Home  »  Hosting   »   Cara Melakukan Ping pada Windows, Linux dan Mac

Cara Melakukan Ping pada Windows, Linux dan Mac

Last Update:

Apa itu Ping?

Menurut Wikipedia, Ping adalah sebuah program utilitas yang dapat digunakan untuk memeriksa induktivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Ping sendiri merupakan singkatan dari Packet Internet Gopher yang berfungsi untuk mengecek koneksi antara satu komputer dengan yang lain. Misalnya, anda ingin melakukan pengecekan apakah komputer saya terhubung dengan google.com atau tidak, apakah terhubung dengan komputer yang lain atau tidak dan sebagainya.

cara menggunakan ping di windows linux dan mac

Bagaimana Cara Melakukan Ping?

Anda dapat melakukan Ping di sistem operasi Windows, Linux maupun Mac dengan mudah. Adapun caranya yaitu,

a. Windows

Pertama- tama silahkan buka Command Prompt (cmd). Setelah itu ketikkan,

Misalnya,

Maka outputnya adalah,

Apabila total reply dan received sama, serta memiliki 0% lost itu berate anda telah terhubung dengan google.com.

b. Linux dan Mac

Silahkan buka terminal. Setelah itu, ketikkan

Misalnya,

Maka akan muncul output seperti ini,

Output ping antara Windows dan Linux memang sedikit berbeda. Pada output Windows terdapat tulisan Reply. Sedangkan pada output Linux, tidak ada tulisan Reply. Namun, pada dasarnya sama saja. Pada Linux hanya terdapat tulisan packet transmitted dan received. Apabila packet loss 0% , berarti anda telah terhubung dengan google.com. Begitu juga pada Mac.

Conclusion

Dengan menggunakan perintah Ping pada Command Prompt/ Terminal, anda dapat mengecek koneksi antara satu komputer dengan yang lain. Anda dapat mengetahui apakah komputer terhubung dengan google.com, domainesia.com atau domain yang lainnya. Adapun cara melakukan ping pada setiap sistem operasi adalah sama. Anda dapat menggunakan perintah ping pada Windows, Linux maupun Mac. Nikmati hosting murah DomaiNesia dengan fitur-fitur terbaik yang disediakan seperti penggunaan SSD, aktivasi instan, garansi uang kembali dan fitur-fitur esensial lainnya.


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!