• Home
  • Tips
  • Cara Menghapus Akun Instagram Sementara dan Permanen

Cara Menghapus Akun Instagram Sementara dan Permanen

Oleh Ayoni Sulthon
No ratings yet.
Cara Menghapus Akun Instagram Sementara dan Permanen

Dari beragam media sosial yang tersedia saat ini, bisa dikatakan jika Instagram merupakan satu dari sekian media sosial yang paling populer dan paling banyak digunakan. Media sosial berbasis foto ini memang sangat menarik. Tidak hanya menjadi platform untuk berbagi foto, Instagram juga menyediakan feed untuk mencari informasi menarik lainnya.

Namun, meskipun menawarkan beragam fitur unik dan menarik, ada kalanya pengguna Instagram merasa bosan, terutama dengan arus informasi yang begitu deras serta hiruk-pikuk media sosial lainnya. Nah, jika Anda merasakan hal yang sama, maka menghapus akun Instagram mungkin bisa menjadi solusi yang tepat.

Tentu saja, dengan menghapus akun Instagram yang Anda miliki, sejenak Anda akan memiliki kehidupan yang mungkin lebih tenang tanpa adanya keharusan untuk berburu informasi. Lantas, bagaimana cara untuk menghapus akun Instagram tersebut?

Pada kesempatan ini akan dibahas beberapa cara untuk menghapus akun Instagram Anda, baik sementara ataupun secara permanen. Simak ulasan selengkapnya!Cara Menghapus Akun Instagram Sementara dan Permanen

Kenapa Menghapus Akun Instagram?

Tentu, akan ada banyak pertanyaan dari teman ketika mereka mengetahui Anda menghapus akun Instagram yang Anda miliki. Dengan akun yang terhapus, pastinya Anda akan kehilangan update dari beragam informasi terkini.

Nah, sebelum membahas tentang cara untuk menghapus akun Instagram, ada beberapa alasan yang bisa Anda sampaikan ketika menghapus akun Instagram tersebut. Beberapa alasan ini tentu juga bisa dijadikan pertimbangan apakah Anda sebaiknya menghapus akun Instagram atau tidak.

Beberapa alasan yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Lebih mudah fokus

Disadari atau tidak, aktivitas di media sosial akan memakan waktu yang cukup banyak. Ada banyak informasi yang menarik serta menyenangkan untuk dilihat sepanjang waktu, terlebih di Instagram dengan beragam foto yang menarik dan unik. Belum lagi jika Anda termasuk seseorang yang mengikuti perjalanan artis ataupun suatu kasus.

Nah, meskipun aktivitas tersebut hanya membuka Instagram saja, namun aktivitas lain yang sebenarnya jauh lebih penting akan terganggu dan tertunda. Tentu saja, hal semacam ini akan membuat target menjadi berantakan.

Dengan menghapus akun Instagram, maka Anda bisa mengubah pola hidup menjadi lebih fokus dan terarah. Anda nantinya akan jauh lebih mudah melakukan hal-hal penting yang sudah direncanakan sebelumnya.Cara Menghapus Akun Instagram Sementara dan Permanen

  • Mencoba lebih bersyukur

Apakah Anda merasa kurang bersyukur setelah banyak melihat post di Instagram? Memang, bersyukur adalah hal yang sangat subjektif dan Instagram juga menjadi etalase bagi pengguna untuk membagikan momen menyenangkan mereka. Banyak pengguna yang berbagi momen liburan, merayakan ulang tahun, atau lainnya.

Jika Anda merasa jika beragam post tersebut membuat Anda iri dan cenderung tidak bisa menyikapi hal tersebut secara dewasa, mungkin menghapus akun Instagram adalah pilihan yang lebih baik. Dengan terhindar dari beragam informasi tersebut, nantinya Anda cenderung lebih mudah untuk bersyukur dan fokus terhadap apa yang Anda miliki.

  • Menjaga kesehatan emosional

Banyak kalangan mengatakan bahwa Instagram menjadi salah satu hiburan yang murah dan menyenangkan, terutama ketika sedang suntuk ataupun saat memiliki masalah. Namun, di balik hal tersebut, ada beberapa dampak negatif yang juga terjadi, salah satunya adalah komentar dari pengguna lain.

Bisa jadi, Anda akan mendapatkan komentar negatif yang cenderung membuat sakit hati ketika membagikan momen di akun yang Anda kelola. Tidak dimungkiri jika hal semacam ini akan membuat Anda merasa stress dan cenderung emosi. Oleh karenanya, jika Anda sudah bisa menahan diri serta merasa hal negatif tersebut terus saja terjadi, maka lebih baik Anda menyingkir dari Instagram.

  • Lebih sehat secara fisik

Hal lain yang menjadi pertimbangan kenapa Anda mungkin perlu menghapus akun Instagram adalah meningkatkan kesehatan secara fisik. Aktivitas berselancar di dunia maya jika dilakukan secara berlebihan tentu akan berpengaruh pada kesehatan fisik. Ya, pengguna yang kecanduan nantinya cenderung untuk malas bergerak dan beraktivitas.

Tentu, aktivitas gerak yang berkurang akan membuat metabolisme tubuh menurun dan tubuh menjadi lebih mudah sakit. Jika Anda merasa aktivitas berselancar di Instagram sudah terlalu berlebihan hingga menyita waktu berolahraga, ada baiknya akun Instagram Anda dihapus terlebih dahulu.

Beberapa hal di atas adalah alasan-alasan yang mungkin bisa menjadi pertimbangan kenapa Anda harus menghapus akun Instagram yang Anda miliki. Tentu, alasan tersebut bersifat subjektif. Artinya, dari satu pengguna ke pengguna yang lain mungkin berbeda.

Cara Menghapus Akun Instagram Sementara

Ketika hendak menghapus akun Instagram, maka Anda akan mendapatkan opsi untuk menghapus akun tersebut sementara atau permanen. Opsi menghapus akun Instagram sementara bisa menjadi pilihan jika Anda masih ingin menggunakan akun tersebut di waktu yang berbeda nantinya.

Selain itu, menghapus akun Instagram sementara juga bisa menjadi solusi ketika Anda hanya merasa jenuh dengan media sosial atau ingin sementara fokus dengan target yang direncanakan. Nah, dengan menghapus akun secara sementara, tentu Anda tidak perlu membuat akun Instagram baru jika ingin kembali menggunakannya.

Baca juga : web hosting paling murah

Lantas, bagaimana cara untuk menghapus akun Instagram sementara?

Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk menghapus akun Instagram sementara. Beberapa langkah tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke akun Instagram yang Anda miliki –dan ingin Anda hapus. Dalam hal ini, Anda bisa melakukan login melalui aplikasi Instagram di smartphone ataupun menggunakan situs Instagram di PC
  • Jika sudah masuk pada profil yang akan dihapus, buka menu profil dengan cara klik ikon pojok profil di sebelah kanan atas
  • Lalu, klik edit profile
  • Selanjutnya, scroll pada opsi edit profile tersebut hingga menemukan opsi untuk menonaktifkan akun sementara atau temporarily disable my account. Jika sudah, klik opsi tersebut
  • Pada halaman selanjutnya, terdapat beberapa pilihan alasan kenapa Anda hendak menonaktifkan akun Instagram tersebut sementara waktu. Pilih salah satu alasan yang disediakan atau tulis alasan Anda sendiri
  • Berikutnya, masukkan password dari akun Instagram yang ingin dihapus sementara tersebut
  • Klik tombol temporarily disable my account yang tersedia
  • Akan muncul pop up untuk konfirmasi pilihan Anda. Klik Yes
  • Anda secara otomatis akan keluar dari akun Instagram tersebut

Nah, langkah di atas adalah cara yang perlu Anda lakukan untuk menghapus akun Instagram sementara. Jika dilihat, tentu cara yang diperlukan cukup simple dan mudah. Selain itu, karena hanya dihapus sementara, maka akun Instagram tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah nantinya setelah beberapa hari.

Lalu, bagaimana cara untuk mengembalikan akun Instagram yang disable sementara?

Caranya pun cenderung sangat mudah. Untuk mengembalikan akun Instagram yang dihapus sementara, Anda hanya perlu membuka aplikasi Instagram melalui smartphone ataupun website. Selanjutnya, pilih opsi login dan isi detail akun serta password yang Anda miliki.

Tentu saja, pastikan jika username dan password yang dimasukan sudah sesuai. Jika sudah, klik login dan akun Instagram Anda akan kembali lagi.

Cara Menghapus Akun Instagram Permanen

Jika Anda memang sudah tidak akan menggunakan Instagram lagi atau ingin menutup akun dan membuat akun Instagram baru karena suatu alasan tertentu, maka menghapus akun Instagram secara permanen adalah pilihan yang tepat. Sesuai namanya, akun Instagram yang sudah dihapus secara permanen tidak bisa dikembalikan lagi dengan cara apapun.

Oleh karenanya, sebelum Anda memutuskan untuk menghapus akun Instagram secara permanen, pastikan jika Anda sudah memikirkan keputusan tersebut dengan baik. Jangan sampai timbul penyesalan di belakang seperti kehilangan banyak followers atau adanya foto yang belum sempat di backup.

Lalu, bagaimana cara untuk menghapus akun Instagram secara permanen ?

Nah, untuk menghapus akun Instagram secara permanen, ada beberapa langkah mudah untuk Anda ikuti, yaitu:

  • Masuk ke akun Instagram yang ingin Anda hapus secara permanen. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan aplikasi Instagram dari smartphone atau menggunakan Instagram website dengan PC
  • Nah, jika sudah, klik pada opsi profile dan pilih opsi halaman penghapusan akun. Halaman ini secara khusus dibuat untuk menghapus akun secara permanen
  • Setelah Anda masuk ke halaman tersebut, maka Anda akan dihadapkan dengan pertanyaan dari sistem Instagram terkait alasan penghapusan akun tersebut. Hal ini tentu bisa disesuaikan dengan alasan pengguna. Anda bisa memilih satu dari beberapa alasan yang disediakan oleh sistem atau memilih opsi ‘hal lainnya’ jika tidak ingin menyebutkan alasan penghapusan
  • Setelah memilih alasan yang disediakan tersebut, Anda akan dialihkan ke halaman baru untuk memasukkan password. Ketika password di tempat yang disediakan dan pastikan Anda memasukkan password dengan tepat
  • Setelah itu, Instagram akan melakukan konfirmasi ulang. Konfirmasi ini bertujuan untuk memastikan jika Anda –sebagai pengguna, memang benar-benar ingin menghapus akun Instagram secara permanen
  • Klik OK untuk melanjutkan dan akun Instagram Anda akan terhapus secara permanen

Beberapa langkah di atas adalah cara menghapus akun Instagram yang Anda miliki secara permanen. Tentu, sekilas, cara tersebut sangat mudah untuk diikuti. Hanya saja, Anda perlu memastikan jika Anda memang ingin menghapus akun Instagram secara permanen dan tidak menyesalinya kemudian hari.

Hal lain yang perlu diketahui perihal menghapus akun Instagram permanen adalah akun tersebut belum benar-benar hilang. Instagram masih memberikan tenggat waktu untuk pengguna jika berubah pikiran dan ingin mendapatkan akun mereka kembali.

Dalam hal ini, sistem Instagram memberikan jeda waktu sekitar 30 hari sebelum akun Instagram yang dihapus permanen tersebut benar-benar hilang. Nah, untuk mendapatkan akun Instagram tersebut kembali, Anda hanya perlu melakukan login dengan username dan password yang sama sebelum masa 30 hari tersebut habis. Tentu saja, setelah jeda waktu tersebut, maka akun Instagram tidak bisa dikembalikan dan Anda harus membuat akun yang baru.

Demikian beberapa ulasan tentang cara menghapus akun Instagram sementara ataupun permanen serta beberapa alasan yang bisa menjadi pertimbangan kenapa Anda menghapus akun Instagram tersebut.

Setelah mengetahui beberapa detail di atas, kini saatnya Anda berpikir dan merenung apakah Anda sebaiknya menghapus akun Instagram tersebut terutama jika Anda memiliki target tertentu atau merasa kurang nyaman dengan beragam berita yang ada di aplikasi sosial media tersebut. Semoga bermanfaat.

Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO and Digital Marketing.

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!