Panduan Mengatur Ukuran Upload File di cPanel

cara mengatur ukuran upload file di cpanel

Introduction

Upload file merupakan hal yang penting dalam suatu website atau sistem informasi. Dari mulai website berbasis cms maupun hasil develop pasti menggunakan fitur upload file. Pastinya sering anda jumpai fitur upload file ini dengan kapasitas maksimum yang ditentukan. Misalnya, anda harusnya mengupload file yang berukuran 3 MB, tapi ternyata di dalam sistem hanya dapat melakukan upload file maksimum 2 MB. Lalu, apa yang bisa dilakukan? Anda dapat mengatur ukuran upload file di cPanel dengan mudah melalui panduan berikut.

Mengenal Lebih Dekat PHP Selector

PHP Selector merupakan salah satu fitur bawaan dai cPanel yang memungkinkan user untuk mengubah konfigurasi php secara mudah. Konfigurasi php tersebut sering disebut dengan file php.ini. File ini dapat mengatur segala hal seperti besar maksimum ukuran upload file, ukuran posting, mengatur hak akses file, memory limit dan sebagainya. Sehingga, apabila anda ingin mengatur ukuran upload file di cPanel, maka harus mengetahui file php.ini melalui PHP Selector. Untuk lebih jelasnya, anda dapat membacanya di Panduan Mengubah File php.ini Melalui PHP Selector.

Mengatur Ukuran Upload File

Setelah mengetahui apa itu php.ini dan PHP Selector, maka anda dapat mengatur ukuran upload file dengan mudah tentunya. Adapun langkah- langkahnya yaitu,
1. Masuk ke dalam cpanel anda melalui http://namadomain/cpanel,
enter image description here
lalu login sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting
enter image description here
2. Maka anda akan masuk kedalam cpanel dari hosting. Kemudian cari Select PHP version pada kolom pencarian
enter image description here
3. Setelah itu anda akan diarahkan menuju halaman PHP Selector. Untuk mengubah konfigurasi pada file php.ini maka klik pada Switch To PHP Options
enter image description here
4. Maka anda akan masuk ke halaman PHP Options. Di dalam PHP Options inilah terletak file php.ini yang berisi mengenai konfigurasi dalam proses development web. Anda dapat mengatur ukuran upload file di sini.
enter image description here
5. Untuk mengatur ukuran upload file, maka pilih upload_max_filesize kemudian klik pada ukuran yang tertera. Secara default, ukuran upload file yaitu 2 M yang berarti 2 MB. Anda dapat menyesuaikan dengan kapasitas ukuran upload file yang anda inginkan. Kemudian pilih Apply.
enter image description here

Mengatur Kapasitas Maksimum File Posting

Selain ukuran upload file, biasanya anda juga ingin agar pengaturan dalam posting file juga diubah.

  1. Untuk mengatur ukuran posting file, anda dapat klik pada bagian post_max_size lalu klik pada bagian kapasitasnya. Secara default, pengaturan kapasitas posting ini juga 2 MB. Anda dapat menyesuaikan kapasitas posting anda sesuai keinginan. Setelah itu, klik Apply.
    enter image description here
    2. Setelah semua konfigurasi yang anda inginkan telah diubah, maka pilih Save. Apabila muncul Settings Saved maka konfigurasi berhasil disimpan.
    enter image description here

Closing

Mengatur ukuran upload file di cPanel dapat dengan mudah dilakukan dengan PHP Selector. Anda hanya cukup mencari PHP Options, kemudian pilih upload_max_filesize. Untuk mengubah kapasitas posting juga cukup mudah. Klik pada bagian post-max_size kemudian atur kapasitas sesuai dengan keinginan.

Panduan dibuat khusus untuk pelanggan DomaiNesia, jika ada perbedaan dalam fitur/layanan dengan layanan yang Anda pakai, silakan hubungi penyedia layanan Anda.

Pindah ke DomaiNesia

Migrasi
Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Related Articles

  • Dasar domainesia….. Bikin puas ga ada habisnya, tutor apa yang saya cari pasti ada di sini.

    • Terima kasih atas dukungannya, sukses selalu ya! 🙂