• Home
  • Berita
  • Kelebihan Viral Marketing sebagai Media Promosi Online

Kelebihan Viral Marketing sebagai Media Promosi Online

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Bisnis online adalah bisnis yang paling menjanjikan. Berkaca dari gaya hidup masyarakat saat ini yang serba online, membuat bisnis online semakin menjamur seiring berjalannya waktu. Walaupun kelihatan menjanjikan, menjalani bisnis online bukanlah hal yang mudah. Karena para pelaku bisnis dituntut harus cepat, kreatif, dan juga memberikan pelayanan yang baik.

Salah satu kunci keberhasilan dari suatu bisnis adalah bagaimana pelaku usaha memasarkan produknya. Memasarkan produk bukan hanya memperkenalkan produk barang atau jasa yang dijual akan tetapi yang tidak kalah penting adalah membangun brand awareness sehingga dapat meningkatkan profit bisnis kamu dan dapat memperluas jangkauan bisnis kamu.

Viral Marketing Adalah…

Salah satu strategi marketing yang perlu dicoba untuk para pelaku bisnis, baik yang sudah berjalan ataupun pemula, ialah strategi yang dinamakan viral marketing.

Apa itu viral marketing? Mungkin saat ini masyarakat sudah tidak asing dengan kata-kata viral. Banyak orang berlomba-lomba agar menjadi viral di media sosial sehingga menggunakan berbagai macam cara agar menjadi viral.

viral marketing adalah
Sumber: Pixabay

Nah, Viral marketing adalah sebuah konten marketing yang menjadi sesuatu yang sedang populer dan banyak diperbincangkan di tengah masyarakat. Kontennya bisa bermacam-macam seperti foto, video, artikel, dan sebagainya.

Bentuk strategi dari viral marketing adalah strategi pemasaran modern yang menjanjikan ketenaran produk yang ditawarkan. Terlebih saat ini masyarakat selalu terhubung dengan koneksi internet dan hal ini lah yang membuat penyampaian pesan melalui strategi viral marketing akan lebih cepat penyebarannya.

Hal yang paling penting dari keberhasilan strategi promosi ini adalah ide atau konten yang menarik. Kuncinya adalah sedikit beda lebih baik dari pada membuat konten yang lebih bagus dari yang sudah ada. Masyarakat cenderung lebih tertarik kepada hal-hal yang menurut mereka tidak biasa.

Mengapa strategi viral marketing perlu dicoba sebagai salah satu strategi pemasaran? Berikut beberapa kelebihannya :

  1. Less Cost

Karena viral marketing adalah teknik marketing yang mengandalkan peristiwa yang sedang booming atau happening, maka hal yang perlu diperhatikan adalah budget. Jangan sampai biaya pemasaran yang kamu keluarkan lebih besar daripada profit bisnis yang kamu dapatkan.

Viral marketing adalah salah satu strategi marketing yang tidak memerlukan biaya yang fantastis. Kamu hanya perlu membuat konten yang menarik dan fresh maka kegiatan marketing mu akan berjalan dengan sendirinya.

  1. Meningkatkan Brand Awareness

Strategi pemasaran bukan hanya bertujuan untuk membuat sebuah produk laku di pasaran. Akan tetapi yang tidak kalah penting adalah bagaimana cara tersebut dapat membangun bahkan meningkatkan Brand Awareness.

Melalui viral marketing secara tidak langsung akan meningkatkan Brand Awareness produk mu. Karena viral marketing adalah wadah untuk brand kamu dikenal oleh masyarakat secara luas.

viral marketing adalah
Sumber: Pixabay
  1. Membantu Aktivitas Marketing Lain

Dengan menggunakan viral marketing bukan berarti kamu tidak dapat melakukan kegiatan marketing yang lain. Justru dengan adanya viral marketing strategi marketing lain yang kamu lakukan akan sangat terbantu.

Misalkan kamu sedang mengoptimalkan SEO agar toko online mu berada di daftar teratas mesin pencari dan strategi viral marketing akan membantu toko online mu untuk berada di daftar pencarian juga. Hal ini dikarenakan viral marketing adalah strategi yang membuat orang notice dengan nama brand yang kamu miliki, sebelum mereka mencari di mesin pencarian seperti google, bing, opera mini dan sebagainya.

Dengan begitu, viral marketing akan sangat membantu aktivitas marketing lain yang sedang bisnis kamu jalankan.

  1. Penyebarannya Alami

Mengapa disebut alami? Karena tidak seperti iklan chanel-chanel digital lainnya, penyebaran konten viral marketing sangat bergantung sepenuhnya pada pengguna media sosial. Itulah sebabnya konten viral marketing hampir tidak pernah disebut sebagai spam walaupun penyebarannya cenderung cepat. Jika kamu masih ragu untuk menggunakan viral marketing, kamu tetap bisa menggunakan strategi marketing lainnya. Hanya saja viral marketing biasanya lebih cepat progress dan prosesnya.

Coba Viral Marketing Bisnismu!

Jangan karena ingin viral bukan berarti sebagai pelaku usaha, kamu menyajikan konten marketing yang abal-abal. Sebisa mungkin konten viral marketing apapun bentuknya baik gambar, foto, audio, maupun video harus memiliki konten yang menarik dan tidak sembarangan.

Konten tersebut harus berisi informasi yang padat dan jelas sehingga para calon konsumen dapat dengan mudah menangkap pesan yang ingin kamu sampaikan melalui kegiatan viral marketing tersebut.

viral marketing adalah
Sumber: Pixabay

Sebagaimana viral marketing adalah strategi marketing yang dapat mengangkat brand dengan cepat, maka jangan panik jika brand mengalami penurunan yang juga cepat. Maka dari itu sebaiknya jangan hanya mengandalkan strategi viral marketing saja. Gunakan strategi marketing lainnya untuk tetap terus mendapatkan engagement yang luar biasa.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!