Website Gratis Google Bisnisku Untuk Bisnis Baru4 min read

No ratings yet.

Perilaku pelanggan memang sudah banyak berubah. Ketika seseorang menginginkan sesuatu, hal pertama yang mereka ambil adalah telepon seluler, untuk mencari kisaran harga, alamat toko, atau dimana tempat terdekat barang tersebut dijual. Hampir semua orang sekarang ini mencari di Google untuk apapun yang mereka cari. Namun sayangnya masih ada banyak bisnis kecil yang belum memiliki website. Bisa jadi karena tidak punya banyak waktu dan tenaga untuk mengembangkan website. Namun ketika sebuah bisnis tidak ada di Google, bisnis tersebut akan sulit ditemukan oleh pengguna Google yang berpotensi menjadi pelanggan.

Oleh karena itulah Google My Business atau Google Bisnisku hadir, yakni untuk membantu bisnis baru atau bisnis kecil tetap eksis di pasaran. Sebagian dari kita pasti sudah tidak asing dengan Google Bisnisku. Google Bisnisku adalah sebuah alat yang bisa kamu gunakan secara gratis, untuk membantu mengelola bisnis kamu muncul di berbagai platform, seperti Google Maps atau Google Search. Pelanggan sekarang juga mengutamakan rating atau penilaian dari pelanggan lain. Bisnis yang sudah diverifikasi oleh Google akan mendapat peluang dua kali lebih besar untuk dinilai sebagai bisnis dengan reputasi baik.

Manfaat Google Bisnisku

Untuk kamu yang belum mendaftarkan bisnis ke Google My Business, ada tiga manfaat utama Google My Business, yaitu:

  1. Membantu menampilkan informasi yang akurat tentang usaha atau bisnis kamu. Kamu harus menyertakan informasi tentang bisnis kamu, seperti jam operasional, alamat, dan kontak. Kamu juga bisa mengunduh aplikasi seluler untuk terus memantau perkembangan secara online dimanapun kamu berada.
  2. Tetap terhubung dengan pelanggan. Sertakan foto-foto produk dan layanan yang kamu sediakan untuk pelanggan. Kemudian, mintalah tanggapan dan rating dari pelanggan yang pernah membeli produk atau menggunakan layananmu.
  3. Menarik pelanggan baru. Berupaya untuk meningkatkan eksistensi bisnis kamu di internet, supaya pelanggan baru bisa dengan mudah menemukan website kamu. Setelah beberapa waktu, bisnis kamu mulai berkembang, kamu bisa mempertimbangkan untuk mulai menggunakan iklan lokal, untuk menjangkau audiens yang lebih besar.

    google bisnisku

    Sumber: Pixabay

Website Gratis dari Google Bisnisku

Salah satu keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika mendaftarkan bisnis ke Google Bisnisku adalah adanya website gratis. Fasilitas yang diberikan Google My Business ini bisa disesuaikan, isi website bisa disinkronkan dengan informasi yang ada di akun Google Bisnis, dan didukung dengan AdWordsExpress. Jadi, buat kamu yang ingin memiliki website sederhana untuk bisnismu, fasilitas yang diberikan oleh Google My Business adalah jawabannya. Cara membuat websitenya sangat mudah, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Mengisi profil Google My Business. Silakan buka website Google My Business dan ikuti langkah-langkahnya.
  2. Setelah kamu mengisi semua informasi yang diperlukan, klik pada pilihan “Website” di sidebar sebelah kiri.
  3. Kustomisasi website sesuai keinginan kamu. Di sini kamu akan memilih tema, mengunggah foto, memilih bahasa, memilih warna dan bentuk tulisan.
  4. Klik “Publish”
  5. Masukan nama domain. Pastikan nama domain sudah sesuai dan merepresentasikan bisnis yang kamu jalankan.
  6. Klik “View Site” untuk melihat website baru kamu.

    google bisnisku

    Sumber: Pixabay

Fitur Website Google Bisnisku

Hanya dengan empat langkah di atas, bisnis kamu sudah terdaftar di Google My Business dan mendapatkan website satu halaman yang sederhana. Seperti yang sudah dikatakan di atas, bahwa informasi di website akan sama dengan informasi bisnis di profil Google My Business, mulai dari nama, lokasi, jam operasional, kontak, katalog, dan foto. Website yang baru dibuat masih sekedar format untuk digunakan secara umum. Jadi, kamu bisa melakukan kustomisasi dengan tema, tulisan, foto dan bahasa.

  • Tema: ada delapan tema yang bisa kamu pilih untuk websitemu. Tulisan website dan warna sepenuhnya bisa dikustomisasi.
  • Copy: kamu disediakan alat untuk mengedit halaman website. Ada banyak pilihan tombol Call To Action yang bervariasi, yang bisa kamu tempatkan di website. Kamu juga bisa mengubah headline, deskripsi, kutipan di header dan kutipan di body. Kutipan di header dan body bisa kamu sesuaikan, misalnya dengan Bold, Italicize, Underline, Hyperlink, Number atau Bullet.
  • Foto: kamu bisa menambahkan hingga 9 foto, gambar produk, atau gambar lainnya ke website. Kamu juga bisa menambahkan foto cover untuk websitemu. Pastikan kamu mengunggah foto yang berkualitas untuk menarik lebih banyak pengunjung.
  • Bahasa: Google My Business menyediakan lebih dari 60 bahasa yang berbeda untuk kebutuhan website.

Bisnis Apa Saja yang Memenuhi Syarat Untuk Google Bisnisku?

Untuk yang satu ini mungkin akan sedikit mengecewakan kamu. Pasalnya tidak semua bisnis bisa menggunakan Google My Business. Ada beberapa pengecualian yang perlu kamu tahu tentang bisnis apa saja yang bisa menggunakan Google My Business, yaitu properti yang akan disewakan atau dijual, misalnya villa untuk liburan, contoh rumah atau apartemen kosong. Jika kamu punya layanan seperti kelas seminar atau pertemuan yang berkelanjutan di lokasi yang bukan milikmu, juga tidak bisa kamu daftarkan di Google My Business. Jadi intinya, listingan Google My Business hanya bisa dibuat jika kamu memiliki lokasi fisik atau toko yang bisa dikunjungi oleh pelanggan.

Tapi jangan khawatir, buat kamu yang tidak memiliki lokasi fisik dan hanya mengandalkan internet sebagai lahan bisnis, DomaiNesia memiliki alat yang bisa membuat online shop secara instan. Namanya Instant Deploy DomaiNesia. Ada banyak pilihan plugin online shop yang bisa kamu pasang di website, seperti PrestaShop, OpenCart, LiteCart, dan Magento. Dengan Instant Deploy kamu tidak perlu membangun website secara manual atau belajar bagaimana caranya mengkoding. Kalau kamu masih ragu, kamu bisa langsung menghubungi Tim Support di website atau melalui WhatsApp. DomaiNesia menawarkan harga murah namun tetap berkualitas.

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar