• Home
  • Tips
  • 10 Insight Tentang Website Desain yang Perlu Kamu Ketahui

10 Insight Tentang Website Desain yang Perlu Kamu Ketahui

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Sebenarnya kebiasaan pengguna website tidak berbeda jauh dengan pelanggan toko offline. Pengguna mencari sesuatu yang menarik kemudian mengkliknya.

Kalau ada halaman website baru yang tidak cocok dengan harapan pengguna, mereka akan mengklik tombol kembali dan melanjutkan proses pencarian produk atau tujuan lain.

Website Desain
Sumber: Pexels

Tips Desain Website yang Efektif

Pengguna akan menghargai website yang memiliki konten berkualitas tinggi dan memiliki kredibilitas. Konten website lebih penting daripada desain yang mencolok.

Website page harus memenuhi harapan pengguna dengan memiliki fungsi dan navigasi yang jelas di website. Apa saja yang perlu diketahui untuk membuat website desain yang baik? Berikut ini ulasannya.

Jangan Membuat Berpikir

Website page harus jelas secara arsitektur, visual dan navigasi agar dapat membantu pengguna menemukan cara mencapai tujuan ketika membuka website.

Jangan membuat pengguna kesulitan untuk memahami cara kerja sistem dan cara berpindah dari halaman satu ke halaman lain di website.

Jangan Membuang Kesabaran

Ketika kamu menawarkan pengguna beberapa layanan seperti mengisi formulir pembuatan akun, sebaiknya meminimalkan kebutuhan pengguna dengan tidak membiarkan mereka wajib mengisi formulir yang panjang bahkan jangan memaksa mereka untuk memberikan data pribadi.

Pengguna ingin memberikan alamat email ketika fitur yang mereka coba akan sangat berguna.

Lebih baik membuat website desain tanpa perlu pengguna wajib berlangganan atau registrasi agar tidak mengurangi trafik websitemu.

Fokus Pada Perhatian Pengguna

Memfokuskan perhatian pengguna ke area website tertentu dengan menggunakan elemen visual yang menarik dapat membantu pengguna untuk berpindah dari titik A ke titik B tanpa memikirkan bagaimana cara kerjanya.

Salah satu elemen yang pasti langsung dilihat oleh pengguna adalah kata “gratis” yang terlihat menarik tetapi tetap informatif.

Tampilkan Fitur Website

Website dengan tombol visual yang menarik dan navigasi yang jelas akan membantu mengarahkan pengguna mencapai tujuannya ketika membuka websitemu.

Prinsip dasar UI desain adalah membuat pengguna dapat melihat dan memahami dengan jelas fungsi dan konten apa yang tersedia di website sehingga mereka merasakan kenyamanan ketika berinteraksi dengan sistem.

Website Desain
Sumber: Pexels

Penulisan Efektif

Gaya penulisan pada website desain harus disesuaikan dengan preferensi dan kebiasaan browsing pengguna website.

Penulisan efektif untuk website sebaiknya menggunakan kalimat yang ringkas, to the point serta menggunakan bahasa yang sederhana dan obyektif.

Selain itu, tata letak tulisan harus mudah dilihat dan dibaca seperti pengkategorian konten, penggunaan sub judul, penggunaan poin-poin agar paragraf tidak terlalu panjang dan penggunaan elemen visual agar terlihat menarik.

Desain Sederhana

Prinsip Keep It Simple (KIS) harus menjadi tujuan utama dalam website desain.

Usahakan membuat website yang tidak rumit karena pengguna akan mencari informasi di websitemu, bukan untuk menikmati desain.

Desain website tanpa iklan dan konten yang berlebihan adalah keinginan dari setiap pengguna website.

Gunakan White Space

White space diperlukan dalam website desain karena semakin baik website memberikan pemahaman visual kepada pengguna, semakin mudah kontenmu dilihat pengguna.

Konten yang dipisahkan dengan white space akan mudah ditemukan oleh pengguna yang mencari informasi tertentu di websitemu.

Bahasa yang Efektif

Website desain yang baik memiliki konsistensi, layout dan kemudahan navigasi yang harus diterapkan pada semua elemen website.

Gunakan komunikasi yang sederhana, jelas dan memiliki kekhasan dari perusahaan atau brandmu. Elemen-elemen desain harus bisa dibedakan dan mudah dipahami.

Sesuaikan tampilan UI dengan menjaga elemen yang mudah dibaca, tipografi, simbol, warna dan tekstur agar bisa berkomunikasi dengan pengguna.

Untuk tipografi, kamu bisa menggunakan maksimal 3 tipografi dan maksimal 18 kata atau 50-80 karakter per baris teks.

Konvensi Pengguna

Website desain yang efektif harus memahami apa yang pengguna harapkan mulai dari navigasi website, struktur teks dan penempatan kolom pencarian.

Kalau konvensi diterapkan dengan baik, mereka dapat menemukan objek yang tidak terlalu spesifik bahkan ketika mereka tidak mengerti.

Dengan konvensi, kamu bisa memperoleh kepercayaan dan membuktikan kredibilitas perusahaan atau brandmu.

Test Early, Test Often (TETO)

Prinsip TETO ini wajib digunakan pada setiap proyek website desain karena bisa memberikan insight penting tentang masalah yang berkaitan dengan layout tertentu.

Masalah yang ditemukan perlu dianalisis dari berbagai sudut pandang seperti peraturan proyek, stakeholder, anggaran proyek dan lain-lain.

Melakukan pengujian terhadap satu pengguna lebih baik daripada tidak melakukannya sama sekali. Pengujian adalah proses berulang. Ketika mendesain sesuatu, kamu perlu mengujinya, memperbaikinya dan mengujinya lagi.

Pengujian selalu menghasilkan insight yang bermanfaat entah itu masalah yang perlu diperbaiki atau menemukan tidak ada kelemahan desain di websitemu. Keduanya berguna untuk proyekmu.

Website Desain
Sumber: Pexels

Fokus Pada Usability dan Utility

Usability dan utility adalah penentu website berhasil atau tidak. Bukan desain visual. Keberadaan fitur-fitur yang dapat digunakan oleh pengguna website adalah bukti dari pentingnya usability.

Desain adalah pelengkap untuk menarik pengguna website. Website yang memiliki fitur yang dapat berfungsi dengan baik dan desain yang sederhana adalah harapan dari banyak pengguna website.

10 insight di atas biasa kamu jadikan acuan dan aplikasikan ketika mendesain website. Selamat mendesain!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!