Awas! Terungkap Alasan Dibalik Iklan VPS Gratis di Internet

vps murah dan berkualitas
Kemajuan teknologi memang tidak akan pernah habis. Keberadaan website sekarang ini sudah menjamur di berbagai kalangan. Dari mulai ibu rumah tangga, pelajar, hingga pengusaha. Website seakan-akan menjadi hal wajib yang dimiliki pengusaha agar produk yang ditawarkan bisa masuk ke Google dan dapat terkenal di dunia. Untuk membangun suatu website diperlukan beberapa hal seperti domain, server hosting ataupun VPS. Pastikan kamu memilih Hosting atau VPS murah dan berkualitas.

Dapatkan VPS Murah dan Berkualitas

Nah, untuk kebutuhan bisnis banyak pengusaha yang menjatuhkan pilihannya pada VPS. Namun karena harganya cukup menguras kantong, biasanya mereka akan menggunakan VPS gratis yang bermunculan di internet. Pernahkah kamu melihat iklan di internet yang menawarkan VPS gratis? Atau pernahkah kamu menyewa VPS murah dengan harga jauh di bawah standard? Pernahkah kamu bertanya-tanya bagaimana suatu server bisa dibanderol dengan harga segitu? Oke, sebelum kamu merayakan kebahagiaan dengan mendapatkan VPS gratis, maka coba pikirkan baik-baik lagi. Ada beberapa hal yang perlu kamu tahu dan kamu pahami sebelum menyewa VPS gratis atau membeli VPS murah dengan harga jauh di bawah standard.

1. Tidak Ada Server Gratis!

vps murah dan berkualitas

Pexels

Selalu ingat bahwa tidak ada yang namanya server gratis! Kecuali kamu memenangkan undian berhadiah. Sebenarnya apa itu VPS? VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server. Sekilas dari namanya, VPS adalah server yang tidak nyata atau tidak memiliki bentuk fisik (virtual). Dikutip dari Wikipedia, Virtual Private Server dibuat dengan membagi resource server fisik ke dalam server virtualisasi. Resource yang ada tidak akan berpengaruh terhadap hardware server secara langsung. Intinya, VPS atau biasa disebut dengan Virtual Server/ Virtual Machine adalah suatu teknologi virtualisasi dimana dapat membagi sumber daya server fisik menjadi beberapa “server” secara virtual. VPS berjalan pada suatu server yang disebut Node/ Hypervisor pada data center. Teknologi yang digunakan pada VPS biasanya lebih canggih jika dibandingkan dengan Cloud Hosting atau Shared Hosting lainnya. Untuk itu, jika kamu menemukan iklan VPS gratis, maka hal tersebut perlu dipertanyakan kebenarannya. Selalu pastikan kamu mendapatkan VPS murah dan berkualitas lho ya!

2. Awas Scam!

Scam adalah salah satu bentuk penipuan di internet yang dilakukan seseorang/ perusahaan untuk mendapatkan keuntungan.
Pernahkah kamu klik banner iklan yang menyatakan bahwa kamu menjadi pemenang atas sebuah perlombaan?
Pernahkah kamu mendapatkan suatu link yang isinya “Selamat kamu mendapatkan uang senilai 10 juta rupiah”?
Nah itulah yang sering disebut scam. Dikutip dari Fraud.org, pada tahun 2017 penipuan dengan media website berjumlah 34,11% dari seluruh kasus penipuan di internet. Begitu pula dengan iklan VPS gratis yang bertebaran di berbagai website. Ingat! Jika kamu klik iklan tersebut, pasti kamu diminta untuk mengisi identitas seperti nama, nomor telepon, email atau bahkan nomor rekening. Nah inilah yang ditakutkan! Orang yang membuat scam atau biasa disebut scammers akan mendapatkan data yang dapat digunakan untuk keperluan tertentu.

vps murah dan berkualitas

Pexels

Modus lainnya yaitu scammers akan menyebarkan suatu malware/ virus jika user melakukan klik atas iklan yang berbau scam tersebut. Bisa-bisa komputer kamu tidak bisa diakses lagi. Atau kasus lain, scammers memasang keylogger untuk mengetahui informasi password, informasi kartu kredit dan berbagai informasi penting lainnya. Parahnya lagi jika scammers menyebarkan malware berjenis ransomware. User bukan hanya akan kehilangan data, namun user harus membayar sejumlah uang agar datanya dapat kembali. Pastikan kamu selalu berhati-hati apabila menemui iklan yang berbunyi:
“Selamat! Anda mendapatkan VPS Gratis! Silahkan klik disini!”
“Dapatkan VPS murah hanya bayar 1000 rupiah hanya disini!”
Jika kamu mendapatkan iklan seperti itu, dapat dipastikan kamu bertemu dengan yang namanya iklan scam! Hati-hati ya!

3. Lihat Spesifikasi VPS

Oke, anggap saja kamu percaya dengan iklan VPS gratis dan berencana untuk mendaftarkan diri. Tetapi pernahkah kamu pahami spesifikasi VPS yang ditawarkan? Coba cek bagaimana komponen hardware dan softwarenya. Apakah sesuai standard atau tidak? Banyak sekali VPS dibanderol dengan harga sangat murah namun tidak sesuai standard. Coba cek core processor, RAM, kapasitas penyimpanan, bandwidth, kecepatan transfer data serta lokasi server. VPS murah dan berkualitas yang memiliki processor core 1 dengan RAM 512 biasanya sekitar 100 ribu rupiah perbulan. Jika kurang dari itu, coba lihat lebih detail lagi. Bisa jadi, RAM yang ditawarkan kurang dari 512 atau processor yang digunakan masih generasi lama. Setelah itu, coba cek teknologi virtualisasi yang digunakan. Ada beragam teknologi virtualisasi lho! Teknologi virtualisasi ini sangat berpengaruh terhadap harga VPS. Ada salah satu teknologi virtualisasi yang banyak digunakan untuk VPS murah dan berkualitas yaitu Virtualisasi KVM.

vps murah dan berkualitas

Pexels

Virtualisasi KVM adalah teknologi virtualisasi paling bagus karena aktivitas dari satu virtual server tidak akan berpengaruh terhadap virtual server yang lain dalam satu Hypervisor. Pastikan juga hypervisor atau node yang digunakan memiliki spesifikasi yang bagus. Selain spesifikasi hardware dan software, silahkan cek durasi waktu sewa VPS. Penyedia layanan VPS yang baik akan memberikan transparansi data dari mulai kapan VPS dapat digunakan dan waktu kadaluarsa. Nah bagi kamu yang ingin memilih VPS gratis, coba cek durasi waktunya!

Mungkin saja VPS tersebut adalah VPS trial yang hanya dapat kamu akses dalam waktu beberapa hari atau bahkan sehari saja. Mungkin juga, VPS yang kamu pilih dengan harga sangat murah tidak memiliki full akses ke root. Jika tidak memiliki full akses ke root, lalu apa gunanya memiliki sebuah VPS? VPS digunakan untuk memenuhi kebutuhan website yang tidak bisa dipenuhi oleh shared hosting. Jadi, pastikan kamu mendapatkan akses kontrol tanpa batas dengan login root untuk VPS.

4. Halaman Kelola VPS Harus Ada!

vps murah dan berkualitas

Pexels

Sebagai pemula, menggunakan VPS bukanlah hal yang mudah. Diperlukan skill khusus untuk mengelola suatu VPS. Buat kamu yang belum terbiasa dengan sistem operasi Linux, maka disarankan untuk mencari VPS yang memiliki halaman pengelolaan VPS. Sehingga, kamu bisa melakukan start, stop dan restart dengan mudah. Selain itu, kamu bisa melakukan install ulang sistem operasi dan konfigurasi VPS dengan cepat tanpa harus masuk via konsole.

5. Hati- Hati Penipuan

vps murah dan berkualitas

Pexels

Dikutip dari Fraud.org, pada tahun 2017 penipuan mengenai komputer baik software maupun hardware di internet menduduki peringkat ketujuh. Sedangkan peringkat pertama ditempati oleh penipuan berkedok penawaran merchandise suatu produk. Memang tidak semua VPS gratis atau VPS murah yang ada di internet merupakan kasus penipuan. Akan tetapi, berhati-hati juga tidak salah kan? Pastikan kamu cek dahulu siapa penyedia jasa layanan hosting dan VPS nya. Apakah kredibel? Apakah memiliki testimoni yang baik dari para customernya? Pastikan juga kamu cek apakah VPS murah yang ditawarkan harganya masuk akal. Sebagai contoh, VPS dengan RAM 2 GB dibanderol dengan harga 400.000 perbulan. Sedangkan Hosting dengan spesifikasi RAM 2 GB hanya dibanderol 32.000 rupiah perbulan. Namun, jangan khawatir ada salah satu cara agar kamu bisa mendapatkan VPS harga murah dan berkualitas. Kamu bisa gunakan voucher diskon atau kode promo.

6. Gunakan VPS Murah Indonesia Saja!

Ada beragam penyedia jasa layanan VPS murah baik di Indonesia maupun di dunia. Sebagian masyarakat mungkin masih menganggap bahwa VPS terbaik hanya didapatkan di penyedia jasa VPS luar negeri. Namun jangan salah! Sekarang ini di Indonesia sudah banyak penyedia layanan VPS murah dan berkualitas. Seperti misalnya DomaiNesia yang menyediakan VPS dengan unlimited bandwidth dan full akses kontrol root. Kamu juga bisa menggunakan berbagai sistem operasi Linux atau bahkan sistem operasi berlisensi seperti CloudLinux.

vps murah dan berkualitas

Selain itu dengan memilih VPS murah Indonesia, komunikasi dengan pihak penyedia layanan menjadi lebih mudah. Jika terjadi sesuatu seperti misalnya VPS tidak bisa diakses sebelum masa kadaluarsa, VPS tidak bisa akses root, VPS tidak bisa melakukan SSH dan sebagainya dapat langsung menguhubungi Tim Support. Bayangkan saja jika tiba-tiba ada masalah di VPS lalu kamu ingin melakukan komplain. Namun terhalang dalam penggunaan bahasa. Pastinya ribet dan menyusahkan bukan? Di internet biasanya VPS dijual dengan kurs euro atau dollar! Namun jika kamu mengunakan VPS murah Indonesia, kamu tidak perlu mengubah dollar menjadi kurs rupiah. Selain itu, bagi kamu yang tidak mau repot dengan urusan metode pembayaran, selalu percayakan VPS Indonesia saja. Karena jika kamu ingin membeli VPS luar negeri, kamu harus menggunakan PayPal atau Kartu Kredit.

Kesimpulan

Jangan tertipu dengan iklan VPS gratis yang ada di Internet ya! VPS adalah salah satu jenis server yang memiliki teknologi terkini dan termutakhir karena menggunakan virtualisasi sebagai basisnya. Dengan adanya VPS, kamu tidak lagi perlu server dengan bentuk fisik. Untuk mendapatkan VPS murah dan berkualitas kamu harus memperhatikan beberapa hal seperti spesifikasi server, teknologi VPS yang digunakan, kapasitas VPS, durasi waktu sewa VPS serta harga yang ditawarkan. Jika kamu menemukan VPS murah, pastikan dicek terlebih dahulu ya. Begitu juga jika kamu menemukan VPS Gratis! Jangan langsung terpincut ya! Jangan sampai data komputer hilang akibat kena malware atau virus yang terinstall dalam banner/ iklan VPS! Jika kamu membutuhkan VPS murah dan berkualitas, silahkan cek VPS Murah Indonesia. Salam DomaiNesia!

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!