Algoritma Google 2018 : Daftar dan List Terupdate Algoritma Google.8 min read

Algoritma Google 2018.jpg

Kamu ingin tahu update algoritma google terbaru? dan kamu ingin mengetahui google update agar dapat menjalankan seo google? tetapi setelah mencari di internet, kamu tidak menemukan algoritma yang benar benar update?, nah berikut adalah daftar algoritma terbaru google yang akan kami rangkum dan update setiap kali ada update terbaru.

Di artikel kali ini kami akan coba membuat daftar algoritma google dan membuat list google update yang terbaru (daftar algoritma update yang paling penting dan sudah dikonfirmasi oleh google search engine).

Jika kamu pernah mendengar tentang algoritma penguin, rankbrain, kamu sudah mengetahui beberapa jenis algoritma google yang telah dirilis oleh google.

Tapi, apa itu algoritma? dan apa pengaruhnya dengan website kamu? atau apa pengaruh terhadap seo google yang kamu jalankan?

Artikel terkait: 5 jurus jitu untuk membuat website dari Nol

Algoritma adalah metode atau perhitungan yang terstruktur dan digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan menghasilkan sebuah apa yang disebut solusi. Algoritma pada umumnya digunakan untuk menyelesaian permasalahan perhitungan yang dilakukan oleh komputer.

Kata algoritma adalah kata yang berasal dari tulisan seorang matematikawan bernama Muhammad ibn Musa al-Khwarizmi, beliau menulis sebuah tulisan dalam bahasa arab yang kemudian di terjemahkan ke bahasa latin dengan judul “Algoritmi on the numbers of the Indians“.

Lalu, apa itu algoritma google atau banyak pengguna internet menyebut google update? kita akan membahasnya sebentar lagi.

Dalam bahasa sederhana algoritma google adalah metode yang dilakukan oleh google search engine untuk memilih konten di dalam database mereka. Google memiliki berjuta juta pages atau file yang mereka index dan dengan algoritma google tersebut google memilih konten yang menurut google adalah konten yang paling bagus dan terbaik untuk di tampilkan oleh pengguna google search engine.

Sampai sekarang tidak ada yang mengetahui pasti cara kerja algoritma google seacara pasti kecuali google sendiri, namun dalam salah satu blog resmi google, google akan selalu mengutamakan pengguna search engine mereka atau dengan kata lain fokus membuat konten website bermanfaat untuk pengguna bukan untuk search engine google sendiri.

Berikut adalah daftar algortima google yang terpenting hingga terbaru.

Algoritma Google Tahun 2018

1. Mobile First Index (Update 26 Maret 2018)

Sebernarnya google sudah sejak lama merencanakan untuk lebih memperhatikan multi-platform site atau dengan kata lain website yang multi device, bisa diakses di desktop maupun di mobile.

Karena menurut penelitian yang di lakukan google pada tahun 2016,

sekitar 80% orang yang menonton tv atau film akan melakukan pencarian di internet. Sumber: thinkwithgoogle.com

Dengan begitu Google meluncurkan algoritma mobile first index.

 

  • Jadi bagaimana cara kerja mobile-first indexing?

Dari mobile-first index , Google mengindex konten website dengan dua versi, desktop dan mobile. Jika website kamu belum mobile friendly , Google akan tetap mengidex dengan versi dekstop dari website kamu.

Dari nama mobile-first secara harafiah Google melakukan indexing dengan mempertimbangkan dan mendahulukan website yang mobile-friendly dari setiap website yang ingin terangking di Google search engine.

  • Pengaruh dan cara mengatasi algoritma mobile-first index

Sebenarnya mobile-first indexing tidak berpengaruh secara langsung ke website, jika website kamu sudah mobile-friendly karena website yang mobile-friendly pasti akan terindeks dengan Google dan tidak akan terjadi masalah.

Untuk website yang belum mobile-friendly, tidak akan terkena dampak secara langsung, tapi ranking di mobile version tidak akan melebihi dari website yang sudah mobile-friendly.

Agar website kamu aman dan lolos dari algoritma ini maka paling aman adalah membuat website mobile-friendly dan sebisa mungkin membuat amp version dari website anda juga membantu website versi mobile teranking dengan baik.

2. Zero result SERP Test (Update 14 Maret 2018)

Update ini sudah dihentikan oleh Google. Google hanya mencoba algoritma ini diperkirakan selama satu minggu. Setelah satu minggu berjalan update ini dihentikan oleh Google.

Google tidak menampilakan pencarian pada kata kunci atau keywords konversi mata uang, konversi suhu, dll, melainkan menampilkan tombol “show all” untuk menampilkan hasil pencarian lain, sebagai berikut :

Sumber : Google.com

atau, sebagai contoh lain jika hasil pencarian kita cukup relevan dan banyak disenangi oleh Google dan pengguna mesin pencarian Google, meta desciption akan di tampilkan sebagai card.

  • Bagaimana cara kerja Zero result SERP

Sebenarnya Zero result SERP sangat berhubungan dengan rich snipet. Google menampilkan hasil pencarian dari keywords yang sangat detail seperti suhu, waktu, harga saham, dll.

  • Penyesuaian diri dengan Zero result SERP

Google menyediakan sebuah fitur untuk melakukan test terhadap SERP yang dapat dilakukan di situs google. Kamu bisa membuat markup untuk snipet dan melakukan test di tempat tersebut. Kamu tidak perlu khawatir dengan algoritma Google satu ini, karena tidak berpengaruh secara langsung terhadap website secara kesuluruhan.

3. “Brackets” Core Update (Update 8 Maret 2018)

Di dalam situs twitter Google webmaster, dalam sehari Google bisa mengajukan sebuah perubahan untuk algoritma mereka guna meningkatkan hasil pencarian dari mesin pencarian mereka.

Baca juga : tips untuk memperlaris toko online anda

Algoritma Google Terpenting dan Berpengaruh dalam Sejarah yang Pernah dirilis oleh Google

Update algoritma Google yang pernah dirilis sebelumnya telah mengubah citra Google menjadi lebih baik, seperti yang telah dikatakan oleh Google bahwa mereka selalu memperbaiki dan mengupdate algoritma mereka dengan tujuan untuk meningkatkan kepuasan user atau pengguna mereka.

Dan oleh sebab dari Google update atau algoritma Google ini, para pelaku SEO Google beranggapan bahwa, SEO sudah tidak bisa digunakan di lagi.

Berikut adalah algoritma terpenting dan paling berpengaruh yang pernah diluncurkan oleh Google:

1. RankBrain (Algoritma yang menggunakan teknologi AI atau Artificial Intelegence)

Algoritma Rankbrain adalah berbasis AI atau Artificial Intelegence, pertama dikenalkan oleh Google pada bulan oktober 2015.

RankBrain adalah salah satu algoritma utama yang digunakan untuk menyaring konten di dalam database Google, walaupun rankbrain menjadi faktor utama bukan berarti rankbrain menggantikan algoritma yang lain.

Berdasarkan search engine journal, Google mejelaskan salah satu contoh RankBrain adalah ketika anda mencari sebuah kata kunci atau keywords, misal “hosting murah”, hasil pencarian yang anda cari akan berbeda ketika anda mencari di negara lain, misal india.

  • Cara Kerja Algoritma RankBrain

Menurut neilpatel , algoritma rankbrain berhubungan dengan user-intent atau minat dari pengguna dari search engine untuk menampilkan hasil pencarian Google yang dianggap paling relevan. Pengguna search engine seperti kita cenderung mencari informasi dari yang sangat umum kemudian menyempit ke pencarian yang lebih spesifik. Sebagai contoh, kita mencari kategori website yang bagus, kemudian kita akan mencari cara membuat website untuk pemula, dan kemudian kita akan mencari hosting murah dan domain murah. Rankbrain sangat mampu untuk menampilkan hasil yang dirasa paling relevan untuk user.

  • Beradaptasi dengan RankBrain

RankBrain adalah algoritma berbasis AI (Artificial Intellegence), jadi tidak menutup kemungkinan setiap harinya rankbrain akan berkembang menjadi lebih baik.

Untuk beradaptasi dengan rankbrain ada baiknya kamu fokus ke visitor, pembaca, atau pengguna dan mengetahui minat mereka. Juga membuat konten yang spesifik dan mendalam sehingga kamu bisa memenuhi informasi yang dibutuhkan. Terakhir, buatlah konten dengan persamaan keywords atau persamaan kata berdasarkan minat dari pengguna anda.

2. Hummingbird (Ada yang tahu kalo nama resmi algoritma utama Google adalah hummingbird?)

Ketika Google pertama kali keluar dengan menawarkan search engine atau mesin pencarian Google sudah menggunakan sebuah algoritma, pada awalnya Google tidak punya nama formal untuk algoritma tersebut.

Kemudian pada tahun 2013, Google mengumumkan sebuah nama untuk algoritma pencarian miliknya dan nama tersebut adalah “hummingbird“.

Di dalam hummingbird sendiri terdapat banyak bagian algoritma seperti rankbrain, penguin, panda yang juga bagian dari hummingbird.

  • Cara Kerja Hummingbird

Algoritma hummingbird bekerja dengan apa yang disebut dengan conversational search dengan memperhatikan kalimat pencarian yang dimasukan di dalam mesin pencarian. Google tidak lagi hanya memperhatikan keywords atau kata kunci dengan 1 kata atau 2 kata.

  • Penyesuaian diri dan adaptasi dengan hummingbird

Hummingbird memperhatikan relevansi dari sebuah konten, bangun konten yang mendetail yang menyediakan informasi dan menjawab pertanyaan pengguna atau customer. Engagement dan bangun relasi yang baik dengan customer atau pengunjung dan visitor anda.

3. Penguin (Algoritma berfokus pada kualitas link)

Algoritma Penguin pertama kali dirilis pada tahun 2012. Pada masa itu banyak website yang memiliki konten tidak bermanfaat, atau berisi spam keywords atau dalam bahasa teknis disebut “keyword stuffing” dan kemudian banyak link link yang sangat tidak membuat nyaman para “pencari informasi” di internet.

Google mengeluarkan algoritma penguin dan memberi pinalti sehingga website yang melanggar algoritma penguin akan dikeluarkan dari index Google, dengan kata lain website tersebut tidak akan ada di mesin pencari Google atau search engine Google.

Pada update terbaru Penguin 4.0 yang dikeluarkan Google pada bulan september 2018, Google menyatakan bahwa penguin menjadi bagian dari algoritma inti Google atau dengan kata lain hummingbird, dan mengupdate beberapa aturan seperti tidak memberi pinalti kepada website namun mengabaikan link dari website yang mempunyai kualitas jelek.

4. Panda (Fokus Algoritma Panda adalah Konten)

Fokus dari algoritma panda adalah on-Page SEO. Ketika pertama keluar update panda, website dengan kualitas konten yang jelek dan sangat tidak relevan, misal terlalu sedikit konten atau terdapat keywords stufing atau mengulang kata secara berturut turut, dan juga terdapat banyak duplikat atau konten yang sama persis akan terkena Panda dan akan diberikan pinalti. Pinalti dapat berupa dihilangkan dari mesin pencarian Google atau Search Engine Google.

Algoritma Panda dan Penguin dikeluarkan hampir bersamaan dikarenakan keduanya saling berhubungan untuk Panda fokus on-Page dan Penguin fokus off-Pages(kualitas link).

Simpulan

Algoritma Google sangatlah banyak, ada masih banyak update yang tidak memiliki nama dan belum terkonfirmasi oleh Google karena Google dalam sehari melakukan update hingga ratusan kali.

Namun dalam setiap update Google yang terkonfirmasi, Google selalu menjelaskan bahwa di setiap update yang mereka berikan selalu mengutamakan website untuk kenyamanan user bukan untuk robot mesin pencarian.

Namun akan lebih baik jika anda bisa “menyenangkan” kedua belah pihak baik itu user ataupun Google robot dengan mengetahui update algoritma terbaru dari Google. Kami akan selalu berusaha mengupdate tentang algoritma Google di setiap ada update terbaru. Semoga artikel ini membantu anda.

Jangan lewatkan promo domain dan hosting DomaiNesia, ada promo domain setiap bulan!

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!
>