SSL: Tipe dan Perbedaannya

tipe ssl Hi DomaiNesians!

Kali ini Kami akan membahas mengenai SSL lagi nih. Masih ingat apa itu SSL? Ya, SSL atau Secure Socket Layer merupakan suatu protokol yang berfungsi untuk mengamankan website kita. Bagi DomaiNesians yang belum membaca artikelnya, bisa langsung cek di Let’s Encrypt: Sertifikat SSL Gratis Tersedia di DomaiNesia. SSL akan bekerja dengan membuat suatu jalur terenkripsi antara website dan web browser. Sehingga informasi yang terdapat dalam website anda aman dari pencurian orang lain. Namun, tahukah anda bahwa terdapat perbedaan dari setiap tipe SSL? Baiklah, Kami akan coba jelaskan.

Perbedaan Tiap Tipe SSL

Jadi, secara mendasar terdapat 3 macam sertifikat SSL. Yaitu Domain Validation SSL, Business Validation SSL, dan Extended Validation SSL. Ketiga tipe SSL tersebut memiliki kegunaan dan persyaratan masing- masing. Adapun detailnya yaitu,

a. Domain validation SSL

tipe SSL ini hanya memerlukan validasi domain melalui email saja agar sertifikat SSL anda dapat digunakan. Sehingga, cukup beberapa menit maka SSL dapat segera diaktifkan.

b. Business Validation SSL

Nah, bagi organisasi atau perusahaan yang ingin mengaktifkan SSL maka diperlukan beberapa dokumen guna memenuhi persyaratan yang ada.

c. Extended validation SSL

Bagi DomaiNesians yang menginginkan tingkat keamanan yang tinggi, dapat memilih tipe SSL ini. tipe SSL ini biasanya digunakan untuk website bisnis, perbankan, maupun ecommerce. Mengapa? Karena website- website tersebut memerlukan tingkat keamanan yang lebih. Extended validation SSL memang memerlukan dokumen bisnis dan menghabiskan biaya paling tinggi diantara tipe sertifikat SSL yang lain. Namun, tidak ada salahnya bukan membayar lebih demi suatu pelayanan yang terbaik? Bisa dibayangkan apabila data website anda dicuri oleh orang lain. Padahal website tersebut memiliki data rahasia para customer, nomor kartu kredit, dan sebagainya. Dengan memilih tipe SSL ini, anda akan mendapatkan Green Bar pada address bar browser web. Seperti pada website internet banking miliki Bank Mandiri ini.

tipe ssl

Wildcard SSL

Pernah mendengar kata Wildcard SSL? Menurut Wikipedia, Wildcard SSL merupakan suatu sertifikat yang berisi publik key untuk beberapa subdomain yang ada pada tiap domain. Jadi, Wildcard SSL ini bertujuan untuk mengamankan domain dan seluruh subdomain dari domain utama anda (*.domain.com). Sedangkan sertifikat SSL biasa hanya mengamankan www.domain.com dan domain.com

Produk Sertifikat SSL di DomaiNesia

Terdapat berbagai macam sertifikat SSL dari berbagai macam vendor baik gratis maupun berbayar. Bagi anda yang menginginkan keamanan lebih bisa memilih SSL berbayar seperti RapidSSL, Comodo PositiveSSL, VeriSign Secure Site dari Symantec, AlphaSSL dari GlobalSign, Geotrust TrueBusiness dan sebagainya.
tipe sslBagi anda yang menginginkan SSL yang tidak berbayar, DomaiNesia menyediakan Let’s Encrypt secara GRATIS!  Adapun panduannya dapat dibaca di Cara Install Let’s Encrypt pada Website.
Untuk mendapatkan sertifikat SSL untuk website anda di DomaiNesia, silahkan buka SSL DomaiNesia. Terdapat berbagai macam produk SSL dari berbagai vendor dengan harga yang beragam.

Bagaimana DomaiNesians? Sudah mengerti kan sekarang tentang perbedaan dan tipe SSL? Ibarat rumah, website memang harus dijaga dari segala bentuk pencurian. Maka diperlukan suatu pagar untuk mengamankan rumah. Pagar inilah yang disebut SSL. SSL memiliki beberapa tipe seperti layaknya pagar. Semakin kuat pagar (SSL), maka rumah (website) tersebut semakin aman.
Segala kemudahan telah ditawarkan oleh DomaiNesia. Punya pertanyaan? Atau ingin membeli SSL namun bingung produk mana yang harus digunakan? Tenang, silahkan kirim tiket atau kirim email ke support@domainesia.com. Kami siap menjawab segala pertanyaan anda 🙂

Salam,
Tim DomaiNesia