Home  »  Hosting   »   Cara Membuat Symlink di Hosting

Cara Membuat Symlink di Hosting

Last Update:

cara membuat symlink di hosting
Pernah mendengar kata symlink? Symlink adalah singkatan dari symbolic links. Symlink bisa diartikan sebagai shorcut untuk file ataupun folder yang diinginkan. Kamu bisa membuat symlink di hosting dengan mudah lho! Dengan membuat symlink, kamu bisa lebih cepat mengakses file ataupun folder. Bagaimana cara membuat symlink di hosting? Silakan ikuti panduan berikut ini ya.

Ada beberapa cara membuat symlink di hosting. Kamu bisa membuat symlink via SSH ataupun via cronjob. Pada panduan ini akan kami jelaskan masing-masing caranya.

Membuat Symlink Melalui SSH

1. Melakukan akses SSH terlebih dahulu di cPanel Hosting. Perlu diketahui, SSH hanya dapat dilakukan di Paket Hosting Super Keatas.
2. Setelah berhasil akses SSH, silakan tulis perintah seperti berikut,

Misalnya, kamu memiliki file penting.txt yang ada di /home/websites/public_html/. Kemudian kamu akan membuat symlink dengan nama filepentingsaya.txt. Maka, silakan perintahnya yaitu,

Nah, ketika kamu membuka filepentingsaya.txt maka, sistem akan mengeksekusi /home/websites/public_html/penting.txt. Sehingga yang terbuka ada isi dari file penting.txt. Kamu bisa membukanya dengan perintah cat, editor nano ataupun editor vim.

cara membuat symlink di hosting

Selain melalui SSH, kamu cara membuat symlink di hosting yaitu melalui cronjob. Adapun caranya,
1. Login cPanel Hosting
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah login ke cPanel. Login cPanel dapat melalui https://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Bagi anda yang belum tahu cara login cPanel, silahkan baca di Cara Mudah Login cPanel Hosting.
2. Memilih Cronjob
Silakan tulis “cronjob” lalu klik Menu Cron Jobs.

cara membuat symlink di hosting
3. Membuat Symlink dengan Cronjob
Silahkan cek pada kolom Add New Cron Job. Anda dapat mengatur waktu agar script dapat berjalan secara periodik. Common Settings merupakan pengaturan/ setting yang secara default telah ditetapkan DomaiNesia. Pada hosting DomaiNesia, minimal cronjob adalah tiap 5 menit. Nah, masukkan perintah symlink tadi pada kolom Command. Setelah itu, klik Add New Cron Job.

cara membuat symlink di hosting

Setelah symlink berhasil dibuat, kamu harus menghapus cronjob tersebut ya.

Kesimpulan

Cara membuat symlink di hosting sangatlah mudah. Selain lebih cepat, symlink atau shorcut ini bisa mempercepat kinerja kamu lho. Ingin melakukan upgrade kapasitas hosting? Bingung paket hosting apa yang pas dengan kamu? Coba cek Tips Memilih Hosting. Dapatkan hosting murah hanya di DomaiNesia! Selain membuat symlink, kamu juga bisa melakukan backup harian dengan cronjob.


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!