• Home
  • Email
  • Panduan (Mailspace) Hosting-Email Untuk Admin di DomaiNesia

Panduan (Mailspace) Hosting-Email Untuk Admin di DomaiNesia

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Hosting-Email Untuk Admin – Menggunakan email dengan domain sendiri memang sangat menguntungkan. Salah satunya adalah bisnis terlihat lebih professional di pelanggan. Misalnya kamu memiliki bisnis toko bunga online dengan nama domain haniflorist.com.

Ketika kamu ingin mengirimkan email penawaran kepada pelanggan, kamu bisa memanfaatkan akun email info@haniflorist.com agar pelanggan benar- benar percaya dan tertarik dengan penawaran tersebut.

Umumnya, email dengan nama domain sendiri dapat kamu miliki ketika kamu telah memiliki hosting. Saat kapasitas hosting yang kamu miliki mulai penuh, maka disitulah akan terjadi permasalahan mengenai email hosting.

Penuhnya kapasitas hosting akan mempengaruhi performa email hosting, seperti email yang seharusnya masuk namun tidak bisa masuk, email yang seharusnya dapat dikirim tidak terkirim.

Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut DomaiNesia membuat produk baru yang dinamakan Mailspace. Apa itu Mailspace? Apa perbedaaan Mailspace dengan email hosting lainnya? Bagaimana cara menggunakan Mailspace? Yuk, langsung saja ikuti penjelasan panduan berikut ini ya.

Apa itu Mailspace?

Mailspace adalah salah satu produk DomaiNesia yang memberikan layanan email hosting tanpa harus memiliki hosting terlebih dahulu. Mailspace ini berbeda dengan produk email hosting yang lain. Apabila kamu menggunakan Mailspace, kamu tidak perlu memiliki hosting.

Jadi Mailspace ini ready to use sebagai email hosting. Selain itu untuk halaman admin, kamu tidak perlu repot- repot untuk login ke dalam kontrol panel seperti di hosting.

Khusus email hosting DomaiNesia, halaman admin tersedia di halaman MyDomaiNesia. Di halaman admin tersebut kamu bisa menambah dan membuat , hingga mengatur password akun user email.

“Bagaimana bentuk tampilan untuk pengelolaan email hosting misalnya mengirim dan menerima email? “

Tenang saja! Untuk pengelolaannya seperti mengirim dan menerima email juga sangat mudah untuk dilakukan. Kamu bisa mengakses server email hosting yang kamu punya lalu masukkan email dan password akun user email.

Jenis- jenis Mailspace DomaiNesia

Produk email hosting di DomaiNesia terdapat 3 jenis, meliputi Mailspace Lite, Mailspace Pro, dan Mailspace Max. Ketiga produk email hosting ini memiliki masing- masing karakteristik.

Kamu bisa pilih diantara ketiganya sesuai dengan kebutuhan email hosting yang kamu ingin kan. Untuk pemesanan lebih lanjut, kamu bisa membelinya di halaman email hosting.

Perbedaan Mailspace Dengan Email Hosting Lainnya

Di bahasan sebelumnya, sedikit dijelaskan bahwa email hosting DomaiNesia ini berbeda dengan email hosting lainnya.

Pertama, konsep email hosting pada umumnya adalah kamu membeli hosting kemudian kamu bisa membuat email dengan domain sendiri di dalam hosting tersebut. Sedangkan untuk email hosting DomaiNesia, benar- benar email hosting yang ready to use tanpa harus memiliki hosting.

Jadi email hosting DomaiNesia tidak ada hubungannya dengan hosting. Dengan demikian email hosting DomaiNesia menjadi solusi permasalahan penuhnya kapasitas hosting yang mempengaruhi performa email.

Kedua, karena email hosting DomaiNesia tidak berhubungan dengan hosting maka secara otomatis tidak membutuhkan halaman kontrol panel seperti cPanel hosting. Namun, untuk menambahkan dan membuat akun user email kamu bisa mengakses MyDomaiNesia.

Ketiga, untuk tampilan pengelolaan email hosting pada umumnya akan menggunakan webmail seperti roundcube. Apabila hosting dalam keadaan penuh dan kamu ingin mengakses email menggunakan webmail terkadang untuk mengaksesnya akan membutuhkan waktu yang lumayan lama.

Berbeda dengan email hosting DomaiNesia. Email hosting DomaiNesia menyediakan tampilan yang hampir sama seperti tampilan Gmail. Caranya mengaksesnya pun mudah. Silakan akses server email hosting kemudian masukkan email dan password.

Panduan Email Hosting DomaiNesia

Nah setelah kamu mengetahui apa itu Mailspace dan perbedaannya dengan email hosting lainnya, sekarang akan dijelaskan beberapa panduan terkait email hosting DomaiNesia.

Pertama sebelum memulai panduan di bawah ini, yuk kenalan terlebih dahulu 3 komponen penting yang wajib kamu tahu sebagai admin atau owner Mailspace. Tiga komponen meliputi Mail Server, Mailspace Server, dan Company ID. Masing- masing komponen memiliki kegunaan yang berbeda- beda.

Mail Server – Merupakan suatu URL yang digunakan untuk mengelola email, mulai dari mengirim email, menjawab email, mengganti password, menghapus email dan masih banyak lagi. Mudahnya URL Mail Server adalah email client Mailspace.

Mailspace Server – Sebenarnya Mailspace Server hampir sama dengan Mail Server, yang membedakan adalah untuk Mailspace Server membutuhkan CompanyID agar bisa masuk ke dalam email client Mailspace.

Mengapa harus ada Mailspace Server? Mailspace Server digunakan agar admin dapat melakukan testing apakah layanan Mailspace sudah dapat berjalan atau belum. Ingat! untuk mengakses Mailspace Server ini hanya dapat dilakukan oleh admin email.

Company ID – Kode yang digunakan admin email untuk melakukan testing pada Mailspace apakah siap digunakan atau tidak.

Cara Membuat Akun Email User

Panduan email hosting pertama adalah membuat akun email user. Agar kamu bisa membuat akun email user, silakan akses halaman MyDomaiNesia dengan memasukkan email dan password saat Sign Up.

Setelah itu kamu bisa klik menu My Services dan memilih produk Mailspace pada kategori Email.

Seperti membuat akun email pada umumnya, untuk membuat akun email hosting membutuhkan alamat email dan password. Untuk itu silakan klik Create an Email Account.

Setelah itu kamu bisa isikan email dan password akun email user yang akan dibuat. Pastikan password mengandung huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol. Jika sudah langsung saja klik Create Email


Maka secara otomatis akan muncul akun email user yang telah kamu buat.

Cara Mengakses Email

Panduan email hosting yang kedua adalah mengakses email. Khusus produk email hosting DomaiNesia, untuk mengelola email seperti mengirim dan menerima email kamu bisa melalui Premium Email Client DomaiNesia. Untuk mengaksesnya pun mudah.

Pertama, silakan akses mail.namadomainanda.com pada web browser. Misalnya pada panduan kali ini menggunakan mail.websitesaya.net. Lalu kamu akan diminta untuk memasukkan email dan password akun email user. Kamu bisa memasukkan email dan password sesuai dengan akun email user yang telah dibuat.

Yeay! Kamu telah berhasil mengakses halaman pengelolaan email profesional. Di halaman ini kamu bisa mengirim, menerima, menghapus email hingga mengatur tema dan refresh email.

Cara Membuat dan Mengirim Email Baru

Panduan email hosting selanjutnya adalah membuat dan mengirim email baru. Sebelumnya sudah dijelaskan, untuk membuat dan mengirim email kamu bisa mengakses mail.namadomainanda.com pada web browser. Lalu, masukkan email dan password akun email user.

Setelah berhasil masuk, untuk membuat email baru kamu bisa klik New Message.
hosting-email untuk admin

Kamu bisa mulai membuat dan mengirimkan email baru. Pertama dengan mengisi alamat tujuan pada kolom To, mengisi judul email pada kolom Subject, dan menuliskan isi email di bawahnya.

Apabila ingin menyertakan file (gambar, docs, video, dll) kamu bisa klik ikon di samping kanan seperti di gambar. Setelah semua selesai, langsung saja klik Send untuk mengirim email.

Mengelola Akun Email User

Panduan email hosting selanjutnya adalah mengelola akun email user. Setiap akun email user dapat dikelola dengan mudah oleh admin.

Untuk mengelola akun email user bisa melalui halaman MyDomaiNesia. Silakan masukan email dan password akun DomaiNesia.

Setelah itu pilih menu My Services kemudian klik Mailspace yang kamu punya.

Maka kamu sebagai admin akan berada di halaman pengelolaan email hosting. Pada halaman tersebut kamu juga bisa mengelola akun email user. Pada panduan kali ini misalnya akan mengelola akun email user email@websitesaya.net. Kamu bisa klik Manage di sebelah kanan email.

Ada beberapa pengelolaan pada akun email user, antara lain :

Connect Devices

Sama seperti akun email lainnya (Gmail), email user juga bisa dikelola melalui HP masing- masing user. Untuk itulah setiap akun email user akan mendapatkan fitur yang dapat menghubungkan email ke perangkat misalnya HP.

Untuk menghubungkan email ke perangkat, ada beberapa hal yang diperlukan yaitu Incoming dan Outgoing Server. Namun tenang, saja untuk setting di HP masing- masing user bisa dilakukan sendiri. Pertama admin bisa memberikan Incoming dan Outgoing Server pada tab Connect Devices ke user.

Setelah itu, sebagai user kamu bisa buka Aplikasi Gmail di HP. Lalu pilih menu Setting.

Setelah itu silakan klik Tambahkan akun dan dilanjutkan pilih Lainnya untuk menambahkan akun email user.

Masukkan alamat email user dan dilanjutkan dengan klik Berikutnya.

Setelah itu kamu bisa memilih jenis Incoming Server yang ingin kamu gunakan. Kamu bisa lihat pada informasi di menu Connect Devices, terdapat 2 pilihan Incoming Server atau Setelan server masuk, yaitu IMAP dan POP3.

Kamu bisa pilih salah satu. Pada panduan ini misalnya memilih IMAP.

Lalu masukkan password email user dan klik Berikutnya.

Kemudian kamu bisa cek kembali apakah setting yang dilakukan sudah sesuai atau belum.

  • Username – Alamat email user
  • Password – Password akun email user
  • Server – Tuliskan mx.mailspace.id. Sesuaikan dengan Incoming Server yang telah disediakan

Setelah semua detail benar langsung saja klik Berikutnya. Selanjutnya kamu akan diminta untuk mengisi Outgoing Server atau Setelan server keluar. Untuk Outgoing Server, kamu bisa isikan seperti saat mengecek setting Incoming Server.

  • Username – Alamat email user
  • Password – Password akun email user
  • Server – Tuliskan mx.mailspace.id. Sesuaikan dengan Outgoing Server yang telah disediakan

Terakhir silakan klik Berikutnya dan proses menghubungkan email ke perangkat selesai dilakukan.

Setting Password

Selain dapat menghubungkan email ke perangkat, admin juga bisa mengubah password setiap akun email user. Perubahan password biasanya dilakukan karena user lupa dengan password akun emailnya.

Admin dapat mengubah password lama menjadi password yang baru. Silakan pilih akun email user yang ada direset password, lalu klik Manage.

Setelah itu masuk ke menu Password. Kemudian masukkan password baru pada kolom New Password. Dan tulis ulang password baru pada kolom Password Confirmation. Jika sudah, klik Save Changes untuk menyimpan perubahan password akun email user.

Melakukan Forwarding Email

Selanjutnya terdapat fitur Forwarding di setiap akun email user. Penggunaan fitur forwarding ini hampir sama seperti saat kamu menggunakan fitur cc dan bcc pada email.

Semua email yang masuk ke salah satu email user akan bisa diteruskan ke beberapa email user lainnya. Silakan memilih akun email user yang akan meneruskan email. Lalu klik Manage pada akun email user yang dipilih.

Misalnya akun email user yang meneruskan adalah email@websitesaya.net. Admin menginginkan setiap email yang masuk ke dalam akun tara@websitesaya.net akan diforward atau diteruskan ke email nina@websitesaya.net.

Nah untuk itu, admin bisa mengaturnya dengan cara menambahkan alamat email yang akan menerima forward. Karena tadi alamat email user nina@websitesaya.net merupakan alamat email user yang akan forward, maka admin bisa menuliskan nina@websitesaya.net pada kolom Forward to di menu Forwarding dan klik Add untuk menambahkannya.

Menghapus Akun Email User

Panduan email hosting yang terakhir adalah menghapus akun email user. Admin juga dapat menghapus akun email user yang sekiranya sudah tidak dipakai agar kapasitas disk tidak terbuang sia- sia.

Untuk menghapus akun email user, silakan pilih akun email user yang akan dihapus. Lalu klik menu Delete. Setelah itu klik Delete Email Account untuk menghapus akun email user.

Cara Upgrade Kapasitas User Email

Panduan hosting-email untuk admin selain mengelola akun dan email adalah upgrade kapasitas user email. Apabila kamu membutuhkan upgrade kapasitas user, silakan mengikuti langkah- langkah cara upgrade kapsitas user email :

1. Mengakses MyDomaiNesia

Langkah pertama adalah mengakses MyDomaiNesia pada web browser. Lalu masukkan username dan password. Username dan password ini merupakan akun kamu pada saat mendaftar di DomaiNesia sebelum pembelian produk DomaiNesia.

2. Memilih Menu Mty Services

Selanjutnya jika sudah berhasil masuk, kamu akan diarahkan ke halaman client area DomaiNesia. Silahkan pilih menu My Services lalu pilih email hosting pada kategori Email.

3. Melakukan Upgrade Kapasitas User

Pada email hosting DomaiNesia ini kamu bisa mengatur kapasitas user email sesuai dengan kebutuhan. Masing- masing jenis Mailspace memiliki default kapasitas user.

Pada Mailspace Lite dan Pro default kapasitas user berjumlah 3. Sedangkan untuk Mailspace default kapasitas usernya berjumlah 5. Apabila kamu merasa kurang, kamu bisa upgrade atau menambahkan kapasitas user. Silakan klik tombol Add User Capacity

Setelah itu pada kolom New Configuration kamu bisa mengisikan total kapasitas user yang kamu butuhkan. Jumlah user email hosting yang tersedia saat itu tertera pada kolom Current Configuration. Kemudian kamu ingin menambahkan user email hosting, maka kamu bisa mengisikan total user sekarang ditambah dengan user yang kamu butuhkan nantinya.

Pada panduan kali ini misalnya jumlah user saat ini berjumlah 5 user, lalu ingin menambahkan 3 user baru. Maka dari itu bisa mengisikan 8 pada kolom New Configuration. Setelah selesai klik Continue untuk menyelsaikan proses upgrade.

Catatan : Kolom New Configuration berisikan total user yang dibutuhkan (jumlah user sekarang + jumlah user yang ditambahkan).

4. Selesaikan Pembayaran

Kemudian kamu akan diberikan detail harga yang harus kamu bayarkan. Harga yang dibayarkan merupakan harga jumlah user yang ditambahkan. Kamu bisa memilih metode pembayaran sesuai yang diinginkan.

Jika terdapat promo khusus email hosting kamu bisa tambahkan kode promo pada kolom Promotional Code. Untuk menyelesaikan silakan langsung saja klik Continue

Catatan : Setiap bulan semua user harus diperpanjang. Apabila total user email hosting yang kamu miliki 8 user, maka setiap bulan harus melakukan perpanjangan kedepalan user email tersebut.

Kamu bisa bayar sesuai dengan total pada Proforma Invoice.

Cara Upgrade Layanan Email Hosting

Panduan email hosting ketiga yaitu cara upgrade layanan email hosting. Misalnya sekarang kamu memiliki layanan Mailspace Lite dengan disk space 2 GB per user.

Bagi kamu disk space 2 GB itu sangat sedikit untuk 1 user. Untuk itu kamu ingin upgrade layanan Mailspace Lite menjadi Pro. Mailspace Pro menyediakan disk space 10 GB per user. Kamu bisa klik tombol Upgrade sperti gambar di bawah ini.

Kemudian pilih produk upgrade email hosting. Apabila kamu memilih Mailspace Pro, silakan klik Choose Product di sebelahnya. Sedangkan jika kamu memilih Mailspace Max, silakan klik Choose Product di sebelahnya. Sesuaikan dengan kebutuhan kamu ya.

Ingat! Kamu tidak bisa melakukan Downgrade produk email hosting DomaiNesia.

Kesimpulan

Itulah panduan hosting-email untuk admin yang bisa kamu ikuti. DomaiNesia akan selalu mengembangkan setiap fitur dan produk yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan setia DomaiNesia. Seperti salah satunya adalah Mailspace. Banyaknya permintaan dan kebutuhan email hosting, sehingga DomaiNesia membuat produk baru bernama Mailspace. Pastinya email hosting DomaiNesia memiliki ciri khas tersendiri. Tertarik menggunakan Mailspace? Langsung saja beli email hosting di DomaiNesia.

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!