• Home
  • Tips
  • Apa itu Copyright? Tangkal Plagiarisme dengan 5 Cara Ini

Apa itu Copyright? Tangkal Plagiarisme dengan 5 Cara Ini

Oleh Ratna Patria

Plagiarisme adalah suatu yang seringkali terjadi namun biasanya hanya dikonotasikan sebagai pelanggaran etika saja bukan suatu pelanggaran yang berhubungan dengan hukum. Terlebih di era digital seperti saat ini sangat sulit untuk mencari karya yang benar-benar original dan belum pernah ada sebelumnya.

Saat ini kegiatan yang berhubungan dengan plagiarisme sangat sulit untuk dikenali. Bahkan mesin pencari seperti Google sebetulnya memiliki masalah yang cukup serius terkait plagiarisme ini.

Plagiarisme seringkali disebut sebagai duplicate content. Setiap orang bisa dengan mudah membuat konten apapun baik dalam bentuk video, audio, gambar, hingga tulisan.

Apa itu Plagiarisme?

Ada satu hal yang perlu kamu ketahui sebelum membuat sebuah konten yaitu tentang apa itu copyright. Sebenarnya seberapa pentingkah penggunaan copyright? Kami akan membahas tentang pentingnya sebuah hak cipta (Copyright).

apa itu copyright
Sumber: Pixabay

Bukan hanya tulisan namun, untuk semua konten yang memang perlu untuk mendapatkan pengakuan kepemilikan. Dalam proses pembuatan sebuah karya baik itu karya fisik maupun digital ada komponen yang cukup penting dan tidak boleh sampai kamu lupakan. Yaitu melindungi karya yang kamu ciptakan secara legal.

Tentunya kamu tidak mau bukan jika suatu saat nanti ada seseorang yang memiliki karya yang kurang lebih sama seperti yang kamu ciptakan dan kamu sama sekali tidak memiliki bukti bahwa kamu lah orang yang menciptakan karya tersebut untuk pertama kali.

Plagiarisme atau yang dikenal dengan plagiat adalah suatu kegiatan menjiplak atau pengambilan karangan, kutipan dan lain sebagainya dari karya orang lain dan menjadikannya seolah karya tersebut adalah murni ciptaannya sendiri.

Jadi bisa dikatakan jika plagiat itu adalah mencuri hasil karya orang lain. Sebenarnya kasus plagiat sendiri telah menjadi suatu pelanggaran hukum yang telah diatur dalam undang-undang.

Itulah sebabnya mengapa konten yang kamu buat perlu dilindungi secara hukum dengan mendapatkan hak cipta (copyright) konten tersebut.

Setelah kamu memahami tentang plagiarisme, sekarang saatnya mengenal apa itu copyright. Semua pembuat konten tentu tidak ingin jika buah dari pemikirannya yang dibuat dengan susah payah bisa digunakan oleh sembarang orang dengan bebas dan tanpa permisi.

Kamu perlu mengetahui tentang apa itu Copyright untuk melindungi karya kamu dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Para penikmat karya baik itu fisik maupun digital sudah pasti familiar dengan kata-kata Copyright. Tulisan ini sering dicantumkan jika kamu melihat konten-konten yang bertebaran di internet.

Copyright atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan Hak Cipta adalah hak yang berlaku secara otomatis untuk sebuah karya atau ciptaan yang telah diwujudkan dalam bentuk nyata. Hak ini diberikan kepada pencipta atau pemegang hak cipta yang karyanya telah dibuat.

apa itu copyright
Sumber: Pixabay

Copyright sendiri memegang peran yang sangat penting untuk mengatur penggunaan dan pendistribusian karya tersebut secara umum. Misalnya menentukan pihak mana saja yang boleh memakai, menyalin, mempublikasikan dan juga menjual karya tersebut.

Penggunaan Copyright ini berfungsi untuk melindungi para pencipta dari kemungkinan penyalahgunaan atau penyelewengan hasil ciptaannya.

Cara Mengatasi Plagiarisme

Plagiarisme terdiri dari beberapa jenis diantaranya plagiarisme secara langsung. Plagiarisme ini berkaitan dengan seseorang yang melakukan copy-paste dari pekerjaan orang sebelumnya tanpa mencantumkan sumber.

Kedua plagiarism sebagian, yaitu konten atau tulisan yang telah melakukan parafrase namun masih terdapat beberapa kalimat yng identic dengan sumber aslinya. Ketiga plagiarisme ringan terjadi karena parafrase yang dilakukan belum mencantumkan sumber aslinya. Berikut cara mengatasi plagiarisme:

Sertakan Sitasi

Penggunaan sitasi sangat penting. Seseorang yang menggunakan sebuah gagasan atau pun opini yang bukan dari buah pemikirannya harus menggunakan sitasi. Penyertaan sitasi bisa diartikan penulis memberikan keterangan darimana dia memperoleh tulisan tersebut meskipun tidak menggunakan kata-kata yang sama persis.

Lakukan Deteksi Plagiarisme

Internet seperti sebuah pisau yang memiliki 2 mata pisau. Dengan internet kamu bisa dengan mudah melakukan plagiat namun bisa dengan mudah juga mendeteksi plagiarisme itu sendiri.

Bahkan kamu bisa mengetahui jika karya tersebut adalah sebuah plagiat dengan dengan sangat mudah. Kamu bisa menggunakan berbagai situs dan aplikasi anti plagiarisme yang sudah banyak tersedia saat ini.

Parafrase

Untuk terhindar dari plagiarisme sebaiknya kau menyertakan sumber dari kutipan yang kamu gunakan pada karya kamu jika karya tersebut berupa tulisan. Karena tulisan yang menggunakan kutipan langsung tanpa menyertakan sumber akan dianggap sebagai tindakan plagiat.

Edukasi

Pengetahuan tentang plagiarisme perlu diinformasikan secara terus menerus khususnya dikalangan akademisi. Sebelum berkembangnya dunia digital kasus plagiarisme adalah kasus yang cukup sulit terdeteksi, sehingga banyak sekali terjadi kasus tersebut.

Namun bukan hanya dari internet. Isu-isu yang berhubungan dengan plagiarisme dan pelanggaran hak cipta harus diangkat pada diskusi–diskusi publik. Supaya bukan hanya dari kalangan akademisi yang mengerti tentang plagiarisme namun bisa dipahami juga oleh masyarakat secara umum.

apa itu copyright
Sumber: Pixabay

Itulah sedikit penjelasan tentang apa itu copyright. Maka, sebaiknya kamu berpikir seribu kali untuk melakukan suatu tindakan plagiat dalam konteks dan konten apapun. Sebab hal tersebut bukan hanya akan merusak nilai yang kamu miliki namun akan merusak nama kamu dia kalangan akademisi dan masyarakat pada umumnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


muhammad rinaldy
September 29, 2020

terimakasih informasinya,sangat bagus informasi yang di dapat dan menambahkan ilmu pengetahuan saya,semoga sukses terus dan berkembang secepatnya perkenalkan nama saya muhammad rinaldy

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!