena tidak semua pemain bermain di piala dunia.

Berikut adalah daftar pemain Kroasia yang bermain di piala dunia :

daftar_pemain_kroasia

 

Dan jika data ditampilkan menggunakan chart maka data dari negara kroasia akan terdapat tampilan seperti :

 

Kesimpulan : Prediksi Pertandingan Inggris vs Kroasia menggunakan Excel dengan pendekatan data analisis.

kesimpulan

Dari hasil analisis menggunakan pivot tabel menggunakan microsoft excel, Inggris dan Kroasia memiliki beberapa perbedaan kekuatan berdasarkan dengan overall dan potential yang dimililiki baik Inggris dan Kroasia.

Inggris lebih unggul dari segi kualitas pemain dan individu dibandingkan dengan Kroasia. Namun dalam statistik dan histori dari kedua tim di fase grup Inggris sempat mengalami kekalahan dan berhasil bangkit hingga semifinal sekarang.

Kroasia memang lebih tidak di unggulkan daripada Inggris namun, perlu diingat Kroasia berhasil menyingkarkan raksasa argentina dan berhasil menumbangkan rusia sebagai tuan rumah.

Kemungkinan pertandingan ini akan berlangsung sengit dan Inggris akan unggul tipis atas Kroasia.

Jangan Lewatkan tips tips dan promo domain terbaru dari DomaiNesia, ya!

dan ikuti juga Tebak Skor berhadiah domain dan hosting gratis dari DomaiNesia (https://www.instagram.com/domainesia/)

Nah, Jadi tim jagoan kalian mana? semoga artikel ini bisa jadi bahan pertimbangan kalian ya.

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!